Langsung ke konten utama

RPP PKn Kelas 8 - Bab 6 - Semangat dan Komitmen Kebangsaan untuk Memperkuat NKRI

 





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

  

Mata Pelajaran           : Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

Kelas/Semester           : VIII/Dua        

Kelompok Mapel         : Wajib Kelompok 1

Materi Pokok              : Semangat dan Komitmen Kebangsaan untuk Memperkuat NKRI

Alokasi Waktu             : 6 x 40 Menit (3 Pertemuan)

 

Kompetensi Inti

KI.1    Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.

KI.2    Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.

KI.3    Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.  

KI.4    Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

 

Kompetensi Dasar

1.6    Mensyukuri semangat dan komitmen kebangsaan kolektif untuk memperkuat Negara Kesatuan Republik Indonesia

2.6    Menunjukkan semangat dan komitmen kebangsaan kolektif untuk memperkuat Negara Kesatuan Republik Indonesia

3.6    Memahami pentingnya semangat dan komitmen kebangsaan untuk memperkuat Negara Kesatuan Republik Indonesia

4.6    Mendemonstrasikan peran tokoh masyarakat akan pentingnya semangat dan komitmen kebangsaan untuk memperkuat Negara Kesatuan Republik Indonesia

 

Indikator

·         Peserta didik menunjukkan rasa syukur semangat dan komitmen kebangsaan kolektif untuk memperkuat Negara Kesatuan Republik Indonesia

·         Peserta didik memahami pentingnya semangat dan komitmen kebangsaan untuk memperkuat Negara Kesatuan Republik Indonesia

·         Peserta didik mengamalkan peran tokoh masyarakat akan pentingnya semangat dan komitmen kebangsaan untuk memperkuat Negara Kesatuan Republik Indonesia

 

TujuanPembelajaran

Setelah mempelajari materi ini, peserta didik diharapkan mampu:

·         Mensyukuri semangat dan komitmen kebangsaan kolektif untuk memperkuat Negara Kesatuan Republik Indonesia;

·         Menunjukkan semangat dan komitmen kebangsaan kolektif untuk memperkuat Negara Kesatuan Republik Indonesia;

·         Memahami pentingnya semangat dan komitmen kebangsaan untuk memperkuat Negara Kesatuan Republik Indonesia;

·         Mendemonstrasikan peran tokoh masyarakat akan pentingnya semangat dan komitmen kebangsaan untuk memperkuat Negara Kesatuan Republik Indonesia.

 

Materi Pembelajaran

Semangat dan komitmen kebangsaan untuk memperkuat NKRI

·         Makna semangat dan komitmen kebangsaan

·         Arti penting Semangat dan Komitmen Kebangsaan untuk untuk memperkuat NKRI

·         Peran Tokoh Masyarakat akan pentingnya Semangat dan Komitmen Kebangsaan untuk memperkuat NKRI

 

Metode Pembelajaran

Pendekatan     :           Pendekatan konstruktivistik

Model              :           Siklus Eksplorasi, Elaborasi, Konfirmasi

Metode           :           1. Ceramah

2. Curah Pendapat

3. Presentasi

5. Diskusi

6. Penugasan

 

Media dan Sumber Pembelajaran

1.   Media        

a.   Laptop, CPU

b.   LCD Projector

c.    Film/Video

d.   Gambar/Foto

 

 

2. Sumber Belajar

a.   Buku Ajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan untuk SMP/MTs Kelas VIII, Penerbit Erlangga

b.   Referensi lain yang relevan

c.    Internet (jika tersedia)

 

 

Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan pertama

Rincian Kegiatan

Waktu

Pendahuluan

·         Guru memberi salam dan menunjuk ketua kelas untuk memimpin doa bersama.

·         Guru mengondisikan kelas, agar kondusif untuk mendukung proses pembelajaran dengan cara meminta peserta didik membersihkan papan tulis dan merapikan tempat duduk, menyiapkan buku pelajaran dan buku referensi yang relevan serta alat tulis yang diperlukan.

·         Guru mengajak peserta didik agar selalu mengamalkan ilmu pengetahuan yang diperoleh di dalam kehidupan sebagai tanda syukur kepada Tuhan.

·         Guru mengajak peserta didik untuk proaktif dalam pembelajaran yang dilaksanakan.

