RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran : Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kelas/Semester : IX/
Kelompok Mapel : Wajib Kelompok 3
Materi Pokok : Kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia
Alokasi Waktu : 8 x 40
Menit (4 x Pertemuan)
Indikator
·
Peserta didik menjelaskan hakikat
dan teori kedaulatan
·
Peserta didik menjelaskan prinsip-prinsip
kedaulatan sesuai Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
·
Peserta didik memahami prinsip-prinsip
kedaulatan sesuai Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
·
Peserta didik menerapkan prinsip-prinsip kedaulatan
sesuai Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
TujuanPembelajaran
Setelah mempelajari materi ini, peserta didik
diharapkan mampu:
·
mengenal serta memahami ketentuan tentang bentuk dan kedaulatan negara
sesuai dengan Undang-Undang Dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia Tahun
1945;
·
menumbuhkan rasa ingin tahu terhadap ketentuan perihal bentuk dan
kedaulatan negara sesuai Undang-Undang Dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia
Tahun 1945;
·
memahami berbagai prinsip kedaulatan sesuai Undang-Undang Dasar Negara
Republik Indonesia Tahun 1945;
·
memahami dinamika perwujudan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Materi Pembelajaran
Kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia
·
Hakekat dan teori tentang Kedaulatan
·
Bentuk Kedaulatan yang sesuai dengan Undang-Undang Dasar Negara Republik
Indonesia tahun 2015
·
Prinsip-prinsip kedaulatan sesuai dengan Undang-Undang Dasar Negara
Republik Indonesia tahun 1945
·
Melaksanakan prinsip-prinsip kedaulatan sesuai dengan Undang-Undang Dasar Negara
Republik Indonesia tahun 1945
Metode Pembelajaran
Pendekatan : Pendekatan
konstruktivistik
Model : Siklus Eksplorasi, Elaborasi,
Konfirmasi
Metode : 1.
Ceramah
2. Curah Pendapat
3. Presentasi
4. Diskusi
5. Penugasan
Media dan Sumber Pembelajaran
1. Media
a. Laptop, CPU
b. LCD Projector
c. Film/Video
d. Gambar/Foto
2. Sumber Belajar
a.
Buku Ajar Pendidikan Pancasila dan
Kewarganegaraan untuk SMP/MTs Kelas IX, Penerbit Erlangga
b.
Referensi lain yang relevan
c.
Internet (jika tersedia)
Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan
pertama
Rincian Kegiatan |
Waktu |
Pendahuluan ·
Guru
memberi salam dan menunjuk ketua kelas untuk memimpin doa bersama. ·
Guru
mengondisikan kelas, agar kondusif untuk mendukung proses pembelajaran dengan
cara meminta peserta didik membersihkan papan tulis dan merapikan tempat
duduk, menyiapkan buku pelajaran dan buku referensi yang relevan serta alat
tulis yang diperlukan. ·
Guru
mengajak peserta didik agar selalu mengamalkan ilmu pengetahuan yang
diperoleh di dalam kehidupan sebagai tanda syukur kepada Tuhan. ·
Guru
mengajak peserta didik untuk proaktif dalam pembelajaran yang dilaksanakan. ·
Guru
memberi penjelasan tentang cakupan materi yang akan dipelajari beserta tujuan
pembelajaran yang akan dicapai. ·
Guru
membuat kesepakatan dengan peserta didik terkait kegiatan yang akan dilakukan
(termasuk di dalamnya tentang pembagian kelompok kerja peserta didik). ·
Sebagai awalan guru mencoba menampilkan gambar tentang Kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia. |
10 menit |
Kegiatan
Inti: Mengamati ·
Guru meminta peserta didik untuk membaca buku/referensi
tentang Kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia, khususnya materi
tentang Hakikat dan Teori Kedaulatan. ·
Guru menyajikan
slide
persentasi tentang Hakikat dan Teori Kedaulatan. ·
Peserta didik mengamati slide persentasi yang disajikan
oleh guru. Menanya ·
Guru meminta peserta didik untuk menjawab pre-test yang
diberikan guru. Pre-test berupa pertanyaan seputar Hakikat dan Teori
Kedaulatan. ·
Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk
mengajukan pertanyaan terkait hasil pengamatan tentang Hakikat dan Teori
Kedaulatan. ·
Guru menampung pertanyaan peserta didik dan memberi
kesempatan kepada tiap peserta didik atau menunjuk secara acak peserta didik
