Langsung ke konten utama

RPP PKn Kelas 9 - Bab 2 Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

Sekolah                        : SMP ....

Mata Pelajaran           : PPKn

Kelas/Semester           : IX/     

Materi Pokok              : Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945

Alokasi Waktu             : ......

 

Indikator

·         Peserta didik menjelaskan isi alinea dan pokok pikiran yang terkandung dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dengan jujur

·         Peserta didik mengidentifikasi isi alinea dan pokok pikiran yang terkandung dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dengan jujur

·         Peserta didik mencontohkan isi alinea dan pokok pikiran yang terkandung dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dengan jujur

·         Peserta didik menerapkan isi alinea dan pokok pikiran yang terkandung dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dengan jujur

 

TujuanPembelajaran

Setelah mempelajari materi ini, peserta didik diharapkan mampu:

·         memahami dan menghayati isi alinea dan pokok pikiran yang terkandung dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945;

·         mensintesiskan isi alinea dan pokok pikiran yang terkandung dalam alinea Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945;

·         mengaplikasikan isi alinea dan pokok-pokok pikiran yang terkandung dalam alinea Pembukaan Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

 

Materi Pembelajaran

Pokok-pokok pikiran dalam Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945

·         Makna alinea Pembukaan Undang-Undang Dasar Republik Indonesia Tahun 1945

·         Makna pokok-pokok pikiran dalam Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945

·         Sikap positif terhadap pokok-pokok pikiran dalam Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945

 

Metode Pembelajaran

Pendekatan     :           Pendekatan kontekstual

Model              :           Siklus Eksplorasi, Elaborasi, Konfirmasi

Metode           :           1. Ceramah

2. Curah Pendapat

3. Persentasi

4. Diskusi

5. Penugasan

 

Media dan Sumber Pembelajaran

1.   Media        

a.   Laptop, CPU

b.   LCD Projector

c.    Film/Video

d.   Gambar/Foto

 

2. Sumber Belajar

a.   Buku Ajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan untuk SMP/MTs Kelas IX, Penerbit Erlangga

b.   Referensi lain yang relevan

c.    Internet (jika tersedia)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

KEGIATAN PEMBELAJARAN

 

Pertemuan pertama

Rincian Kegiatan

Waktu

Pendahuluan

·         Salam.

·         Guru mengondisikan kelas, agar kondusif untuk mendukung proses pembelajaran dengan cara meminta peserta didik membersihkan papan tulis dan merapikan tempat duduk, menyiapkan buku pelajaran dan buku referensi yang relevan serta alat tulis yang diperlukan.

·         Guru mengajak peserta didik agar selalu mengamalkan ilmu pengetahuan yang diperoleh di dalam kehidupan sebagai tanda syukur kepada Tuhan.

·         Guru mengajak peserta didik untuk proaktif dalam pembelajaran yang dilaksanakan.

·         Guru memberi penjelasan tentang cakupan materi yang akan dipelajari beserta tujuan pembelajaran yang akan dicapai.

·         Guru membuat kesepakatan dengan peserta didik terkait kegiatan yang akan dilakukan (termasuk di dalamnya tentang pembagian kelompok kerja peserta didik).

 

10 menit

Kegiatan Inti:

Mengamati

·         Guru meminta peserta didik untuk membaca buku/referensi tentang Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, khususnya materi tentang Makna Alinea Pembukaan UUD NRI Tahun 1945.

Misalnya :

Siswa membaca buku PKn kelas IX, halaman 29-35.

·         Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk menceritakan pengetahuannya mengenai Makna Alinea Pembukaan UUD NRI Tahun 1945.

·         Guru menyajikan slide persentasi tentang Makna Alinea Pembukaan UUD NRI Tahun 1945.

Lihat slide :

https://docs.google.com/presentation/d/1k7x0GGdHqYpAj-mH46e-JcIsjsCXBdSE6w7y1784hZg/edit?usp=sharing

·         Peserta didik mengamati slide persentasi yang disajikan oleh guru.

 

Menanya

·         Guru meminta peserta didik untuk menjawab pre-test yang diberikan guru. Pre-test berupa pertanyaan seputar Makna Alinea Pembukaan UUD NRI Tahun 1945.

https://docs.google.com/forms/d/e/1FAIpQLSdICyMQuhqanjJxZAASdQrOGA_iK9gIeZW7C-asHAbMnFNDrw/viewform?usp=sf_link

·         Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk mengajukan pertanyaan terkait hasil pengamatan tentang Makna Alinea Pembukaan UUD NRI Tahun 1945.