·         Guru memberi penjelasan tentang cakupan materi yang akan dipelajari beserta tujuan pembelajaran yang akan dicapai.

·         Guru membuat kesepakatan dengan peserta didik terkait kegiatan yang akan dilakukan (termasuk di dalamnya tentang pembagian kelompok kerja peserta didik).

·         Guru meminta peserta didik mengamati gambar / tayangan video sidang MPR dalam membuat keputusan/komitmen dengan penuh bangga dan syukur terhadap Tuhan Yang Maha Esa.

 

10 menit

Kegiatan Inti:

Mengamati

·         Guru meminta peserta didik untuk membaca buku/referensi tentang Semangat dan Komitmen Kebangsaan untuk Memperkuat NKRI, khususnya materi tentang Makna Semangat dan Komitmen Kebangsaan.

·         Guru menyajikan slide presentasi mengenai Makna Semangat dan Komitmen Kebangsaan, dan meminta peserta didik untuk mengamatinya.

 

Menanya

·         Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk mengajukan pertanyaan terkait hasil pengamatan mereka tentang Makna Semangat dan Komitmen Kebangsaan.

·         Guru menampung pertanyaan peserta didik dan memberi kesempatan kepada tiap peserta didik atau menunjuk secara acak peserta didik untuk menjawab pertanyaan temannya.

·         Guru mengamati, menjawab pertanyaan, dan membimbing peserta didik atau kelompok yang masih ada kesulitan.

 

Mengeksplorasi

·         Peserta didik mengumpulkan informasi terkait dengan materi pelajaran yang sedang dibahas.

·         Peserta didik mencari sumber atau informasi dari sumber-sumber lain terkait dengan materi palajaran yang sedang dibahas.

·         Peserta didik berdiskusi atau melakukan kegiatan secara berkelompok untuk mengidentifikasi dan menganalisis ragam informasi yang diperoleh, kemudian dijadikan bahan untuk menyimpulkan.

 

Mengasosiasikan

·         Peserta didik menyusun hasil diskusi/laporan kegiatan yang berkaitan Makna Semangat dan Komitmen Kebangsaan.

·         Peserta didik menyimpulkan hasil diskusi/laporan kegiatan yang berkaitan dengan Makna Semangat dan Komitmen Kebangsaan.

 

Mengomunikasikan  

·         Peserta didik membuat laporan hasil diskusi/ kegiatan yang sudah dilakukan.

·         Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi/ kegiatan yang sudah dilakukan di depan kelas dan peserta didik dari kelompok lain memberikan tanggapan.

·         Guru memberikan penegasan terhadap hasil pembelajaran peserta didik.

 

60 menit

Penutup

Guru bersama peserta didik baik secara individual maupun kelompok melakukan refleksi untuk:

·         Mengevaluasi seluruh rangkaian aktivitas pembelajaran dan hasil-hasil yang diperoleh untuk selanjutnya secara bersama menemukan manfaat langsung maupun tidak langsung dari hasil pembelajaran yang telah berlangsung;

·         Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;

·         Memberi perintah mengerjakan ulangan harian dengan jujur dan tertib di kelas;

·         Memberi tugas rumah untuk mengerjakan tugas atau jenis kegiatan peserta didik lain baik secara berkelompok dengan baik sesuai perintah guru;

·         Menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya;

·         Menutup kegiatan pembelajaran dengan berdoa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing.

10 menit

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pertemuan kedua

Rincian Kegiatan

Waktu

Pendahuluan

·         Guru memberi salam dan menunjuk ketua kelas untuk memimpin doa bersama.

·         Guru mengondisikan kelas, agar kondusif untuk mendukung proses pembelajaran dengan cara meminta peserta didik membersihkan papan tulis dan merapikan tempat duduk, menyiapkan buku pelajaran dan buku referensi yang relevan serta alat tulis yang diperlukan.

·         Guru mengajak peserta didik agar selalu mengamalkan ilmu pengetahuan yang diperoleh di dalam kehidupan sebagai tanda syukur kepada Tuhan.

·         Guru mengajak peserta didik untuk proaktif dalam pembelajaran yang dilaksanakan.

·         Guru memberi penjelasan tentang cakupan materi yang akan dipelajari beserta tujuan pembelajaran yang akan dicapai.

