RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran : Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kelas/Semester : VIII/Dua
Kelompok Mapel : Wajib Kelompok 1
Materi Pokok : Semangat dan Komitmen Kebangsaan untuk
Memperkuat NKRI
Alokasi Waktu : 6 x 40
Menit (3 Pertemuan)
Kompetensi Inti
KI.1 Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI.2 Menunjukkan perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya
diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam
jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI.3 Memahami dan menerapkan
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata.
KI.4 Mengolah, menyaji, dan menalar
dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan
membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan
mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama
dalam sudut pandang/teori.
Kompetensi Dasar
1.6 Mensyukuri semangat dan komitmen kebangsaan kolektif untuk
memperkuat Negara Kesatuan Republik Indonesia
2.6 Menunjukkan semangat dan komitmen kebangsaan kolektif untuk
memperkuat Negara Kesatuan Republik Indonesia
3.6 Memahami pentingnya semangat dan komitmen kebangsaan untuk
memperkuat Negara Kesatuan Republik Indonesia
4.6 Mendemonstrasikan peran tokoh masyarakat akan pentingnya semangat
dan komitmen kebangsaan untuk memperkuat Negara Kesatuan Republik Indonesia
Indikator
·
Peserta didik menunjukkan rasa syukur semangat dan komitmen
kebangsaan kolektif untuk memperkuat Negara Kesatuan Republik Indonesia
·
Peserta didik memahami pentingnya semangat dan komitmen
kebangsaan untuk memperkuat Negara Kesatuan Republik Indonesia
·
Peserta didik mengamalkan peran tokoh masyarakat akan pentingnya
semangat dan komitmen kebangsaan untuk memperkuat Negara Kesatuan Republik
Indonesia
TujuanPembelajaran
Setelah mempelajari materi ini, peserta didik
diharapkan mampu:
·
Mensyukuri semangat dan komitmen kebangsaan kolektif untuk memperkuat
Negara Kesatuan Republik Indonesia;
·
Menunjukkan semangat dan komitmen kebangsaan kolektif untuk memperkuat
Negara Kesatuan Republik Indonesia;
·
Memahami pentingnya semangat dan komitmen kebangsaan untuk memperkuat
Negara Kesatuan Republik Indonesia;
·
Mendemonstrasikan peran tokoh masyarakat akan pentingnya semangat dan
komitmen kebangsaan untuk memperkuat Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Materi Pembelajaran
Semangat dan komitmen kebangsaan untuk memperkuat NKRI
·
Makna semangat dan komitmen kebangsaan
·
Arti penting Semangat dan Komitmen Kebangsaan untuk untuk memperkuat NKRI
·
Peran Tokoh Masyarakat akan pentingnya Semangat dan Komitmen Kebangsaan
untuk memperkuat NKRI
Metode Pembelajaran
Pendekatan : Pendekatan
konstruktivistik
Model : Siklus Eksplorasi, Elaborasi,
Konfirmasi
Metode : 1.
Ceramah
2. Curah Pendapat
3. Presentasi
5. Diskusi
6. Penugasan
Media dan Sumber Pembelajaran
1. Media
a. Laptop, CPU
b. LCD Projector
c. Film/Video
d. Gambar/Foto
2. Sumber Belajar
a.
Buku Ajar Pendidikan Pancasila dan
Kewarganegaraan untuk SMP/MTs
Kelas VIII, Penerbit Erlangga
b.
Referensi lain yang relevan
c.
