RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah :
SMP..
Mata Pelajaran : Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kelas/Semester : IX/1
Materi Pokok : Persatuan dan Keberagaman Masyarakat Indonesia
Alokasi Waktu : 8 x 40 Menit (4 x Pertemuan)
Indikator
·
Peserta didik menjelaskan masalah-masalah yang
muncul dalam keberagaman, suku, agama, ras, antar golongan
(SARA) di masyarakat serta cara pemecahannya dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
·
Peserta didik menyebutkan masalah-masalah yang
muncul dalam keberagaman, suku, agama, ras, antar golongan
(SARA) di masyarakat serta cara pemecahannya dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
·
Peserta didik mengidentifikasi masalah-masalah yang
muncul dalam keberagaman, suku, agama, ras, antar golongan
(SARA) di masyarakat serta cara pemecahannya dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
·
Peserta didik melakukan analisis prinsip persatuan
dalam keberagaman suku, agama, ras, antar golongan (SARA)
dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
·
Peserta didik menerangkan peran mediator
penyelesaian masalah keberagaman suku, agama, ras, antar golongan (SARA) dalam
bingkai Bhinneka Tunggal Ika
TujuanPembelajaran
Setelah mempelajari materi ini, peserta didik
diharapkan mampu:
·
mensyukuri persatuan dalam keberagaman masyarakat Indonesia secara adil
sebagai anugerah ciptaan Tuhan Yang Maha Esa;
·
memahami dan mengidentifikasi permasalahan keberagaman dalam masyarakat
Indonesia;
·
melaksanakan tanggung jawab terkait keberagaman dan berupaya menyelesaikan
masalah yang muncul dalam keberagaman masyarakat.
Materi Pembelajaran
Keberagaman masyarakat dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
·
Makna Persatuan dalam Kebangsaan
·
Prinsip persatuan dalam keberagaman suku, agama, ras dan antargolongan
·
Permasalahan yang muncul dalam keberagaman suku, agama, ras dan
antargolongan
·
Upaya pencegahan konflik yang bersifat SARA
Metode Pembelajaran
Pendekatan : Pendekatan
konstruktivistik
Model : Siklus Eksplorasi, Elaborasi,
Konfirmasi
Metode : 1.
Ceramah
2. Curah Pendapat
3. Presentasi
4. Diskusi
5. Penugasan
Media dan Sumber Pembelajaran
1. Media
a. Laptop, CPU
b. LCD Projector
c. Film/Video
d. Gambar/Foto
2. Sumber Belajar
a.
Buku Ajar Pendidikan Pancasila dan
Kewarganegaraan untuk SMP/MTs Kelas IX, Penerbit Erlangga
b.
Referensi lain yang relevan
c.
Internet (jika tersedia)
Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan
pertama
Rincian Kegiatan |
Waktu |
Pendahuluan ·
Guru
memberi salam dan menunjuk ketua kelas untuk memimpin doa bersama. ·
Guru
mengondisikan kelas, agar kondusif untuk mendukung proses pembelajaran dengan
cara meminta peserta didik membersihkan papan tulis dan merapikan tempat
duduk, menyiapkan buku pelajaran dan buku referensi yang relevan serta alat
tulis yang diperlukan. ·
Guru
mengajak peserta didik agar selalu mengamalkan ilmu pengetahuan yang
diperoleh di dalam kehidupan sebagai tanda syukur kepada Tuhan. ·
Guru
mengajak peserta didik untuk proaktif dalam pembelajaran yang dilaksanakan. ·
Guru
memberi penjelasan tentang cakupan materi yang akan dipelajari beserta tujuan
pembelajaran yang akan dicapai. ·
Guru
membuat kesepakatan dengan peserta didik terkait kegiatan yang akan dilakukan
(termasuk di dalamnya tentang pembagian kelompok kerja peserta didik). ·
Sebagai awalan guru mencoba menampilkan video tentang Persatuan
dan Keberagaman Masyarakat Indonesia. |
10 menit |
Kegiatan
Inti: Mengamati ·
Guru meminta peserta didik untuk membaca buku/referensi