·         Guru membuat kesepakatan dengan peserta didik terkait kegiatan yang akan dilakukan (termasuk di dalamnya tentang pembagian kelompok kerja peserta didik).

 

10 menit

Kegiatan Inti:

Mengamati

·         Guru bertanya kepada peserta didik mengenai pengetahuan dasar yang mereka ketahui tentang Arti Penting Semangat dan Komitmen Kebangsaan untuk Memperkuat NKRI.

·         Guru meminta peserta didik untuk membaca sebentar tentang Arti Penting Semangat dan Komitmen Kebangsaan untuk Memperkuat NKRI.

·         Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk mengamati materi tentang Arti Penting Semangat dan Komitmen Kebangsaan untuk Memperkuat NKRI.

 

Menanya

·         Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk mengajukan pertanyaan terkait hasil pengamatan mereka tentang Arti Penting Semangat dan Komitmen Kebangsaan untuk Memperkuat NKRI.

·         Guru menampung pertanyaan peserta didik dan memberi kesempatan kepada tiap peserta didik atau menunjuk secara acak peserta didik untuk menjawab pertanyaan temannya.

·         Guru mengamati, menjawab pertanyaan, dan membimbing peserta didik atau kelompok yang masih ada kesulitan.

 

Mengeksplorasi

·         Peserta didik mengumpulkan informasi dari tanya jawab yang dilakukan dan melengkapinya dengan membaca buku ajar dan buku referensi terkait Arti Penting Semangat dan Komitmen Kebangsaan untuk Memperkuat NKRI.

 

Mengasosiasikan

·         Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok secara acak, guru memberi sejumlah kartu-kartu yang berkenaan dengan materi pembelajaran. Kartu tersebut sudah disiapkan sebelumnya oleh guru. Kartu-kartu tersebut terdiri dari dua kelompok kartu, pertama berisi pertanyaan, dan kelompok kartu kedua berisi jawaban.

·         Peserta didik mencoba untuk memasangkan kartu yang berisi soal dan kartu yang berisi jawaban. Jadi peserta didik dituntut bisa mencocokkan kartu soal dan kartu jawaban dengan tepat.

·         Peserta didik mencoba untuk mengembangkan berbagai pertanyaan sehubungan dengan materi tersebut (mencocokan kartu).

 

Mengomunikasikan  

·         Setelah setiap kelompok mencoba untuk mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas, guru memberi evaluasi terhadap hasil diskusi dan beberapa pertanyaan diskusi.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

60 menit

Penutup

Guru bersama peserta didik baik secara individual maupun kelompok melakukan refleksi untuk:

·         Mengevaluasi seluruh rangkaian aktivitas pembelajaran dan hasil-hasil yang diperoleh untuk selanjutnya secara bersama menemukan manfaat langsung maupun tidak langsung dari hasil pembelajaran yang telah berlangsung;

·         Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;

·         Memberi perintah mengerjakan ulangan harian dengan jujur dan tertib di kelas;

·         Memberi tugas rumah untuk mengerjakan tugas atau jenis kegiatan peserta didik lain baik secara berkelompok dengan baik sesuai perintah guru;

·         Menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya;

·         Menutup kegiatan pembelajaran dengan berdoa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing.

15 menit

 

 

 

 

Pertemuan ketiga

Rincian Kegiatan

Waktu

Pendahuluan

·         Guru memberi salam dan menunjuk ketua kelas untuk memimpin doa bersama.

·         Guru mengondisikan kelas, agar kondusif untuk mendukung proses pembelajaran dengan cara meminta peserta didik membersihkan papan tulis dan merapikan tempat duduk, menyiapkan buku pelajaran dan buku referensi yang relevan serta alat tulis yang diperlukan.

·         Guru mengajak peserta didik agar selalu mengamalkan ilmu pengetahuan yang diperoleh di dalam kehidupan sebagai tanda syukur kepada Tuhan.

·         Guru mengajak peserta didik untuk proaktif dalam pembelajaran yang dilaksanakan.

·         Guru memberi penjelasan tentang cakupan materi yang akan dipelajari beserta tujuan pembelajaran yang akan dicapai.

·         Guru membuat kesepakatan dengan peserta didik terkait kegiatan yang akan dilakukan (termasuk di dalamnya tentang pembagian kelompok kerja peserta didik).