Internet (jika tersedia)
Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan
pertama
Rincian Kegiatan |
Waktu |
Pendahuluan ·
Guru
memberi salam dan menunjuk ketua kelas untuk memimpin doa bersama. ·
Guru
mengondisikan kelas, agar kondusif untuk mendukung proses pembelajaran dengan
cara meminta peserta didik membersihkan papan tulis dan merapikan tempat
duduk, menyiapkan buku pelajaran dan buku referensi yang relevan serta alat
tulis yang diperlukan. ·
Guru
mengajak peserta didik agar selalu mengamalkan ilmu pengetahuan yang
diperoleh di dalam kehidupan sebagai tanda syukur kepada Tuhan. ·
Guru
mengajak peserta didik untuk proaktif dalam pembelajaran yang dilaksanakan. ·
Guru
memberi penjelasan tentang cakupan materi yang akan dipelajari beserta tujuan
pembelajaran yang akan dicapai. ·
Guru
membuat kesepakatan dengan peserta didik terkait kegiatan yang akan dilakukan
(termasuk di dalamnya tentang pembagian kelompok kerja peserta didik). ·
Guru meminta peserta didik mengamati gambar / tayangan video
sidang MPR dalam membuat keputusan/komitmen dengan penuh bangga dan syukur
terhadap Tuhan Yang Maha Esa. |
10 menit |
Kegiatan
Inti: Mengamati ·
Guru meminta peserta didik untuk membaca buku/referensi
tentang Semangat dan Komitmen Kebangsaan untuk Memperkuat NKRI, khususnya
materi tentang Makna Semangat dan Komitmen Kebangsaan. ·
Guru menyajikan slide presentasi mengenai Makna
Semangat dan Komitmen Kebangsaan, dan meminta peserta didik untuk
mengamatinya. Menanya ·
Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk
mengajukan pertanyaan terkait hasil pengamatan mereka tentang Makna Semangat dan
Komitmen Kebangsaan. ·
Guru menampung pertanyaan peserta didik dan memberi
kesempatan kepada tiap peserta didik atau menunjuk secara acak peserta didik
untuk menjawab pertanyaan temannya. ·
Guru mengamati, menjawab pertanyaan, dan membimbing peserta
didik atau kelompok yang masih ada kesulitan. Mengeksplorasi ·
Peserta didik mengumpulkan informasi terkait dengan
materi pelajaran yang sedang dibahas. ·
Peserta didik mencari sumber atau informasi dari
sumber-sumber lain terkait dengan materi palajaran yang sedang dibahas. ·
Peserta didik berdiskusi atau melakukan kegiatan secara
berkelompok untuk mengidentifikasi dan menganalisis ragam informasi yang
diperoleh, kemudian dijadikan bahan untuk menyimpulkan. Mengasosiasikan ·
Peserta didik menyusun hasil diskusi/laporan kegiatan
yang berkaitan Makna Semangat dan Komitmen Kebangsaan. ·
Peserta didik menyimpulkan hasil diskusi/laporan
kegiatan yang berkaitan dengan Makna Semangat dan Komitmen Kebangsaan. Mengomunikasikan ·
Peserta didik membuat laporan hasil diskusi/ kegiatan
yang sudah dilakukan. ·
Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi/ kegiatan
yang sudah dilakukan di depan kelas dan peserta didik dari kelompok lain
memberikan tanggapan. ·
Guru memberikan penegasan terhadap hasil pembelajaran
peserta didik. |
60 menit |
Penutup Guru bersama peserta didik baik secara
individual maupun kelompok melakukan refleksi untuk: ·
Mengevaluasi seluruh rangkaian aktivitas pembelajaran
dan hasil-hasil yang diperoleh untuk selanjutnya secara bersama menemukan
manfaat langsung maupun tidak langsung dari hasil pembelajaran yang telah
berlangsung; ·
Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil
pembelajaran; ·
Memberi perintah mengerjakan ulangan harian dengan
jujur dan tertib di kelas; ·
Memberi tugas rumah untuk mengerjakan tugas atau jenis
kegiatan peserta didik lain baik secara berkelompok dengan baik sesuai
perintah guru; ·
Menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk
pertemuan berikutnya; ·
Menutup kegiatan pembelajaran dengan berdoa bersama
sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing. |
10 menit |
Pertemuan kedua