tentang Persatuan dan Keberagaman Masyarakat Indonesia, khususnya materi
tentang Persatuan dalam Keberagaman Masyarakat Indonesia. ·
Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk menceritakan
pengetahuannya mengenai Persatuan dalam Keberagaman Masyarakat Indonesia. ·
Guru menampilkan slide persentasi tentang Persatuan
dalam Keberagaman Masyarakat Indonesia. ·
Peserta didik mengamati slide persentasi yang disajikan
oleh guru. Menanya ·
Guru meminta peserta didik untuk menjawab pre-test yang
diberikan guru. Pre-test berupa pertanyaan seputar Persatuan dalam
Keberagaman Masyarakat Indonesia. ·
Dengan kerjasama kelompok, peserta didik mengidentifikasi
pertanyaan tentang Persatuan dalam Keberagaman Masyarakat Indonesia. Mengeksplorasi ·
Peserta didik mengumpulkan informasi untuk menjawab
pertanyaan tentang Persatuan dalam Keberagaman Masyarakat Indonesia. ·
Peserta didik mencari sumber atau informasi dari
sumber-sumber lain terkait dengan materi palajaran yang sedang dibahas. ·
Peserta didik berdiskusi atau melakukan kegiatan secara
berkelompok untuk mengidentifikasi dan menganalisis ragam informasi yang
diperoleh, kemudian dijadikan bahan untuk menyimpulkan. Mengasosiasikan ·
Peserta didik menyusun hasil diskusi/laporan kegiatan
yang berkaitan Persatuan dalam Keberagaman Masyarakat Indonesia. ·
Peserta didik menyimpulkan hasil diskusi/laporan
kegiatan yang berkaitan dengan Persatuan dalam Keberagaman Masyarakat
Indonesia. Mengomunikasikan ·
Peserta didik membuat laporan hasil diskusi/kegiatan
yang sudah dilakukan. ·
Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi/kegiatan
yang sudah dilakukan di depan kelas dan peserta didik dari kelompok lain
memberikan tanggapan. ·
Guru memberikan penegasan terhadap hasil pembelajaran
peserta didik. |
60 menit |
Penutup Guru bersama peserta didik baik secara
individual maupun kelompok melakukan refleksi untuk: ·
Mengevaluasi seluruh rangkaian aktivitas pembelajaran
dan hasil-hasil yang diperoleh untuk selanjutnya secara bersama menemukan manfaat
langsung maupun tidak langsung dari hasil pembelajaran yang telah
berlangsung; ·
Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil
pembelajaran; ·
Memberi perintah mengerjakan ulangan harian dengan
jujur dan tertib di kelas; ·
Memberi tugas rumah untuk mengerjakan tugas atau jenis
kegiatan peserta didik lain baik secara berkelompok dengan baik sesuai
perintah guru; ·
Menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk
pertemuan berikutnya; ·
Menutup kegiatan pembelajaran dengan berdoa bersama
sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing. |
10 menit |
Pertemuan kedua
Rincian Kegiatan |
Waktu |
Pendahuluan ·
Guru
memberi salam dan menunjuk ketua kelas untuk memimpin doa bersama. ·
Guru
mengondisikan kelas, agar kondusif untuk mendukung proses pembelajaran dengan
cara meminta peserta didik membersihkan papan tulis dan merapikan tempat
duduk, menyiapkan buku pelajaran dan buku referensi yang relevan serta alat
tulis yang diperlukan. ·
Guru
mengajak peserta didik agar selalu mengamalkan ilmu pengetahuan yang
diperoleh di dalam kehidupan sebagai tanda syukur kepada Tuhan. ·
Guru
mengajak peserta didik untuk proaktif dalam pembelajaran yang dilaksanakan. ·
Guru
memberi penjelasan tentang cakupan materi yang akan dipelajari beserta tujuan
pembelajaran yang akan dicapai. ·
Guru
membuat kesepakatan dengan peserta didik terkait kegiatan yang akan dilakukan
(termasuk di dalamnya tentang pembagian kelompok kerja peserta didik). |
10 menit |
Kegiatan
Inti: Mengamati ·
Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk menceritakan
