Langsung ke konten utama

RPP PKn Kelas 9 - Bab 5 Harmoni dalam Keberagaman Masyarakat Indonesia

  

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

Sekolah                        : SMP ....

Mata Pelajaran           Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

Kelas/Semester           : IX/     

Materi Pokok              Harmoni dalam Keberagaman Masyarakat Indonesia

Alokasi Waktu             : 8 x 40 menit (4 x Pertemuan)

 

Indikator

·         Peserta didik menjelaskan makna Bhinneka Tunggal Ika

·         Peserta didik menjelaskan masalah-masalah yang muncul dalam bidang sosial, budaya ekonomi dan gender dalam masyarakat dan cara pemecahannya dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika

·         Peserta didik mengidentifikasi prinsip harmoni dalam keberagaman sosial, budaya, ekonomi dan gender dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika

·         Peserta didik meniru peran mediator penyelesaian masalah sosial, budaya, ekonomi, gender, dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika

·         Peserta didik menerangkan peran mediator penyelesaian masalah sosial, budaya, ekonomi, gender, dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika

 

TujuanPembelajaran

Setelah mempelajari materi ini, peserta didik diharapkan mampu:

·         mensyukuri dan memahami makna keberagaman masyarakat Indonesia dalam bidang sosial budaya, ekonomi, dan gender dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika;

·         menganalisis dan memetakan permasalahan keberagaman masyarakat Indonesia;

·         menemukan dan menganalisis berbagai akibat dari masalah yang timbul dalam keberagaman masyarakat Indonesia;

·         memahami, menganalisis, dan berperan aktif sebagai seorang pelajar dalam upaya penanggulangan dan penyelesaian masalah yang timbul dalam keberagaman masyarakat Indonesia.

 

Materi Pembelajaran

Harmoni Keberagaman Masyarakat Indonesia

·         Makna harmoni keberagaman dalam bidang sosial, budaya, ekonomi dan gender dalam Bhinneka Tunggak Ika

·         Permasalahan keberagaman masyarakat Indonesia

·         Akibat yang ditimbulkan oleh terjadinya masalah yang muncul

·         Upaya menyelesaikan masalah yang muncul dalam keberagaman masyarakat Indonesia

 

Metode Pembelajaran

Pendekatan     :           Pendekatan kontekstual

Model              :           Siklus Eksplorasi, Elaborasi, Konfirmasi

Metode           :           1. Ceramah

2. Curah Pendapat

3. Presentasi

4. Diskusi

5. Penugasan

 

 

 

 

Media dan Sumber Pembelajaran

1.   Media        

a.   Laptop, CPU

b.   LCD Projector

c.    Film/Video

d.   Gambar/Foto

 

2. Sumber Belajar

a.   Buku Ajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan untuk SMP/MTs Kelas IX, Penerbit Erlangga

b.   Referensi lain yang relevan

c.    Internet (jika tersedia)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kegiatan Pembelajaran

 

Pertemuan pertama

Rincian Kegiatan

Waktu

Pendahuluan

·         Guru memberi salam dan menunjuk ketua kelas untuk memimpin doa bersama.

·         Guru mengondisikan kelas, agar kondusif untuk mendukung proses pembelajaran dengan cara meminta peserta didik membersihkan papan tulis dan merapikan tempat duduk, menyiapkan buku pelajaran dan buku referensi yang relevan serta alat tulis yang diperlukan.

·         Guru mengajak peserta didik agar selalu mengamalkan ilmu pengetahuan yang diperoleh di dalam kehidupan sebagai tanda syukur kepada Tuhan.

·         Guru mengajak peserta didik untuk proaktif dalam pembelajaran yang dilaksanakan.

·         Guru memberi penjelasan tentang cakupan materi yang akan dipelajari beserta tujuan pembelajaran yang akan dicapai.

·         Guru membuat kesepakatan dengan peserta didik terkait kegiatan yang akan dilakukan (termasuk di dalamnya tentang pembagian kelompok kerja peserta didik).