·         Guru menampung pertanyaan peserta didik dan memberi kesempatan kepada tiap peserta didik atau menunjuk secara acak peserta didik untuk menjawab pertanyaan temannya.

 

Mengeksplorasi

·         Peserta didik mencari jawaban pertanyaan pre-test yang diberikan guru dengan membaca buku ajar dan buku referensi lain.

·         Peserta didik mengumpulkan informasi dari tanya jawab yang dilakukan dan melengkapinya dengan membaca buku ajar dan buku referensi terkait Makna Alinea Pembukaan UUD NRI Tahun 1945.

·         Peserta didik berdiskusi atau melakukan kegiatan secara berkelompok untuk mengidentifikasi dan menganalisis ragam informasi yang diperoleh, kemudian dijadikan bahan untuk menyimpulkan.

Misalnya :

1)       Jalaskan makna alinea pertama Pembukaan UUD NRI Tahun 1945!

2)       Upaya apa yang harus dilakukan oleh bangsa Indonesia dalam mencapai kemerdekaan sebagai cita-cita bangsa yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil, dan makmur?

3)       Jelaskan maksud bahwa kemerdekaan Indonesia adalah rahmat Tuhan Yang Maha Kuasa!

4)       Jelaskan makna yang terkandung dalam alinea keempat Pembukaan UUD NRI Tahun 1945!

Mengasosiasikan

·         Peserta didik menyusun hasil diskusi/laporan kegiatan yang berkaitan Makna Alinea Pembukaan UUD NRI Tahun 1945.

·         Peserta didik menyimpulkan hasil diskusi/laporan kegiatan yang berkaitan dengan Makna Alinea Pembukaan UUD NRI Tahun 1945.

 

Mengomunikasikan  

·         Peserta didik membuat laporan hasil diskusi/ kegiatan yang sudah dilakukan.

·         Peserta didik mempersentasikan hasil diskusi/ kegiatan yang sudah dilakukan di depan kelas dan peserta didik dari kelompok lain memberikan tanggapan.

·         Guru memberikan penegasan terhadap hasil pembelajaran peserta didik.

 

60 menit

Penutup

Guru bersama peserta didik baik secara individual maupun kelompok melakukan refleksi untuk:

·         Mengevaluasi seluruh rangkaian aktivitas pembelajaran dan hasil-hasil yang diperoleh untuk selanjutnya secara bersama menemukan manfaat langsung maupun tidak langsung dari hasil pembelajaran yang telah berlangsung;

·         Memberi tugas rumah untuk mengerjakan tugas atau jenis kegiatan peserta didik lain baik secara berkelompok dengan baik sesuai perintah guru;

·         Menutup kegiatan pembelajaran dengan berdoa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing.

10 menit

 

 

Pertemuan kedua

Rincian Kegiatan

Waktu

Pendahuluan

·         Guru memberi salam dan menunjuk ketua kelas untuk memimpin doa bersama.

·         Guru mengondisikan kelas, agar kondusif untuk mendukung proses pembelajaran dengan cara meminta peserta didik membersihkan papan tulis dan merapikan tempat duduk, menyiapkan buku pelajaran dan buku referensi yang relevan serta alat tulis yang diperlukan.

·         Guru mengajak peserta didik agar selalu mengamalkan ilmu pengetahuan yang diperoleh di dalam kehidupan sebagai tanda syukur kepada Tuhan.

·         Guru mengajak peserta didik untuk proaktif dalam pembelajaran yang dilaksanakan.

·         Guru memberi penjelasan tentang cakupan materi yang akan dipelajari beserta tujuan pembelajaran yang akan dicapai.

·         Guru membuat kesepakatan dengan peserta didik terkait kegiatan yang akan dilakukan (termasuk di dalamnya tentang pembagian kelompok kerja peserta didik).

·         Mengamati tayangan video/film/gambar tentang tenaga kerja romusha pada masa penjejehan Jepang (mewakili makna alinea pertama).

 

10 menit

Kegiatan Inti:

Mengamati

·         Peserta didik dibagi ke dalam empat kelompok secara heterogen.

·         Setiap kelompok diberikan buku pembelajaran dan ditentukan materi untuk dipelajari dalam kelompok dan membuat ringkasan materi yang dipelajari, yaitu Pokok Pikiran Pembukaan UUD NRI Tahun 1945.

