SILABUS
MATA PELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMP
Nama Guru :
Crispim Marcelino
NIP :
-
Sekolah :
SMP .............
SEKOLAH MENENGAH PERTAMA
2022
A. Kompetensi Inti :
KI.1 Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya.
KI.2 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan
pergaulan dan keberadaannya.
KI.3 Memahami dan menerapkan pengetahuan
(faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak
mata.
KI.4 Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah
konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan
ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai
dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut
pandang/teori.
B. Ruang
Lingkup:
Kurikulum
PPKn ini disusun dengan ruang lingkup sebagai berikut:
·
Pancasila,
sebagai dasar negara, ideologi Nasional, dan pandangan hidup bangsa.
·
Undang-Undang
Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 sebagai hukum dasar tertulis yang
menjadi landasan konstitusional kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan
bernegara.
·
Negara
Kesatuan Republik Indonesia, sebagai kesepakatan final bentuk Negara Republik
Indonesia.
·
Bhinneka
Tunggal Ika, sebagai wujud filosofi kesatuan yang melandasi dan mewarnai
keberagaman kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.
Alokasi
waktu 3 jam pelajaran/minggu
Kompetensi Dasar |
Materi Pembelajaran |
Kegiatan Pembelajaran |
Tujuan Pembelajaran |
Alokasi Waktu |
1.1
Mensyukuri kedudukan dan fungsi Pancasila bagi bangsa dan negara Idonesia 2.1
Bersikap peduli kedudukan dan fungsi Pancasila bagi bangsa dan negara
Indonesia 3.1 Menganalisis
kedudukan dan fungsi Pancasila bagi bangsa dan negara Indonesia 4.1
Mendukung peran teladan tokoh-tokoh nasional dalam kedudukan dan fungsinya
pada perumusan Pancasila |
Kedudukan dan fungsi Pancasila
bagi bangsa dan Negara Indonesia ·
Kedudukan, fungsi, dan arti penting Pancasila sebagai Dasar Negara dan
pandangan hidup bangsa
·
Nilai-nilai Pancasila sebagai dasar Negara dan pandangan hidup bangsa
·
Membiasakan berperilaku sesuai nilai-nilai Pancasila sebagai dasar
Negara dan pandangan hidup bangsa
|
·
Mengamati gambar tokoh pengusul
dasar negara dan Lambang Garuda Pancasila sebagai wujud syukur terhadap Tuhan
Yang Maha Esa ·
Mengidentifikasi berbagai
pertanyaan dengan kerjasama kelompok tentang kedudukan dan fungsi Pancasila
bagi bangsa dan Negara Indonesia ·
Mencari informasi dan
mendiskusikan jawaban atas pertanyaan yang sudah disusun dengan penuh percaya diri dan tanggung
jawab sebagai anggota kelompok ·
Mendiskusikan
dengan sikap saling menghormati dan menghargai hubungan atas berbagai
informasi yang sudah diperoleh sebelumnya dan menyimpulkan tentang kedudukan
dan fungsi serta arti penting Pancasila sebagai dasar negara ·
Menyusun dan
menyajikan laporan hasil telaah kedudukan, fungsi, dan arti penting Pancasila
sebagai dasar Negara dengan penuh percaya diri dan rasa syukur terhadap Tuhan
Yang Maha Esa ·
Mensimulasikan
peran tokoh dalam merumuskan Pancasila
|
Setelah
mempelajari materi ini, peserta didik diharapkan mampu: ·
Mensyukuri kedudukan, fungsi, dan arti penting Pancasila; ·
Menghargai arti penting Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan
hidup; ·
Mengetahui dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara dan
pandangan hidup; ·
Mengetahui dan melakukan berbagai perilaku yaang sesuai nilai-nilai
Pancasila dalam berbagai segi kehidupan.
