RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah :
SMP ....
Mata Pelajaran : PPKn
Kelas/Semester : IX/
Materi Pokok : Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik
Indonesia Tahun 1945
Alokasi Waktu : ......
Indikator
·
Peserta didik menjelaskan isi
alinea dan pokok pikiran yang terkandung dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar
Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dengan jujur
·
Peserta didik mengidentifikasi isi
alinea dan pokok pikiran yang terkandung dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar
Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dengan jujur
·
Peserta didik mencontohkan isi
alinea dan pokok pikiran yang terkandung dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar
Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dengan jujur
·
Peserta didik menerapkan isi
alinea dan pokok pikiran yang terkandung dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar
Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dengan jujur
TujuanPembelajaran
Setelah mempelajari materi ini, peserta didik
diharapkan mampu:
·
memahami dan menghayati isi alinea dan pokok pikiran yang terkandung dalam
Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia
Tahun 1945;
·
mensintesiskan isi alinea dan pokok pikiran yang terkandung dalam alinea
Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia
Tahun 1945;
·
mengaplikasikan isi alinea dan pokok-pokok pikiran yang terkandung dalam
alinea Pembukaan Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun
1945 dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
Materi Pembelajaran
Pokok-pokok pikiran dalam Pembukaan UUD Negara Republik
Indonesia Tahun 1945
·
Makna alinea Pembukaan Undang-Undang Dasar Republik Indonesia Tahun 1945
·
Makna pokok-pokok pikiran dalam Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia
Tahun 1945
·
Sikap positif terhadap pokok-pokok pikiran dalam Pembukaan UUD Negara
Republik Indonesia Tahun 1945
Metode Pembelajaran
Pendekatan : Pendekatan
kontekstual
Model : Siklus Eksplorasi, Elaborasi,
Konfirmasi
Metode : 1.
Ceramah
2. Curah Pendapat
3. Persentasi
4. Diskusi
5. Penugasan
Media dan Sumber Pembelajaran
1. Media
a. Laptop, CPU
b. LCD Projector
c. Film/Video
d. Gambar/Foto
2. Sumber Belajar
a.
Buku Ajar Pendidikan Pancasila dan
Kewarganegaraan untuk SMP/MTs Kelas IX, Penerbit Erlangga
b.
Referensi lain yang relevan
c.
Internet (jika tersedia)
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Pertemuan
pertama
Rincian Kegiatan |
Waktu |
Pendahuluan ·
Salam. ·
Guru
mengondisikan kelas, agar kondusif untuk mendukung proses pembelajaran dengan
cara meminta peserta didik membersihkan papan tulis dan merapikan tempat
duduk, menyiapkan buku pelajaran dan buku referensi yang relevan serta alat
tulis yang diperlukan. ·
Guru
mengajak peserta didik agar selalu mengamalkan ilmu pengetahuan yang
diperoleh di dalam kehidupan sebagai tanda syukur kepada Tuhan. ·
Guru
mengajak peserta didik untuk proaktif dalam pembelajaran yang dilaksanakan. ·
Guru
memberi penjelasan tentang cakupan materi yang akan dipelajari beserta tujuan
pembelajaran yang akan dicapai. ·
Guru
membuat kesepakatan dengan peserta didik terkait kegiatan yang akan dilakukan
(termasuk di dalamnya tentang pembagian kelompok kerja peserta didik). |
10 menit |
Kegiatan
Inti: Mengamati ·
Guru meminta peserta didik untuk membaca buku/referensi
tentang Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, khususnya materi tentang Makna Alinea Pembukaan UUD NRI Tahun
1945. Misalnya : Siswa
membaca buku PKn kelas IX, halaman 29-35. ·
Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk menceritakan
pengetahuannya mengenai Makna Alinea Pembukaan UUD NRI
