RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMP ....
Mata
Pelajaran : PPKn
Kelas/Semester : IX/1
Materi
Pokok : Dinamika
Perwujudan Pancasila Sebagai Dasar Negara
Alokasi
Waktu : 4 x 2 JP
Indikator
·
Peserta didik menunjukkan
sikap mensyukuri
perwujudan Pancasila sebagai dasar negara yang merupakan anugrah Tuhan Yang
Maha Esa
·
Peserta didik mempelajari penerapan Pancasila
dari masa ke masa
·
Peserta didik menjelaskan penerapan
Pancasila dari masa ke masa
·
Peserta didik menjelaskan pengertian
nilai
·
Peserta didik menjelaskan hakikat
ideologi terbuka
·
Peserta
didik menyebutkan langkah-langkah untuk mewujudkan
Pancasila sebagai dasar negara
·
Peserta didik menunjukkan sikap
perwujudan Pancasila sebagai dasar negara
Tujuan
Pembelajaran
Setelah mempelajari materi ini, peserta didik diharapkan
mampu:
·
mensyukuri
perwujudan Pancasila sebagai Dasar Negara yang merupakan anugerah Tuhan Yang
Maha Esa;
·
menunjukkan
sikap bangga akan tanah air sebagai perwujudan nilai-nilai Pancasila sebagai
dasar negara;
·
mengamati
dinamika yang terjadi di masyarakat, terlebih menganai praktik ideal Pancasila
sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa;
·
merancang
dan melakukan penelitian sederhana tentang peristiwa dan dinamika yang terjadi
di masyarakat terkait penerapan Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan
hidup bangsa.
Materi
Pembelajaran
Dinamika perwujudan Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup
bangsa
·
Penerapan
Pancasila dari masa kemasa
·
Dinamika
nilai-nilai Pancasila sesuai dengan perkembangan jaman
·
Langkah-langkah
perwuju dan nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara dalam berbagai kehidupan
Metode
Pembelajaran
Pendekatan : Pendekatan
kontekstual
Model : Siklus Eksplorasi, Elaborasi,
Konfirmasi
Metode : 1.
Ceramah
2.
Curah Pendapat
3.
Persentasi
4.
Diskusi
5.
Penugasan
Media
dan Sumber Pembelajaran
1. Media
a. Laptop,
CPU
b. LCD
Projector
c. Film/Video
d. Gambar/Foto
2.
Sumber Belajar
a.
Buku Ajar Pendidikan Pancasila dan
Kewarganegaraan untuk SMP/MTs Kelas IX, Penerbit Erlangga
b.
Referensi lain yang relevan
c.
Internet (jika tersedia)
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan pertama
Rincian
Kegiatan |
Waktu |
Pendahuluan ·
Guru mengondisikan kelas, agar
kondusif untuk mendukung proses pembelajaran dengan cara meminta peserta
didik membersihkan papan tulis dan merapikan tempat duduk, menyiapkan buku
pelajaran dan buku referensi yang relevan serta alat tulis yang diperlukan (fleksibel) ·
Guru mengajak peserta didik agar
selalu mengamalkan ilmu pengetahuan yang diperoleh di dalam kehidupan sebagai
tanda syukur kepada Tuhan (Wajib) ·
Guru memberi penjelasan tentang
cakupan materi yang akan dipelajari beserta tujuan pembelajaran yang akan
dicapai (fleksibel) |
10 menit |
Kegiatan Inti: Mengamati ·
Guru meminta peserta didik untuk membaca buku/referensi tentang Dinamika
Perwujudan Pancasila Sebagai Dasar Negara, khususnya materi tentang Penerapan Pancasila
dari Masa ke Masa. (Lihat
Buku PKn Hal.3 – 11) atau baca di google ·
Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk menceritakan
pengetahuannya mengenai Dinamika Perwujudan Pancasila. ·
Guru menampilkan slide persentasi tentang Penerapan Pancasila dari Masa
ke Masa. https://docs.google.com/presentation/d/1su1gc9zuu6eUi4DctFN7rOoEXCatpiJKUUOMVyVGhng/edit?usp=sharing
·
Peserta didik mengamati slide persentasi yang disajikan oleh guru. Menanya ·
Guru meminta peserta didik untuk menjawab pre-test yang diberikan guru.