|
8 x 40 Menit (4 JP) |
1.2 Menghargai makna, kedudukan, dan
fungsi Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 secara adil
sebagai bentuk sikap beriman dan bertakwa 2.2
Mendukung kedudukan, fungsi dan makna konstitusi negara, serta peraturan
perundangan lainnya sesuai dengan Undang-Undang Dasar Negara Republik
Indonesia Tahun 1945 3.2
Merasionalkan makna,kedudukan dan fungsi Undang- Undang Dasar Negara Kesatuan
Republik Indonesia Tahun 1945,serta peraturan hukum lainnya dalam sistem
hukum nasional 4.2
Melaksanakan makna, kedudukan dan fungsi Undang-Undang Dasar Negara Republik
Indonesia Tahun 1945
|
Kedudukan dan fungsi UUD 1945
Dalam Sistem Hukum Nasional • Makna
UUD 1945 Dalam Sistem Hukum Nasional • Fungsi
dan Kedudukan UUD 1945 Dalam Sistem Hukum Nasional • Kedudukan
Peraturan Perundangan Dalam Sistem Hukum Nasional
|
·
Membaca artikel tentang kedudukan
dan fungsi UUD 1945 dalam sistem hukum nasional sebagai wujud peduli dan
syukur terhadap Tuhan Yang Maha Esa. ·
Mengidentifikasi pertanyaan
tentang makna UUD 1945 dan kedudukan serta fungsi UUD 1945 dalam sistem hukum
nasional secara berkelompok dengan penuh rasa kekeluargaan. ·
Mencari informasi untuk menjawab
pertanyaan yang sudah disusun terkait fungsi dan kedudukan UUD 1945 dalam
sistem hukum nasional dengan rasa ingin tahu dan semangat tanggung jawab
kelompok. ·
Menghubungkan informasi yang
diperoleh dan mengambil kesimpulan berdasarkan informasi yang diperoleh
dengan percaya diri. ·
Menyusun
laporan dan menyajikan hasil telaah tentang makna, fungsi, dan kedudukan UUD
1945 dalam sistem hukum nasional juga peraturan – peraturan lainnya dengan
percaya diri dan tanggung jawab. ·
Mensimulasikan
peran tokoh dalam dalam merumuskan Undang-Undang Dasar Negara Republik
Indonesia Tahun 1945.
|
Setelah
mempelajari materi ini, peserta didik diharapkan mampu: ·
Menghargai makna,
kedudukan, dan fungsi UUD NRI Tahun 1945 secara adil sebagai bentuk sikap beriman dan bertakwa; ·
Mendukung kedudukan, fungsi, dan makna konstitusi negara, serta peraturan
perundangan lainnya sesuai dengan UUD NRI Tahun 1945; ·
Merasionalkan makna, kedudukan, dan fungsi UUD NRI Tahun 1945, serta
peraturan hukum lainnya dalam Sistem Hukum Nasional; ·
Melaksanakan makna, kedudukan, dan fungsi UUD NRI Tahun 1945.
|
8 x 40 Menit (4 JP) |
1.3
Menata tata urutan perundang-undangan dalam sistem hukum nasional di
Indonesia secara adil 2.3
Memperjelas konsepsi tata urutan perundang-undangan sesuai dengan
Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 3.3
Memahami tata urutan peraturan perundang-undangan dalam sistem hukum Nasional
di Indonesia 4.3
Mendemonstrasikan peran sebagai penyusun Tata Urutan Perundang-undangan
|
Tata urutan peraturan
perundang-undangan dalam sistem hukum Nasional di Indonesia • Makna
tata urutan peraturan • Proses
pembentukan peraturan perundang-undangan • Ketaatan
terhadap peraturan perundang-undangan
|
·
Mengamati gambar tentang urutan
peraturan perundang-undangan dan membaca beragam
peraturan perundang-undangan dan implementasinya sebagai wujud peduli dan
syukur terhadap Tuhan Yang Maha Esa. ·
Mengidentifikasi berbagai