·         Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk mengamati beberapa permasalahan yang terkait dengan materi yang sedang dipelajari.

 

Menanya

·         Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk mengajukan pertanyaan terkait hasil pengamatan mereka tentang Pokok Pikiran Pembukaan UUD NRI Tahun 1945.

·         Guru menampung pertanyaan peserta didik dan memberi kesempatan kepada tiap peserta didik atau menunjuk secara acak peserta didik untuk menjawab pertanyaan temannya.

·         Guru mengamati, menjawab pertanyaan, dan membimbing peserta didik atau kelompok yang masih ada kesulitan.

 

Mengeksplorasi

·         Peserta didik mengumpulkan informasi dari tanya jawab yang dilakukan dan melengkapinya dengan membaca buku ajar dan buku referensi terkait Pokok Pikiran Pembukaan UUD NRI Tahun 1945.

 

Mengasosiasikan

·         Peserta didik menyusun hasil diskusi tentang Pokok Pikiran Pembukaan UUD NRI Tahun 1945.

 

Mengomunikasikan  

·         Peserta didik menuliskan laporan kerja kelompok.

·         Peserta didik mempersentasikan hasil kerja kelompok di depan kelas dan peserta didik dari kelompok lain memberikan tanggapan.

·         Guru mengamati penyampaian hasil diskusi dan meminta kelompok lain menjadi penyanggah. Kemudian kelompok penyaji menanggapi, mencatat, dan menjawab setiap pertanyaan dari kelompok lain.

·         Guru memberikan apresiasi kepada kelompok penyaji dan kelompok lain yang berpartisipasi aktif. Selanjutnya, guru memberikan penegasan pada setiap pokok materi bahasan hasil diskusi.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

60 menit

Penutup

Guru bersama peserta didik baik secara individual maupun kelompok melakukan refleksi untuk:

·         Mengevaluasi seluruh rangkaian aktivitas pembelajaran dan hasil-hasil yang diperoleh untuk selanjutnya secara bersama menemukan manfaat langsung maupun tidak langsung dari hasil pembelajaran yang telah berlangsung;

·         Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;

·         Memberi perintah mengerjakan ulangan harian dengan jujur dan tertib di kelas;

·         Memberi tugas rumah untuk mengerjakan tugas atau jenis kegiatan peserta didik lain baik secara berkelompok dengan baik sesuai perintah guru;

·         Menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya;

·         Menutup kegiatan pembelajaran dengan berdoa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing.

10 menit

 

 

Pertemuan ketiga

Rincian Kegiatan

Waktu

Pendahuluan

·         Guru memberi salam dan menunjuk ketua kelas untuk memimpin doa bersama.

·         Guru mengondisikan kelas, agar kondusif untuk mendukung proses pembelajaran dengan cara meminta peserta didik membersihkan papan tulis dan merapikan tempat duduk, menyiapkan buku pelajaran dan buku referensi yang relevan serta alat tulis yang diperlukan.

·         Guru mengajak peserta didik agar selalu mengamalkan ilmu pengetahuan yang diperoleh di dalam kehidupan sebagai tanda syukur kepada Tuhan.

·         Guru mengajak peserta didik untuk proaktif dalam pembelajaran yang dilaksanakan.

·         Guru memberi penjelasan tentang cakupan materi yang akan dipelajari beserta tujuan pembelajaran yang akan dicapai.

·         Guru membuat kesepakatan dengan peserta didik terkait kegiatan yang akan dilakukan (termasuk di dalamnya tentang pembagian kelompok kerja peserta didik).

·         Sebagai awalan guru mencoba menampilkan gambar yang berhubungan dengan Sikap Positif terhadap Pokok Pikiran Pembukaan UUD NRI Tahun 1945.

 

10 menit

Kegiatan Inti:

Mengamati

·         Guru membagi peserta didik menjadi lima kelompok

·         Guru meminta peserta didik untuk membaca sebentar tentang Sikap Positif terhadap Pokok Pikiran Pembukaan UUD NRI Tahun 1945.

·         Guru memberi kesempatan kepada setiap kelompok untuk mengamati beberapa permasalahan yang terkait dengan Sikap Positif terhadap Pokok Pikiran Pembukaan UUD NRI Tahun 1945.