Tahun 1945. ·
Guru menyajikan slide persentasi tentang Makna Alinea
Pembukaan UUD NRI Tahun 1945. Lihat slide : https://docs.google.com/presentation/d/1k7x0GGdHqYpAj-mH46e-JcIsjsCXBdSE6w7y1784hZg/edit?usp=sharing ·
Peserta didik mengamati slide persentasi yang disajikan
oleh guru. Menanya ·
Guru meminta peserta didik untuk menjawab pre-test yang
diberikan guru. Pre-test berupa pertanyaan seputar Makna Alinea Pembukaan UUD
NRI Tahun 1945. ·
Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk
mengajukan pertanyaan terkait hasil pengamatan tentang Makna Alinea Pembukaan
UUD NRI Tahun 1945. ·
Guru menampung pertanyaan peserta didik dan memberi
kesempatan kepada tiap peserta didik atau menunjuk secara acak peserta didik
untuk menjawab pertanyaan temannya. Mengeksplorasi ·
Peserta didik mencari jawaban pertanyaan pre-test yang
diberikan guru dengan membaca buku ajar dan buku referensi lain. ·
Peserta didik mengumpulkan informasi dari tanya jawab
yang dilakukan dan melengkapinya dengan membaca buku ajar dan buku referensi
terkait Makna Alinea Pembukaan UUD NRI Tahun 1945. ·
Peserta didik berdiskusi atau melakukan kegiatan secara
berkelompok untuk mengidentifikasi dan menganalisis ragam informasi yang
diperoleh, kemudian dijadikan bahan untuk menyimpulkan. Misalnya : 1)
Jalaskan
makna alinea pertama Pembukaan UUD NRI Tahun 1945! 2)
Upaya apa yang harus dilakukan oleh bangsa Indonesia dalam
mencapai kemerdekaan sebagai cita-cita bangsa yang merdeka, bersatu,
berdaulat, adil, dan makmur? 3)
Jelaskan maksud bahwa kemerdekaan Indonesia adalah rahmat Tuhan
Yang Maha Kuasa! 4)
Jelaskan makna yang terkandung dalam alinea keempat Pembukaan
UUD NRI Tahun 1945! Mengasosiasikan ·
Peserta didik menyusun hasil diskusi/laporan kegiatan
yang berkaitan Makna Alinea Pembukaan UUD NRI Tahun 1945. ·
Peserta didik menyimpulkan hasil diskusi/laporan
kegiatan yang berkaitan dengan Makna Alinea Pembukaan UUD NRI Tahun 1945. Mengomunikasikan ·
Peserta didik membuat laporan hasil diskusi/ kegiatan
yang sudah dilakukan. ·
Peserta didik mempersentasikan hasil diskusi/ kegiatan
yang sudah dilakukan di depan kelas dan peserta didik dari kelompok lain
memberikan tanggapan. ·
Guru memberikan penegasan terhadap hasil pembelajaran
peserta didik. |
60 menit |
Penutup Guru bersama peserta didik baik secara
individual maupun kelompok melakukan refleksi untuk: ·
Mengevaluasi seluruh rangkaian aktivitas pembelajaran
dan hasil-hasil yang diperoleh untuk selanjutnya secara bersama menemukan manfaat
langsung maupun tidak langsung dari hasil pembelajaran yang telah
berlangsung; ·
Memberi tugas rumah untuk mengerjakan tugas atau jenis
kegiatan peserta didik lain baik secara berkelompok dengan baik sesuai
perintah guru; ·
Menutup kegiatan pembelajaran dengan berdoa bersama
sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing. |
10 menit |
Pertemuan kedua
Rincian Kegiatan |
Waktu |
Pendahuluan ·
Guru
memberi salam dan menunjuk ketua kelas untuk memimpin doa bersama. ·
Guru
mengondisikan kelas, agar kondusif untuk mendukung proses pembelajaran dengan
cara meminta peserta didik membersihkan papan tulis dan merapikan tempat
duduk, menyiapkan buku pelajaran dan buku referensi yang relevan serta alat
tulis yang diperlukan. ·
Guru
mengajak peserta didik agar selalu mengamalkan ilmu pengetahuan yang
diperoleh di dalam kehidupan sebagai tanda syukur kepada Tuhan. ·
Guru
mengajak peserta didik untuk proaktif dalam pembelajaran yang dilaksanakan. ·
Guru
memberi penjelasan tentang cakupan materi yang akan dipelajari beserta tujuan
pembelajaran yang akan dicapai. ·
Guru
membuat kesepakatan dengan peserta didik terkait kegiatan yang akan dilakukan
(termasuk di dalamnya tentang pembagian kelompok kerja peserta didik). ·