Pre-test berupa pertanyaan seputar Penerapan Pancasila dari Masa ke
Masa. ·
Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk mengajukan pertanyaan
terkait hasil pengamatan tentang Penerapan Pancasila dari Masa ke
Masa. ·
Guru menampung pertanyaan peserta didik dan memberi kesempatan kepada
tiap peserta didik atau menunjuk secara acak peserta didik untuk menjawab
pertanyaan temannya. Mengeksplorasi ·
Peserta didik mencari jawaban pertanyaan pre-test yang diberikan guru
dengan membaca buku ajar dan buku referensi lain. ·
Peserta didik mengumpulkan informasi dari tanya jawab yang dilakukan dan
melengkapinya dengan membaca buku ajar dan buku referensi terkait Penerapan
Pancasila dari Masa ke Masa. ·
Peserta didik berdiskusi atau melakukan kegiatan secara berkelompok untuk
mengidentifikasi dan menganalisis ragam informasi yang diperoleh, kemudian
dijadikan bahan untuk menyimpulkan. Mendiskusikan
LKPD https://www.liveworksheets.com/4-rh1139491fs
Mengasosiasikan ·
Peserta didik menyusun hasil diskusi/laporan kegiatan yang berkaitan dengan
Penerapan Pancasila dari Masa
ke Masa. ·
Peserta didik menyimpulkan hasil diskusi/laporan kegiatan yang berkaitan
dengan Penerapan Pancasila dari Masa ke Masa. Mengomunikasikan ·
Peserta didik membuat laporan hasil diskusi/ kegiatan yang sudah
dilakukan. ·
Peserta didik mempersentasikan hasil diskusi/ kegiatan yang sudah
dilakukan di depan kelas dan peserta didik dari kelompok lain memberikan
tanggapan. ·
Guru memberikan penegasan terhadap hasil pembelajaran peserta didik. |
60 menit |
Penutup Guru bersama peserta didik baik secara individual
maupun kelompok melakukan refleksi untuk: ·
Memberi tugas rumah untuk mengerjakan tugas atau jenis kegiatan peserta
didik lain baik secara berkelompok dengan baik sesuai perintah guru; ·
Menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan
berikutnya; ·
Menutup kegiatan pembelajaran dengan berdoa bersama sesuai dengan agama
dan kepercayaannya masing-masing. |
10 menit |
Pertemuan kedua
Rincian
Kegiatan |
Waktu |
Pendahuluan ·
Guru mengondisikan kelas, agar
kondusif untuk mendukung proses pembelajaran dengan cara meminta peserta
didik membersihkan papan tulis dan merapikan tempat duduk, menyiapkan buku
pelajaran dan buku referensi yang relevan serta alat tulis yang diperlukan. ·
Guru mengajak peserta didik agar
selalu mengamalkan ilmu pengetahuan yang diperoleh di dalam kehidupan sebagai
tanda syukur kepada Tuhan. ·
Guru memberi penjelasan tentang
cakupan materi yang akan dipelajari beserta tujuan pembelajaran yang akan
dicapai. |
10 menit |
Kegiatan Inti: Mengamati ·
Guru bertanya kepada peserta didik mengenai pengetahuan dasar yang mereka
ketahui tentang Nilai-Nilai Pancasila Sesuai dengan
Perkembangan Zaman. ·
Guru meminta peserta didik untuk membaca sebentar tentang Nilai-Nilai
Pancasila Sesuai dengan Nilai-Nilai Pancasila sesuai Perkembangan Zaman. Baca Buku halaman 12-15 ·
Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk mengamati materi
tentang Nilai-Nilai Pancasila Sesuai dengan Perkembangan Zaman. Sumber
google https://docs.google.com/document/d/1R4J2t8Hsr3NpmvK9aZICBX6g937WrHBqKFpARf5-aIo/edit?usp=sharing
Menanya ·
Guru meminta peserta didik untuk menjawab pre-test yang diberikan guru.