untuk menjawab pertanyaan temannya. Mengeksplorasi ·
Peserta didik mengumpulkan informasi terkait dengan
materi pelajaran yang sedang dibahas. ·
Peserta didik mencari sumber atau informasi dari
sumber-sumber lain terkait dengan materi palajaran yang sedang dibahas. ·
Peserta didik berdiskusi atau melakukan kegiatan secara
berkelompok untuk mengidentifikasi dan menganalisis ragam informasi yang
diperoleh, kemudian dijadikan bahan untuk menyimpulkan. Mengasosiasikan ·
Peserta didik menyusun hasil diskusi/laporan kegiatan
yang berkaitan Hakikat dan Teori Kedaulatan. ·
Peserta didik menyimpulkan hasil diskusi/laporan
kegiatan yang berkaitan dengan Hakikat dan Teori Kedaulatan. Mengomunikasikan ·
Peserta didik membuat laporan hasil diskusi/ kegiatan
yang sudah dilakukan. ·
Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi/ kegiatan
yang sudah dilakukan di depan kelas dan peserta didik dari kelompok lain
memberikan tanggapan. ·
Guru memberikan penegasan terhadap hasil pembelajaran
peserta didik. |
60 menit |
Penutup Guru bersama peserta didik baik secara
individual maupun kelompok melakukan refleksi untuk: ·
Mengevaluasi seluruh rangkaian aktivitas pembelajaran
dan hasil-hasil yang diperoleh untuk selanjutnya secara bersama menemukan manfaat
langsung maupun tidak langsung dari hasil pembelajaran yang telah
berlangsung; ·
Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil
pembelajaran; ·
Memberi perintah mengerjakan ulangan harian dengan
jujur dan tertib di kelas; ·
Memberi tugas rumah untuk mengerjakan tugas atau jenis
kegiatan peserta didik lain baik secara berkelompok dengan baik sesuai
perintah guru; ·
Menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk
pertemuan berikutnya; ·
Menutup kegiatan pembelajaran dengan berdoa bersama
sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing. |
10 menit |
Pertemuan kedua
Rincian Kegiatan |
Waktu |
Pendahuluan ·
Guru
memberi salam dan menunjuk ketua kelas untuk memimpin doa bersama. ·
Guru
mengondisikan kelas, agar kondusif untuk mendukung proses pembelajaran dengan
cara meminta peserta didik membersihkan papan tulis dan merapikan tempat
duduk, menyiapkan buku pelajaran dan buku referensi yang relevan serta alat
tulis yang diperlukan. ·
Guru
mengajak peserta didik agar selalu mengamalkan ilmu pengetahuan yang
diperoleh di dalam kehidupan sebagai tanda syukur kepada Tuhan. ·
Guru
mengajak peserta didik untuk proaktif dalam pembelajaran yang dilaksanakan. ·
Guru
memberi penjelasan tentang cakupan materi yang akan dipelajari beserta tujuan
pembelajaran yang akan dicapai. ·
Guru
membuat kesepakatan dengan peserta didik terkait kegiatan yang akan dilakukan
(termasuk di dalamnya tentang pembagian kelompok kerja peserta didik). |
10 menit |
Kegiatan
Inti: Mengamati ·
Guru bertanya kepada peserta didik mengenai pengetahuan
awal tentang Bentuk dan Prinsip Kedaulatan Negara Republik Indonesia. ·
Guru meminta peserta didik untuk membaca sebentar
tentang Bentuk dan Prinsip Kedaulatan Negara Republik Indonesia. ·
Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk
mengamati materi tentang Bentuk dan Prinsip Kedaulatan Negara Republik
Indonesia. Menanya ·
Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk
mengajukan pertanyaan terkait hasil pengamatan mereka tentang Bentuk dan
Prinsip Kedaulatan Negara Republik Indonesia. ·
Guru menampung pertanyaan peserta didik dan memberi
kesempatan kepada tiap peserta didik atau menunjuk secara acak peserta didik
untuk menjawab pertanyaan temannya. ·
Guru mengamati, menjawab pertanyaan, dan membimbing peserta
didik atau kelompok yang masih ada kesulitan. Mengeksplorasi ·
Peserta didik mengumpulkan informasi dari tanya jawab
yang dilakukan dan melengkapinya dengan membaca buku ajar dan buku referensi
terkait Bentuk dan Prinsip Kedaulatan Negara Republik Indonesia. Mengasosiasikan ·
Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok secara
acak, guru memberi sejumlah kartu-kartu yang berkenaan dengan materi
pembelajaran. Kartu tersebut sudah disiapkan sebelumnya oleh guru.
