Langsung ke konten utama

SILBUS PKn KELAS 9

 

SILABUS

MATA PELAJARAN

 

 

 

 

Mata Pelajaran         : Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan (PPKn)

Satuan Pendidikan   : SMP/MTs

Kelas                          : IX

Nama Guru               : Crispim Marcelino,S.Pd

NIP                             : -

Sekolah                     : SMP ....

 

 

 

 

 

 

 

YAYASAN PENDIDIKAN ------------------

SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

2022




A.    Kompetensi Inti :

KI.1  Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.

KI.2 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.

KI.3 Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.

KI.4 Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

 

B.    Ruang Lingkup:

Kurikulum PPKn disusun dengan ruang lingkup sebagai berikut:

·         Pancasila, sebagai dasar negara, ideologi nasional, dan pandangan hidup bangsa.

·         Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 sebagai hukum dasar tertulis yang menjadi landasan konstitusional kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

·         Negara Kesatuan Republik Indonesia, sebagai kesepakatan final bentuk Negara Republik Indonesia.

·         Bhinneka Tunggal Ika, sebagai wujud filosofi kesatuan yang melandasi dan mewarnai keberagaman kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

 A.    Kompetensi Dasar, Materi, dan Kegiatan Pembelajaran:

Alokasi waktu 3 jam pelajaran/minggu dengan lama belajar 45 menit/jam.

 

Kompetensi

Dasar

Materi

Pembelajaran

Kegiatan

Pembelajaran

Tujuan

pembelajaran

Alokasi

Waktu

1.1 Mensyukuri perwujudan Pancasila sebagai dasar negara yang merupakan anugrah Tuhan Yang Maha Esa

2.1 Mendukung perwujudan Pancasila sebagai dasar negara

3.1 Menganalisis langkah-langkah untuk mewujudkan Pancasila sebagai dasar negara

4.1 Mendemonstrasikan peran teladan tokoh-tokoh nasional dalam perwujudan Pancasila sebagai dasar negara

Dinamika perwujudan Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa

     Penerapan Pancasila dari masa kemasa

     Dinamika nilai-nilai Pancasila sesuai dengan perkembangan jaman

     Langkah-langkah perwuju dan nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara dalam berbagai kehidupan

·       Membaca berita/artikel tentang dinamika Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup dan menyimak dari berbagai sumber tentang perwujudan Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa dengan penuh rasa syukur terhadap Tuhan Yang Maha Esa

·       Mengidentifikasi pertanyaan tentang langkah-langkah untuk mewujudkan Pancasila sebagai dasar dengan penuh rasa ingin tahu dan kerjasama kelompok

·       Mencari informasi dari berbagai sumber tentang arti penting mempertahankan Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa dengan penuh rasa ingin tahu dan semangat gotong royong

·       Menghubungkan berbagai informasi yang didapat untuk menjawab berbagai pertanyaan yang telah disusun dengan kerjasama kelompok

·       Menyusun dan menyajikan hasil telaah tentang dinamika perwujudan Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa dengan penuh rasa tanggung jawab

·       Mensimulasikan peran tokoh nasional dalam perwujudan Pancasila sebagai dasar Negara

 

Setelah mempelajari materi ini, peserta didik diharapkan mampu:

·         mensyukuri perwujudan Pancasila sebagai Dasar Negara yang merupakan anugerah Tuhan Yang Maha Esa;

·         menunjukkan sikap bangga akan tanah air sebagai perwujudan nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara;

·         mengamati dinamika yang terjadi di masyarakat, terlebih menganai praktik ideal Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa;

·         merancang dan melakukan penelitian sederhana tentang peristiwa dan dinamika yang terjadi di masyarakat terkait penerapan Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa.

 

8 x 40 menit (4 Pertemuan)

1.2 Menghayati isi alinea dan pokok pikiran yang terkandung dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dengan jujur

2.2 Mempertahankan isi alinea dan pokok pikiran yang terkandung dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945

3.2 Mensintesiskan isi alinea dan pokok pikiran yang terkandung dalam alinea Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945

4.2 Menerapkan isi alinea dan pokok-pokok pikiran yang terkandung dalam alinea Pembukaan Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945

Pokok-pokok pikiran dalam Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945

      Makna alinea Pembukaan Undang-Undang Dasar Republik Indonesia Tahun 1945

      Makna pokok-pokok pikiran dalam Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945

      Sikap positif terhadap pokok-pokok pikiran dalam Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945