Pre-test berupa pertanyaan seputar Nilai-Nilai Pancasila Sesuai
dengan Perkembangan Zaman. ·
Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk mengajukan pertanyaan
terkait hasil pengamatan mereka tentang Nilai-Nilai Pancasila Sesuai dengan
Perkembangan Zaman. ·
Guru menampung pertanyaan peserta didik dan memberi kesempatan kepada
tiap peserta didik atau menunjuk secara acak peserta didik untuk menjawab
pertanyaan temannya. Mengeksplorasi ·
Peserta didik mencari jawaban pertanyaan pre-test yang diberikan guru
dengan membaca buku ajar dan buku referensi lain. ·
Peserta didik mengumpulkan informasi dari tanya jawab yang dilakukan dan
melengkapinya dengan membaca buku ajar dan buku referensi terkait Nilai-Nilai
Pancasila Sesuai dengan Perkembangan Zaman. ·
Peserta didik berdiskusi atau melakukan kegiatan secara berkelompok untuk
mengidentifikasi dan menganalisis ragam informasi yang diperoleh, kemudian
dijadikan bahan untuk menyimpulkan (Sebagai bahan diskusi/kegiatan, guru
dapat meminta peserta didik untuk mengerjakan tugas/kegiatan peserta didik
yang ada dalam buku ajar). Misalnya : Kelompok 1- tentang
dimensi idealism Pancasila Kelompok 2- tentang
dimensi normative Pancasila Kelompok 3-Dimensi
realitas Pancasila Setiapkelompok melaporkan hasil diskusinya. Mengasosiasikan ·
Peserta didik menyusun hasil diskusi tentang Nilai-Nilai
Pancasila Sesuai dengan Perkembangan Zaman. ·
Peserta didik merumuskan tentang Nilai-Nilai Pancasila Sesuai
dengan Perkembangan Zaman. Mengomunikasikan ·
Peserta didik menuliskan laporan kerja kelompok. ·
Peserta didik mempersentasikan hasil kerja kelompok di depan kelas dan
peserta didik dari kelompok lain memberikan tanggapan. ·
Guru memberikan penegasan terhadap hasil pembelajaran peserta didik. |
95 menit |
Penutup Guru bersama peserta didik baik secara individual
maupun kelompok melakukan refleksi untuk: ·
Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran; ·
Menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan
berikutnya; ·
Menutup kegiatan pembelajaran dengan berdoa bersama sesuai dengan agama
dan kepercayaannya masing-masing. |
10 menit |
Pertemuan ketiga
Rincian
Kegiatan |
Waktu |
Pendahuluan ·
Guru mengondisikan kelas, agar
kondusif untuk mendukung proses pembelajaran dengan cara meminta peserta
didik membersihkan papan tulis dan merapikan tempat duduk, menyiapkan buku
pelajaran dan buku referensi yang relevan serta alat tulis yang diperlukan. ·
Guru mengajak peserta didik agar
selalu mengamalkan ilmu pengetahuan yang diperoleh di dalam kehidupan sebagai
tanda syukur kepada Tuhan. ·
Guru memberi penjelasan tentang
cakupan materi yang akan dipelajari beserta tujuan pembelajaran yang akan
dicapai. |
10 menit |
Kegiatan Inti: Mengamati ·
Guru membagi peserta didik menjadi lima kelompok ·
Guru meminta peserta didik untuk membaca sebentar tentang Perwujudan
Nilai-Nilai Pancasila dalam Berbagai Bidang
Kehidupan. Baca buku halaman
16-18 ·
Guru memberi kesempatan kepada setiap kelompok untuk mengamati beberapa
permasalahan yang terkait dengan Perwujudan Nilai-Nilai Pancasila dalam
Berbagai Bidang Kehidupan. Menanya ·
Guru memberi kesempatan kepada setiap kelompok untuk mengajukan
pertanyaan terkait hasil pengamatan mereka tentang Perwujudan Nilai-Nilai