Rincian Kegiatan |
Waktu |
Pendahuluan ·
Guru
memberi salam dan menunjuk ketua kelas untuk memimpin doa bersama. ·
Guru
mengondisikan kelas, agar kondusif untuk mendukung proses pembelajaran dengan
cara meminta peserta didik membersihkan papan tulis dan merapikan tempat
duduk, menyiapkan buku pelajaran dan buku referensi yang relevan serta alat
tulis yang diperlukan. ·
Guru
mengajak peserta didik agar selalu mengamalkan ilmu pengetahuan yang diperoleh
di dalam kehidupan sebagai tanda syukur kepada Tuhan. ·
Guru
mengajak peserta didik untuk proaktif dalam pembelajaran yang dilaksanakan. ·
Guru
memberi penjelasan tentang cakupan materi yang akan dipelajari beserta tujuan
pembelajaran yang akan dicapai. ·
Guru
membuat kesepakatan dengan peserta didik terkait kegiatan yang akan dilakukan
(termasuk di dalamnya tentang pembagian kelompok kerja peserta didik). |
10 menit |
Kegiatan
Inti: Mengamati ·
Guru bertanya kepada peserta didik mengenai pengetahuan
dasar yang mereka ketahui tentang Arti Penting Semangat dan Komitmen Kebangsaan
untuk Memperkuat NKRI. ·
Guru meminta peserta didik untuk membaca sebentar
tentang Arti Penting Semangat dan Komitmen Kebangsaan untuk Memperkuat NKRI. ·
Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk
mengamati materi tentang Arti Penting Semangat dan Komitmen Kebangsaan untuk
Memperkuat NKRI. Menanya ·
Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk
mengajukan pertanyaan terkait hasil pengamatan mereka tentang Arti Penting
Semangat dan Komitmen Kebangsaan untuk Memperkuat NKRI. ·
Guru menampung pertanyaan peserta didik dan memberi
kesempatan kepada tiap peserta didik atau menunjuk secara acak peserta didik
untuk menjawab pertanyaan temannya. ·
Guru mengamati, menjawab pertanyaan, dan membimbing peserta
didik atau kelompok yang masih ada kesulitan. Mengeksplorasi ·
Peserta didik mengumpulkan informasi dari tanya jawab
yang dilakukan dan melengkapinya dengan membaca buku ajar dan buku referensi
terkait Arti Penting Semangat dan Komitmen Kebangsaan untuk Memperkuat NKRI. Mengasosiasikan ·
Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok secara
acak, guru memberi sejumlah kartu-kartu yang berkenaan dengan materi
pembelajaran. Kartu tersebut sudah disiapkan sebelumnya oleh guru.
Kartu-kartu tersebut terdiri dari dua kelompok kartu, pertama berisi
pertanyaan, dan kelompok kartu kedua berisi jawaban. ·
Peserta didik mencoba untuk memasangkan kartu yang
berisi soal dan kartu yang berisi jawaban. Jadi peserta didik dituntut bisa
mencocokkan kartu soal dan kartu jawaban dengan tepat. ·
Peserta didik mencoba untuk mengembangkan berbagai
pertanyaan sehubungan dengan materi tersebut (mencocokan kartu). Mengomunikasikan ·
Setelah setiap kelompok mencoba untuk mempresentasikan
hasil diskusinya di depan kelas, guru memberi evaluasi terhadap hasil diskusi
dan beberapa pertanyaan diskusi. |
60 menit |
Penutup Guru bersama peserta didik baik secara
individual maupun kelompok melakukan refleksi untuk: ·
Mengevaluasi seluruh rangkaian aktivitas pembelajaran
dan hasil-hasil yang diperoleh untuk selanjutnya secara bersama menemukan
manfaat langsung maupun tidak langsung dari hasil pembelajaran yang telah
berlangsung; ·
Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil
pembelajaran; ·
Memberi perintah mengerjakan ulangan harian dengan
jujur dan tertib di kelas; ·
Memberi tugas rumah untuk mengerjakan tugas atau jenis
kegiatan peserta didik lain baik secara berkelompok dengan baik sesuai
perintah guru; ·
Menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk
pertemuan berikutnya; ·
Menutup kegiatan pembelajaran dengan berdoa bersama
sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing. |
15 menit |
Pertemuan ketiga
Rincian Kegiatan |
Waktu |
Pendahuluan ·
Guru