·         Guru menampilkan gambar/slide/video terkait materi yang sedang dipelajari sebagai apersepsi.

 

10 menit

Kegiatan Inti:

Mengamati

·         Guru meminta peserta didik untuk membaca sebentar tentang Peran Tokoh Masyarakat Akan Pentingnya Semangat dan Komitmen Kebangsaan untuk Memperkuat NKRI.

·         Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk mengamati beberapa permasalahan yang terkait materi yang sedang dipelajari.

 

Menanya

·         Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk mengajukan pertanyaan terkait hasil pengamatan mereka tentang materi yang sedang dipelajari.

·         Guru menampung pertanyaan peserta didik dan memberi kesempatan kepada tiap peserta didik atau menunjuk secara acak peserta didik untuk menjawab pertanyaan temannya.

 

Mengeksplorasi

·         Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk mengutarakan pendapatnya tentang Peran Tokoh Masyarakat Akan Pentingnya Semangat dan Komitmen Kebangsaan untuk Memperkuat NKRI.

·         Peserta didik mengumpulkan informasi dari tanya jawab yang dilakukan dan melengkapinya dengan membaca buku ajar dan buku referensi terkait materi yang sedang dipelajari.

·         Peserta didik berdiskusi untuk mengidentifikasi dan menganalisis ragam informasi yang diperoleh, kemudian dijadikan bahan untuk menyimpulkan kesemua materi yang sudah dipelajari pada BAB VI.

 

Mengasosiasikan

·         Peserta didik mulai menyusun hasil diskusi tentang kesemua materi yang sudah dipelajari pada BAB VI.

·         Peserta didik menyimpulkan kesemua materi yang sudah dipelajari pada BAB VI.

 

Mengomunikasikan  

·         Peserta didik mengomunikasikan pengetahuan yang didapat ketika mempelajari kesemua materi yang ada di BAB VI.

·         Guru memberikan penegasan terhadap hasil pembelajaran peserta didik.

 

60 menit

Penutup

Guru bersama peserta didik baik secara individual maupun kelompok melakukan refleksi untuk:

·         Mengevaluasi seluruh rangkaian aktivitas pembelajaran dan hasil-hasil yang diperoleh untuk selanjutnya secara bersama menemukan manfaat langsung maupun tidak langsung dari hasil pembelajaran yang telah berlangsung;

·         Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;

·         Memberi perintah mengerjakan ulangan harian dengan jujur dan tertib di kelas;

·         Memberi tugas rumah untuk mengerjakan tugas atau jenis kegiatan peserta didik lain baik secara berkelompok dengan baik sesuai perintah guru;

·         Menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya;

·         Menutup kegiatan pembelajaran dengan berdoa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing.

10 menit

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Penilaian

 

No.

Kompetensi

Teknik

Instrumen

Keterangan

1.

KI 1 dan

KI 2

Observasi

 

·            Lembar observasi

Terlampir

2.

KI 3

Tes tertulis

·            Pilihan ganda

·            Uraian

·            Tugas (mandiri atau kelompok)

Terlampir

3.

KI 4

Kinerja

·            Lembar laporan tugas

Terlampir

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Lampiran

Penilaian KI 1

 

INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP SPIRITUAL

(LEMBAR OBSERVASI)

 

A.       Petunjuk Umum

1.    Instrumen penilaian sikap spiritual ini berupa Lembar Observasi. Observasi merupakan teknik penilaian yang dilakukan secara berkesinambungan dengan menggunakan indera, baik secara langsung maupun tidak langsung dengan menggunakan instrument yang berisi sejumlah indikator perilaku yang diamati. Pada jenjang SMA/MA, kompetensi sikap spiritual mengacu pada KI-1:  Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya.

2.         Instrumen ini diisi oleh guru yang mengajar peserta didik yang dinilai.

 

B.        Petunjuk Pengisian

Secara periodik, misalnya 1 atau 2 minggu sekali guru melakukan penilaian sikap spiritual peserta didik. Caranya, guru memberi tanda cek (√) pada kolom skor sesuai sikap spiritual yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut.

·         4 = selalu, apabila peserta didik selalu melakukan sesuai pernyataan.

·         3 = sering, apabila peserta didik sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang

 tidak melakukannya.

