RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah :
SMP
Mata Pelajaran : Pendidikan Pancasila dan
Kewarganegaraan (Wajib)
Kelas/Semester : VII/2
Materi :
Karakteristik Daerah Tempat Tinggal
dalam Kerangka NKRI
Alokasi Waktu :
6x45 menit (3 pertemuan)
A.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah proses pembelajaran ini diharapkan siswa
akan dapat:
1. Mendukung
karakteristik daerah tempat tinggalnya dalam kerangka Negara Kesatuan Republik
Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa;
2. Menampilkan
karakteristik daerah tempat tinggalnya dalam kerangka Negara Kesatuan Republik
Indonesia;
3. Mengasosiasikan
karakteristik daerah tempat tinggalnya dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia;
4. Mewujudkan
karakteristik daerah tempat tinggalnya dalam kerangka Negara Kesatuan Republik
Indonesia.
B.
Materi
Pembelajaran
A. Makna
Persatuan dan Kesatuan
B. Arti
Penting dalam Pemahaman Karakteristik Daerah Tempat Tinggal
C. Mempertahankan
Persatuan dan Kesatuan Indonesia
C.
Pendekatan,
Model, dan Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Cooperative Learning
2. Model
Pembelajaran : Examples non Examples, Learning community
3. Metode
Pembelajaran : Ceramah, tanya
jawab, diskusi, dan penugasan
(Lembar Kerja Siswa yang berisi pertanyaan sehubungan dengan materi yang telah
dijelaskan)
D.
Media,
Alat, dan Sumber Pembelajaran
1. Media : Power Point
2. Alat : Laptop
dan infokus
3. Sumber
Pembelajaran :
·
Buku
sumber Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan untuk
SMP/MTs Kelas VII
·
Peta
konsep
·
Foto-foto/gambar
·
Buku-buku
penunjang
·
Internet
E.
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan I
Kegiatan |
Deskripsi |
Alokasi
Waktu |
Awal |
1. Guru memberi salam dan menanyakan kabar para peserta
didik. 2. Guru
mempersiapkan kelas agar lebih kondusif untuk memulai proses KBM (kerapian,
kebersihan ruang kelas, menyediakan media dan alat serta buku yang
diperlukan). 3. Guru
memantau kehadiran dengan mengabsen peserta didik. 4. Guru
mempersilahkan salah satu peserta didik memimpin doa. 5. Guru
memberikan informasi kompetensi, materi, tujuan, manfaat, dan langkah
pembelajaran yang akan dilaksanakan. 6. Guru dan siswa menyepakati
kegiatan yang akan dilakukan. 7. Siswa dibagi dalam
beberapa kelompok untuk mendiskusikan materi mengenai “Makna
Persatuan dan Kesatuan”. |
10 menit |
Inti |
Mengamati Sebagai
apersepsi, peserta didik membaca buku mengenai “Makna Persatuan dan
Kesatuan”. Menanya 1.
Guru
bertanya jawab tentang “Makna Persatuan dan Kesatuan”. 2.
Siswa
menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru. 1. Mengeksplorasikan 1. Peserta
didik mengumpulkan informasi terkait dengan materi pelajaran yang sedang
dibahas. 2. Peserta
didik mencari sumber atau informasi dari sumber-sumber lain terkait dengan
materi palajaran yang sedang dibahas. Mengasosiasikan
Secara berdiskusi kelompok siswa mencoba untuk
mengeksplorasi informasi
melalui sumber-sumber lain yang relevan. Mengkomunikasikan 1.
Siswa
secara berkelompok mempresentasikan hasil laporan yang dibuatnya. 2.
Secara
bergantian setiap kelompok membacakan hasil kerja kelompok di depan kelas. 3.
Kelompok
lain menanggapi kelompok yang maju ke depan kelas dengan proaktif. 4.
Guru
memberi evaluasi terhadap hasil
diskusi. |
60 menit |
Penutup |
1.
Peserta didik ditanyakan apakah
sudah memahami materi tersebut. 2.