 

 

      Mengamati dari video/film/gambar tentang makna pokok-pokok pikiran dalam Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 sebagai wujud syukur terhadap Tuhan Yang Maha Esa

      Mengidentifikasi dan mengajukan pertanyaan tentang arti penting pokok-pokok pikiran dalam Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dengan penuh tanggung jawab

      Mencari informasi dari berbagai sumber tentang pokok-pokok pikiran dalam Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945

      Menyimpulkan makna pokok-pokok pikiran dalam Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 sebagai hasil kerjasama kelompok

      Menyusun paparan dan mempresentasikan secara kelompok tentang pokok-pokok pikiran yang terkandung dalam pembukaan UUD Negara Repuplik Indonesia dengan penuh disiplin dan tanggung jawab

      Menerapkan isi alinea dan pokok pembukaan UUD 1945 di kelas

 

Setelah mempelajari materi ini, peserta didik diharapkan mampu:

·         memahami dan menghayati isi alinea dan pokok pikiran yang terkandung dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945;

·         mensintesiskan isi alinea dan pokok pikiran yang terkandung dalam alinea Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945;

·         mengaplikasikan isi alinea dan pokok-pokok pikiran yang terkandung dalam alinea Pembukaan Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

 

8 x 40 menit (4 Pertemuan)

1.3 Menghargai ketentuan tentang bentuk dan kedaulatan negara sesuai dengan Undang-Undang Dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia Tahun 1945 secara adil

2.3 Mendukung ketentuan tentang bentuk dan kedaulatan negara sesuai Undang-Undang Dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia Tahun 1945

3.3 Memahami prinsip-prinsip kedaulatan sesuai Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945

4.3 Mewujudkan prinsip-prinsip kedaulatan sesuai Undang- Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945

Kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia

     Hakekat dan teori tentang Kedaulatan

     Bentuk Kedaulatan yang sesuai dengan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 2015

     Prinsip-prinsip kedaulatan sesuai dengan Undang-Undang Dasa Negara Republik Indonesia tahun 1945

     Melaksanakan prinsip-prinsip kedaulatan sesuai dengan Undang-Undang Dasa Negara Republik Indonesia tahun 1945

 

     Mengamati dari video/film/gambar tentang kedaulatan Negara RI sebagai wujud syukur terhadap Tuhan Yang Maha Esa

     Mengidentifikasikan pertanyaan tentang hakekat kedaualatan dan kedaulatan menurut UUD 1945 serta prinsip-prinsip kedaulatan yang sesuai dengan UUD Negara Kesatuan Republik Indonesia tahun 1945 dengan penuh disiplin

     Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber tentang prinsip-prinsip kedaulatan sesuai dengan Undang-Undang Dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia tahun 1945 dengan penuh tanggung jawab

     Menyimpulkan tentang tentang prinsip-prinsip kedaulatan dengan penerapan kedaulatan yang sesuai dengan UUD Negara Kesatuan Republik Indonesia tahun 1945

     Menyajikan hasil telaah tentang kedaulatan yang sesuai dengan UUD Negara Kesatuan Republik Indonesia tahun 1945 dengan penuh rasa tanggung jawab

     Mensimulasikan pemilihan ketua RT/Bupati

 

Setelah mempelajari materi ini, peserta didik diharapkan mampu:

·         mengenal serta memahami ketentuan tentang bentuk dan kedaulatan negara sesuai dengan Undang-Undang Dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia Tahun 1945;

·         menumbuhkan rasa ingin tahu terhadap ketentuan perihal bentuk dan kedaulatan negara sesuai Undang-Undang Dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia Tahun 1945;

·         memahami berbagai prinsip kedaulatan sesuai Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945;

·         memahami dinamika perwujudan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

 

8 x 40 menit (4 Pertemuan)

1.4 Peka/peduli terhadap masalah-masalah yang muncul dalam keberagaman, suku, agama, ras, antar golongan (SARA) di masyarakat serta cara pemecahannya dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika

2.4 Memecahkan masalah-masalah yang muncul dalam keberagaman suku, agama, ras, antar golongan (SARA) di masyarakat serta cara pemecahannya dalam bingkai Bhineka Tunggal Ika

3.4Menganalisis prinsip persatuan dalam keberagaman suku, agama, ras, antar golongan (SARA) dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika

4.4 Mendukung peran mediator penyelesaian masalah keberagaman suku, agama, ras, antar golongan (SARA) dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika

Keberagaman masyarakat dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika

    Makna Persatuan dalam Kebangsaan

    Prinsip persatuan dalam keberagaman suku, agama, ras dan antargolongan

    Permasalahan yang muncul dalam keberagaman suku, agama, ras dan antargolongan

    Upaya pencegahan konflik yang bersifat SARA

 

·      Mengamati masalah-masalah yang terjadi di lingkungan sekitar dengan jujur

·      Mengidentifikasi pertanyaan tentang masalah yang muncul dalam keberagaman masyarakat dengan kerjasama kelompok.