·         Sebagai awalan guru mencoba menampilkan video mengenai Keberagaman Masyarakat Indonesia.

 

10 menit

Kegiatan Inti:

Mengamati

·         Guru meminta peserta didik mengamati gambar tentang pengenalan budaya di Indonesia.

·         Guru meminta peserta didik untuk membaca buku/referensi tentang Harmoni dalam Keberagaman Masyarakat Indonesia, khususnya materi tentang Keberagaman Masyarakat Indonesia.

·         Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk menceritakan pengetahuannya mengenai Keberagaman Masyarakat Indonesia.

·         Guru menyajiikan slide presentasi tentang Keberagaman Masyarakat Indonesia.

·         Peserta didik mengamati slide persentasi yang disajikan oleh guru.

 

Menanya

·         Guru meminta peserta didik untuk menjawab pre-test yang diberikan guru. Pre-test berupa pertanyaan seputar Keberagaman Masyarakat Indonesia.

·         Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk mengajukan pertanyaan terkait hasil pengamatan tentang Keberagaman Masyarakat Indonesia.

·         Guru menampung pertanyaan peserta didik dan memberi kesempatan kepada tiap peserta didik atau menunjuk secara acak peserta didik untuk menjawab pertanyaan temannya.

 

Mengeksplorasi

·         Peserta didik mencari jawaban pertanyaan pre-test yang diberikan guru dengan membaca buku ajar dan buku referensi lain.

·         Peserta didik mengumpulkan informasi dari tanya jawab yang dilakukan dan melengkapinya dengan membaca buku ajar dan buku referensi terkait Keberagaman Masyarakat Indonesia.

·         Peserta didik berdiskusi atau melakukan kegiatan secara berkelompok untuk mengidentifikasi dan menganalisis ragam informasi yang diperoleh, kemudian dijadikan bahan untuk menyimpulkan.

 

Mengasosiasikan

·         Peserta didik menyusun hasil diskusi/laporan kegiatan yang berkaitan Keberagaman Masyarakat Indonesia.

·         Peserta didik menyimpulkan hasil diskusi/laporan kegiatan yang berkaitan dengan Keberagaman Masyarakat Indonesia.

 

Mengomunikasikan  

·         Peserta didik membuat laporan hasil diskusi/ kegiatan yang sudah dilakukan.

·         Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi/ kegiatan yang sudah dilakukan di depan kelas dan peserta didik dari kelompok lain memberikan tanggapan.

·         Guru memberikan penegasan terhadap hasil pembelajaran peserta didik.

 

60 menit

Penutup

Guru bersama peserta didik baik secara individual maupun kelompok melakukan refleksi untuk:

·         Mengevaluasi seluruh rangkaian aktivitas pembelajaran dan hasil-hasil yang diperoleh untuk selanjutnya secara bersama menemukan manfaat langsung maupun tidak langsung dari hasil pembelajaran yang telah berlangsung;

·         Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;

·         Memberi perintah mengerjakan ulangan harian dengan jujur dan tertib di kelas;

·         Memberi tugas rumah untuk mengerjakan tugas atau jenis kegiatan peserta didik lain baik secara berkelompok dengan baik sesuai perintah guru;

·         Menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya;

·         Menutup kegiatan pembelajaran dengan berdoa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing.

10 menit

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pertemuan kedua

Rincian Kegiatan

Waktu

Pendahuluan

·         Guru memberi salam dan menunjuk ketua kelas untuk memimpin doa bersama.

·         Guru mengondisikan kelas, agar kondusif untuk mendukung proses pembelajaran dengan cara meminta peserta didik membersihkan papan tulis dan merapikan tempat duduk, menyiapkan buku pelajaran dan buku referensi yang relevan serta alat tulis yang diperlukan.

·         Guru mengajak peserta didik agar selalu mengamalkan ilmu pengetahuan yang diperoleh di dalam kehidupan sebagai tanda syukur kepada Tuhan.