Guru menutup pembelajaran minggu
ini dengan memberi kesempatan kepada peserta didik memberikan kesimpulan
tentang pelajaran yang baru saja berlangsung serta menanyakan apa manfaat
yang dapat diperoleh setelah belajar materi mengenai “Makna
Persatuan dan Kesatuan”. 3.
Guru memberikan siswa PR untuk dibahas pada pertemuan
selanjutnya. 4.
Guru menutup pelajaran
dengan salam. |
10
menit |
Pertemuan II
Kegiatan |
Deskripsi |
Alokasi
Waktu |
Awal |
1.
Guru memberi salam dan menanyakan kabar para peserta didik. 2.
Guru mempersiapkan kelas agar
lebih kondusif untuk memulai proses KBM (kerapian, kebersihan ruang kelas,
menyediakan media dan alat serta buku yang diperlukan). 3.
Guru memantau kehadiran dengan
mengabsen peserta didik. 4.
Guru mempersilahkan salah satu
peserta didik memimpin doa. 5.
Guru memberikan informasi kompetensi,
materi, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan. 6.
Menyepakati kegiatan yang akan dilakukan. 7.
Guru
meminta siswa merefleksi hasil pertemuan sebelumnya. |
10 menit |
Inti |
Mengamati 1.
Guru mengarahkan
siswa untuk mencari informasi mengenai “Arti Penting dalam
Pemahaman Karakteristik Daerah Tempat Tinggal”. 2.
Siswa mengamati literatur dan
mencatat hasil eksplorasi mengenai materi yang sedang di pelajari. Menanya 1.
Guru memfasilitasi siswa melakukan tanya-jawab
(berdiskusi) sehubungan dengan materi yang sedang di pelajari. 2.
Siswa bertanya jawab tentang materi yang sedang di
pelajari. 2. Mengeksplorasikan 1.
Peserta didik mengumpulkan
informasi terkait dengan materi pelajaran yang sedang dibahas. 2.
Peserta didik mencari sumber atau
informasi dari sumber-sumber lain terkait dengan materi palajaran yang sedang
dibahas. 3.
Guru meminta siswa untuk membuat
catatan/laporan pengamatan yang ditemukan. Mengasosiasikan
Secara berdiskusi kelompok siswa mencoba untuk
mengeksplorasi informasi
melalui sumber-sumber lain yang relevan. Mengkomunikasikan 1.
Siswa
mulai mempresentasikan hasil laporan yang dibuatnya. 2.
Guru memberikan umpan balik berdasarkan
hasil pemaparan siswa. |
60 menit |
Penutup |
1.
Peserta didik ditanyakan apakah
sudah memahami materi tersebut. 2.
Guru menutup pembelajaran minggu
ini dengan memberi kesempatan kepada peserta didik memberikan kesimpulan
tentang pelajaran yang baru saja berlangsung serta menanyakan apa manfaat
yang dapat diperoleh setelah belajar materi “Arti Penting
dalam Pemahaman Karakteristik Daerah Tempat Tinggal”. 3.
Guru memberikan siswa PR untuk dibahas pada pertemuan
selanjutnya. 4.
Guru menutup pelajaran
dengan salam. |
10
menit |
Pertemuan III
Kegiatan |
Deskripsi |
Alokasi
Waktu |
Awal |
1.
Guru memberi salam dan menanyakan kabar para peserta didik. 2.
Guru mempersiapkan kelas agar lebih
kondusif untuk memulai proses KBM (kerapian, kebersihan ruang kelas,
menyediakan media dan alat serta buku yang diperlukan). 3.
Guru memantau kehadiran dengan
mengabsen peserta didik. 4.
Guru mempersilahkan salah satu
peserta didik memimpin doa. 5.
Guru memberikan informasi kompetensi,
materi, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan. 6.