Mengamati
tayangan video/film/gambar tentang tenaga kerja romusha pada masa penjejehan
Jepang (mewakili makna alinea pertama). |
10 menit |
Kegiatan
Inti: Mengamati ·
Peserta didik dibagi ke dalam
empat kelompok secara heterogen. ·
Setiap kelompok diberikan buku pembelajaran dan ditentukan materi untuk dipelajari dalam kelompok
dan membuat ringkasan materi yang dipelajari, yaitu Pokok
Pikiran Pembukaan UUD NRI Tahun 1945. ·
Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk
mengamati beberapa permasalahan yang terkait dengan materi yang sedang
dipelajari. Menanya ·
Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk
mengajukan pertanyaan terkait hasil pengamatan mereka tentang Pokok Pikiran
Pembukaan UUD NRI Tahun 1945. ·
Guru menampung pertanyaan peserta didik dan memberi
kesempatan kepada tiap peserta didik atau menunjuk secara acak peserta didik
untuk menjawab pertanyaan temannya. ·
Guru mengamati, menjawab pertanyaan, dan membimbing peserta
didik atau kelompok yang masih ada kesulitan. Mengeksplorasi ·
Peserta didik mengumpulkan informasi dari tanya jawab
yang dilakukan dan melengkapinya dengan membaca buku ajar dan buku referensi
terkait Pokok Pikiran Pembukaan UUD NRI Tahun 1945. Mengasosiasikan ·
Peserta didik menyusun hasil diskusi tentang Pokok
Pikiran Pembukaan UUD NRI Tahun 1945. Mengomunikasikan ·
Peserta didik menuliskan laporan kerja kelompok. ·
Peserta didik mempersentasikan hasil kerja kelompok di
depan kelas dan peserta didik dari kelompok lain memberikan tanggapan. ·
Guru mengamati penyampaian hasil diskusi dan meminta
kelompok lain menjadi penyanggah. Kemudian kelompok penyaji menanggapi, mencatat, dan
menjawab setiap pertanyaan dari kelompok lain. ·
Guru memberikan apresiasi kepada kelompok penyaji dan
kelompok lain yang berpartisipasi aktif. Selanjutnya, guru memberikan
penegasan pada setiap pokok materi bahasan hasil diskusi. |
60 menit |
Penutup Guru bersama peserta didik baik secara individual
maupun kelompok melakukan refleksi untuk: ·
Mengevaluasi seluruh rangkaian aktivitas pembelajaran
dan hasil-hasil yang diperoleh untuk selanjutnya secara bersama menemukan
manfaat langsung maupun tidak langsung dari hasil pembelajaran yang telah berlangsung; ·
Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil
pembelajaran; ·
Memberi perintah mengerjakan ulangan harian dengan
jujur dan tertib di kelas; ·
Memberi tugas rumah untuk mengerjakan tugas atau jenis
kegiatan peserta didik lain baik secara berkelompok dengan baik sesuai
perintah guru; ·
Menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk
pertemuan berikutnya; ·
Menutup kegiatan pembelajaran dengan berdoa bersama
sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing. |
10 menit |
Pertemuan ketiga
Rincian Kegiatan |
Waktu |
Pendahuluan ·
Guru
memberi salam dan menunjuk ketua kelas untuk memimpin doa bersama. ·
Guru
mengondisikan kelas, agar kondusif untuk mendukung proses pembelajaran dengan
cara meminta peserta didik membersihkan papan tulis dan merapikan tempat
duduk, menyiapkan buku pelajaran dan buku referensi yang relevan serta alat
tulis yang diperlukan. ·
Guru
mengajak peserta didik agar selalu mengamalkan ilmu pengetahuan yang
diperoleh di dalam kehidupan sebagai tanda syukur kepada Tuhan. ·
Guru
mengajak peserta didik untuk proaktif dalam pembelajaran yang dilaksanakan. ·
Guru
memberi penjelasan tentang cakupan materi yang akan dipelajari beserta tujuan
pembelajaran yang akan dicapai. ·
Guru
membuat kesepakatan dengan peserta didik terkait kegiatan yang akan dilakukan
(termasuk di dalamnya tentang pembagian kelompok kerja peserta didik). ·
Sebagai awalan guru mencoba menampilkan gambar yang berhubungan dengan Sikap Positif terhadap Pokok Pikiran