·         2 = kadang-kadang, apabila peserta didik kadang-kadang melakukan dan  sering tidak

melakukannya.

·         1 = tidak pernah, apabila peserta didik tidak pernah melakukannya.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

C.        Lembar Observasi

Kelas                                : ….

Semester                         : ….

TahunAjaran                    : ….

Periode Pengamatan      :            Tanggal s.d. ….

 

No

Aspek Pengamatan

1

Berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu

2

Mengucapkan rasa syukur atas karunia Tuhan

3

Memberi salam sebelum dan sesudah menyampaikan pendapat/presentasi

4

Merasakan keberadaan dan kebesaran Tuhan saat mempelajari ilmu pengetahuan

5

Melaksanakan ibadah keseharian baik yang diwajibkan maupun yang dianjurkan sesuaidengan agama yang dianutnya

 Jumlah Skor

 


Lembar Observasi

No.

Nama

Peserta Didik

Aspek Pengamatan

Jumlah

Rerata Skor

Nilai

Keterangan

1

2

3

4

5

1

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

6

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

7

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

8

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

9

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

10

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Dst

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Guru Mata Pelajaran

 

 

 

______________________

NIP.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Penilaian KI 2 

 

INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP SOSIAL

(LEMBAR OBSERVASI)

A.       Petunjuk Umum

1.    Instrumen penilaian sikap sosial ini berupa Lembar Observasi.  Sikap sosial yang dikembangkan pada Kompetensi Inti 2 di jenjang SMA/MA  meliputi:

a.      jujur

b.      kreatif

c.       disiplin

d.      tanggung jawab

e.      toleransi

f.        gotong royong

g.      santun

h.      responsif

i.        pro aktif

2.         Instrumen ini diisi oleh guru yang mengajar peserta didik yang dinilai.

B.        Petunjuk Pengisian

Secara periodik, misalnya 1 atau 2 minggu sekali guru melakukan penilaian sikap sosial peserta didik. Caranya, guru memberi tanda cek (√) pada kolom skor sesuai sikap sosial yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut.

·         4 = selalu, apabila peserta didik selalu melakukan sesuai pernyataan.

·         3 = sering, apabila peserta didik sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang

tidak melakukannya.

·         2 = kadang-kadang, apabila peserta didik kadang-kadang melakukan dan  sering tidak

melakukannya.

·         1 = tidak pernah, apabila peserta didik tidak pernah melakukannya.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Guna memudahkan penilian, guru dapat membaca indikator tiap-tiap aspek sosial sebagai berikut.

Tabel Daftar Deskripsi Indikator


Sikap dan Pengertian

Contoh Indikator

1.    Jujur

adalah perilaku dapat dipercaya dalam perkataan, tindakan, dan pekerjaan.

·      Tidak menyontek dalam mengerjakan ujian/ulangan

·      Tidak menjadi plagiat (mengambil/menyalin karya orang lain tanpa menyebutkan sumber)

·      Mengungkapkan perasaan apa adanya

·      Menyerahkan kepada yang berwenang barang yang ditemukan

·      Membuat laporan berdasarkan data atau informasi apa adanya

·      Mengakui kesalahan atau kekurangan yang dimiliki

2.    Kreatif

Kemampuan seseorang untuk melahirkan sesuatu yang baru, baik berupa gagasan maupun karya nyata, baik dalam bentuk karya baru maupun kombinasi dengan hal-hal yang sudah ada, yang belum pernah ada sebelumnya.

·        Menghasilkan   ide/karya  inovatif  yang dipublikasikan/dipasarkan.

·        Menghasilkan ide/karya inovatif  untuk kalangan sendiri/ skala kecil.

·        Memodifikasi dan menggabungkan beberapa ide/karya untuk menghasilkan gagasan/karya baru.

·        Mencoba membuat ide/karya  dari contoh yang sudah ada.

3.    Disiplin

adalah tindakan yang menunjukkan perilaku tertib dan patuh pada berbagai ketentuan dan peraturan.