Kartu-kartu tersebut terdiri dari dua kelompok kartu, pertama berisi
pertanyaan, dan kelompok kartu kedua berisi jawaban. ·
Peserta didik mencoba untuk memasangkan kartu yang
berisi soal dan kartu yang berisi jawaban. Jadi, peserta didik dituntut bisa
mencocokkan kartu soal dan kartu jawaban dengan tepat. ·
Peserta didik mencoba untuk mengembangkan berbagai
pertanyaan sehubungan dengan materi tersebut (mencocokan kartu). Mengomunikasikan ·
Setelah setiap kelompok mencoba untuk mempresentasikan
hasil diskusinya di depan kelas, guru memberi evaluasi terhadap hasil diskusi
dan beberapa pertanyaan diskusi. |
60 menit |
Penutup Guru bersama peserta didik baik secara
individual maupun kelompok melakukan refleksi untuk: ·
Mengevaluasi seluruh rangkaian aktivitas pembelajaran
dan hasil-hasil yang diperoleh untuk selanjutnya secara bersama menemukan
manfaat langsung maupun tidak langsung dari hasil pembelajaran yang telah
berlangsung; ·
Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil
pembelajaran; ·
Memberi perintah mengerjakan ulangan harian dengan
jujur dan tertib di kelas; ·
Memberi tugas rumah untuk mengerjakan tugas atau jenis
kegiatan peserta didik lain baik secara berkelompok dengan baik sesuai
perintah guru; ·
Menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk
pertemuan berikutnya; ·
Menutup kegiatan pembelajaran dengan berdoa bersama
sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing. |
10 menit |
Pertemuan ketiga
Rincian Kegiatan |
Waktu |
Pendahuluan ·
Guru
memberi salam dan menunjuk ketua kelas untuk memimpin doa bersama. ·
Guru
mengondisikan kelas, agar kondusif untuk mendukung proses pembelajaran dengan
cara meminta peserta didik membersihkan papan tulis dan merapikan tempat
duduk, menyiapkan buku pelajaran dan buku referensi yang relevan serta alat
tulis yang diperlukan. ·
Guru
mengajak peserta didik agar selalu mengamalkan ilmu pengetahuan yang
diperoleh di dalam kehidupan sebagai tanda syukur kepada Tuhan. ·
Guru
mengajak peserta didik untuk proaktif dalam pembelajaran yang dilaksanakan. ·
Guru
memberi penjelasan tentang cakupan materi yang akan dipelajari beserta tujuan
pembelajaran yang akan dicapai. ·
Guru
membuat kesepakatan dengan peserta didik terkait kegiatan yang akan dilakukan
(termasuk di dalamnya tentang pembagian kelompok kerja peserta didik). ·
Sebagai awalan guru mencoba menampilkan gambar yang berhubungan dengan Dinamika Perwujudan Kedaulatan Negara
Republik Indonesia. |
10 menit |
Kegiatan
Inti: Mengamati ·
Guru membagi peserta didik menjadi lima kelompok ·
Guru meminta peserta didik untuk membaca sebentar
tentang Dinamika Perwujudan Kedaulatan Negara Republik Indonesia. ·
Guru memberi kesempatan kepada setiap kelompok untuk
mengamati beberapa permasalahan yang terkait dengan Dinamika Perwujudan
Kedaulatan Negara Republik Indonesia. Menanya ·
Guru memberi kesempatan kepada setiap kelompok untuk
mengajukan pertanyaan terkait hasil pengamatan mereka tentang Dinamika
Perwujudan Kedaulatan Negara Republik Indonesia. ·
Guru mencoba untuk menjawab setiap pertanyaan yang
diajukan oleh setiap kelompok terkait Dinamika Perwujudan Kedaulatan Negara
Republik Indonesia. Mengeksplorasi ·
Peserta didik mengumpulkan informasi dari tanya jawab