·         Guru mengajak peserta didik untuk proaktif dalam pembelajaran yang dilaksanakan.

·         Guru memberi penjelasan tentang cakupan materi yang akan dipelajari beserta tujuan pembelajaran yang akan dicapai.

·         Guru membuat kesepakatan dengan peserta didik terkait kegiatan yang akan dilakukan (termasuk di dalamnya tentang pembagian kelompok kerja peserta didik).

 

10 menit

Kegiatan Inti:

Mengamati

·         Guru bertanya kepada peserta didik mengenai pengetahuan dasar yang mereka ketahui tentang Permasalahan dan Akibat yang Muncul dalam Keberagaman Masyarakat Indonesia.

·         Guru meminta peserta didik untuk membaca sebentar tentang Permasalahan dan Akibat yang Muncul dalam Keberagaman Masyarakat Indonesia.

·         Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk mengamati materi tentang Permasalahan dan Akibat yang Muncul dalam Keberagaman Masyarakat Indonesia.

 

Menanya

·         Guru meminta peserta didik untuk menjawab pre-test yang diberikan guru. Pre-test berupa pertanyaan seputar Permasalahan dan Akibat yang Muncul dalam Keberagaman Masyarakat Indonesia..

·         Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk mengajukan pertanyaan terkait hasil pengamatan mereka tentang Permasalahan dan Akibat yang Muncul dalam Keberagaman Masyarakat Indonesia.

·         Guru menampung pertanyaan peserta didik dan memberi kesempatan kepada tiap peserta didik atau menunjuk secara acak peserta didik untuk menjawab pertanyaan temannya.

 

Mengeksplorasi

·         Peserta didik mencari jawaban pertanyaan pre-test yang diberikan guru dengan membaca buku ajar dan buku referensi lain.

·         Peserta didik mengumpulkan informasi dari tanya jawab yang dilakukan dan melengkapinya dengan membaca buku ajar dan buku referensi terkait Permasalahan dan Akibat yang Muncul dalam Keberagaman Masyarakat Indonesia.

·         Peserta didik berdiskusi atau melakukan kegiatan secara berkelompok untuk mengidentifikasi dan menganalisis ragam informasi yang diperoleh, kemudian dijadikan bahan untuk menyimpulkan (Sebagai bahan diskusi/kegiatan, guru dapat meminta peserta didik untuk mengerjakan tugas/kegiatan peserta didik yang ada dalam buku ajar).

 

Mengasosiasikan

·         Peserta didik menyusun hasil diskusi tentang Permasalahan dan Akibat yang Muncul dalam Keberagaman Masyarakat Indonesia.

·         Peserta didik merumuskan tentang Permasalahan dan Akibat yang Muncul dalam Keberagaman Masyarakat Indonesia.

 

Mengomunikasikan  

·         Peserta didik menuliskan laporan kerja kelompok.

·         Peserta didik mempresentasikan hasil kerja kelompok di depan kelas dan peserta didik dari kelompok lain memberikan tanggapan.

·         Guru memberikan penegasan terhadap hasil pembelajaran peserta didik.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

60 menit

Penutup

Guru bersama peserta didik baik secara individual maupun kelompok melakukan refleksi untuk:

·         Mengevaluasi seluruh rangkaian aktivitas pembelajaran dan hasil-hasil yang diperoleh untuk selanjutnya secara bersama menemukan manfaat langsung maupun tidak langsung dari hasil pembelajaran yang telah berlangsung;

·         Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;

·         Memberi perintah mengerjakan ulangan harian dengan jujur dan tertib di kelas;

·         Memberi tugas rumah untuk mengerjakan tugas atau jenis kegiatan peserta didik lain baik secara berkelompok dengan baik sesuai perintah guru;

·         Menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya;

·         Menutup kegiatan pembelajaran dengan berdoa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing.