 

Menanya

·         Guru memberi kesempatan kepada setiap kelompok untuk mengajukan pertanyaan terkait hasil pengamatan mereka tentang Sikap Positif terhadap Pokok Pikiran Pembukaan UUD NRI Tahun 1945.

·         Guru mencoba untuk menjawab setiap pertanyaan yang diajukan oleh setiap kelompok terkait Sikap Positif terhadap Pokok Pikiran Pembukaan UUD NRI Tahun 1945.

 

Mengeksplorasi

·         Peserta didik mengumpulkan informasi dari tanya jawab yang dilakukan dan melengkapinya dengan membaca buku ajar dan buku referensi terkait Sikap Positif terhadap Pokok Pikiran Pembukaan UUD NRI Tahun 1945.

·         Peserta didik berdiskusi atau melakukan kegiatan secara berkelompok untuk mengidentifikasi dan menganalisis ragam informasi yang diperoleh, kemudian dijadikan bahan untuk menyimpulkan (Sebagai bahan diskusi/kegiatan, guru dapat meminta peserta didik untuk mengerjakan tugas/kegiatan peserta didik yang ada dalam buku ajar).

 

Mengasosiasikan

·         Peserta didik merumuskan materi tentang Sikap Positif terhadap Pokok Pikiran Pembukaan UUD NRI Tahun 1945.

·         Setiap kelompok mulai menyusun makalah sebagai bahan persentasi yang akan disajikan di depan kelas.

·         Setiap kelompok membuat slide persentasi yang akan disajikan di depan kelas.

 

Mengomunikasikan  

·         Peserta didik mempersentasikan hasil kerja kelompok di depan kelas dan peserta didik dari kelompok lain memberikan tanggapan.

·         Guru memberikan penegasan terhadap hasil pembelajaran peserta didik.

 

60 menit

Penutup

Guru bersama peserta didik baik secara individual maupun kelompok melakukan refleksi untuk:

·         Mengevaluasi seluruh rangkaian aktivitas pembelajaran dan hasil-hasil yang diperoleh untuk selanjutnya secara bersama menemukan manfaat langsung maupun tidak langsung dari hasil pembelajaran yang telah berlangsung;

·         Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;

·         Memberi perintah mengerjakan ulangan harian dengan jujur dan tertib di kelas;

·         Memberi tugas rumah untuk mengerjakan tugas atau jenis kegiatan peserta didik lain baik secara berkelompok dengan baik sesuai perintah guru;

·         Menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya;

·         Menutup kegiatan pembelajaran dengan berdoa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing.

10 menit

 

 

Pertemuan keempat

Rincian Kegiatan

Waktu

Pendahuluan

·         Guru memberi salam dan menunjuk ketua kelas untuk memimpin doa bersama.

·         Guru mengondisikan kelas, agar kondusif untuk mendukung proses pembelajaran dengan cara meminta peserta didik membersihkan papan tulis dan merapikan tempat duduk, menyiapkan buku pelajaran dan buku referensi yang relevan serta alat tulis yang diperlukan.

·         Guru mengajak peserta didik agar selalu mengamalkan ilmu pengetahuan yang diperoleh di dalam kehidupan sebagai tanda syukur kepada Tuhan.

·         Guru mengajak peserta didik untuk proaktif dalam pembelajaran yang dilaksanakan.

·         Guru memberi penjelasan tentang cakupan materi yang akan dipelajari beserta tujuan pembelajaran yang akan dicapai.

·         Guru membuat kesepakatan dengan peserta didik terkait kegiatan yang akan dilakukan (termasuk di dalamnya tentang pembagian kelompok kerja peserta didik).

·         Guru menampilkan gambar/slide/video terkait materi yang sedang dipelajari sebagai apersepsi.

 

10 menit

Kegiatan Inti:

Mengamati

·         Guru meminta peserta didik untuk membaca sebentar tentang Sikap Positif terhadap Pokok Pikiran Pembukaan UUD NRI Tahun 1945.

·         Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk mengamati beberapa permasalahan yang terkait materi yang sedang dipelajari.

 

Menanya

·         Guru mengajukan pertanyaan kepada peserta didik tentang bagaimana Sikap Positif terhadap Pokok Pikiran Pembukaan UUD NRI Tahun 1945

·         Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk mengajukan pertanyaan terkait hasil pengamatan mereka tentang materi yang sedang dipelajari.

·         Guru menampung pertanyaan peserta didik dan memberi kesempatan kepada tiap peserta didik atau menunjuk secara acak peserta didik untuk menjawab pertanyaan temannya.

