SILABUS
MATA PELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMP/MTs
Nama Guru :
Crispim Marcelino,S.Pd
NIP :
-
Sekolah :
SMP ....
YAYASAN
PENDIDIKAN ------------------
SEKOLAH MENENGAH
PERTAMA
2022
A.
Kompetensi
Inti :
KI.1 Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya.
KI.2 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan
pergaulan dan keberadaannya.
KI.3 Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI.4 Mengolah,
menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B.
Ruang Lingkup:
Kurikulum
PPKn disusun dengan ruang lingkup sebagai berikut:
·
Pancasila, sebagai dasar negara,
ideologi nasional, dan pandangan hidup bangsa.
·
Undang-Undang Dasar Negara
Republik Indonesia Tahun 1945 sebagai hukum dasar tertulis yang menjadi
landasan konstitusional kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.
·
Negara Kesatuan Republik
Indonesia, sebagai kesepakatan final bentuk Negara Republik Indonesia.
·
Bhinneka Tunggal Ika, sebagai
wujud filosofi kesatuan yang melandasi dan mewarnai keberagaman kehidupan
bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.
Alokasi waktu 3 jam pelajaran/minggu dengan lama belajar 45 menit/jam.
Kompetensi Dasar |
Materi Pembelajaran |
Kegiatan Pembelajaran |
Tujuan pembelajaran |
Alokasi Waktu |
1.1 Mensyukuri perwujudan
Pancasila sebagai dasar negara yang merupakan anugrah Tuhan Yang Maha Esa 2.1 Mendukung perwujudan
Pancasila sebagai dasar negara 3.1 Menganalisis langkah-langkah
untuk mewujudkan Pancasila sebagai dasar negara 4.1
Mendemonstrasikan peran teladan tokoh-tokoh nasional dalam perwujudan
Pancasila sebagai dasar negara |
Dinamika
perwujudan Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa •
Penerapan
Pancasila dari masa kemasa •
Dinamika
nilai-nilai Pancasila sesuai dengan perkembangan jaman •
Langkah-langkah
perwuju dan nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara dalam berbagai
kehidupan |
·
Membaca
berita/artikel tentang dinamika Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan
hidup dan menyimak dari berbagai sumber tentang perwujudan Pancasila sebagai
dasar negara dan pandangan hidup bangsa dengan penuh rasa syukur terhadap
Tuhan Yang Maha Esa ·
Mengidentifikasi
pertanyaan tentang langkah-langkah untuk mewujudkan Pancasila sebagai dasar
dengan penuh rasa ingin tahu dan kerjasama kelompok ·
Mencari
informasi dari berbagai sumber tentang arti penting mempertahankan Pancasila
sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa dengan penuh rasa ingin tahu
dan semangat gotong royong ·
Menghubungkan
berbagai informasi yang didapat untuk menjawab berbagai pertanyaan yang telah
disusun dengan kerjasama kelompok ·
Menyusun
dan menyajikan hasil telaah tentang dinamika perwujudan Pancasila sebagai
dasar negara dan pandangan hidup bangsa dengan penuh rasa tanggung jawab ·
Mensimulasikan
peran tokoh nasional dalam perwujudan Pancasila sebagai dasar Negara
|
Setelah
mempelajari materi ini, peserta didik diharapkan mampu: ·
mensyukuri perwujudan Pancasila sebagai Dasar Negara yang merupakan
anugerah Tuhan Yang Maha Esa; ·
menunjukkan sikap bangga akan tanah air sebagai perwujudan nilai-nilai
Pancasila sebagai dasar negara; ·
mengamati dinamika yang terjadi di masyarakat, terlebih menganai praktik
ideal Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa; ·
merancang dan melakukan penelitian sederhana tentang peristiwa dan
dinamika yang terjadi di masyarakat terkait penerapan Pancasila sebagai dasar
negara dan pandangan hidup bangsa.