Pembukaan UUD NRI Tahun 1945. |
10 menit |
Kegiatan
Inti: Mengamati ·
Guru membagi peserta didik menjadi lima kelompok ·
Guru meminta peserta didik untuk membaca sebentar
tentang Sikap Positif terhadap Pokok Pikiran Pembukaan UUD NRI Tahun 1945. ·
Guru memberi kesempatan kepada setiap kelompok untuk
mengamati beberapa permasalahan yang terkait dengan Sikap Positif terhadap
Pokok Pikiran Pembukaan UUD NRI Tahun 1945. Menanya ·
Guru memberi kesempatan kepada setiap kelompok untuk
mengajukan pertanyaan terkait hasil pengamatan mereka tentang Sikap Positif
terhadap Pokok Pikiran Pembukaan UUD NRI Tahun 1945. ·
Guru mencoba untuk menjawab setiap pertanyaan yang
diajukan oleh setiap kelompok terkait Sikap Positif terhadap Pokok Pikiran
Pembukaan UUD NRI Tahun 1945. Mengeksplorasi ·
Peserta didik mengumpulkan informasi dari tanya jawab
yang dilakukan dan melengkapinya dengan membaca buku ajar dan buku referensi
terkait Sikap Positif terhadap Pokok Pikiran Pembukaan UUD NRI Tahun 1945. ·
Peserta didik berdiskusi atau melakukan kegiatan secara
berkelompok untuk mengidentifikasi dan menganalisis ragam informasi yang
diperoleh, kemudian dijadikan bahan untuk menyimpulkan (Sebagai bahan
diskusi/kegiatan, guru dapat meminta peserta didik untuk mengerjakan
tugas/kegiatan peserta didik yang ada dalam buku ajar). Mengasosiasikan ·
Peserta didik merumuskan materi tentang Sikap Positif terhadap
Pokok Pikiran Pembukaan UUD NRI Tahun 1945. ·
Setiap kelompok mulai menyusun makalah sebagai bahan
persentasi yang akan disajikan di depan kelas. ·
Setiap kelompok membuat slide persentasi yang akan
disajikan di depan kelas. Mengomunikasikan ·
Peserta didik mempersentasikan hasil kerja kelompok di
depan kelas dan peserta didik dari kelompok lain memberikan tanggapan. ·
Guru memberikan penegasan terhadap hasil pembelajaran
peserta didik. |
60 menit |
Penutup Guru bersama peserta didik baik secara
individual maupun kelompok melakukan refleksi untuk: ·
Mengevaluasi seluruh rangkaian aktivitas pembelajaran
dan hasil-hasil yang diperoleh untuk selanjutnya secara bersama menemukan
manfaat langsung maupun tidak langsung dari hasil pembelajaran yang telah
berlangsung; ·
Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil
pembelajaran; ·
Memberi perintah mengerjakan ulangan harian dengan
jujur dan tertib di kelas; ·
Memberi tugas rumah untuk mengerjakan tugas atau jenis
kegiatan peserta didik lain baik secara berkelompok dengan baik sesuai
perintah guru; ·
Menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk
pertemuan berikutnya; ·
Menutup kegiatan pembelajaran dengan berdoa bersama
sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing. |
10 menit |
Pertemuan keempat
Rincian Kegiatan |
Waktu |
Pendahuluan ·
Guru
memberi salam dan menunjuk ketua kelas untuk memimpin doa bersama. ·
Guru
mengondisikan kelas, agar kondusif untuk mendukung proses pembelajaran dengan
cara meminta peserta didik membersihkan papan tulis dan merapikan tempat
duduk, menyiapkan buku pelajaran dan buku referensi yang relevan serta alat
tulis yang diperlukan. ·
Guru
mengajak peserta didik agar selalu mengamalkan ilmu pengetahuan yang
diperoleh di dalam kehidupan sebagai tanda syukur kepada Tuhan. ·
Guru
mengajak peserta didik untuk proaktif dalam pembelajaran yang dilaksanakan. ·
Guru
memberi penjelasan tentang cakupan materi yang akan dipelajari beserta tujuan
pembelajaran yang akan dicapai. ·
Guru
membuat kesepakatan dengan peserta didik terkait kegiatan yang akan dilakukan
(termasuk di dalamnya tentang pembagian kelompok kerja peserta didik). ·
Guru
menampilkan gambar/slide/video terkait materi yang sedang dipelajari sebagai apersepsi. |
10 menit |