10 menit

 

 

Pertemuan ketiga

Rincian Kegiatan

Waktu

Pendahuluan

·         Guru memberi salam dan menunjuk ketua kelas untuk memimpin doa bersama.

·         Guru mengondisikan kelas, agar kondusif untuk mendukung proses pembelajaran dengan cara meminta peserta didik membersihkan papan tulis dan merapikan tempat duduk, menyiapkan buku pelajaran dan buku referensi yang relevan serta alat tulis yang diperlukan.

·         Guru mengajak peserta didik agar selalu mengamalkan ilmu pengetahuan yang diperoleh di dalam kehidupan sebagai tanda syukur kepada Tuhan.

·         Guru mengajak peserta didik untuk proaktif dalam pembelajaran yang dilaksanakan.

·         Guru memberi penjelasan tentang cakupan materi yang akan dipelajari beserta tujuan pembelajaran yang akan dicapai.

·         Guru membuat kesepakatan dengan peserta didik terkait kegiatan yang akan dilakukan (termasuk di dalamnya tentang pembagian kelompok kerja peserta didik).

 

10 menit

Kegiatan Inti:

Mengamati

·         Guru bertanya kepada peserta didik mengenai pengetahuan dasar yang mereka ketahui tentang Strategi Mengatasi Ancaman di Bidang Budaya dan Pertahanan dan Keamanan.

·         Guru meminta peserta didik untuk membaca sebentar tentang Strategi Mengatasi Ancaman di Bidang Budaya dan Pertahanan dan Keamanan.

·         Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk mengamati materi tentang Strategi Mengatasi Ancaman di Bidang Budaya dan Pertahanan dan Keamanan.

 

Menanya

·         Guru meminta peserta didik untuk menjawab pre-test yang diberikan guru. Pre-test berupa pertanyaan seputar Strategi Mengatasi Ancaman di Bidang Budaya dan Pertahanan dan Keamanan.

·         Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk mengajukan pertanyaan terkait hasil pengamatan mereka tentang Strategi Mengatasi Ancaman di Bidang Budaya dan Pertahanan dan Keamanan.

·         Guru menampung pertanyaan peserta didik dan memberi kesempatan kepada tiap peserta didik atau menunjuk secara acak peserta didik untuk menjawab pertanyaan temannya.

 

Mengeksplorasi

·         Peserta didik mencari jawaban pertanyaan pre-test yang diberikan guru dengan membaca buku ajar dan buku referensi lain.

·         Peserta didik mengumpulkan informasi dari tanya jawab yang dilakukan dan melengkapinya dengan membaca buku ajar dan buku referensi terkait Strategi Mengatasi Ancaman di Bidang Budaya dan Pertahanan dan Keamanan.

·         Peserta didik berdiskusi atau melakukan kegiatan secara berkelompok untuk mengidentifikasi dan menganalisis ragam informasi yang diperoleh, kemudian dijadikan bahan untuk menyimpulkan (Sebagai bahan diskusi/kegiatan, guru dapat meminta peserta didik untuk mengerjakan tugas/kegiatan peserta didik yang ada dalam buku ajar).

 

Mengasosiasikan

·         Peserta didik menyusun hasil diskusi tentang Strategi Mengatasi Ancaman di Bidang Budaya dan Pertahanan dan Keamanan.

·         Peserta didik merumuskan tentang Strategi Mengatasi Ancaman di Bidang Budaya dan Pertahanan dan Keamanan.

 

Mengomunikasikan  

·         Peserta didik menuliskan laporan kerja kelompok.

·         Peserta didik mempresentasikan hasil kerja kelompok di depan kelas dan peserta didik dari kelompok lain memberikan tanggapan.