Pancasila dalam Berbagai Bidang Kehidupan. ·
Guru mencoba untuk menjawab setiap pertanyaan yang diajukan oleh setiap
kelompok terkait Perwujudan Nilai-Nilai Pancasila dalam Berbagai Bidang
Kehidupan. Mengeksplorasi ·
Peserta didik mengumpulkan informasi dari tanya jawab yang dilakukan dan
melengkapinya dengan membaca buku ajar dan buku referensi terkait Perwujudan
Nilai-Nilai Pancasila dalam Berbagai Bidang
Kehidupan. Siswa mencari informasi
actual yang bertentangan dengan nilai-nilai pancasila diberbagai bidang ·
Peserta didik berdiskusi atau melakukan kegiatan secara berkelompok untuk
mengidentifikasi dan menganalisis ragam informasi yang diperoleh, kemudian
dijadikan bahan untuk menyimpulkan. Mengasosiasikan ·
Peserta didik merumuskan materi tentang Perwujudan Nilai-Nilai Pancasila
dalam Berbagai Bidang Kehidupan. ·
Setiap kelompok mulai menyusun hasil diskusi sebagai bahan persentasi yang akan disajikan di depan
kelas. Mengomunikasikan ·
Peserta didik mempersentasikan hasil kerja kelompok di depan kelas dan
peserta didik dari kelompok lain memberikan tanggapan. ·
Guru memberikan penegasan terhadap hasil pembelajaran peserta didik. |
60 menit |
Penutup Guru bersama peserta didik baik secara individual
maupun kelompok melakukan refleksi untuk: ·
Mengevaluasi seluruh rangkaian aktivitas pembelajaran dan hasil-hasil
yang diperoleh untuk selanjutnya secara bersama menemukan manfaat langsung
maupun tidak langsung dari hasil pembelajaran yang telah berlangsung; ·
Memberi tugas rumah untuk mengerjakan tugas atau jenis kegiatan peserta
didik lain baik secara berkelompok dengan baik sesuai perintah guru; ·
Guru menginformasikan siswa mengerjakan tugas Pancasila dalam dalam
berbagai bidang kehidupan (diketik menggunakan MS. Word lalu upload ke GCr) https://docs.google.com/document/d/13DWek8Qw-OLyd1y-U_f6Cdp86T3z6yHsJJHRkV14GLM/edit?usp=sharing ·
Menutup kegiatan pembelajaran dengan berdoa bersama sesuai dengan agama
dan kepercayaannya masing-masing. |
10 menit |
Pertemuan keempat
Rincian
Kegiatan |
Waktu |
Pendahuluan ·
Guru mengondisikan kelas, agar
kondusif untuk mendukung proses pembelajaran dengan cara meminta peserta
didik membersihkan papan tulis dan merapikan tempat duduk, menyiapkan buku
pelajaran dan buku referensi yang relevan serta alat tulis yang diperlukan. ·
Guru mengajak peserta didik agar
selalu mengamalkan ilmu pengetahuan yang diperoleh di dalam kehidupan sebagai
tanda syukur kepada Tuhan. ·
Guru memberi penjelasan tentang
cakupan materi yang akan dipelajari beserta tujuan pembelajaran yang akan
dicapai. ·
Guru bertanya kepada peserta didik tentang bagaimana
upaya mewujudkan nilai-nilai
pancasila dalam berbagai bidang kehidupan? |
10 menit |
Kegiatan Inti: Mengamati ·
Guru meminta
peserta didik untuk membaca sebentar tentang Perwujudan Nilai-Nilai Pancasila
dalam Berbagai Bidang Kehidupan. Baca
buku halaman 16-18 Baca juga materi : https://docs.google.com/document/d/1LdfckkCnGrcIwnGqu8uQ4Q_bXKbD4kh-tQ1wOF-jdbI/edit?usp=sharing ·
Guru memberi
kesempatan kepada peserta didik untuk mengamati beberapa permasalahan yang
terkait materi yang sedang dipelajari. Menanya ·
Guru memberi
kesempatan kepada peserta didik untuk mengajukan pertanyaan terkait hasil
pengamatan mereka tentang materi yang sedang dipelajari. ·