·      Mengajukan pertanyaan tentang berbagai masalah yang muncul dalam keberagaman masyarakat dan cara pemecahannya dengan saling menghormati.

     Mengumpulkan data dari berbagai sumber tentang masalah-masalah dalam masyarakat yang dapat diselesaikan dengan cara kekeluargaan

·      Menentukan hubungan berbagai masalah yang muncul dengan keberagaman masyarakat dan cara pemecahan serta pencegahan dengan kerjasama kelompok

     Menyajikan hasil telaah rencana tindakan dalam rangka menyelesaikan berbagai masalah dalam masyarakat dengan sikap saling menghargai

     Mensimulasikan peran mediator dalam menyelesaikan masalah SARA

 

Setelah mempelajari materi ini, peserta didik diharapkan mampu:

·         mensyukuri persatuan dalam keberagaman masyarakat Indonesia secara adil sebagai anugerah ciptaan Tuhan Yang Maha Esa;

·         memahami dan mengidentifikasi permasalahan keberagaman dalam masyarakat Indonesia;

·         melaksanakan tanggung jawab terkait keberagaman dan berupaya menyelesaikan masalah yang muncul dalam keberagaman masyarakat.

 

8 x 40 Menit (4 pertemuan)

1.5 Peka/Peduli terhadap masalah-masalah yang muncul dalam bidang sosial, budaya ekonomi dan gender dalam masyarakat dan cara pemecahannya dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika

2.5 Menghargai pendapat tentang masalah-masalah yang muncul dalam bidang sosial, budaya, ekonomi, dan gender di masyarakat dan cara pemecahannya dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika

3.5 Menganalisis prinsip harmoni dalam keberagaman sosial, budaya, ekonomi dan gender dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika

4.5 Mendukung peran mediator penyelesaian masalah sosial, budaya, ekonomi, gender, dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika

Harmoni Keberagaman Masyarakat Indonesia

     Makna harmoni keberagaman dalam bidang sosial, budaya, ekonomi dan gender dalam Bhinneka Tunggak Ika

     Permasalahan keberagaman masyarakat Indonesia

     Akibat yang ditimbulkan oleh terjadinya masalah yang muncul

     Upaya menyelesaikan masalah yang muncul dalam keberagaman masyarakat Indonesia

 

 

·      Membaca dari berbagai sumber dan mendiskusikan tentang masalah yang muncul dalam keberagaman masyarakat dan cara pemecahannya sebagai wujud syukur terhadap Tuhan Yang Maha Esa

·      Mengidentifikasi pertanyaan tentang masalah yang muncul dalam keberagaman masyarakat dan cara pemecahannya dengan sikap saling menghargai

     Mengumpulkan data dari berbagai sumber tentang masalah-masalah dalam masyarakat yang dapat diselesaikan dengan cara kekeluargaan

·      Menentukan hubungan berbagai masalah yang muncul dengan keberagaman masyarakat dan cara pemecahannya dengan kerjasama kelompok

     Menyajikan hasil telaah rencana tindakan dalam rangka menyelesaikan berbagai masalah dalam masyarakat dengan penuh tanggung jawab

     Mensimulasikan peran mediator dalam menyelesaikan masalah social, budaya, ekonomi, dan gender

 

Setelah mempelajari materi ini, peserta didik diharapkan mampu:

·         mensyukuri dan memahami makna keberagaman masyarakat Indonesia dalam bidang sosial budaya, ekonomi, dan gender dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika;

·         menganalisis dan memetakan permasalahan keberagaman masyarakat Indonesia;

·         menemukan dan menganalisis berbagai akibat dari masalah yang timbul dalam keberagaman masyarakat Indonesia;

·         memahami, menganalisis, dan berperan aktif sebagai seorang pelajar dalam upaya penanggulangan dan penyelesaian masalah yang timbul dalam keberagaman masyarakat Indonesia.