pengetahuannya mengenai Permasalahan Keberagaman dalam Masyarakat Indonesia. ·
Guru menampilkan
slide
presentasi tentang Permasalahan Keberagaman dalam Masyarakat Indonesia. ·
Peserta didik mengamati slide persentasi yang disajikan
oleh guru. Menanya ·
Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk
mengajukan pertanyaan terkait hasil pengamatan mereka tentang Permasalahan
Keberagaman dalam Masyarakat Indonesia. ·
Guru memberikan penjelasan terhadap pertanyaan yang
diberikan oleh peserta didik. Mengeksplorasi ·
Peserta didik mengumpulkan informasi dari tanya jawab
yang dilakukan dan melengkapinya dengan membaca buku ajar dan buku referensi
terkait Permasalahan Keberagaman dalam Masyarakat Indonesia. ·
Peserta didik mencari sumber atau informasi dari sumber-sumber
lain terkait dengan materi palajaran yang sedang dibahas. Mengasosiasikan ·
Peserta didik dibagi menjadi empat kelompok. ·
Masing-masing
kelompok mendiskusikan mengenai Permasalahan Keberagaman dalam
Masyarakat Indonesia. Mengomunikasikan ·
Setelah diskusi kelompok selesai, setiap kelompok dari
kelompok I sampai dengan kelompok IV mencoba untuk mempresentasikan hasil
diskusinya di depan kelas. Kelompok yang tidak melakukan presentasi dapat
bertanya dan atau memberi masukan. ·
Setelah setiap kelompok mencoba untuk mempresentasikan
hasil diskusinya di depan kelas, guru memberi evaluasi terhadap hasil diskusi
dan beberapa pertanyaan diskusi. |
60 menit |
Penutup Guru bersama peserta didik baik secara
individual maupun kelompok melakukan refleksi untuk: ·
Mengevaluasi seluruh rangkaian aktivitas pembelajaran
dan hasil-hasil yang diperoleh untuk selanjutnya secara bersama menemukan
manfaat langsung maupun tidak langsung dari hasil pembelajaran yang telah
berlangsung; ·
Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil
pembelajaran; ·
Memberi perintah mengerjakan ulangan harian dengan
jujur dan tertib di kelas; ·
Memberi tugas rumah untuk mengerjakan tugas atau jenis
kegiatan peserta didik lain baik secara berkelompok dengan baik sesuai
perintah guru; ·
Menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk
pertemuan berikutnya; ·
Menutup kegiatan pembelajaran dengan berdoa bersama
sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing. |
10 menit |
Pertemuan ketiga
Rincian Kegiatan |
Waktu |
Pendahuluan ·
Guru
memberi salam dan menunjuk ketua kelas untuk memimpin doa bersama. ·
Guru
mengondisikan kelas, agar kondusif untuk mendukung proses pembelajaran dengan
cara meminta peserta didik membersihkan papan tulis dan merapikan tempat
duduk, menyiapkan buku pelajaran dan buku referensi yang relevan serta alat
tulis yang diperlukan. ·
Guru
mengajak peserta didik agar selalu mengamalkan ilmu pengetahuan yang
diperoleh di dalam kehidupan sebagai tanda syukur kepada Tuhan. ·
Guru
mengajak peserta didik untuk proaktif dalam pembelajaran yang dilaksanakan. ·
Guru
memberi penjelasan tentang cakupan materi yang akan dipelajari beserta tujuan
pembelajaran yang akan dicapai. ·
Guru
membuat kesepakatan dengan peserta didik terkait kegiatan yang akan dilakukan
(termasuk di dalamnya tentang pembagian kelompok kerja peserta didik). ·
Sebagai awalan guru mencoba menampilkan gambar tentang Upaya
Menyelesaikan Masalah yang Muncul dalam Keberagaman Masyarakat Indonesia. |
10 menit |
Kegiatan
Inti: Mengamati ·
Guru membagi peserta didik menjadi lima kelompok ·
Guru meminta peserta didik untuk membaca sebentar
tentang Upaya Menyelesaikan Masalah yang Muncul dalam Keberagaman Masyarakat
Indonesia. ·
Guru memberi kesempatan kepada setiap kelompok untuk