Kegiatan Inti: Mengamati ·
Guru meminta peserta didik untuk membaca sebentar tentang Sikap Positif
terhadap Pokok Pikiran Pembukaan UUD NRI Tahun 1945. ·
Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk mengamati beberapa
permasalahan yang terkait materi yang sedang dipelajari. Menanya ·
Guru mengajukan pertanyaan kepada peserta didik tentang bagaimana Sikap
Positif terhadap Pokok Pikiran Pembukaan UUD NRI Tahun 1945 ·
Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk mengajukan pertanyaan
terkait hasil pengamatan mereka tentang materi yang sedang dipelajari. ·
Guru menampung pertanyaan peserta didik dan memberi kesempatan kepada
tiap peserta didik atau menunjuk secara acak peserta didik untuk menjawab
pertanyaan temannya. Mengeksplorasi ·
Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk mengutarakan
pendapatnya tentang Sikap Positif terhadap Pokok Pikiran Pembukaan UUD NRI
Tahun 1945. ·
Peserta didik mengumpulkan informasi dari tanya jawab yang dilakukan dan
melengkapinya dengan membaca buku ajar dan buku referensi terkait materi yang
sedang dipelajari. ·
Peserta didik berdiskusi untuk mengidentifikasi dan menganalisis ragam
informasi yang diperoleh, kemudian dijadikan bahan untuk menyimpulkan kesemua
materi yang sudah dipelajari pada BAB II. Mengasosiasikan ·
Peserta didik mulai menyusun hasil diskusi tentang kesemua materi yang
sudah dipelajari pada BAB II. ·
Peserta didik menyimpulkan kesemua materi yang sudah dipelajari pada BAB II. Mengomunikasikan ·
Peserta didik mengomunikasikan pengetahuan yang didapat ketika
mempelajari kesemua materi yang ada di BAB II. ·
Guru memberikan penegasan terhadap hasil pembelajaran peserta didik. |
60 menit |
Penutup Guru bersama peserta didik baik secara
individual maupun kelompok melakukan refleksi untuk: ·
Mengevaluasi seluruh rangkaian aktivitas pembelajaran
dan hasil-hasil yang diperoleh untuk selanjutnya secara bersama menemukan
manfaat langsung maupun tidak langsung dari hasil pembelajaran yang telah
berlangsung; ·
Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil
pembelajaran; ·
Memberi perintah mengerjakan ulangan harian dengan
jujur dan tertib di kelas; ·
Memberi tugas rumah untuk mengerjakan tugas atau jenis
kegiatan peserta didik lain baik secara berkelompok dengan baik sesuai
perintah guru; ·
Menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk
pertemuan berikutnya; ·
Menutup kegiatan pembelajaran dengan berdoa bersama
sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing. |
10 menit |
Penilaian
No. |
Kompetensi |
Teknik |
Instrumen |
Keterangan |
1. |
KI 1 dan KI 2 |
Observasi
|
·
Lembar
observasi |
Terlampir |
2. |
KI 3 |
Tes tertulis |
·
Pilihan
ganda ·
Uraian ·
Tugas (mandiri
atau kelompok) |
Terlampir |
3. |
KI 4 |
Kinerja |
·
Lembar
laporan tugas |
Terlampir |
LAMPIRAN
Penilaian KI 1
INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP SPIRITUAL
(LEMBAR
OBSERVASI)
A.
Petunjuk Umum
1. Instrumen penilaian sikap spiritual ini berupa Lembar Observasi.
Observasi merupakan teknik penilaian yang dilakukan secara berkesinambungan
dengan menggunakan indera, baik secara langsung maupun tidak langsung dengan
menggunakan instrument yang berisi sejumlah indikator perilaku yang diamati.
Pada jenjang SMP/MTs, kompetensi sikap spiritual mengacu pada KI-1: Menghargai dan
menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2. Instrumen ini diisi oleh guru yang mengajar peserta didik yang
dinilai.
B.
Petunjuk Pengisian
Secara periodik, misalnya 1 atau 2 minggu sekali guru melakukan
penilaian sikap spiritual peserta didik. Caranya, guru memberi tanda cek (√) pada kolom skor sesuai sikap spiritual yang
ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut.