memberi salam dan menunjuk ketua kelas untuk memimpin doa bersama. ·
Guru
mengondisikan kelas, agar kondusif untuk mendukung proses pembelajaran dengan
cara meminta peserta didik membersihkan papan tulis dan merapikan tempat
duduk, menyiapkan buku pelajaran dan buku referensi yang relevan serta alat
tulis yang diperlukan. ·
Guru
mengajak peserta didik agar selalu mengamalkan ilmu pengetahuan yang
diperoleh di dalam kehidupan sebagai tanda syukur kepada Tuhan. ·
Guru
mengajak peserta didik untuk proaktif dalam pembelajaran yang dilaksanakan. ·
Guru
memberi penjelasan tentang cakupan materi yang akan dipelajari beserta tujuan
pembelajaran yang akan dicapai. ·
Guru
membuat kesepakatan dengan peserta didik terkait kegiatan yang akan dilakukan
(termasuk di dalamnya tentang pembagian kelompok kerja peserta didik). ·
Guru
menampilkan gambar/slide/video terkait materi yang sedang dipelajari sebagai apersepsi. |
10 menit |
Kegiatan Inti: Mengamati ·
Guru meminta peserta didik untuk membaca sebentar tentang Peran Tokoh
Masyarakat Akan Pentingnya Semangat dan Komitmen Kebangsaan untuk Memperkuat
NKRI. ·
Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk mengamati beberapa
permasalahan yang terkait materi yang sedang dipelajari. Menanya ·
Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk mengajukan pertanyaan
terkait hasil pengamatan mereka tentang materi yang sedang dipelajari. ·
Guru menampung pertanyaan peserta didik dan memberi kesempatan kepada
tiap peserta didik atau menunjuk secara acak peserta didik untuk menjawab
pertanyaan temannya. Mengeksplorasi ·
Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk mengutarakan
pendapatnya tentang Peran Tokoh Masyarakat Akan Pentingnya Semangat dan
Komitmen Kebangsaan untuk Memperkuat NKRI. ·
Peserta didik mengumpulkan informasi dari tanya jawab yang dilakukan dan
melengkapinya dengan membaca buku ajar dan buku referensi terkait materi yang
sedang dipelajari. ·
Peserta didik berdiskusi untuk mengidentifikasi dan menganalisis ragam
informasi yang diperoleh, kemudian dijadikan bahan untuk menyimpulkan kesemua
materi yang sudah dipelajari pada BAB VI. Mengasosiasikan ·
Peserta didik mulai menyusun hasil diskusi tentang kesemua materi yang
sudah dipelajari pada BAB VI. ·
Peserta didik menyimpulkan kesemua materi yang sudah dipelajari pada BAB VI. Mengomunikasikan ·
Peserta didik mengomunikasikan pengetahuan yang didapat ketika
mempelajari kesemua materi yang ada di BAB VI. ·
Guru memberikan penegasan terhadap hasil pembelajaran peserta didik. |
60 menit |
Penutup Guru bersama peserta didik baik secara
individual maupun kelompok melakukan refleksi untuk: ·
Mengevaluasi seluruh rangkaian aktivitas pembelajaran
dan hasil-hasil yang diperoleh untuk selanjutnya secara bersama menemukan
manfaat langsung maupun tidak langsung dari hasil pembelajaran yang telah
berlangsung; ·
Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil
pembelajaran; ·
Memberi perintah mengerjakan ulangan harian dengan
jujur dan tertib di kelas; ·
Memberi tugas rumah untuk mengerjakan tugas atau jenis
kegiatan peserta didik lain baik secara berkelompok dengan baik sesuai
perintah guru; ·
Menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk
pertemuan berikutnya; ·
Menutup kegiatan pembelajaran dengan berdoa bersama
sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing. |
10 menit |
Penilaian
No. |
Kompetensi |
Teknik |
Instrumen |
Keterangan |
1. |
KI 1 dan KI 2 |
Observasi
|
·
Lembar
observasi |
Terlampir |
2. |
KI 3 |
Tes tertulis |
·
Pilihan
ganda ·
Uraian ·
Tugas
(mandiri atau kelompok) |
Terlampir |
3. |
KI 4 |
Kinerja |
·
Lembar
laporan tugas |
Terlampir |
Lampiran
Penilaian KI 1
INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP SPIRITUAL
(LEMBAR
OBSERVASI)
A.