mengamati beberapa permasalahan yang terkait dengan Upaya Menyelesaikan
Masalah yang Muncul dalam Keberagaman Masyarakat Indonesia. Menanya ·
Guru memberi kesempatan kepada setiap kelompok untuk
mengajukan pertanyaan terkait hasil pengamatan mereka tentang Upaya
Menyelesaikan Masalah yang Muncul dalam Keberagaman Masyarakat Indonesia. ·
Guru mencoba untuk menjawab setiap pertanyaan yang
diajukan oleh setiap kelompok terkait Upaya Menyelesaikan Masalah yang Muncul
dalam Keberagaman Masyarakat Indonesia. Mengeksplorasi ·
Peserta didik mengumpulkan informasi dari tanya jawab
yang dilakukan dan melengkapinya dengan membaca buku ajar dan buku referensi
terkait Upaya Menyelesaikan Masalah yang Muncul dalam Keberagaman Masyarakat
Indonesia. ·
Peserta didik berdiskusi atau melakukan kegiatan secara
berkelompok untuk mengidentifikasi dan menganalisis ragam informasi yang
diperoleh, kemudian dijadikan bahan untuk menyimpulkan (Sebagai bahan
diskusi/kegiatan, guru dapat meminta peserta didik untuk mengerjakan
tugas/kegiatan peserta didik yang ada dalam buku ajar). Mengasosiasikan ·
Peserta didik merumuskan tentang Upaya Menyelesaikan
Masalah yang Muncul dalam Keberagaman Masyarakat Indonesia. ·
Setiap kelompok mulai menyusun makalah sebagai bahan presentasi yang akan disajikan di depan kelas. ·
Setiap kelompok membuat slide presentasi yang akan disajikan di depan kelas. Mengomunikasikan ·
Peserta didik mempresentasikan hasil kerja kelompok di
depan kelas dan peserta didik dari kelompok lain memberikan tanggapan. ·
Guru memberikan penegasan terhadap hasil pembelajaran
peserta didik. |
60 menit |
Penutup Guru bersama peserta didik baik secara
individual maupun kelompok melakukan refleksi untuk: ·
Mengevaluasi seluruh rangkaian aktivitas pembelajaran
dan hasil-hasil yang diperoleh untuk selanjutnya secara bersama menemukan
manfaat langsung maupun tidak langsung dari hasil pembelajaran yang telah
berlangsung; ·
Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil
pembelajaran; ·
Memberi perintah mengerjakan ulangan harian dengan
jujur dan tertib di kelas; ·
Memberi tugas rumah untuk mengerjakan tugas atau jenis
kegiatan peserta didik lain baik secara berkelompok dengan baik sesuai
perintah guru; ·
Menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk
pertemuan berikutnya; ·
Menutup kegiatan pembelajaran dengan berdoa bersama
sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing. |
10 menit |
Pertemuan keempat
Rincian Kegiatan |
Waktu |
Pendahuluan ·
Guru
memberi salam dan menunjuk ketua kelas untuk memimpin doa bersama. ·
Guru
mengondisikan kelas, agar kondusif untuk mendukung proses pembelajaran dengan
cara meminta peserta didik membersihkan papan tulis dan merapikan tempat
duduk, menyiapkan buku pelajaran dan buku referensi yang relevan serta alat
tulis yang diperlukan. ·
Guru
mengajak peserta didik agar selalu mengamalkan ilmu pengetahuan yang
diperoleh di dalam kehidupan sebagai tanda syukur kepada Tuhan. ·
Guru
mengajak peserta didik untuk proaktif dalam pembelajaran yang dilaksanakan. ·
Guru
memberi penjelasan tentang cakupan materi yang akan dipelajari beserta tujuan
pembelajaran yang akan dicapai. ·
Guru
membuat kesepakatan dengan peserta didik terkait kegiatan yang akan dilakukan
(termasuk di dalamnya tentang pembagian kelompok kerja peserta didik). |
10 menit |
Kegiatan Inti: Mengamati ·
Guru meminta peserta didik untuk membaca sebentar tentang keseluruhan
materi pada BAB IV yaitu Persatuan dan Keberagaman Masyarakat Indonesia. ·
Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk mengamati beberapa