 

Mengeksplorasi

·         Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk mengutarakan pendapatnya tentang Sikap Positif terhadap Pokok Pikiran Pembukaan UUD NRI Tahun 1945.

·         Peserta didik mengumpulkan informasi dari tanya jawab yang dilakukan dan melengkapinya dengan membaca buku ajar dan buku referensi terkait materi yang sedang dipelajari.

·         Peserta didik berdiskusi untuk mengidentifikasi dan menganalisis ragam informasi yang diperoleh, kemudian dijadikan bahan untuk menyimpulkan kesemua materi yang sudah dipelajari pada BAB II.

 

Mengasosiasikan

·         Peserta didik mulai menyusun hasil diskusi tentang kesemua materi yang sudah dipelajari pada BAB II.

·         Peserta didik menyimpulkan kesemua materi yang sudah dipelajari pada BAB II.

 

Mengomunikasikan  

·         Peserta didik mengomunikasikan pengetahuan yang didapat ketika mempelajari kesemua materi yang ada di BAB II.

·         Guru memberikan penegasan terhadap hasil pembelajaran peserta didik.

 

60 menit

Penutup

Guru bersama peserta didik baik secara individual maupun kelompok melakukan refleksi untuk:

·         Mengevaluasi seluruh rangkaian aktivitas pembelajaran dan hasil-hasil yang diperoleh untuk selanjutnya secara bersama menemukan manfaat langsung maupun tidak langsung dari hasil pembelajaran yang telah berlangsung;

·         Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;

·         Memberi perintah mengerjakan ulangan harian dengan jujur dan tertib di kelas;

·         Memberi tugas rumah untuk mengerjakan tugas atau jenis kegiatan peserta didik lain baik secara berkelompok dengan baik sesuai perintah guru;

·         Menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya;

·         Menutup kegiatan pembelajaran dengan berdoa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing.

10 menit

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Penilaian

 

No.

Kompetensi

Teknik

Instrumen

Keterangan

1.

KI 1 dan

KI 2

Observasi

 

·            Lembar observasi

Terlampir

2.

KI 3

Tes tertulis

·            Pilihan ganda

·            Uraian

·            Tugas (mandiri atau kelompok)

Terlampir

3.

KI 4

Kinerja

·            Lembar laporan tugas

Terlampir

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

LAMPIRAN

Penilaian KI 1

 

INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP SPIRITUAL

(LEMBAR OBSERVASI)

 

A.       Petunjuk Umum

1.    Instrumen penilaian sikap spiritual ini berupa Lembar Observasi. Observasi merupakan teknik penilaian yang dilakukan secara berkesinambungan dengan menggunakan indera, baik secara langsung maupun tidak langsung dengan menggunakan instrument yang berisi sejumlah indikator perilaku yang diamati. Pada jenjang SMP/MTs, kompetensi sikap spiritual mengacu pada KI-1:  Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.

2.   Instrumen ini diisi oleh guru yang mengajar peserta didik yang dinilai.

 

B.        Petunjuk Pengisian

Secara periodik, misalnya 1 atau 2 minggu sekali guru melakukan penilaian sikap spiritual peserta didik. Caranya, guru memberi tanda cek (√) pada kolom skor sesuai sikap spiritual yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut.

·         4 = selalu, apabila peserta didik selalu melakukan sesuai pernyataan.

·         3 = sering, apabila peserta didik sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang

 tidak melakukannya.

·         2 = kadang-kadang, apabila peserta didik kadang-kadang melakukan dan  sering tidak

melakukannya.

·         1 = tidak pernah, apabila peserta didik tidak pernah melakukannya.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

C.        Lembar Observasi

Kelas                                : ….

Semester                         : ….

Tahun Ajaran                   : ….

Periode Pengamatan      :            Tanggal s.d. ….

 

No

Aspek Pengamatan

1

Berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu

2

Menjalankan ibadah tepat waktu

3

Mengucapkan rasa syukur atas karunia Tuhan

4

Mensyukuri kemampuan manusia dalam mengendalikan diri

5

Mengucapkan syukur ketika berhasil mengerjakan sesuatu

6

Berserah diri kepada Tuhan apabila gagal dalam mengerjakan sesuatu

7

Menjaga lingkungan hidup di sekitar rumah tempat tinggal, sekolah, dan masyarakat

8

Memelihara hubungan baik dengan sesama umat ciptaan Tuhan Yang Maha Esa

9

Bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa sebagai bangsa Indonesia

10

Menghormati orang lain menjalankan ibadah sesuai agamanya

 Jumlah Skor

 


Lembar Observasi

 

No.