|
8 x 40
menit (4 Pertemuan) |
1.2
Menghayati isi alinea dan pokok pikiran yang terkandung dalam Pembukaan
Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dengan jujur 2.2
Mempertahankan isi alinea dan pokok pikiran yang terkandung dalam Pembukaan
Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 3.2
Mensintesiskan isi alinea dan pokok pikiran yang terkandung dalam alinea
Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 4.2
Menerapkan isi alinea dan pokok-pokok pikiran yang terkandung dalam alinea
Pembukaan Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 |
Pokok-pokok
pikiran dalam Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 •
Makna
alinea Pembukaan Undang-Undang Dasar Republik Indonesia Tahun 1945 •
Makna
pokok-pokok pikiran dalam Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 •
Sikap
positif terhadap pokok-pokok pikiran dalam Pembukaan UUD Negara Republik
Indonesia Tahun 1945
|
•
Mengamati
dari video/film/gambar tentang makna pokok-pokok pikiran dalam Pembukaan UUD
Negara Republik Indonesia Tahun 1945 sebagai wujud syukur terhadap Tuhan Yang
Maha Esa •
Mengidentifikasi
dan mengajukan pertanyaan tentang arti penting pokok-pokok pikiran dalam
Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dengan penuh tanggung
jawab •
Mencari
informasi dari berbagai sumber tentang pokok-pokok pikiran dalam Pembukaan
UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 •
Menyimpulkan
makna pokok-pokok pikiran dalam Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun
1945 sebagai hasil kerjasama kelompok •
Menyusun
paparan dan mempresentasikan secara kelompok tentang pokok-pokok pikiran yang
terkandung dalam pembukaan UUD Negara Repuplik Indonesia dengan penuh
disiplin dan tanggung jawab •
Menerapkan
isi alinea dan pokok pembukaan UUD 1945 di kelas |
Setelah mempelajari materi ini, peserta didik diharapkan mampu: ·
memahami dan menghayati isi alinea dan pokok pikiran
yang terkandung dalam Pembukaan
Undang-Undang
Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945; ·
mensintesiskan isi alinea dan pokok pikiran yang
terkandung dalam alinea Pembukaan
Undang-Undang
Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945; ·
mengaplikasikan isi alinea dan pokok-pokok pikiran yang
terkandung dalam alinea Pembukaan
Undang Dasar
Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
|
8 x 40
menit (4 Pertemuan) |
1.3 Menghargai ketentuan tentang
bentuk dan kedaulatan negara sesuai dengan Undang-Undang Dasar Negara
Kesatuan Republik Indonesia Tahun 1945 secara adil 2.3 Mendukung ketentuan tentang
bentuk dan kedaulatan negara sesuai Undang-Undang Dasar Negara Kesatuan
Republik Indonesia Tahun 1945 3.3 Memahami prinsip-prinsip
kedaulatan sesuai Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 4.3
Mewujudkan prinsip-prinsip kedaulatan sesuai Undang- Undang Dasar Negara
Republik Indonesia Tahun 1945 |
Kedaulatan
Negara Kesatuan Republik Indonesia •
Hakekat
dan teori tentang Kedaulatan •
Bentuk
Kedaulatan yang sesuai dengan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia
tahun 2015 •
Prinsip-prinsip
kedaulatan sesuai dengan Undang-Undang Dasa Negara Republik Indonesia tahun
1945 •
Melaksanakan
prinsip-prinsip kedaulatan sesuai dengan Undang-Undang Dasa Negara Republik
Indonesia tahun 1945 |
•
Mengamati
dari video/film/gambar tentang kedaulatan Negara RI sebagai wujud syukur
terhadap Tuhan Yang Maha Esa •
Mengidentifikasikan
pertanyaan tentang hakekat kedaualatan dan kedaulatan menurut UUD 1945 serta
prinsip-prinsip kedaulatan yang sesuai dengan UUD Negara Kesatuan Republik
Indonesia tahun 1945 dengan penuh disiplin •
Mengumpulkan
informasi dari berbagai sumber tentang prinsip-prinsip kedaulatan sesuai
dengan Undang-Undang Dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia tahun 1945
dengan penuh tanggung jawab •
Menyimpulkan
tentang tentang prinsip-prinsip kedaulatan dengan penerapan kedaulatan yang
sesuai dengan UUD Negara Kesatuan Republik Indonesia tahun 1945 •
Menyajikan
hasil telaah tentang kedaulatan yang sesuai dengan UUD Negara Kesatuan
Republik Indonesia tahun 1945 dengan penuh rasa tanggung jawab •
Mensimulasikan
pemilihan ketua RT/Bupati
|
Setelah mempelajari materi ini, peserta didik diharapkan mampu: ·
mengenal serta memahami ketentuan tentang bentuk dan
kedaulatan negara sesuai dengan Undang-Undang Dasar Negara Kesatuan Republik
Indonesia Tahun 1945; ·
menumbuhkan rasa ingin tahu terhadap ketentuan perihal
bentuk dan kedaulatan negara sesuai Undang-Undang Dasar Negara Kesatuan
Republik Indonesia Tahun 1945; ·
memahami berbagai prinsip kedaulatan sesuai
Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945; ·
memahami dinamika perwujudan kedaulatan Negara Kesatuan
Republik Indonesia.