yang dilakukan dan melengkapinya dengan membaca buku ajar dan buku referensi
terkait Dinamika Perwujudan Kedaulatan Negara Republik Indonesia. ·
Peserta didik berdiskusi atau melakukan kegiatan secara
berkelompok untuk mengidentifikasi dan menganalisis ragam informasi yang
diperoleh, kemudian dijadikan bahan untuk menyimpulkan (Sebagai bahan
diskusi/kegiatan, guru dapat meminta peserta didik untuk mengerjakan
tugas/kegiatan peserta didik yang ada dalam buku ajar). Mengasosiasikan ·
Peserta didik merumuskan materi tentang Dinamika
Perwujudan Kedaulatan Negara Republik Indonesia. ·
Setiap kelompok mulai menyusun makalah sebagai bahan
persentasi yang akan disajikan di depan kelas. ·
Setiap kelompok membuat slide persentasi yang akan
disajikan di depan kelas. Mengomunikasikan ·
Peserta didik mempersentasikan hasil kerja kelompok di
depan kelas dan peserta didik dari kelompok lain memberikan tanggapan. ·
Guru memberikan penegasan terhadap hasil pembelajaran
peserta didik. |
60 menit |
Penutup Guru bersama peserta didik baik secara
individual maupun kelompok melakukan refleksi untuk: ·
Mengevaluasi seluruh rangkaian aktivitas pembelajaran
dan hasil-hasil yang diperoleh untuk selanjutnya secara bersama menemukan
manfaat langsung maupun tidak langsung dari hasil pembelajaran yang telah
berlangsung; ·
Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil
pembelajaran; ·
Memberi perintah mengerjakan ulangan harian dengan
jujur dan tertib di kelas; ·
Memberi tugas rumah untuk mengerjakan tugas atau jenis
kegiatan peserta didik lain baik secara berkelompok dengan baik sesuai perintah
guru; ·
Menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk
pertemuan berikutnya; ·
Menutup kegiatan pembelajaran dengan berdoa bersama
sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing. |
10 menit |
Pertemuan keempat
Rincian Kegiatan |
Waktu |
Pendahuluan ·
Guru
memberi salam dan menunjuk ketua kelas untuk memimpin doa bersama. ·
Guru
mengondisikan kelas, agar kondusif untuk mendukung proses pembelajaran dengan
cara meminta peserta didik membersihkan papan tulis dan merapikan tempat
duduk, menyiapkan buku pelajaran dan buku referensi yang relevan serta alat
tulis yang diperlukan. ·
Guru
mengajak peserta didik agar selalu mengamalkan ilmu pengetahuan yang
diperoleh di dalam kehidupan sebagai tanda syukur kepada Tuhan. ·
Guru
mengajak peserta didik untuk proaktif dalam pembelajaran yang dilaksanakan. ·
Guru
memberi penjelasan tentang cakupan materi yang akan dipelajari beserta tujuan
pembelajaran yang akan dicapai. ·
Guru
membuat kesepakatan dengan peserta didik terkait kegiatan yang akan dilakukan
(termasuk di dalamnya tentang pembagian kelompok kerja peserta didik). ·
Guru
menampilkan gambar/slide/video terkait materi yang sedang dipelajari sebagai apersepsi. |
10 menit |
Kegiatan Inti: Mengamati ·
Guru meminta peserta didik untuk membaca sebentar tentang Dinamika
Perwujudan Kedaulatan Negara Republik Indonesia. ·
Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk mengamati beberapa
permasalahan terkait materi yang sedang dipelajari. Menanya ·
Guru mengajukan pertanyaan kepada peserta didik tentang bagaimana Dinamika
Perwujudan Kedaulatan Negara Republik Indonesia. ·
Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk mengajukan pertanyaan