·         Guru memberikan penegasan terhadap hasil pembelajaran peserta didik.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

60 menit

Penutup

Guru bersama peserta didik baik secara individual maupun kelompok melakukan refleksi untuk:

·         Mengevaluasi seluruh rangkaian aktivitas pembelajaran dan hasil-hasil yang diperoleh untuk selanjutnya secara bersama menemukan manfaat langsung maupun tidak langsung dari hasil pembelajaran yang telah berlangsung;

·         Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;

·         Memberi perintah mengerjakan ulangan harian dengan jujur dan tertib di kelas;

·         Memberi tugas rumah untuk mengerjakan tugas atau jenis kegiatan peserta didik lain baik secara berkelompok dengan baik sesuai perintah guru;

·         Menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya;

·         Menutup kegiatan pembelajaran dengan berdoa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing.

10 menit

 

 

Pertemuan keempat

Rincian Kegiatan

Waktu

Pendahuluan

·         Guru memberi salam dan menunjuk ketua kelas untuk memimpin doa bersama.

·         Guru mengondisikan kelas, agar kondusif untuk mendukung proses pembelajaran dengan cara meminta peserta didik membersihkan papan tulis dan merapikan tempat duduk, menyiapkan buku pelajaran dan buku referensi yang relevan serta alat tulis yang diperlukan.

·         Guru mengajak peserta didik agar selalu mengamalkan ilmu pengetahuan yang diperoleh di dalam kehidupan sebagai tanda syukur kepada Tuhan.

·         Guru mengajak peserta didik untuk proaktif dalam pembelajaran yang dilaksanakan.

·         Guru memberi penjelasan tentang cakupan materi yang akan dipelajari beserta tujuan pembelajaran yang akan dicapai.

·         Guru membuat kesepakatan dengan peserta didik terkait kegiatan yang akan dilakukan (termasuk di dalamnya tentang pembagian kelompok kerja peserta didik).

·         Guru menampilkan video/gambar terkait materi yang sedang dipelajari sebagai apersepsi.

 

10 menit

Kegiatan Inti:

Mengamati

·         Guru meminta peserta didik untuk mengamati video/gambar mengenai Strategi Penyelesaian Permasalahan yang Muncul dalam Keberagaman Masyarakat Indonesia.

·         Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk mengamati beberapa permasalahan yang terkait materi yang sedang dipelajari.

·         Guru meminta peserta didik untuk membaca sebentar tentang keseluruhan materi yang ada di BAB V.

 

Menanya

·         Guru bertanya kepada peserta didik apa yang mereka ketahui tentang keseluruhan materi yang ada di BAB V.

·         Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk mengajukan pertanyaan terkait hasil pengamatan mereka tentang materi yang sedang dipelajari.

·         Guru menampung pertanyaan peserta didik dan memberi kesempatan kepada tiap peserta didik atau menunjuk secara acak peserta didik untuk menjawab pertanyaan temannya.

 

Mengeksplorasi

·         Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk mengutarakan pendapatnya tentang keseluruhan materi yang ada di BAB V.

·         Peserta didik mengumpulkan informasi dari tanya jawab yang dilakukan dan melengkapinya dengan membaca buku ajar dan buku referensi terkait materi yang sedang dipelajari.

·         Peserta didik berdiskusi untuk mengidentifikasi dan menganalisis ragam informasi yang diperoleh, kemudian dijadikan bahan untuk menyimpulkan kesemua materi yang sudah dipelajari pada BAB V.

 

Mengasosiasikan

·         Peserta didik mulai menyusun hasil diskusi tentang kesemua materi yang sudah dipelajari pada BAB V.

·         Peserta didik menyimpulkan kesemua materi yang sudah dipelajari pada BAB V.

 

Mengomunikasikan  

·         Peserta didik mengomunikasikan pengetahuan yang didapat ketika mempelajari kesemua materi yang ada di BAB V.

·         Guru memberikan penegasan terhadap hasil pembelajaran peserta didik.