Guru dan siswa menyepakati kegiatan yang akan dilakukan. |
10 menit |
Inti |
Mengamati 1. Guru mengarahkan siswa untuk mencari
informasi mengenai “Mempertahankan Persatuan dan Kesatuan
Indonesia”. 2. Siswa mengamati literatur dan mencatat hasil
eksplorasi mengenai materi yang sedang di pelajari. Menanya 1. Guru
memfasilitasi siswa melakukan tanya-jawab (berdiskusi) sehubungan dengan
materi yang sedang di pelajari. 2. Siswa
bertanya jawab tentang materi yang sedang di pelajari. 3. Mengeksplorasikan 1. Peserta
didik mencari sumber atau informasi dari sumber-sumber lain terkait dengan
materi palajaran yang sedang dibahas. 2. Guru meminta siswa untuk membuat catatan/laporan
pengamatan yang ditemukan. Mengasosiasikan
Guru mencoba memfasilitasi siswa
melakukan untuk berdiskusi sehubungan dengan keseluruhan materi BAB
6. Mengkomunikasikan 1.
Siswa
secara bergantian mengomunikasikan pengetahuannya tentang keseluruhan materi BAB
6. 2.
Kelompok
lain menanggapi kelompok yang maju ke depan kelas dengan proaktif. 3.
Guru
memberi evaluasi terhadap hasil
diskusi. |
60 menit |
Penutup |
1.
Peserta didik ditanyakan apakah
sudah memahami materi tersebut. 2.
Guru menutup pembelajaran minggu
ini dengan memberi kesempatan kepada peserta didik memberikan kesimpulan
tentang pelajaran yang baru saja berlangsung serta menanyakan apa manfaat
yang dapat diperoleh setelah belajar materi yang ada pada BAB 6. 3.
Guru menutup pelajaran
dengan salam. |
10
menit |
F.
Penilaian
Hasil Belajar
Penilaian
dilakukan menggunakan penilaian otentik yang meliputi penilaian sikap,
pengetahuan dan keterampilan. Format penilaian sebagai berikut.
i.
Penilaian Sikap
No |
Nama |
Sikap Spiritual |
Sikap Sosial |
Jumlah Skor |
||
Mensyukuri |
Jujur |
Kerjasama |
Tanggung Jawab |
|||
1 |
|
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
a. Sikap
Spiritual
Indikator sikap spiritual “mensyukuri”:
·
Berdoa sebelum dan sesudah kegiatan
pembelajaran
·
Saling menghormati sesama teman sekelas
·
Toleransi sesama teman sekelas
·
Memelihara hubungan baik dengan sesama
teman sekelas.
Rubrik
pemberian skor:
A = jika peserta didik melakukan empat
kegiatan tersebut
B =
jika peserta didik melakukan tiga kegiatan tersebut
C =
jika peserta didik melakukan dua kegiatan tersebut
D =
jika peserta didik melakukan satu kegiatan tersebut
b. Sikap
Sosial
1.
Sikap jujur
Indikator sikap sosial “jujur”
·
Tidak berbohong
·
Mengembalikan kepada yang berhak bila
menemukan sesuatu
·
Tidak menyontek
·
Terus terang
Rubrik
pemberian skor:
A = jika peserta didik
melakukan empat kegiatan tersebut
B =
jika peserta didik melakukan tiga kegiatan tersebut
C =
jika peserta didik melakukan dua kegiatan tersebut
D =
jika peserta didik melakukan satu kegiatan tersebut
2.
Sikap kerja sama
Indikator sikap sosial “kerja sama”
·
Peduli kepada sesama
·
Saling membantu dalam hal kebaikan
·
Saling menghargai atau toleran
·
Ramah dengan sesama
Rubrik
pemberian skor:
A = jika peserta didik melakukan empat
kegiatan tersebut
B = jika
peserta didik melakukan tiga kegiatan tersebut
C = jika peserta didik melakukan dua kegiatan
tersebut
D =
jika peserta didik melakukan satu kegiatan tersebut
3.
Sikap Tanggung Jawab
Indikator
sikap sosial “tanggung jawab”
·
Melaksanakan tugas individu dengan baik.
·
Menerima risiko dari tindakan yang
dilakukan.
·
Tidak menyalahkan/menuduh orang lain
tanpa bukti akurat.
·
Mengembalikan barang pinjaman.