Guru menampung
pertanyaan peserta didik dan memberi kesempatan kepada tiap peserta didik
atau menunjuk secara acak peserta didik untuk menjawab pertanyaan temannya. Mengeksplorasi ·
Guru memberi
kesempatan kepada peserta didik untuk mengutarakan pendapatnya tentang Perwujudan
Nilai-Nilai Pancasila dalam Berbagai Bidang Kehidupan. Misalnya : APa saja perwujudan nilai Pancasila di bidang : a) Sosial politik b) Ekonomi c) Hukum d) Pertahanan Keamanan ·
Peserta didik
mengumpulkan informasi dari tanya jawab yang dilakukan dan melengkapinya
dengan membaca buku ajar dan buku referensi terkait materi yang sedang
dipelajari. ·
Peserta didik
berdiskusi untuk mengidentifikasi dan menganalisis ragam informasi yang
diperoleh, kemudian dijadikan bahan untuk menyimpulkan kesemua materi yang
sudah dipelajari pada BAB I. Mengasosiasikan ·
Peserta didik
mulai menyusun hasil diskusi tentang kesemua materi yang sudah dipelajari
pada BAB I. ·
Peserta didik
menyimpulkan kesemua materi yang sudah dipelajari pada BAB I. Mengomunikasikan ·
Peserta didik mengomunikasikan
pengetahuan yang didapat ketika mempelajari kesemua materi yang ada di BAB I. ·
Guru memberikan
penegasan terhadap hasil pembelajaran peserta didik. |
40 menit |
Penutup Guru bersama peserta didik baik secara individual
maupun kelompok melakukan refleksi untuk: ·
Mengevaluasi seluruh rangkaian aktivitas pembelajaran dan hasil-hasil
yang diperoleh untuk selanjutnya secara bersama menemukan manfaat langsung
maupun tidak langsung dari hasil pembelajaran yang telah berlangsung; ·
Siswa mengerjakan quizziz.com secara live sebagai penilaian tertulis (PH) https://quizizz.com/admin/quiz/62ee0d911ae1a8001efac2bb?source=quiz_page ·
Menutup kegiatan pembelajaran dengan berdoa bersama sesuai dengan agama
dan kepercayaannya masing-masing. |
30 menit |
Penilaian
No. |
Kompetensi |
Teknik |
Instrumen |
Keterangan |
1. |
KI 1 dan KI 2 |
Observasi |
·
Lembar observasi |
Terlampir |
2. |
KI 3 |
Tes
tertulis |
·
Pilihan ganda ·
Uraian ·
Tugas (mandiri atau kelompok) |
Terlampir |
3. |
KI 4 |
Kinerja |
·
Lembar laporan tugas |
Terlampir |
Lampiran
Penilaian KI 1
INSTRUMEN
PENILAIAN SIKAP SPIRITUAL
(LEMBAR OBSERVASI)
A.
Petunjuk
Umum
1. Instrumen
penilaian sikap spiritual ini berupa Lembar Observasi. Observasi merupakan
teknik penilaian yang dilakukan secara berkesinambungan dengan menggunakan
indera, baik secara langsung maupun tidak langsung dengan menggunakan
instrument yang berisi sejumlah indikator perilaku yang diamati. Pada jenjang
SMP/MTs, kompetensi sikap spiritual mengacu pada KI-1: Menghargai dan menghayati
ajaran agama yang dianutnya.
2. Instrumen
ini diisi oleh guru yang mengajar peserta didik yang dinilai.
B.
Petunjuk
Pengisian
Secara periodik, misalnya 1 atau 2 minggu
sekali guru melakukan penilaian sikap spiritual peserta didik. Caranya, guru
memberi
tanda cek (√) pada kolom skor sesuai sikap spiritual yang
ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut.
·
4 = selalu,
apabila peserta didik selalu
melakukan sesuai pernyataan.
·
3 = sering,
apabila peserta didik sering
melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang
tidak
melakukannya.
·
2 = kadang-kadang,
apabila peserta didik kadang-kadang
melakukan dan sering tidak
melakukannya.