·
4 = selalu, apabila peserta didik selalu melakukan sesuai pernyataan.
·
3 = sering, apabila peserta didik sering melakukan sesuai pernyataan
dan kadang-kadang
tidak melakukannya.
·
2 = kadang-kadang, apabila peserta didik kadang-kadang melakukan dan sering tidak
melakukannya.
·
1 = tidak pernah, apabila peserta didik tidak pernah melakukannya.
C.
Lembar
Observasi
Kelas : ….
Semester : ….
Tahun Ajaran : ….
Periode Pengamatan : Tanggal … s.d. ….
No |
Aspek
Pengamatan |
|
1 |
Berdoa
sebelum dan sesudah melakukan sesuatu |
|
2 |
Menjalankan
ibadah tepat waktu |
|
3 |
Mengucapkan
rasa syukur atas karunia Tuhan |
|
4 |
Mensyukuri kemampuan manusia dalam mengendalikan
diri |
|
5 |
Mengucapkan
syukur ketika berhasil mengerjakan sesuatu |
|
6 |
Berserah
diri kepada Tuhan apabila gagal dalam mengerjakan sesuatu |
|
7 |
Menjaga
lingkungan hidup di sekitar rumah tempat tinggal, sekolah, dan masyarakat |
|
8 |
Memelihara
hubungan baik dengan sesama umat ciptaan Tuhan Yang Maha Esa |
|
9 |
Bersyukur
kepada Tuhan Yang Maha Esa sebagai bangsa Indonesia |
|
10 |
Menghormati orang lain menjalankan ibadah sesuai agamanya |
|
Jumlah Skor |
Lembar Observasi
No. |
Nama Peserta Didik |
Aspek Pengamatan |
Jumlah |
Rerata Skor |
Nilai |
Keterangan |
|||||||||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
||||||
1 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
dst |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Guru Mata Pelajaran
------------------------------------
Penilaian KI 2
INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP SOSIAL
(LEMBAR
OBSERVASI)
A.
Petunjuk Umum
1. Instrumen penilaian sikap sosial ini berupa Lembar Observasi. Sikap sosial yang dikembangkan pada
Kompetensi Inti 2 di jenjang SMP/MTs meliputi:
a.
jujur
b.
disiplin
c.
tanggung jawab
d.
toleransi
e.
gotong royong
f.
santun
g.
percaya diri
2. Instrumen ini diisi oleh guru yang mengajar peserta didik yang
dinilai.
B.
Petunjuk Pengisian
Secara periodik, misalnya 1 atau 2 minggu sekali guru melakukan
penilaian sikap sosial peserta didik. Caranya, guru memberi tanda cek (√) pada kolom skor sesuai sikap sosial yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai
berikut.
·
4 = selalu, apabila peserta didik selalu melakukan sesuai pernyataan.
·
3 = sering, apabila peserta didik sering melakukan sesuai pernyataan
dan kadang-kadang
tidak melakukannya.
·
2 = kadang-kadang, apabila peserta didik kadang-kadang melakukan dan sering tidak
melakukannya.
·
1 = tidak pernah, apabila peserta didik tidak pernah melakukannya.
Guna memudahkan penilian, guru dapat membaca indikator tiap-tiap
aspek sosial sebagai berikut.
Tabel Daftar Deskripsi Indikator
Sikap dan
Pengertian |
Contoh
Indikator |
1.
Jujur adalah perilaku yang didasarkan pada upaya menjadikan dirinya
sebagai orang yang selalu dapat dipercaya dalam perkataan, tindakan, dan
pekerjaan. |
· Melaporkan barang yang ditemukan. · Melaporkan data atau informasi apa adanya. · Mengakui kesalahan atau kekurangan yang dimiliki. |
2.
Disiplin adalah
tindakan yang menunjukkan perilaku tertib dan patuh pada berbagai ketentuan
dan peraturan. |
·
Mengerjakan/mengumpulkan
tugas sesuai dengan waktu yang
ditentukan. ·
Tertib
dalam menerapkan aturan penulisan untuk karya ilmiah. |
3.