·      Datang tepat waktu

·      Patuh pada tata tertib atau aturan bersama/ sekolah

·      Mengerjakan/mengumpulkan tugas sesuai  dengan waktu yang ditentukan

·      Mengikuti kaidah berbahasa tulis yang baik dan benar

4.    Tanggungjawab

adalah sikap dan perilaku seseorang untuk melaksanakan tugas dan kewajibannya, yang seharusnya dia lakukan, terhadap diri sendiri, masyarakat, lingkungan (alam, sosial dan budaya), negara dan Tuhan Yang Maha Esa

·      Melaksanakan tugas individu dengan baik

·      Menerima resiko dari tindakan yang dilakukan

·      Tidak menyalahkan/menuduh orang lain tanpa bukti yang akurat

·      Mengembalikan barang yang dipinjam

·      Mengakui dan meminta maaf atas kesalahan yang dilakukan

·      Menepati janji

·      Tidak menyalahkan orang lain utk  kesalahan tindakan kita sendiri

·      Melaksanakan apa yang pernah dikatakan tanpa disuruh/diminta

5.    Toleransi

adalah sikap dan tindakan yang menghargai keberagaman latar belakang, pandangan, dan keyakinan

·      Tidak mengganggu teman yang berbeda pendapat

·      Menerima kesepakatan meskipun berbeda dengan pendapatnya

·      Dapat menerima kekurangan orang lain

·      Dapat mememaafkan kesalahan orang lain

·      Mampu dan mau bekerja sama dengan siapa pun yang memiliki keberagaman latar belakang, pandangan, dan keyakinan

·      Tidak memaksakan pendapat atau keyakinan diri pada orang lain

·      Kesediaan untuk belajar dari  (terbuka terhadap) keyakinan dan gagasan orang lain agar dapat memahami orang lain lebih baik

·      Terbuka terhadap atau kesediaan untuk menerima sesuatu yang baru

6.    Gotongroyong

adalah bekerja bersama-sama dengan orang lain untuk mencapai tujuan bersama dengan saling berbagi tugas dan tolong menolong secara ikhlas.

·      Terlibat aktif dalam bekerja bakti membersihkan kelas atau sekolah

·      Kesediaan melakukan tugas sesuai kesepakatan

·      Bersedia membantu orang lain tanpa mengharap imbalan

·      Aktif dalam kerja kelompok

·      Memusatkan perhatian pada tujuan kelompok

·      Tidak mendahulukan kepentingan pribadi

·      Mencari jalan untuk mengatasi perbedaan pendapat/pikiran antara diri sendiri dengan orang lain

·      Mendorong orang lain untuk bekerja sama demi mencapai tujuan bersama

7.    Santun

adalah sikap baik dalam pergaulan baik dalam berbahasa maupun bertingkah laku. Norma kesantunan bersifat relatif, artinya yang dianggap baik/santun pada tempat dan waktu tertentu bisa berbeda pada tempat dan waktu yang lain.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

·      Menghormati orang yang lebih tua.

·      Tidak berkata-kata kotor, kasar, dan takabur.

·      Tidak meludah di sembarang tempat.

·      Tidak menyela pembicaraan pada waktu yang tidak tepat

·      Mengucapkan terima kasih setelah menerima bantuan orang lain

·      Bersikap 3S (salam, senyum, sapa)

·      Meminta ijin ketika akan memasuki ruangan orang lain atau menggunakan barang milik orang lain

·      Memperlakukan orang lain sebagaimana diri sendiri ingin diperlakukan

8.    Responsif

Adalah kesadaran akan tugas yang harus dilakukan dengan sungguh-sungguh. Kepekaan yang tajam dalam menyikapi berbagai hal yang dihadapinya dan kepahaman makna tanggungjawab yang harus dipikul adalah ciri utama kepribadiannya

·         Tanggap terhadap kerepotan pihak lain dan segera memberikan solusi dan atau pertolongan

·         Berperan aktif terhadap berbagai kegiatan sekolah dan/atau sosial

·         Bergerak cepat dalam melaksanakan tugas/kegiatan

·         Berfikir lebih maju terhadap segala hal

9.    Proaktif

Adalah sikap seseorang yang mampu membuat pilihan dikala mendapatkan stimulus. Seseorang yang bersikap proaktif mampu memberi jeda antara datangnya stimulus dengan keputusan untuk memberi respon. Pada saat jeda tersebut seseorang yang proaktif dapat membuat pilihan dan mengambil respon yang dipandang terbaik bagi dirinya.