·
1 = tidak
pernah, apabila peserta didik tidak
pernah melakukannya.
C.
Lembar
Observasi
Kelas : ….
Semester : ….
Tahun Ajaran : ….
Periode Pengamatan : Tanggal … s.d. ….
No |
Aspek Pengamatan |
|
1 |
Berdoa sebelum dan
sesudah melakukan sesuatu |
|
2 |
Menjalankan ibadah
tepat waktu |
|
3 |
Mengucapkan rasa
syukur atas karunia Tuhan |
|
4 |
Mensyukuri kemampuan
manusia dalam mengendalikan diri |
|
5 |
Mengucapkan
syukur ketika berhasil mengerjakan sesuatu |
|
6 |
Berserah
diri kepada Tuhan apabila gagal dalam mengerjakan sesuatu |
|
7 |
Menjaga
lingkungan hidup di sekitar rumah tempat tinggal, sekolah, dan masyarakat |
|
8 |
Memelihara
hubungan baik dengan sesama umat ciptaan Tuhan Yang Maha Esa |
|
9 |
Bersyukur
kepada Tuhan Yang Maha Esa sebagai bangsa Indonesia |
|
10 |
Menghormati orang lain
menjalankan ibadah sesuai agamanya |
|
Jumlah
Skor |
Lembar Observasi
No. |
Nama
Peserta
Didik |
Aspek Pengamatan |
Jumlah |
Rerata
Skor |
Nilai |
Keterangan |
|||||||||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
||||||
1 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
dst |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Guru
Mata Pelajaran
-------------------------------
Penilaian KI 2
INSTRUMEN
PENILAIAN SIKAP SOSIAL
(LEMBAR OBSERVASI)
A.
Petunjuk
Umum
1. Instrumen
penilaian sikap sosial ini berupa Lembar Observasi. Sikap sosial yang dikembangkan pada
Kompetensi Inti 2 di jenjang SMP/MTs meliputi:
a.
jujur
b.
disiplin
c.
tanggung
jawab
d.
toleransi
e.
gotong
royong
f.
santun
g.
percaya diri
2. Instrumen
ini diisi oleh guru yang mengajar peserta didik yang dinilai.
B.
Petunjuk
Pengisian
Secara periodik, misalnya 1 atau 2 minggu
sekali guru melakukan penilaian sikap sosial peserta didik. Caranya, guru memberi tanda cek (√) pada kolom skor sesuai sikap sosial yang ditampilkan
oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut.
·
4 = selalu,
apabila peserta didik selalu
melakukan sesuai pernyataan.
·
3 = sering,
apabila peserta didik sering
melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang
tidak
melakukannya.
·
2 = kadang-kadang,
apabila peserta didik kadang-kadang
melakukan dan sering tidak
melakukannya.
·
1 = tidak
pernah, apabila peserta didik tidak
pernah melakukannya.
Guna
memudahkan penilian, guru dapat membaca indikator tiap-tiap aspek sosial
sebagai berikut.
Tabel
Daftar Deskripsi Indikator
Sikap dan Pengertian |
Contoh Indikator |
1.
Jujur adalah
perilaku yang didasarkan pada upaya menjadikan dirinya sebagai orang yang
selalu dapat dipercaya dalam perkataan, tindakan, dan pekerjaan. |
· Tidak menyontek dalam mengerjakan ujian/ulangan · Tidak menjadi
plagiat
(mengambil/ menyalin karya orang lain tanpa menyebutkan sumber) dalam mengerjakan setiap
tugas · Mengemukakan perasaan terhadap sesuatu apa adanya |
2.
Disiplin adalah tindakan yang
menunjukkan perilaku tertib dan patuh pada berbagai ketentuan dan peraturan. |
· Datang tepat waktu · Patuh pada tata tertib atau aturan bersama/sekolah |
3.
Tanggungjawab adalah sikap dan perilaku seseorang untuk melaksanakan
tugas dan kewajibannya, yang seharusnya dia lakukan, terhadap diri sendiri,
masyarakat, lingkungan (alam, sosial dan budaya), negara dan Tuhan Yang Maha
Esa. |
· Melaksanakan tugas individu dengan baik · Menerima resiko dari tindakan yang dilakukan |
4.