Rubrik
pemberian skor:
A = jika peserta didik melakukan empat
kegiatan tersebut
B =
jika peserta didik melakukan tiga kegiatan tersebut
C = jika peserta didik melakukan dua kegiatan
tersebut
D = jika peserta didik melakukan satu
kegiatan tersebut
ii. Penilaian Pengetahuan
Penilaian pengetahuan (kelompok) di
kelas
(dalam Power Point dan makalah yang
ditampilkan)
Penilaian pengetahuan (individu) di
rumah
Jawablah
pertanyaan-pertanyaan soal evaluasi halaman 171-172. Kerjakan di buku tulis
setiap siswa.
iii. Penilaian Keterampilan
Penilaian untuk kegiatan mengamati
gambar tentang Pancasila
No |
Nama |
Relevansi |
Kelengkapan |
Kebahasaan |
Jumlah
Skor |
1 |
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
Keterangan:
a.
Kegiatan mengamati dalam hal ini
dipahami sebagai cara peserta didik mengumpulkan informasi faktual dengan
memanfaatkan indera penglihat, pembau, pendengar, pengecap, dan peraba. Maka
secara keseluruhan yang dinilai adalah hasil pengamatan (berupa informasi)
bukan cara mengamati.
b.
Relevansi, kelengkapan, dan kebahasaan
diperlakukan sebagai indikator penilaian kegiatan mengamati.
·
Relevansi merujuk
pada ketepatan atau keterhubungan gambar yang diamati dengan informasi yang
dibutuhkan untuk mencapai tujuan Kompetensi Dasar/Tujuan Pembelajaran (TP).
·
Kelengkapan dalam
arti semakin banyak komponen gambar yang terliput atau semakin sedikit sisa
gambar yang tertinggal.
·
Kebahasaan menunjukan
bagaimana peserta didik mendeskripsikan gambar dalam bahasa tulis yang efektif
(tata kata atau tata kalimat yang benar dan mudah dipahami).
c.
Skor rentang antara 1 – 4
1
= Kurang; 3 = Baik
2
= Cukup 4 = Amat Baik
iv. Penilaian untuk kegiatan diskusi
kelompok
No |
Nama |
Mengkomu-nikasikan |
Mendengar- Kan |
Berargu- Mentasi |
Berkontri-busi |
Jumlah
Skor |
1 |
|
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
|
Keterangan
:
a. Keterampilan
mengomunikasikan adalah kemampuan peserta didik untuk
mengungkapkan atau menyampaikan ide atau gagasan dengan bahasa lisan yang
efektif.
b. Keterampilan
mendengarkan dipahami sebagai kemampuan peserta didik
untuk tidak menyela, memotong, atau menginterupsi pembicaraan seseorang ketika
sedang mengungkapkan gagasannya.
c. Kemampuan
berargumentasi menunjukkan kemampuan peserta didik
dalam mengemukakan argumentasi logis ketika ada pihak yang bertanya atau
mempertanyakan gagasannya.
d. Kemampuan
berkontribusi dimaksudkan sebagai kemampuan peserta
didik memberikan gagasan-gagasan yang mendukung atau mengarah ke penarikan
kesimpulan termasuk di dalamnya menghargai perbedaan pendapat.
e. Skor
rentang antara 1 – 4
1
= Kurang; 3 = Baik
2
= Cukup 4 = Amat Baik
v. Penilaian presentasi
No |
Nama |
Menjelaskan |
Memvisualkan |
Merespon |
Jumlah
Skor |
1 |
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
Keterangan
:
a. Keterampilan
menjelaskan adalah kemampuan menyampaikan hasil
observasi dan diskusi secara meyakinkan.
b. Keterampilan
memvisualisasikan berkaitan dengan kemampuan peserta didik
untuk membuat atau mengemas informasi seunik mungkin, semenarik mungkin, atau
sekreatif mungkin.
c. Keterampilan
merespon adalah kemampuan peserta didik menyampaikan
tanggapan atas pertanyaan, bantahan, sanggahan dari pihak lain secara empatik.
d. Skor
rentang antara 1 – 4
1. =
Kurang; 3 = Baik
2. =
Cukup 4 = Amat Baik
Jakarta, ... Agustus 20200
Mengetahui,
Kepala
Sekolah Guru
Mata Pelajaran
------------------------------------------------ -------------------------------
Komentar
Posting Komentar