Petunjuk Umum
1. Instrumen penilaian sikap spiritual ini berupa Lembar Observasi.
Observasi merupakan teknik penilaian yang dilakukan secara berkesinambungan
dengan menggunakan indera, baik secara langsung maupun tidak langsung dengan
menggunakan instrument yang berisi sejumlah indikator perilaku yang diamati.
Pada jenjang SMA/MA, kompetensi sikap spiritual mengacu pada KI-1: Menghayati dan
mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Instrumen ini diisi oleh guru yang
mengajar peserta didik yang dinilai.
B.
Petunjuk Pengisian
Secara periodik, misalnya 1 atau 2 minggu sekali guru melakukan
penilaian sikap spiritual peserta didik. Caranya, guru memberi tanda cek (√) pada kolom skor sesuai sikap spiritual yang
ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut.
·
4 = selalu, apabila peserta didik selalu melakukan sesuai pernyataan.
·
3 = sering, apabila peserta didik sering melakukan sesuai pernyataan
dan kadang-kadang
tidak melakukannya.
·
2 = kadang-kadang, apabila peserta didik kadang-kadang melakukan dan sering tidak
melakukannya.
·
1 = tidak pernah, apabila peserta didik tidak pernah melakukannya.
C.
Lembar
Observasi
Kelas : ….
Semester : ….
TahunAjaran : ….
Periode Pengamatan : Tanggal … s.d. ….
No |
Aspek Pengamatan |
|
1 |
Berdoa
sebelum dan sesudah melakukan sesuatu |
|
2 |
Mengucapkan
rasa syukur atas karunia Tuhan |
|
3 |
Memberi
salam sebelum dan sesudah menyampaikan pendapat/presentasi |
|
4 |
Merasakan
keberadaan dan kebesaran Tuhan saat mempelajari ilmu pengetahuan |
|
5 |
Melaksanakan
ibadah keseharian baik yang diwajibkan maupun yang dianjurkan sesuaidengan
agama yang dianutnya |
|
Jumlah Skor |
Lembar Observasi
No. |
Nama Peserta Didik |
Aspek Pengamatan |
Jumlah |
Rerata Skor |
Nilai |
Keterangan |
||||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
||||||
1 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Dst |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Guru Mata Pelajaran
______________________
NIP.
Penilaian KI 2
INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP SOSIAL
(LEMBAR OBSERVASI)
A.
Petunjuk Umum
1. Instrumen penilaian sikap sosial ini berupa Lembar Observasi. Sikap sosial yang dikembangkan pada
Kompetensi Inti 2 di jenjang SMA/MA
meliputi:
a.
jujur
b.
kreatif
c.
disiplin
d.
tanggung jawab
e.
toleransi
f.
gotong royong
g.
santun
h.
responsif
i.
pro aktif
2.
Instrumen ini diisi oleh guru yang
mengajar peserta didik yang dinilai.
B.
Petunjuk Pengisian
Secara periodik, misalnya 1 atau 2 minggu sekali guru melakukan
penilaian sikap sosial peserta didik. Caranya, guru memberi tanda cek (√) pada kolom skor sesuai sikap sosial yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai
berikut.
·
4 = selalu, apabila peserta didik selalu melakukan sesuai pernyataan.
·
3 = sering, apabila peserta didik sering melakukan sesuai pernyataan
dan kadang-kadang
tidak melakukannya.
·
2 = kadang-kadang, apabila peserta didik kadang-kadang melakukan dan sering tidak
melakukannya.
·
1 = tidak pernah, apabila peserta didik tidak pernah melakukannya.
Guna memudahkan penilian, guru dapat membaca indikator tiap-tiap
aspek sosial sebagai berikut.
Tabel Daftar Deskripsi Indikator
Sikap dan
Pengertian |
Contoh
Indikator |
1.