 

60 menit

Penutup

Guru bersama peserta didik baik secara individual maupun kelompok melakukan refleksi untuk:

·         Mengevaluasi seluruh rangkaian aktivitas pembelajaran dan hasil-hasil yang diperoleh untuk selanjutnya secara bersama menemukan manfaat langsung maupun tidak langsung dari hasil pembelajaran yang telah berlangsung;

·         Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;

·         Memberi perintah mengerjakan ulangan harian dengan jujur dan tertib di kelas;

·         Memberi tugas rumah untuk mengerjakan tugas atau jenis kegiatan peserta didik lain baik secara berkelompok dengan baik sesuai perintah guru;

·         Menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya;

·         Menutup kegiatan pembelajaran dengan berdoa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing.

10 menit

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Penilaian

 

No.

Kompetensi

Teknik

Instrumen

Keterangan

1.

KI 1 dan

KI 2

Observasi

 

·            Lembar observasi

Terlampir

2.

KI 3

Tes tertulis

·            Pilihan ganda

·            Uraian

·            Tugas (mandiri atau kelompok)

Terlampir

3.

KI 4

Kinerja

·            Lembar laporan tugas

Terlampir

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Lampiran

Penilaian KI 1

 

INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP SPIRITUAL

(LEMBAR OBSERVASI)

 

A.       Petunjuk Umum

1.    Instrumen penilaian sikap spiritual ini berupa Lembar Observasi. Observasi merupakan teknik penilaian yang dilakukan secara berkesinambungan dengan menggunakan indera, baik secara langsung maupun tidak langsung dengan menggunakan instrument yang berisi sejumlah indikator perilaku yang diamati. Pada jenjang SMP/MTs, kompetensi sikap spiritual mengacu pada KI-1:  Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.

2.   Instrumen ini diisi oleh guru yang mengajar peserta didik yang dinilai.

 

B.        Petunjuk Pengisian

Secara periodik, misalnya 1 atau 2 minggu sekali guru melakukan penilaian sikap spiritual peserta didik. Caranya, guru memberi tanda cek (√) pada kolom skor sesuai sikap spiritual yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut.

·         4 = selalu, apabila peserta didik selalu melakukan sesuai pernyataan.

·         3 = sering, apabila peserta didik sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang

 tidak melakukannya.

·         2 = kadang-kadang, apabila peserta didik kadang-kadang melakukan dan  sering tidak

melakukannya.

·         1 = tidak pernah, apabila peserta didik tidak pernah melakukannya.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

C.        Lembar Observasi

Kelas                                : ….

Semester                         : ….

Tahun Ajaran                   : ….

Periode Pengamatan      :            Tanggal  s.d. ….

 

No

Aspek Pengamatan

1

Berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu

2

Menjalankan ibadah tepat waktu

3

Mengucapkan rasa syukur atas karunia Tuhan

4

Mensyukuri kemampuan manusia dalam mengendalikan diri

5

Mengucapkan syukur ketika berhasil mengerjakan sesuatu

6

Berserah diri kepada Tuhan apabila gagal dalam mengerjakan sesuatu

7

Menjaga lingkungan hidup di sekitar rumah tempat tinggal, sekolah, dan masyarakat

8

Memelihara hubungan baik dengan sesama umat ciptaan Tuhan Yang Maha Esa

9

Bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa sebagai bangsa Indonesia

10

Menghormati orang lain menjalankan ibadah sesuai agamanya

 Jumlah Skor

 


Lembar Observasi

 

No.

Nama

Peserta Didik

Aspek Pengamatan

Jumlah

Rerata Skor

Nilai

Keterangan

 

1

 

2

 

3

 

4

 

5

 

6

 

7

 

8

 

9

 

10

1

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

6

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

7

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

8

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

9

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

10

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

dst

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Guru Mata Pelajaran

 

 

 

------------------------------------

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Penilaian KI 2 

 

INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP SOSIAL

(LEMBAR OBSERVASI)

A.       Petunjuk Umum

1.    Instrumen penilaian sikap sosial ini berupa Lembar Observasi.  Sikap sosial yang dikembangkan pada Kompetensi Inti 2 di jenjang SMP/MTs meliputi:

a.      jujur

b.      disiplin

c.       tanggung jawab

d.      toleransi

e.      gotong royong

f.        santun

g.      percaya diri

2.   Instrumen ini diisi oleh guru yang mengajar peserta didik yang dinilai.

B.        Petunjuk Pengisian

Secara periodik, misalnya 1 atau 2 minggu sekali guru melakukan penilaian sikap sosial peserta didik. Caranya, guru memberi tanda cek (√) pada kolom skor sesuai sikap sosial yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut.