terkait hasil pengamatan mereka tentang materi yang sedang dipelajari. ·
Guru menampung pertanyaan peserta didik dan memberi kesempatan kepada
tiap peserta didik atau menunjuk secara acak peserta didik untuk menjawab
pertanyaan temannya. Mengeksplorasi ·
Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk mengutarakan
pendapatnya tentang Dinamika Perwujudan Kedaulatan Negara Republik Indonesia. ·
Peserta didik mengumpulkan informasi dari tanya jawab yang dilakukan dan
melengkapinya dengan membaca buku ajar dan buku referensi terkait materi yang
sedang dipelajari. ·
Peserta didik berdiskusi untuk mengidentifikasi dan menganalisis ragam
informasi yang diperoleh, kemudian dijadikan bahan untuk menyimpulkan kesemua
materi yang sudah dipelajari pada BAB III. Mengasosiasikan ·
Peserta didik mulai menyusun hasil diskusi tentang kesemua materi yang
sudah dipelajari pada BAB III. ·
Peserta didik menyimpulkan kesemua materi yang sudah dipelajari pada BAB
III. Mengomunikasikan ·
Peserta didik mengomunikasikan pengetahuan yang didapat ketika
mempelajari kesemua materi yang ada di BAB III. ·
Guru memberikan penegasan terhadap hasil pembelajaran peserta didik. |
60 menit |
Penutup Guru bersama peserta didik baik secara
individual maupun kelompok melakukan refleksi untuk: ·
Mengevaluasi seluruh rangkaian aktivitas pembelajaran
dan hasil-hasil yang diperoleh untuk selanjutnya secara bersama menemukan
manfaat langsung maupun tidak langsung dari hasil pembelajaran yang telah
berlangsung; ·
Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil
pembelajaran; ·
Memberi perintah mengerjakan ulangan harian dengan
jujur dan tertib di kelas; ·
Memberi tugas rumah untuk mengerjakan tugas atau jenis
kegiatan peserta didik lain baik secara berkelompok dengan baik sesuai
perintah guru; ·
Menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk
pertemuan berikutnya; ·
Menutup kegiatan pembelajaran dengan berdoa bersama
sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing. |
10 menit |
Penilaian
No. |
Kompetensi |
Teknik |
Instrumen |
Keterangan |
1. |
KI 1 dan KI 2 |
Observasi
|
·
Lembar
observasi |
Terlampir |
2. |
KI 3 |
Tes tertulis |
·
Pilihan
ganda ·
Uraian ·
Tugas
(mandiri atau kelompok) |
Terlampir |
3. |
KI 4 |
Kinerja |
·
Lembar
laporan tugas |
Terlampir |
Lampiran
Penilaian KI 1
INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP SPIRITUAL
(LEMBAR
OBSERVASI)
A.
Petunjuk Umum
1. Instrumen penilaian sikap spiritual ini berupa Lembar Observasi.
Observasi merupakan teknik penilaian yang dilakukan secara berkesinambungan
dengan menggunakan indera, baik secara langsung maupun tidak langsung dengan
menggunakan instrument yang berisi sejumlah indikator perilaku yang diamati.
Pada jenjang SMP/MTs, kompetensi sikap spiritual mengacu pada KI-1: Menghargai dan
menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2. Instrumen ini diisi oleh guru yang mengajar peserta didik yang
dinilai.
B.
Petunjuk Pengisian
Secara periodik, misalnya 1 atau 2 minggu sekali guru melakukan
penilaian sikap spiritual peserta didik. Caranya, guru memberi tanda cek (√) pada kolom skor sesuai sikap spiritual yang
ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut.
·
4 = selalu, apabila peserta didik selalu melakukan sesuai pernyataan.