permasalahan yang terkait materi yang sedang dipelajari. Menanya ·
Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk mengajukan pertanyaan
terkait hasil pengamatan mereka tentang materi yang sedang dipelajari. ·
Guru menampung pertanyaan peserta didik dan memberi kesempatan kepada
tiap peserta didik atau menunjuk secara acak peserta didik untuk menjawab
pertanyaan temannya. Mengeksplorasi ·
Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk mengutarakan
pendapatnya tentang Persatuan dan Keberagaman Masyarakat
Indonesia. ·
Peserta didik mengumpulkan informasi dari tanya jawab yang dilakukan dan
melengkapinya dengan membaca buku ajar dan buku referensi terkait materi yang
sedang dipelajari. ·
Peserta didik berdiskusi untuk mengidentifikasi dan menganalisis ragam
informasi yang diperoleh, kemudian dijadikan bahan untuk menyimpulkan kesemua
materi yang sudah dipelajari pada BAB IV. Mengasosiasikan ·
Peserta didik mulai menyusun hasil diskusi tentang kesemua materi yang
sudah dipelajari pada BAB IV. ·
Peserta didik menyimpulkan kesemua materi yang sudah dipelajari pada BAB
IV. Mengomunikasikan ·
Peserta didik mengomunikasikan pengetahuan yang didapat ketika
mempelajari kesemua materi yang ada di BAB IV. ·
Guru memberikan penegasan terhadap hasil pembelajaran peserta didik. |
60 menit |
Penutup Guru bersama peserta didik baik secara
individual maupun kelompok melakukan refleksi untuk: ·
Mengevaluasi seluruh rangkaian aktivitas pembelajaran
dan hasil-hasil yang diperoleh untuk selanjutnya secara bersama menemukan
manfaat langsung maupun tidak langsung dari hasil pembelajaran yang telah
berlangsung; ·
Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil
pembelajaran; ·
Memberi perintah mengerjakan ulangan harian dengan
jujur dan tertib di kelas; ·
Memberi tugas rumah untuk mengerjakan tugas atau jenis
kegiatan peserta didik lain baik secara berkelompok dengan baik sesuai
perintah guru; ·
Menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk
pertemuan berikutnya; ·
Menutup kegiatan pembelajaran dengan berdoa bersama
sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing. |
10 menit |
Penilaian
No. |
Kompetensi |
Teknik |
Instrumen |
Keterangan |
1. |
KI 1 dan KI 2 |
Observasi
|
·
Lembar
observasi |
Terlampir |
2. |
KI 3 |
Tes tertulis |
·
Pilihan
ganda ·
Uraian ·
Tugas
(mandiri atau kelompok) |
Terlampir |
3. |
KI 4 |
Kinerja |
·
Lembar
laporan tugas |
Terlampir |
Lampiran
Penilaian KI 1
INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP SPIRITUAL
(LEMBAR
OBSERVASI)
A.
Petunjuk Umum
1.
Instrumen penilaian sikap
spiritual ini berupa Lembar Observasi. Observasi merupakan teknik penilaian
yang dilakukan secara berkesinambungan dengan menggunakan indera, baik secara
langsung maupun tidak langsung dengan menggunakan instrument yang berisi sejumlah
indikator perilaku yang diamati. Pada jenjang SMP/MTs, kompetensi sikap
spiritual mengacu pada KI-1: Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.
Instrumen ini diisi oleh guru yang
mengajar peserta didik yang dinilai.
B.
Petunjuk Pengisian
Secara periodik, misalnya 1 atau 2 minggu sekali guru melakukan
penilaian sikap spiritual peserta didik. Caranya, guru memberi tanda cek (√) pada kolom skor sesuai sikap spiritual yang
ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut.
·
4 = selalu, apabila peserta didik selalu melakukan sesuai pernyataan.
·
3 = sering, apabila peserta didik sering melakukan sesuai pernyataan
dan kadang-kadang
tidak melakukannya.
·
2 = kadang-kadang, apabila peserta didik kadang-kadang melakukan dan sering tidak
melakukannya.