Toleransi adalah
sikap dan tindakan yang menghargai perbedaan agama, suku, etnis, pendapat,
sikap, dan tindakan orang lain yang berbeda dari dirinya. |
· Tidak mengganggu teman yang berbeda pendapat · Menghormati teman yang berbeda
suku, agama, ras, budaya, dan gender |
5.
Gotongroyong adalah
bekerja bersama-sama dengan orang lain untuk mencapai tujuan bersama dengan
saling berbagi tugas dan tolong menolong secara ikhlas. |
· Terlibat aktif dalam bekerja bakti
membersihkan kelas atau sekolah · Kesediaan melakukan tugas sesuai kesepakatan |
6.
Santun adalah sikap baik dalam pergaulan baik
dalam berbahasa maupun bertingkah laku. |
· Menghormati orang yang lebih tua · Tidak berkata-kata kotor, kasar, dan takabur · Tidak meludah di sembarang tempat |
7.
Percaya
diri adalah kondisi mental atau psikologis
diri seseorang yang memberi keyakinan kuat pada dirinya untuk berbuat atau
melakukan sesuatu tindakan. |
·
Berpendapat atau
melakukan kegiatan tanpa ragu-ragu ·
Mampu membuat keputusan dengan cepat ·
Tidak mudah putus asa |
C.
Lembar
Observasi
Kelas : ….
Semester : ….
Tahun Ajaran : ….
Periode Pengamatan : Tanggal … s.d. ….
No |
Nama Peserta Didik |
Sikap |
Jumlah |
Rerata Skor |
Nilai |
Keterangan |
||||||
Jujur |
Disiplin |
Tanggung Jawab |
Toleransi |
Gotong Royong |
Santun |
Percaya Diri |
||||||
1 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
dst |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Guru
Mata Pelajaran
-----------------------------
Penilaian KI 3
(Ambil soal di ulangan harian)
Siswa mengerjakan Penilaian harian (PH)
dalam bentuk live, guru memberikan link quizziz pada pertemuan ke-4.
Penilaian KI 4
Penilaian Kinerja
Nama : ............................................ Kelas : ............................................ No. Absen
:
............................................
Lakukan
kegiatan berikut ini! Bekerjasamalah dengan kelompokmu!
Bentuklah
kelompok beranggotakan 5 orang! Dalam berdiskusi hargailah pendapat anggota
kelompok Anda dalam menyampaikan suatu pendapat dan saling
menghormati dengan pendapat yang berbeda.
1.
Buatlah sebuah karya ilmiah yang membahas tentang hal-hal berikut ini!
a.
Penerapan Pancasila dari Masa ke Masa
b.
Nilai-Nilai Pancasila Sesuai dengan
Perkembangan Zaman
c.
Perwujudan Nilai-Nilai Pancasila dalam
Berbagai Bidang Kehidupan
2. Gunakan
kaidah-kaidah dan tata tulis penulisan karya ilmiah!
3. Kerjakan
di buku tugas Anda dan kumpulkan hasil pekerjaan Anda kepada guru untuk
dinilai!
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
------------------------------------------- -----------------------------------------
Rencana
Tindak Lanjut
I.
Pembelajaran
Remedial
Pembelajaran
remedial dilakukan baik dalam bentuk pembelajaran ulang, bimbingan perorangan,
belajar kelompok, ataupun pemanfaatan tutor sebaya bagi peserta didik yang
belum mencapai ketuntasan belajar sesuai hasil analisis penilaian.
II.
Pembelajaran
Pengayaan Berdasarkan hasil analisis
penilaian, peserta didik yang sudah mencapai ketuntasan belajar diberi kegiatan
pembelajaran pengayaan untuk perluasan dan/atau pendalaman materi (kompetensi)
antara lain dalam bentuk tugasmengerjakan soalsoal dengan tingkat kesulitan
lebih tinggi, meringkas buku-buku referensi dan mewawancarai narasumber.
Komentar
Posting Komentar