·
3 = sering, apabila peserta didik sering melakukan sesuai pernyataan
dan kadang-kadang
tidak melakukannya.
·
2 = kadang-kadang, apabila peserta didik kadang-kadang melakukan dan sering tidak
melakukannya.
·
1 = tidak pernah, apabila peserta didik tidak pernah melakukannya.
C.
Lembar
Observasi
Kelas : ….
Semester : ….
Tahun Ajaran : ….
Periode Pengamatan : Tanggal … s.d. ….
No |
Aspek
Pengamatan |
|
1 |
Berdoa
sebelum dan sesudah melakukan sesuatu |
|
2 |
Menjalankan
ibadah tepat waktu |
|
3 |
Mengucapkan
rasa syukur atas karunia Tuhan |
|
4 |
Mensyukuri kemampuan manusia dalam mengendalikan
diri |
|
5 |
Mengucapkan
syukur ketika berhasil mengerjakan sesuatu |
|
6 |
Berserah
diri kepada Tuhan apabila gagal dalam mengerjakan sesuatu |
|
7 |
Menjaga
lingkungan hidup di sekitar rumah tempat tinggal, sekolah, dan masyarakat |
|
8 |
Memelihara
hubungan baik dengan sesama umat ciptaan Tuhan Yang Maha Esa |
|
9 |
Bersyukur kepada
Tuhan Yang Maha Esa sebagai bangsa Indonesia |
|
10 |
Menghormati orang lain menjalankan ibadah sesuai agamanya |
|
Jumlah Skor |
Lembar Observasi
No. |
Nama Peserta Didik |
Aspek Pengamatan |
Jumlah |
Rerata Skor |
Nilai |
Keterangan |
|||||||||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
||||||
1 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
dst |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Guru Mata Pelajaran
______________________
Penilaian KI 2
INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP SOSIAL
(LEMBAR
OBSERVASI)
A.
Petunjuk Umum
1. Instrumen penilaian sikap sosial ini berupa Lembar Observasi. Sikap sosial yang dikembangkan pada
Kompetensi Inti 2 di jenjang SMP/MTs meliputi:
a.
jujur
b.
disiplin
c.
tanggung jawab
d.
toleransi
e.
gotong royong
f.
santun
g.
percaya diri
2. Instrumen ini diisi oleh guru yang mengajar peserta didik yang
dinilai.
B.
Petunjuk Pengisian
Secara periodik, misalnya 1 atau 2 minggu sekali guru melakukan
penilaian sikap sosial peserta didik. Caranya, guru memberi tanda cek (√) pada kolom skor sesuai sikap sosial yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai
berikut.
·
4 = selalu, apabila peserta didik selalu melakukan sesuai pernyataan.
·
3 = sering, apabila peserta didik sering melakukan sesuai pernyataan
dan kadang-kadang
tidak melakukannya.
·
2 = kadang-kadang, apabila peserta didik kadang-kadang melakukan dan sering tidak
melakukannya.
·
1 = tidak pernah, apabila peserta didik tidak pernah melakukannya.
Guna memudahkan penilian, guru dapat membaca indikator tiap-tiap
aspek sosial sebagai berikut.
Tabel Daftar Deskripsi Indikator
Sikap dan
Pengertian |
Contoh
Indikator |
1.
Jujur adalah perilaku yang didasarkan pada upaya menjadikan dirinya
sebagai orang yang selalu dapat dipercaya dalam perkataan, tindakan, dan
pekerjaan. |
· Tidak
menyontek dalam mengerjakan ujian/ulangan · Tidak
menjadi plagiat (mengambil/menyalin karya orang lain tanpa menyebutkan
sumber) · Mengungkapkan
perasaan apa adanya |
2.
Disiplin adalah
tindakan yang menunjukkan perilaku tertib dan patuh pada berbagai ketentuan
dan peraturan. |
· Datang
tepat waktu · Patuh
pada tata tertib atau aturan bersama/ sekolah |
3.