Tanggungjawab adalah sikap dan perilaku seseorang untuk
melaksanakan tugas dan kewajibannya, yang seharusnya dia lakukan, terhadap
diri sendiri, masyarakat, lingkungan (alam, sosial dan budaya), negara dan
Tuhan Yang Maha Esa. |
· Tidak
menyalahkan/menuduh orang lain tanpa bukti yang akurat. · Mengembalikan
barang yang dipinjam. · Mengakui
dan meminta maaf atas kesalahan yang dilakukan. |
4.
Toleransi adalah sikap dan tindakan yang menghargai perbedaan agama, suku,
etnis, pendapat, sikap, dan tindakan orang lain yang berbeda dari dirinya. |
· Menerima
kesepakatan meskipun berbeda dengan pendapatnya. · Dapat
menerima kekurangan orang lain. · Dapat
mememaafkan kesalahan orang lain. |
5.
Gotongroyong adalah bekerja bersama-sama dengan orang lain untuk mencapai
tujuan bersama dengan saling berbagi tugas dan tolong menolong secara ikhlas. |
· Bersedia
membantu orang lain tanpa mengharap imbalan. · Aktif
dalam kerja kelompok. |
6.
Santun adalah
sikap baik dalam pergaulan baik dalam berbahasa maupun bertingkah laku. |
· Mengucapkan
terima kasih setelah menerima bantuan orang lain. · Bersikap
3S (salam, senyum, sapa). · Meminta
ijin ketika akan memasuki ruangan orang lain atau menggunakan barang milik
orang lain. |
7.
Percaya diri adalah kondisi
mental atau psikologis diri seseorang yang memberi keyakinan kuat pada
dirinya untuk berbuat atau melakukan sesuatu tindakan. |
·
Tidak
canggung dalam bertindak. ·
Berani presentasi di depan
kelas. ·
Berani berpendapat, bertanya,
atau menjawab pertanyaan menggunakan barang milik orang lain. |
C.
Lembar
Observasi
Kelas : ….
Semester : ….
Tahun Ajaran : ….
Periode Pengamatan : Tanggal … s.d. ….
No |
Nama Peserta Didik |
Sikap |
Jumlah |
Rerata Skor |
Nilai |
Keterangan |
||||||
Jujur |
Disiplin |
Tanggung Jawab |
Toleransi |
Gotong Royong |
Santun |
Percaya Diri |
||||||
1 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
dst |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Guru Mata Pelajaran
------------------------------
Penilaian KI 3
(Ambil soal di
ulangan harian)
Jawablah
pertanyaan-pertanyaan berikut ini dengan uraian yang jelas dan tepat!
Kerjakan
dengan jujur! Yakinlah pada kemampuanmu!
1.
Apa saja penilaian para pendiri bangsa yang tercantum dalam alinea kedua pembukaan UUD
NRI Tahun 1945?
2.
Apakah nilai yang terkandung pada pokok pikiran pertama pembukaan UUD
NRI Tahun 1945?
3.
Apakah pokok pikiran ketiga pembukaan UUD NRI Tahun 1945?
4.
Apakah pokok pikiran keempat pembukaan UUD NRI Tahun 1945?
5.
Cobalah carilah tiga contoh
tindakan konkret yang dapat kamu lakukan dan menunjukkan sikap positif di
lingkungan negara.
Guru Mata Pelajaran
----------------------------
Penilaian KI 4
Penilaian Kinerja
Lakukan kegiatan berikut ini! Bekerjasamalah dengan kelompokmu!
Bentuklah kelompok beranggotakan 5 orang! Dalam
berdiskusi hargailah pendapat anggota kelompok Anda dalam menyampaikan suatu pendapat dan saling
menghormati dengan pendapat yang berbeda.
1.
Buatlah sebuah karya ilmiah yang membahas tentang hal-hal berikut ini!
a. Makna Alinea Pembukaan UUD NRI Tahun 1945
b. Pokok Pikiran Pembukaan UUD NRI Tahun 1945
c. Sikap Positif terhadap Pokok Pikiran Pembukaan UUD NRI Tahun 1945
2. Gunakan kaidah-kaidah dan tata tulis penulisan karya ilmiah!
3. Kerjakan di buku tugas Anda dan kumpulkan hasil pekerjaan Anda
kepada guru untuk dinilai!
Mengetahui, Guru
Mapel PPKn
Kepala
Sekola
---------------------------------------- --------------------------------------------
Komentar
Posting Komentar