pertanyaan dengan penuh rasa ingin tahu dan disiplin kelompok terhadap
pengamatan yang telah dilakukannya. ·
Mencari informasi dari berbagai
sumber untuk menjawab pertanyaan yang sudah disusun dengan kerjasama kelompok ·
Menghubungkan informasi yang
diperoleh untuk menyimpulkan tentang makna tata urutan peraturan
perundang-undangan dan mengambil kesimpulan secara jujur dan bertanggung
jawab ·
Menyusun laporan hasil telaah
tentang makna tata urutan peraturan perundang-undangan secara tertulis dan menyajikan hasil telaah di kelas
serta memajang hasil telaah (display) di dinding kelas dengan bangga dan
penuh rasa tanggung jawab ·
Mensimulasikan
peran tokoh dalam menyusun tata urutan perundang-undangan
|
Setelah mempelajari materi ini, peserta didik diharapkan mampu: ·
Menata tata urutan perundang-undangan dalam sistem
hukum nasional di Indonesia secara adil; ·
Memperjelas konsepsi tata urutan perundang-undangan
sesuai dengan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945; ·
Memahami tata urutan perundang-undangan dalam sistem
hukum nasional di Indonesia; ·
Mendemonstrasikan peran sebagai penyusun tata urutan
perundang-undangan. |
8 x 40 JP (4 JP)
|
1.4 Mensyukuri nilai dan semangat
Kebangkitan Nasional 1908 dalam perjuangan kemerdekaan Kemerdekaan Indonesia
secara tulus 2.4
Bertanggungjawab terhadap makna dan arti penting Kebangkitan Nasional 1908
dalam perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia 3.4
Memprediksi makna dan arti penting Kebangkitan Nasional 1908 Kebangkitan
Nasional dalam perjuangan kemerdekaan 4.4
Menyaji hasil penalaran tentang peran kejuangan tokoh Kebangkitan Nasional
1908 dalam perjuangan kemerdekaan
|
Kebangkitan Nasional 1908 Dalam
Perjuangan Kemerdekaan •
Makna Kebangkitan Nasional dalam
Perjuangan Kemerdekaan •
Arti Penting Kebangkitan Nasional
Dalam Perjuangan Kemerdekaan ·
Peran Tokoh Kebangkitan Nasional
Dalam Perjuangan Kemerdekaan Nasional
|
·
Mengamati gambar tentang
Kebangkitan Nasional 1908 dengan ikhkas sebagai wujud syukur terhadap Tuhan
Yang Maha Esa ·
Dengan kerjasama kelompok
mengidentifikasi pertanyaan
tentang makna Kebangkitan Nasional 1908 bagi bangsa Indonesia ·
Mencari informasi untuk menjawab
pertanyaan tentang arti Kebangkitan Nasional 1908 bagi perjuangan kemerdekaan
bangsa Indonesia dengan penuh rasa tanggung jawab ·
Menghubungkan informasi yang diperoleh secara jujur untuk
menyimpulkan tentang makna Kebangkitan Nasional 1908 bagi bangsa Indonesia ·
Menyusun laporan dan menyajikan
hasil telaah tentang makna Kebangkitan Nasional 1908 dengan percaya diri ·
Mensimulasikan peran tokoh
kejuangan Kebangkitan Nasional
|
Setelah mempelajari materi ini, peserta didik diharapkan mampu: ·
Mensyukuri nilai dan semangat Kebangkitan Nasional
dalam perjuangan kemerdekaan Kemerdekaan Indonesia secara tulus; ·
Bertanggung jawab terhadap makna dan arti penting
Kebangkitan Nasional dalam perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia; ·
Memprediksi makna dan arti penting kebangkitan nasional
dalam perjuangan kemerdekaan; ·
Menyaji hasil penalaran tentang peran kejuangan tokoh
kebangkitan nasional dalam perjuangan kemerdekaan.