Jujur adalah perilaku dapat dipercaya dalam perkataan, tindakan, dan
pekerjaan. |
· Tidak
menyontek dalam mengerjakan ujian/ulangan · Tidak
menjadi plagiat (mengambil/menyalin karya orang lain tanpa menyebutkan
sumber) · Mengungkapkan
perasaan apa adanya · Menyerahkan
kepada yang berwenang barang yang ditemukan · Membuat
laporan berdasarkan data atau informasi apa adanya · Mengakui
kesalahan atau kekurangan yang dimiliki |
2.
Kreatif Kemampuan seseorang untuk melahirkan sesuatu yang baru,
baik berupa gagasan maupun karya nyata, baik dalam bentuk karya baru maupun
kombinasi dengan hal-hal yang sudah ada, yang belum pernah ada sebelumnya. |
·
Menghasilkan ide/karya
inovatif yang
dipublikasikan/dipasarkan. ·
Menghasilkan
ide/karya inovatif untuk kalangan
sendiri/ skala kecil. ·
Memodifikasi
dan menggabungkan beberapa ide/karya untuk menghasilkan gagasan/karya baru. ·
Mencoba
membuat ide/karya dari contoh yang
sudah ada. |
3.
Disiplin adalah tindakan yang menunjukkan perilaku tertib dan patuh pada
berbagai ketentuan dan peraturan. |
· Datang
tepat waktu · Patuh
pada tata tertib atau aturan bersama/ sekolah · Mengerjakan/mengumpulkan
tugas sesuai dengan waktu yang
ditentukan · Mengikuti
kaidah berbahasa tulis yang baik dan benar |
4.
Tanggungjawab adalah sikap dan perilaku seseorang untuk
melaksanakan tugas dan kewajibannya, yang seharusnya dia lakukan, terhadap
diri sendiri, masyarakat, lingkungan (alam, sosial dan budaya), negara dan
Tuhan Yang Maha Esa |
· Melaksanakan
tugas individu dengan baik · Menerima
resiko dari tindakan yang dilakukan · Tidak
menyalahkan/menuduh orang lain tanpa bukti yang akurat · Mengembalikan
barang yang dipinjam · Mengakui
dan meminta maaf atas kesalahan yang dilakukan · Menepati
janji · Tidak
menyalahkan orang lain utk kesalahan
tindakan kita sendiri · Melaksanakan
apa yang pernah dikatakan tanpa disuruh/diminta |
5.
Toleransi adalah sikap dan tindakan yang menghargai keberagaman latar
belakang, pandangan, dan keyakinan |
· Tidak
mengganggu teman yang berbeda pendapat · Menerima
kesepakatan meskipun berbeda dengan pendapatnya · Dapat
menerima kekurangan orang lain · Dapat
mememaafkan kesalahan orang lain · Mampu
dan mau bekerja sama dengan siapa pun yang memiliki keberagaman latar
belakang, pandangan, dan keyakinan · Tidak
memaksakan pendapat atau keyakinan diri pada orang lain · Kesediaan
untuk belajar dari (terbuka terhadap)
keyakinan dan gagasan orang lain agar dapat memahami orang lain lebih baik · Terbuka
terhadap atau kesediaan untuk menerima sesuatu yang baru |
6.
Gotongroyong adalah bekerja bersama-sama dengan orang lain untuk mencapai
tujuan bersama dengan saling berbagi tugas dan tolong menolong secara ikhlas. |
· Terlibat
aktif dalam bekerja bakti membersihkan kelas atau sekolah · Kesediaan
melakukan tugas sesuai kesepakatan · Bersedia
membantu orang lain tanpa mengharap imbalan · Aktif
dalam kerja kelompok · Memusatkan
perhatian pada tujuan kelompok · Tidak
mendahulukan kepentingan pribadi · Mencari
jalan untuk mengatasi perbedaan pendapat/pikiran antara diri sendiri dengan
orang lain · Mendorong
orang lain untuk bekerja sama demi mencapai tujuan bersama |
7.