·
1 = tidak pernah, apabila peserta didik tidak pernah melakukannya.
C.
Lembar
Observasi
Kelas : ….
Semester : ….
Tahun Ajaran : ….
Periode Pengamatan : Tanggal … s.d. ….
No |
Aspek
Pengamatan |
|
1 |
Berdoa
sebelum dan sesudah melakukan sesuatu |
|
2 |
Menjalankan
ibadah tepat waktu |
|
3 |
Mengucapkan
rasa syukur atas karunia Tuhan |
|
4 |
Mensyukuri kemampuan manusia dalam mengendalikan
diri |
|
5 |
Mengucapkan
syukur ketika berhasil mengerjakan sesuatu |
|
6 |
Berserah
diri kepada Tuhan apabila gagal dalam mengerjakan sesuatu |
|
7 |
Menjaga
lingkungan hidup di sekitar rumah tempat tinggal, sekolah, dan masyarakat |
|
8 |
Memelihara
hubungan baik dengan sesama umat ciptaan Tuhan Yang Maha Esa |
|
9 |
Bersyukur
kepada Tuhan Yang Maha Esa sebagai bangsa Indonesia |
|
10 |
Menghormati orang lain menjalankan ibadah sesuai agamanya |
|
Jumlah Skor |
Lembar Observasi
No. |
Nama Peserta Didik |
Aspek Pengamatan |
Jumlah |
Rerata Skor |
Nilai |
Keterangan |
|||||||||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
||||||
1 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
dst |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Guru Mata Pelajaran
---------------------------------------
Penilaian KI 2
INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP SOSIAL
(LEMBAR
OBSERVASI)
A.
Petunjuk Umum
1. Instrumen penilaian sikap sosial ini berupa Lembar Observasi. Sikap sosial yang dikembangkan pada
Kompetensi Inti 2 di jenjang SMP/MTs meliputi:
a.
jujur
b.
disiplin
c.
tanggung jawab
d.
toleransi
e.
gotong royong
f.
santun
g.
percaya diri
2. Instrumen ini diisi oleh guru yang mengajar peserta didik yang
dinilai.
B.
Petunjuk Pengisian
Secara periodik, misalnya 1 atau 2 minggu sekali guru melakukan
penilaian sikap sosial peserta didik. Caranya, guru memberi tanda cek (√) pada kolom skor sesuai sikap sosial yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai
berikut.
·
4 = selalu, apabila peserta didik selalu melakukan sesuai pernyataan.
·
3 = sering, apabila peserta didik sering melakukan sesuai pernyataan
dan kadang-kadang
tidak melakukannya.
·
2 = kadang-kadang, apabila peserta didik kadang-kadang melakukan dan sering tidak
melakukannya.
·
1 = tidak pernah, apabila peserta didik tidak pernah melakukannya.
Guna memudahkan penilian, guru dapat membaca indikator tiap-tiap
aspek sosial sebagai berikut.
Tabel Daftar Deskripsi Indikator
Sikap dan
Pengertian |
Contoh
Indikator |
1.
Jujur adalah perilaku yang didasarkan pada upaya menjadikan dirinya
sebagai orang yang selalu dapat dipercaya dalam perkataan, tindakan, dan
pekerjaan. |
· Melaporkan barang yang ditemukan. · Melaporkan data atau informasi apa adanya. · Mengakui kesalahan atau kekurangan yang dimiliki. |
2.
Disiplin adalah
tindakan yang menunjukkan perilaku tertib dan patuh pada berbagai ketentuan
dan peraturan. |
·
Mengerjakan/mengumpulkan
tugas sesuai dengan waktu yang
ditentukan. ·
Tertib
dalam menerapkan aturan penulisan untuk karya ilmiah. |
3.
Tanggungjawab adalah sikap dan perilaku seseorang untuk
melaksanakan tugas dan kewajibannya, yang seharusnya dia lakukan, terhadap
diri sendiri, masyarakat, lingkungan (alam, sosial dan budaya), negara dan
Tuhan Yang Maha Esa. |
· Tidak
menyalahkan/menuduh orang lain tanpa bukti yang akurat. · Mengembalikan
barang yang dipinjam. · Mengakui
dan meminta maaf atas kesalahan yang dilakukan. |
4.