·         4 = selalu, apabila peserta didik selalu melakukan sesuai pernyataan.

·         3 = sering, apabila peserta didik sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang

tidak melakukannya.

·         2 = kadang-kadang, apabila peserta didik kadang-kadang melakukan dan  sering tidak

melakukannya.

·         1 = tidak pernah, apabila peserta didik tidak pernah melakukannya.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Guna memudahkan penilian, guru dapat membaca indikator tiap-tiap aspek sosial sebagai berikut.

Tabel Daftar Deskripsi Indikator


Sikap dan Pengertian

Contoh Indikator

1.    Jujur

adalah perilaku yang didasarkan pada upaya menjadikan dirinya sebagai orang

yang selalu dapat dipercaya dalam perkataan, tindakan, dan pekerjaan.

·      Tidak menyontek dalam mengerjakan ujian/ulangan.

·      Tidak menjadi plagiat (mengambil/ menyalin karya orang lain tanpa menyebutkan sumber) dalam mengerjakan setiap tugas.

·      Mengemukakan perasaan terhadap sesuatu apa adanya.

 

2.    Disiplin

adalah tindakan yang menunjukkan perilaku tertib dan patuh pada berbagai ketentuan dan peraturan.

 

·      Datang tepat waktu.

·      Patuh pada tata tertib atau aturan bersama/ sekolah.

 

3.    Tanggungjawab

adalah sikap dan perilaku seseorang untuk melaksanakan tugas dan kewajibannya, yang seharusnya dia lakukan, terhadap diri sendiri, masyarakat, lingkungan (alam, sosial dan budaya), negara dan Tuhan Yang Maha Esa.

·      Melaksanakan tugas individu dengan baik.

·      Menerima resiko dari tindakan yang dilakukan.

4.    Toleransi

adalah sikap dan tindakan yang menghargai perbedaan agama, suku, etnis, pendapat, sikap, dan tindakan orang lain yang berbeda dari dirinya.

·      Tidak mengganggu teman yang berbeda pendapat

·      Menghormati teman yang berbeda suku, agama,ras, budaya, dan gender.

 

5.    Gotongroyong

adalah bekerja bersama-sama dengan orang lain untuk mencapai tujuan bersama dengan saling berbagi tugas dan tolong menolong secara ikhlas.

·      Terlibat aktif dalam bekerja bakti membersihkan kelas atau sekolah

·      Kesediaan melakukan tugas sesuai kesepakatan

6.    Santun

adalah sikap baik dalam pergaulan baik dalam berbahasa maupun bertingkah laku.

 

 

 

 

·      Menghormati orang yang lebih tua.

·      Tidak berkata-kata kotorkasar, dan takabur.

·      Tidak meludah di sembarang tempat.

7.    Percaya diri

adalah kondisi mental atau psikologis diri seseorang yang memberi keyakinan

kuat pada dirinya untuk berbuat atau melakukan sesuatu tindakan.

·         Berpendapat atau melakukan kegiatan tanpa ragu-ragu.

·         Mampu membuat keputusan dengan cepat

·         Tidak mudah putus asa.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

C.        Lembar Observasi

Kelas                                : ….

Semester                         : ….

Tahun Ajaran                   : ….

Periode Pengamatan      : Tanggal  s.d. ….

           

No

Nama

Peserta Didik

Sikap

Jumlah

Rerata Skor

Nilai

Keterangan

Jujur

Disiplin

Tanggung Jawab

Toleransi

Gotong Royong

Santun

Percaya Diri

1

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

6

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

7

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

8

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

9

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

10

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

dst

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Guru Mata Pelajaran

 

 

 

____________________

 

 

 

 

 

 

 

Penilaian KI 3

 (Ambil soal di ulangan harian)

 

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini dengan uraian yang jelas dan tepat!