Santun adalah
sikap baik dalam pergaulan baik dalam berbahasa maupun bertingkah laku. Norma
kesantunan bersifat relatif, artinya yang dianggap baik/santun pada tempat dan waktu
tertentu bisa berbeda pada tempat dan waktu yang lain. |
· Menghormati
orang yang lebih tua. · Tidak
berkata-kata kotor, kasar,
dan takabur. · Tidak
meludah di sembarang tempat. · Tidak
menyela pembicaraan pada waktu yang tidak tepat · Mengucapkan
terima kasih setelah menerima bantuan orang lain · Bersikap
3S (salam, senyum, sapa) · Meminta
ijin ketika akan memasuki ruangan orang lain atau menggunakan barang milik
orang lain · Memperlakukan
orang lain sebagaimana diri sendiri ingin diperlakukan |
8.
Responsif Adalah
kesadaran akan tugas yang harus dilakukan dengan sungguh-sungguh. Kepekaan
yang tajam dalam menyikapi berbagai hal yang dihadapinya dan kepahaman makna
tanggungjawab yang harus dipikul adalah ciri utama kepribadiannya |
·
Tanggap
terhadap kerepotan pihak lain dan segera memberikan solusi dan atau
pertolongan ·
Berperan
aktif terhadap berbagai kegiatan sekolah dan/atau sosial ·
Bergerak cepat dalam melaksanakan tugas/kegiatan ·
Berfikir lebih maju terhadap segala hal |
9.
Proaktif Adalah
sikap seseorang yang mampu membuat pilihan dikala mendapatkan stimulus. Seseorang yang bersikap
proaktif mampu memberi jeda antara datangnya stimulus dengan keputusan untuk
memberi respon. Pada saat jeda tersebut seseorang yang proaktif dapat membuat
pilihan dan mengambil respon yang dipandang terbaik bagi dirinya. |
·
Berinisiatif
dalam bertindak terkait dengan tugas/pekerjaan atau social ·
Mampu memanfaatkan peluang yang ada ·
Memiliki motivasi untuk terus maju dan berkembang ·
Fokus
pada hal-hal yang memungkin-kan untuk
diubah atau diperbaik |
C.
Lembar
Observasi
Kelas : ….
Semester : ….
TahunAjaran : ….
Periode Pengamatan : Tanggal … s.d. ….
No |
Nama Peserta Didik |
|
|
Sikap |
Jumlah |
Rerata Skor |
Nilai |
Keterangan |
||||||
Jujur |
Kreatif |
Disiplin |
Tanggung Jawab |
Toleransi |
Gotong Royong |
Santun |
Responsif |
Pro aktif |
||||||
1 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
dst |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Guru Mata Pelajaran
____________________
NIP.
Penilaian KI 3
(Ambil soal di
ulangan harian)
Jawablah
pertanyaan-pertanyaan berikut ini dengan uraian yang jelas dan tepat!
Kerjakan
dengan jujur! Yakinlah pada kemampuanmu!
1. Menurut pendapatmu apakah arti nasionalisme.
2. Ceritakan sejarah singkat bendera Merah Putih.
3. Ceritakan sejarah singkat Garuda Pancasila sebagai
Lambang Negara.
4.
Tuliskan cara yang dapat kita lakukan untuk mewujudkan
perilaku semangat dan berkomitmen kebangsaan dalam kehidupan sehari-hari.
Guru Mata Pelajaran
____________________
NIP.
Penilaian KI 4
Penilaian Kinerja
![]() |
Lakukan kegiatan berikut ini! Bekerjasamalah dengan kelompokmu!
Bentuklah kelompok beranggotakan 5 orang! Dalam
berdiskusi hargailah pendapat anggota kelompok Anda dalam menyampaikan suatu pendapat dan saling
menghormati dengan pendapat yang berbeda.
1.
Buatlah sebuah karya ilmiah yang membahas tentang hal-hal berikut ini!
a. Makna Semangat dan Komitmen Kebangsaan
b. Arti Penting Semangat dan Komitmen Kebangsaan untuk Memperkuat NKRI
c. Peran Tokoh Masyarakat Akan Pentingnya Semangat dan Komitmen Kebangsaan untuk Memperkuat NKRI
2. Gunakan kaidah-kaidah dan tata tulis penulisan karya ilmiah!
3. Kerjakan di buku tugas Anda dan kumpulkan hasil pekerjaan Anda
kepada guru untuk dinilai!
Komentar
Posting Komentar