Nama

Peserta Didik

Aspek Pengamatan

Jumlah

Rerata Skor

Nilai

Keterangan

 

1

 

2

 

3

 

4

 

5

 

6

 

7

 

8

 

9

 

10

1

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

6

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

7

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

8

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

9

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

10

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

dst

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Guru Mata Pelajaran

 

 

 

------------------------------------

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Penilaian KI 2 

 

INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP SOSIAL

(LEMBAR OBSERVASI)

A.       Petunjuk Umum

1.    Instrumen penilaian sikap sosial ini berupa Lembar Observasi.  Sikap sosial yang dikembangkan pada Kompetensi Inti 2 di jenjang SMP/MTs meliputi:

a.      jujur

b.      disiplin

c.       tanggung jawab

d.      toleransi

e.      gotong royong

f.        santun

g.      percaya diri

2.   Instrumen ini diisi oleh guru yang mengajar peserta didik yang dinilai.

B.        Petunjuk Pengisian

Secara periodik, misalnya 1 atau 2 minggu sekali guru melakukan penilaian sikap sosial peserta didik. Caranya, guru memberi tanda cek (√) pada kolom skor sesuai sikap sosial yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut.

·         4 = selalu, apabila peserta didik selalu melakukan sesuai pernyataan.

·         3 = sering, apabila peserta didik sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang

tidak melakukannya.

·         2 = kadang-kadang, apabila peserta didik kadang-kadang melakukan dan  sering tidak

melakukannya.

·         1 = tidak pernah, apabila peserta didik tidak pernah melakukannya.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Guna memudahkan penilian, guru dapat membaca indikator tiap-tiap aspek sosial sebagai berikut.

Tabel Daftar Deskripsi Indikator


Sikap dan Pengertian

Contoh Indikator

1.    Jujur

adalah perilaku yang didasarkan pada upaya menjadikan dirinya sebagai orang

yang selalu dapat dipercaya dalam perkataan, tindakan, dan pekerjaan.

·      Melaporkan barang yang ditemukan.

·      Melaporkan data atau informasi apa adanya.

·      Mengakui kesalahan atau kekurangan yang dimiliki.

2.    Disiplin

adalah tindakan yang menunjukkan perilaku tertib dan patuh pada berbagai ketentuan dan peraturan.

·        Mengerjakan/mengumpulkan tugas sesuai  dengan waktu yang ditentukan.

·        Tertib dalam menerapkan aturan penulisan untuk karya ilmiah.

 

3.    Tanggungjawab

adalah sikap dan perilaku seseorang untuk melaksanakan tugas dan kewajibannya, yang seharusnya dia lakukan, terhadap diri sendiri, masyarakat, lingkungan (alam, sosial dan budaya), negara dan Tuhan Yang Maha Esa.

·      Tidak menyalahkan/menuduh orang lain tanpa bukti yang akurat.

·      Mengembalikan barang yang dipinjam.

·      Mengakui dan meminta maaf atas kesalahan yang dilakukan.

4.    Toleransi

adalah sikap dan tindakan yang menghargai perbedaan agama, suku, etnis, pendapat, sikap, dan tindakan orang lain yang berbeda dari dirinya.

·      Menerima kesepakatan meskipun berbeda dengan pendapatnya.

·      Dapat menerima kekurangan orang lain.

·      Dapat mememaafkan kesalahan orang lain.

 

5.    Gotongroyong

adalah bekerja bersama-sama dengan orang lain untuk mencapai tujuan bersama dengan saling berbagi tugas dan tolong menolong secara ikhlas.

·      Bersedia membantu orang lain tanpa mengharap imbalan.

·      Aktif dalam kerja kelompok.

6.    Santun

adalah sikap baik dalam pergaulan baik dalam berbahasa maupun bertingkah laku.

 

 

 

 

 

·      Mengucapkan terima kasih setelah menerima bantuan orang lain.

·      Bersikap 3S (salam, senyum, sapa).

·      Meminta ijin ketika akan memasuki ruangan orang lain atau menggunakan barang milik orang lain.