Tanggungjawab adalah sikap dan perilaku seseorang untuk
melaksanakan tugas dan kewajibannya, yang seharusnya dia lakukan, terhadap
diri sendiri, masyarakat, lingkungan (alam, sosial dan budaya), negara dan
Tuhan Yang Maha Esa. |
· Melaksanakan
tugas individu dengan baik · Menerima
resiko dari tindakan yang dilakukan |
4.
Toleransi adalah sikap dan tindakan yang menghargai perbedaan agama, suku,
etnis, pendapat, sikap, dan tindakan orang lain yang berbeda dari dirinya. |
· Tidak
mengganggu teman yang berbeda pendapat · Menghormati teman yang berbeda suku, agama,ras, budaya, dan gender. |
5.
Gotongroyong adalah bekerja bersama-sama dengan orang lain untuk mencapai
tujuan bersama dengan saling berbagi tugas dan tolong menolong secara ikhlas. |
· Terlibat
aktif dalam bekerja bakti membersihkan kelas atau sekolah · Kesediaan
melakukan tugas sesuai kesepakatan |
6.
Santun adalah
sikap baik dalam pergaulan baik dalam berbahasa maupun bertingkah laku. |
· Menghormati
orang yang lebih tua. · Tidak
berkata-kata kotor, kasar,
dan takabur. · Tidak
meludah di sembarang tempat. |
7.
Percaya diri adalah kondisi
mental atau psikologis diri seseorang yang memberi keyakinan kuat pada
dirinya untuk berbuat atau melakukan sesuatu tindakan. |
·
Berpendapat
atau melakukan kegiatan tanpa ragu-ragu. ·
Mampu membuat keputusan
dengan cepat ·
Tidak mudah putus asa. |
C.
Lembar
Observasi
Kelas : ….
Semester : ….
Tahun Ajaran : ….
Periode Pengamatan : Tanggal … s.d. ….
No |
Nama Peserta Didik |
Sikap |
Jumlah |
Rerata Skor |
Nilai |
Keterangan |
||||||
Jujur |
Disiplin |
Tanggung Jawab |
Toleransi |
Gotong Royong |
Santun |
Percaya Diri |
||||||
1 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
dst |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Guru Mata Pelajaran
____________________
Penilaian KI 3
(Ambil soal di
ulangan harian)
Jawablah
pertanyaan-pertanyaan berikut ini dengan uraian yang jelas dan tepat!
Kerjakan
dengan jujur! Yakinlah pada kemampuanmu!
1.
Tuliskanlah dan jelaskan secara singkat pengertian dari kedaulatan.
2.
Tuliskan Menurut Jimly Asshiddiqie, gagasan demokrasi yang berdasarkan atas
hukum (constitutional democracy) mengandung empat
prinsip pokok.
3.
Jelaskan secara singkat tugas dan wewenang Mahkamah Agung.
4.
Tuliskan ciri-ciri sistem presidensial.
5.
Sebutkan contoh kedaulatan ke luar
Indonesia dalam UUD NRI Tahun 1945.
Guru Mata Pelajaran
____________________
Penilaian KI 4
Penilaian Kinerja
Nama : ............................................ Kelas : ............................................ No. Absen
:
............................................
Lakukan kegiatan berikut ini! Bekerjasamalah dengan kelompokmu!
Bentuklah kelompok beranggotakan 5 orang! Dalam
berdiskusi hargailah pendapat anggota kelompok Anda dalam menyampaikan suatu pendapat dan saling
menghormati dengan pendapat yang berbeda.
1.
Buatlah sebuah karya ilmiah yang membahas tentang hal-hal berikut ini!
a. Hakikat dan Teori Kedaulatan
b. Bentuk dan Prinsip Kedaulatan Negara Republik Indonesia
c. Dinamika Perwujudan Kedaulatan Negara
Republik Indonesia
2. Gunakan kaidah-kaidah dan tata tulis penulisan karya ilmiah!
3. Kerjakan di buku tugas Anda dan kumpulkan hasil pekerjaan Anda
kepada guru untuk dinilai!
Mengetahui,
Mata
Pelajaran Kepala
Sekolah
______________________ _______________________
Komentar
Posting Komentar