 

 

8 x 40 Menit

(4 JP)

1.6 Menghargai secara jujur konsep bela negara dalam konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia

2.6 Mendukung konsep bela negara dalam konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia

3.6 Mengkreasikan konsep cinta tanah air/bela negara dalam konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia

4.6 Mendemonstrasikan peran para pahlawan terkait perwujudan cinta tanah air/bela negara dalam konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia

Konsep Cinta Tanah Air/ Bela Negara dalam konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia

a.    Makna Bela Negara

b.   Perundang-undangan yang mengatur bela Negara.

c.    Perjuangan mempertahankan NKRI

d.   Ancaman terhadap NKRI saat ini

e.   Semangat dan komitmen persatuan dan kesatuan nasional dalam mengisi dan mempertahankan NKRI

 

    Mengamati film/wacana dan mengkaji dari berbagai sumber informasi tentang sejarah perjuangan mempertahankan NKRI secara jujur sebagai wujud orang yang beriman

    Mengidentifikasi / mengajukan pertanyaan tentang perjuangan mempertahankan NKRI dan ancaman terhadap NKRI saat ini dengan penuh disiplin

    Mengumpulkan data dari berbagai sumber tentang berbagai ancaman terhadap NKRI saat ini dengan semangat kerjasama kelompok

    Menghubungkan berbagai informasi untuk menjawab berbagai pertanyaan yang ada dengan semangat kebersamaan dan kekeluargaan menentukan hubungan

    Mencoba menyusun dan menyajikan gagasan penguatan komitmen mempertahankan NKRI sebagai wujud syukur terhadap Tuhan YME

·    Mensimulasikan peran pahlawan dalam membela NKRI

Setelah mempelajari materi ini, peserta didik diharapkan mampu:

·         menganalisis hakikat upaya pembelaan negara dala kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

·         menghargai perjuangan para pejuang bangsa dalam mempertahankan negara kesatuan republik Indonesia dari berbagai ancaman merebut kembali kemerdekaan Indonesia.

·         memahami ancaman yang terhadap keutuhan negara kesatuan republik Indonesia.

·         mendukung upaya semangat dan komitmen persatuan dan kesatuan nasional dalam mengisi dan mempertahankan kemerdekaan NKRI.

 

8 x 40 menit

(4 JP)

 

 

 

 

 

                                                                                                                                                            Jakarta, 13 Juli 2022

Mengetahui                                                                                                                                        Guru Mapel PPKn

Kepala Sekolah

 

 

 

-----------------------------------------------------                                                                                          ------------------------------------

 














Komentar

Postingan populer dari blog ini

RPP PKn KELAS 9 - BAB 1 - Dinamika Perwujudan Pancasila Sebagai Dasar Negara

  RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)   Sekolah                      : SMP .... Mata Pelajaran           : PPKn Kelas/Semester           : IX/1 Materi Pokok                         : Dinamika Perwujudan Pancasila Sebagai Dasar Negara Alokasi Waktu           : 4 x 2 JP   Indikator ·          Peserta didik m enunjukkan sikap mensyukuri perwujudan Pancasila sebagai dasar negara yang merupakan anugrah Tuhan Yang Maha Esa ·          Peserta didik mempelajari penerapan Pancasila dari masa ke masa ·      ...

RPP PKn Kelas 9 - Bab 2 Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945

  RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)   Sekolah                         : SMP .... Mata Pelajaran            : PPKn Kelas/Semester            : I X /       Materi Pokok               : Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 Alokasi Waktu              : ......   Indikator ·          Peserta didik menjelaskan isi alinea dan pokok pikiran yang terkandung dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dengan jujur ·          Peserta didik mengidentifikasi...

RPP PKn Kelas 9 - Bab 4 Persatuan dan Keberagaman Masyarakat Indonesia

  RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Sekolah                         : SMP.. Mata Pelajaran            : Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas/Semester            : IX/1       Materi Pokok              : Persatuan dan Keberagaman Masyarakat Indonesia Alokasi Waktu              : 8 x 40 Menit (4 x Pertemuan)   Indikator ·          Peserta didik menjelaskan masalah-masalah yang muncul dalam keberagaman, suku, agama, ras, antar golongan (SARA) di masyarakat serta cara pemecahannya dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika ·     ...