Toleransi adalah sikap dan tindakan yang menghargai perbedaan agama, suku,
etnis, pendapat, sikap, dan tindakan orang lain yang berbeda dari dirinya. |
· Menerima
kesepakatan meskipun berbeda dengan pendapatnya. · Dapat
menerima kekurangan orang lain. · Dapat
mememaafkan kesalahan orang lain. |
5.
Gotongroyong adalah bekerja bersama-sama dengan orang lain untuk mencapai
tujuan bersama dengan saling berbagi tugas dan tolong menolong secara ikhlas. |
· Bersedia
membantu orang lain tanpa mengharap imbalan. · Aktif
dalam kerja kelompok. |
6.
Santun adalah
sikap baik dalam pergaulan baik dalam berbahasa maupun bertingkah laku. |
· Mengucapkan
terima kasih setelah menerima bantuan orang lain. · Bersikap
3S (salam, senyum, sapa). · Meminta
ijin ketika akan memasuki ruangan orang lain atau menggunakan barang milik
orang lain. |
7.
Percaya diri adalah kondisi
mental atau psikologis diri seseorang yang memberi keyakinan kuat pada
dirinya untuk berbuat atau melakukan sesuatu tindakan. |
·
Tidak
canggung dalam bertindak. ·
Berani presentasi di depan
kelas. ·
Berani berpendapat, bertanya,
atau menjawab pertanyaan menggunakan barang milik orang lain. |
C.
Lembar
Observasi
Kelas : ….
Semester : ….
Tahun Ajaran : ….
Periode Pengamatan : Tanggal … s.d. ….
No |
Nama Peserta Didik |
Sikap |
Jumlah |
Rerata Skor |
Nilai |
Keterangan |
||||||
Jujur |
Disiplin |
Tanggung Jawab |
Toleransi |
Gotong Royong |
Santun |
Percaya Diri |
||||||
1 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
dst |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Guru Mata Pelajaran
--------------------------------
Penilaian KI 3
(Ambil soal di
ulangan harian)
Jawablah
pertanyaan-pertanyaan berikut ini dengan uraian yang jelas dan tepat!
Kerjakan
dengan jujur! Yakinlah pada kemampuanmu!
1.
Apakah yang dimaksud dengan
konflik?
2.
Jelaskan potensi keberagaman bangsa Indonesia sebagai sumber kekayaan
negara.
3.
Apa yang dapat kalian lakukan sebagai upaya dalam menyelesaikan konflik
yang timbul karena adanya perbedaan dan keberagaman
budaya daerah di lingkungan sekolah?
4.
Tulis dan jelaskan 4 (empat) faktor penyebab terjadinya konflik.
5.
Sebutkan bentuk-bentuk konflik
dalam masyarakat.
Guru Mata Pelajaran
--------------------------------
Penilaian KI 4
Penilaian Kinerja
Nama : ............................................ Kelas : ............................................ No. Absen
:
............................................
Lakukan kegiatan berikut ini! Bekerjasamalah dengan kelompokmu!
Bentuklah kelompok beranggotakan 5 orang! Dalam
berdiskusi hargailah pendapat anggota kelompok Anda dalam menyampaikan suatu pendapat dan saling
menghormati dengan pendapat yang berbeda.
1.
Buatlah sebuah karya ilmiah yang membahas tentang hal-hal berikut ini!
a. Persatuan dalam Keberagaman Masyarakat Indonesia
b. Permasalahan Keberagaman dalam Masyarakat Indonesia
c.
Upaya Menyelesaikan Masalah yang Muncul dalam Keberagaman Masyarakat
Indonesia
2. Gunakan kaidah-kaidah dan tata tulis penulisan karya ilmiah!
3. Kerjakan di buku tugas Anda dan kumpulkan hasil pekerjaan Anda kepada
guru untuk dinilai!
Jakarta,
.... Agustus 2022
Guru
Mapel
Mengetahui
Kepala Sekolah
--------------------------------------------------- -----------------------------------------------
Komentar
Posting Komentar