Kerjakan dengan jujur! Yakinlah pada kemampuanmu!

1.      Tulis dan jelaskan secara singkat pengertian masyarakat multikultural.

2.      Apa saja upaya yang dapat dilakukan pemerintah untuk mengatasi permasalahan keberagaman gender? Tuliskan 5 (lima).

3.      Tulis dan jelaskan secara singkat permasalahan dalam keberagaman sosial budaya.

4.      Tulis secara singkat permasalahan dalam keberagaman ekonomi di bidang pertanian.

5.      Jelaskan pengertian gender menurut beberapa ahli.

 

 

 

 

 

 

 

 

Guru Mata Pelajaran

 

 

____________________


 

Penilaian KI 4

 

Penilaian Kinerja

 

Rounded Rectangle: Nama			:	............................................
Kelas			:	............................................
No. Absen  :  ............................................
 

 

 

 

 

 


Lakukan kegiatan berikut ini! Bekerjasamalah dengan kelompokmu!

Bentuklah kelompok beranggotakan 5 orang! Dalam berdiskusi hargailah pendapat anggota kelompok Anda dalam menyampaikan suatu pendapat dan saling menghormati dengan pendapat yang berbeda.

1.  Buatlah sebuah karya ilmiah yang membahas tentang hal-hal berikut ini!

a.      Keberagaman Masyarakat Indonesia

b.      Permasalahan dan Akibat yang Muncul dalam Keberagaman Masyarakat Indonesia

c.       Strategi Penyelesaian Permasalahan yang Muncul dalam Keberagaman Masyarakat Indonesia

2. Gunakan kaidah-kaidah dan tata tulis penulisan karya ilmiah!

3. Kerjakan di buku tugas Anda dan kumpulkan hasil pekerjaan Anda kepada guru untuk dinilai!

 

 

                                                                                                            Jakarta, .... Agustus 2022

Mengetahui                                                                                        Guru Mapel

Kepala Sekolah

 

 

 

---------------------------------------------------                                            ------------------------------------- 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

RPP PKn KELAS 9 - BAB 1 - Dinamika Perwujudan Pancasila Sebagai Dasar Negara

  RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)   Sekolah                      : SMP .... Mata Pelajaran           : PPKn Kelas/Semester           : IX/1 Materi Pokok                         : Dinamika Perwujudan Pancasila Sebagai Dasar Negara Alokasi Waktu           : 4 x 2 JP   Indikator ·          Peserta didik m enunjukkan sikap mensyukuri perwujudan Pancasila sebagai dasar negara yang merupakan anugrah Tuhan Yang Maha Esa ·          Peserta didik mempelajari penerapan Pancasila dari masa ke masa ·      ...

RPP PKn Kelas 9 - Bab 2 Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945

  RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)   Sekolah                         : SMP .... Mata Pelajaran            : PPKn Kelas/Semester            : I X /       Materi Pokok               : Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 Alokasi Waktu              : ......   Indikator ·          Peserta didik menjelaskan isi alinea dan pokok pikiran yang terkandung dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dengan jujur ·          Peserta didik mengidentifikasi...

RPP PKn Kelas 9 - Bab 4 Persatuan dan Keberagaman Masyarakat Indonesia

  RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Sekolah                         : SMP.. Mata Pelajaran            : Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas/Semester            : IX/1       Materi Pokok              : Persatuan dan Keberagaman Masyarakat Indonesia Alokasi Waktu              : 8 x 40 Menit (4 x Pertemuan)   Indikator ·          Peserta didik menjelaskan masalah-masalah yang muncul dalam keberagaman, suku, agama, ras, antar golongan (SARA) di masyarakat serta cara pemecahannya dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika ·     ...