|
8 x 40 menit (4 JP) |
1.5
Menghayati nilai dan semangat Sumpah Pemuda tahun 1928 dalam bingkai Bhinneka
Tunggal Ika 2.5
Menghargai nilai dan semangat Sumpah Pemuda tahun 1928 dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika 3.5 Memproyeksikan nilai dan semangat
Sumpah Pemuda tahun 1928 dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika 4.5 Melaksanakan nilai-nilai
kejuangan tokoh Sumpah Pemuda tahun 1928
|
Sumpah Pemuda tahun 1928 dalam
bingkai Bhinneka Tunggal Ika ·
Makna Sumpah Pemuda ·
Arti penting Sumpah Pemuda bagi prjuangan Indonesia ·
Semangat dan
komitmen sumpah pemuda bagi bangsa dan Negara Indonesia
|
·
Mengamati gambar tentang persitiwa
Sumpah Pemuda dan keberagaman masyarakat Indonesia sebagai wujud syukur
terhadap Tuhan Yang Maha Esa ·
Bekerjasama dengan kelompok mengidentifikasi
pertanyaan-pertanyaan tentang makna Sumpah Pemuda 1928 dalam bingkai Bhinneka
Tunggal Ika ·
Mencari
informasi bersama dengan anggota kelompok yang beragam untuk menjawab
pertanyaan tentang arti Sumpah Pemuda bagi perjuangan kemerdekaan bangsa
Indonesia dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika ·
Menghubungkan
informasi yang diperoleh untuk menyimpulkan tentang makna Sumpah Pemdua bagi
bangsa Indonesia dengan penuh rasa tanggung jawab ·
Menyusun
laporan hasil telaah tentang makna Sumpah Pemuda dan menyajikan hasil telaah
di depan kelas dengan semangat saling menghargai dan menghormati ·
Mensimulasikan
peran tokoh Sumpah Pemuda
|
Setelah mempelajari materi ini, peserta didik diharapkan mampu: ·
Menghayati nilai dan semangat Sumpah Pemuda tahun 1928
dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika. ·
Menghargai nilai dan semangat Sumpah Pemuda tahun 1928
dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika. ·
Memproyeksikan nilai dan semangat Sumpah Pemuda tahun
1928 dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika. ·
Melaksanakan nilai-nilai kejuangan tokoh Sumpah Pemuda
tahun 1928.
|
8 x 40 menit (4 JP) |
1.6
Mensyukuri semangat dan komitmen kebangsaan kolektif untuk memperkuat Negara
Kesatuan Republik Indonesia 2.6 Menunjukkan semangat dan komitmen
kebangsaan kolektif untuk memperkuat Negara Kesatuan Republik Indonesia 3.6
Memahami pentingnya semangat dan komitmen
kebangsaan untuk memperkuat Negara Kesatuan Republik Indonesia 4.6 Mendemonstrasikan peran tokoh
masyarakat akan pentingnya semangat dan komitmen kebangsaan untuk memperkuat Negara
Kesatuan Republik Indonesia
|
Semangat dan komitmen kebangsaan
untuk memperkuat NKRI •
Makna semangat dan komitmen
kebangsaan •
Arti penting Semangat dan Komitmen
Kebangsaan untuk untuk memperkuat NKRI ·
Peran Tokoh Masyarakat akan
pentingnya Semangat dan Komitmen Kebangsaan
untuk memperkuat NKRI
|
·
Mengamati gambar / tayangan video
sidang MPR dalam membuat keputusan/komitmen dengan penuh bangga dan syukur
terhadap Tuhan Yang Maha Esa ·
Mengidentifikasi
pertanyaan-pertanyaan secara bekerjasama dengan kelompoknya terkait dengan
pentingnya semangat dan komitmen kebangsaan untuk memperkuat NKRI ·
Mencari informasi dari berbagai
sumber secara bertanggung
jawab untuk menjawab berbagai pertanyaan yang telah tersusun ·
Dengan penuh
disiplin dan kerjasama kelompok menghubungkan berbagai informasi yang
didapatkannya untuk membuat simpulan jawaban terhadap pertanyaan yang ada ·
Menyusun
laporan hasil telaah tentang semangat dan komitmen kebangsaan untuk
memperkuat NKRI dengan penuh rasa tanggung jawab ·
Mensimulasikan
peran tokoh masyarakat akan pentingnya semangat dan komitmen kebangsaan untuk
memperkuat NKRI
|
Setelah mempelajari materi ini, peserta didik diharapkan mampu: ·
Mensyukuri semangat dan komitmen kebangsaan kolektif
untuk memperkuat Negara Kesatuan Republik Indonesia; ·
Menunjukkan semangat dan komitmen kebangsaan kolektif
untuk memperkuat Negara Kesatuan Republik Indonesia; ·
Memahami pentingnya semangat dan komitmen kebangsaan
untuk memperkuat Negara Kesatuan Republik Indonesia; ·
Mendemonstrasikan peran tokoh masyarakat akan
pentingnya semangat dan komitmen kebangsaan untuk memperkuat Negara Kesatuan
Republik Indonesia.
|
8 x 40 menit (4 JP) |
Komentar
Posting Komentar