|
8 x 40
menit (4 Pertemuan) |
1.4 Peka/peduli terhadap
masalah-masalah yang muncul dalam keberagaman, suku, agama, ras, antar
golongan (SARA) di masyarakat serta cara pemecahannya dalam bingkai Bhinneka
Tunggal Ika 2.4 Memecahkan masalah-masalah
yang muncul dalam keberagaman suku, agama, ras, antar golongan (SARA) di
masyarakat serta cara pemecahannya dalam bingkai Bhineka Tunggal Ika 3.4Menganalisis prinsip
persatuan dalam keberagaman suku, agama, ras, antar golongan (SARA) dalam
bingkai Bhinneka Tunggal Ika 4.4
Mendukung peran mediator penyelesaian masalah keberagaman suku, agama, ras, antar
golongan (SARA) dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika |
Keberagaman
masyarakat dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika •
Makna
Persatuan dalam Kebangsaan •
Prinsip
persatuan dalam keberagaman suku, agama, ras dan antargolongan •
Permasalahan
yang muncul dalam keberagaman suku, agama, ras dan antargolongan •
Upaya
pencegahan konflik yang bersifat SARA |
·
Mengamati
masalah-masalah yang terjadi di lingkungan sekitar dengan jujur ·
Mengidentifikasi
pertanyaan tentang masalah yang muncul dalam keberagaman masyarakat dengan
kerjasama kelompok. ·
Mengajukan
pertanyaan tentang berbagai masalah yang muncul dalam keberagaman masyarakat
dan cara pemecahannya dengan saling menghormati. •
Mengumpulkan
data dari berbagai sumber tentang masalah-masalah dalam masyarakat yang dapat
diselesaikan dengan cara kekeluargaan ·
Menentukan
hubungan berbagai masalah yang muncul dengan keberagaman masyarakat dan cara
pemecahan serta pencegahan dengan kerjasama kelompok •
Menyajikan
hasil telaah rencana tindakan dalam rangka menyelesaikan berbagai masalah
dalam masyarakat dengan sikap saling menghargai •
Mensimulasikan
peran mediator dalam menyelesaikan masalah SARA |
Setelah mempelajari materi ini, peserta didik diharapkan mampu: ·
mensyukuri persatuan dalam keberagaman masyarakat
Indonesia secara adil sebagai anugerah ciptaan Tuhan Yang Maha Esa; ·
memahami dan mengidentifikasi permasalahan keberagaman
dalam masyarakat Indonesia; ·
melaksanakan tanggung jawab terkait keberagaman dan
berupaya menyelesaikan masalah yang muncul dalam keberagaman masyarakat.