7.    Percaya diri

adalah kondisi mental atau psikologis diri seseorang yang memberi keyakinan

kuat pada dirinya untuk berbuat atau melakukan sesuatu tindakan.

·         Tidak canggung dalam bertindak.

·         Berani presentasi di depan kelas.

·         Berani berpendapat, bertanya, atau menjawab pertanyaan menggunakan barang milik orang lain.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

C.        Lembar Observasi

Kelas                                : ….

Semester                         : ….

Tahun Ajaran                   : ….

Periode Pengamatan      : Tanggal s.d. ….

           

No

Nama

Peserta Didik

Sikap

Jumlah

Rerata Skor

Nilai

Keterangan

Jujur

Disiplin

Tanggung Jawab

Toleransi

Gotong Royong

Santun

Percaya Diri

1

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

6

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

7

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

8

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

9

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

10

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

dst

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Guru Mata Pelajaran

 

 

 

------------------------------

 

 

 

 

 

 

Penilaian KI 3

 (Ambil soal di ulangan harian)

 

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini dengan uraian yang jelas dan tepat!

Kerjakan dengan jujur! Yakinlah pada kemampuanmu!

1.      Apa saja penilaian para pendiri bangsa yang tercantum dalam alinea kedua pembukaan UUD NRI Tahun 1945?

2.      Apakah nilai yang terkandung pada pokok pikiran pertama pembukaan UUD NRI Tahun 1945?

3.      Apakah pokok pikiran ketiga pembukaan UUD NRI Tahun 1945?

4.      Apakah pokok pikiran keempat pembukaan UUD NRI Tahun 1945?

5.      Cobalah carilah tiga contoh tindakan konkret yang dapat kamu lakukan dan menunjukkan sikap positif di lingkungan negara.

 

 

 

 

 

 

 

 

Guru Mata Pelajaran

 

 

----------------------------


 

Penilaian KI 4

 

Penilaian Kinerja

 

Rounded Rectangle: Nama			:	............................................
Kelas			:	............................................
No. Absen  :  ............................................
 

 

 

 

 

 


Lakukan kegiatan berikut ini! Bekerjasamalah dengan kelompokmu!

Bentuklah kelompok beranggotakan 5 orang! Dalam berdiskusi hargailah pendapat anggota kelompok Anda dalam menyampaikan suatu pendapat dan saling menghormati dengan pendapat yang berbeda.

1.  Buatlah sebuah karya ilmiah yang membahas tentang hal-hal berikut ini!

a.      Makna Alinea Pembukaan UUD NRI Tahun 1945

b.      Pokok Pikiran Pembukaan UUD NRI Tahun 1945

c.       Sikap Positif terhadap Pokok Pikiran Pembukaan UUD NRI Tahun 1945

2. Gunakan kaidah-kaidah dan tata tulis penulisan karya ilmiah!

3. Kerjakan di buku tugas Anda dan kumpulkan hasil pekerjaan Anda kepada guru untuk dinilai!

 

 

Mengetahui,                                                                           Guru Mapel PPKn

Kepala Sekola                                                                                                                                                 

 

 

----------------------------------------                                              --------------------------------------------

                                                                                              

Komentar

Postingan populer dari blog ini

RPP PKn KELAS 9 - BAB 1 - Dinamika Perwujudan Pancasila Sebagai Dasar Negara

  RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)   Sekolah                      : SMP .... Mata Pelajaran           : PPKn Kelas/Semester           : IX/1 Materi Pokok                         : Dinamika Perwujudan Pancasila Sebagai Dasar Negara Alokasi Waktu           : 4 x 2 JP   Indikator ·          Peserta didik m enunjukkan sikap mensyukuri perwujudan Pancasila sebagai dasar negara yang merupakan anugrah Tuhan Yang Maha Esa ·          Peserta didik mempelajari penerapan Pancasila dari masa ke masa ·      ...

RPP PKn Kelas 9 - Bab 4 Persatuan dan Keberagaman Masyarakat Indonesia

  RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Sekolah                         : SMP.. Mata Pelajaran            : Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas/Semester            : IX/1       Materi Pokok              : Persatuan dan Keberagaman Masyarakat Indonesia Alokasi Waktu              : 8 x 40 Menit (4 x Pertemuan)   Indikator ·          Peserta didik menjelaskan masalah-masalah yang muncul dalam keberagaman, suku, agama, ras, antar golongan (SARA) di masyarakat serta cara pemecahannya dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika ·     ...