|
8 x 40
Menit (4 pertemuan) |
1.5 Peka/Peduli terhadap
masalah-masalah yang muncul dalam bidang sosial, budaya ekonomi dan gender
dalam masyarakat dan cara pemecahannya dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika 2.5 Menghargai pendapat tentang
masalah-masalah yang muncul dalam bidang sosial, budaya, ekonomi, dan gender
di masyarakat dan cara pemecahannya dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika 3.5 Menganalisis prinsip harmoni
dalam keberagaman sosial, budaya, ekonomi dan gender dalam bingkai Bhinneka
Tunggal Ika 4.5 Mendukung peran mediator
penyelesaian masalah sosial, budaya, ekonomi, gender, dalam bingkai Bhinneka
Tunggal Ika |
Harmoni
Keberagaman Masyarakat Indonesia •
Makna
harmoni keberagaman dalam bidang sosial, budaya, ekonomi dan gender dalam
Bhinneka Tunggak Ika •
Permasalahan
keberagaman masyarakat Indonesia •
Akibat
yang ditimbulkan oleh terjadinya masalah yang muncul •
Upaya
menyelesaikan masalah yang muncul dalam keberagaman masyarakat Indonesia
|
·
Membaca
dari berbagai sumber dan mendiskusikan tentang masalah yang muncul dalam
keberagaman masyarakat dan cara pemecahannya sebagai wujud syukur terhadap
Tuhan Yang Maha Esa ·
Mengidentifikasi
pertanyaan tentang masalah yang muncul dalam keberagaman masyarakat dan cara
pemecahannya dengan sikap saling menghargai •
Mengumpulkan
data dari berbagai sumber tentang masalah-masalah dalam masyarakat yang dapat
diselesaikan dengan cara kekeluargaan ·
Menentukan
hubungan berbagai masalah yang muncul dengan keberagaman masyarakat dan cara
pemecahannya dengan kerjasama kelompok •
Menyajikan
hasil telaah rencana tindakan dalam rangka menyelesaikan berbagai masalah
dalam masyarakat dengan penuh tanggung jawab •
Mensimulasikan
peran mediator dalam menyelesaikan masalah social, budaya, ekonomi, dan
gender
|
Setelah mempelajari materi ini, peserta didik diharapkan mampu: ·
mensyukuri dan memahami makna keberagaman masyarakat
Indonesia dalam bidang sosial
budaya,
ekonomi, dan gender dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika; ·
menganalisis dan memetakan permasalahan keberagaman
masyarakat Indonesia; ·
menemukan dan menganalisis berbagai akibat dari masalah
yang timbul dalam keberagaman masyarakat Indonesia; ·
memahami, menganalisis, dan berperan aktif sebagai
seorang pelajar dalam upaya penanggulangan dan penyelesaian masalah yang
timbul dalam keberagaman masyarakat Indonesia.
|
8 x 40
Menit (4 JP) |
1.6 Menghargai secara jujur
konsep bela negara dalam konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia 2.6 Mendukung konsep bela negara
dalam konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia 3.6
Mengkreasikan konsep cinta tanah air/bela negara dalam konteks Negara
Kesatuan Republik Indonesia 4.6
Mendemonstrasikan peran para pahlawan terkait perwujudan cinta tanah air/bela
negara dalam konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia |
Konsep
Cinta Tanah Air/ Bela Negara dalam konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia
a.
Makna
Bela Negara b.
Perundang-undangan
yang mengatur bela Negara. c.
Perjuangan
mempertahankan NKRI d.
Ancaman terhadap NKRI saat ini e.
Semangat
dan komitmen persatuan dan kesatuan nasional dalam mengisi dan mempertahankan
NKRI |
•
Mengamati
film/wacana dan mengkaji dari berbagai sumber informasi tentang sejarah
perjuangan mempertahankan NKRI secara jujur sebagai wujud orang yang beriman •
Mengidentifikasi
/ mengajukan pertanyaan tentang perjuangan mempertahankan NKRI dan ancaman
terhadap NKRI saat ini dengan penuh disiplin •
Mengumpulkan
data dari berbagai sumber tentang berbagai ancaman terhadap NKRI saat ini
dengan semangat kerjasama kelompok •
Menghubungkan
berbagai informasi untuk menjawab berbagai pertanyaan yang ada dengan
semangat kebersamaan dan kekeluargaan menentukan hubungan •
Mencoba
menyusun dan menyajikan gagasan penguatan komitmen mempertahankan NKRI
sebagai wujud syukur terhadap Tuhan YME ·
Mensimulasikan
peran pahlawan dalam membela NKRI |
Setelah mempelajari materi ini, peserta didik diharapkan mampu: ·
menganalisis hakikat upaya pembelaan negara dala
kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. ·
menghargai perjuangan para pejuang bangsa dalam
mempertahankan negara kesatuan republik Indonesia dari berbagai ancaman
merebut kembali kemerdekaan Indonesia. ·
memahami ancaman yang terhadap keutuhan negara kesatuan
republik Indonesia. ·
mendukung upaya semangat dan komitmen persatuan dan kesatuan
nasional dalam mengisi dan mempertahankan kemerdekaan NKRI.
|
8 x 40
menit (4 JP) |
Jakarta, 13 Juli 2022
Mengetahui Guru
Mapel PPKn
Kepala Sekolah
----------------------------------------------------- ------------------------------------
Komentar
Posting Komentar