·         Berinisiatif dalam bertindak terkait dengan tugas/pekerjaan atau social

·         Mampu memanfaatkan peluang yang ada

·         Memiliki motivasi untuk terus maju dan berkembang

·         Fokus pada hal-hal  yang memungkin-kan untuk diubah atau diperbaik

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

C.        Lembar Observasi

Kelas                                : ….

Semester                         : ….

TahunAjaran                    : ….

Periode Pengamatan      : Tanggal s.d. ….

           

No

Nama

Peserta Didik

 

 

Sikap

Jumlah

Rerata Skor

Nilai

Keterangan

Jujur

Kreatif

Disiplin

Tanggung Jawab

Toleransi

Gotong Royong

Santun

Responsif

Pro aktif

1

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

6

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

7

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

8

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

9

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

10

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

dst

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Guru Mata Pelajaran

 

____________________

NIP.

 

 

 

 

 

 

 

 

Penilaian KI 3

 (Ambil soal di ulangan harian)

 

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini dengan uraian yang jelas dan tepat!

Kerjakan dengan jujur! Yakinlah pada kemampuanmu!

1.      Menurut pendapatmu apakah arti nasionalisme.

2.      Ceritakan sejarah singkat bendera Merah Putih.

3.      Ceritakan sejarah singkat Garuda Pancasila sebagai Lambang Negara.

4.      Tuliskan cara yang dapat kita lakukan untuk mewujudkan perilaku semangat dan berkomitmen kebangsaan dalam kehidupan sehari-hari.

 

 

 

 

 

 

 

 

Guru Mata Pelajaran

 

 

____________________

NIP.


 

Penilaian KI 4

 

Penilaian Kinerja

 

Rounded Rectangle: Nama			:	............................................
Kelas			:	............................................
No. Absen  :  ............................................
 

 

 

 

 

 


Lakukan kegiatan berikut ini! Bekerjasamalah dengan kelompokmu!

Bentuklah kelompok beranggotakan 5 orang! Dalam berdiskusi hargailah pendapat anggota kelompok Anda dalam menyampaikan suatu pendapat dan saling menghormati dengan pendapat yang berbeda.

1.  Buatlah sebuah karya ilmiah yang membahas tentang hal-hal berikut ini!

a.      Makna Semangat dan Komitmen Kebangsaan

b.      Arti Penting Semangat dan Komitmen Kebangsaan untuk Memperkuat NKRI

c.       Peran Tokoh Masyarakat Akan Pentingnya Semangat dan Komitmen Kebangsaan untuk Memperkuat NKRI

2. Gunakan kaidah-kaidah dan tata tulis penulisan karya ilmiah!

3. Kerjakan di buku tugas Anda dan kumpulkan hasil pekerjaan Anda kepada guru untuk dinilai!

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

RPP PKn KELAS 9 - BAB 1 - Dinamika Perwujudan Pancasila Sebagai Dasar Negara

  RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)   Sekolah                      : SMP .... Mata Pelajaran           : PPKn Kelas/Semester           : IX/1 Materi Pokok                         : Dinamika Perwujudan Pancasila Sebagai Dasar Negara Alokasi Waktu           : 4 x 2 JP   Indikator ·          Peserta didik m enunjukkan sikap mensyukuri perwujudan Pancasila sebagai dasar negara yang merupakan anugrah Tuhan Yang Maha Esa ·          Peserta didik mempelajari penerapan Pancasila dari masa ke masa ·      ...

RPP PKn Kelas 9 - Bab 2 Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945

  RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)   Sekolah                         : SMP .... Mata Pelajaran            : PPKn Kelas/Semester            : I X /       Materi Pokok               : Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 Alokasi Waktu              : ......   Indikator ·          Peserta didik menjelaskan isi alinea dan pokok pikiran yang terkandung dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dengan jujur ·          Peserta didik mengidentifikasi...

RPP PKn Kelas 9 - Bab 4 Persatuan dan Keberagaman Masyarakat Indonesia

  RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Sekolah                         : SMP.. Mata Pelajaran            : Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas/Semester            : IX/1       Materi Pokok              : Persatuan dan Keberagaman Masyarakat Indonesia Alokasi Waktu              : 8 x 40 Menit (4 x Pertemuan)   Indikator ·          Peserta didik menjelaskan masalah-masalah yang muncul dalam keberagaman, suku, agama, ras, antar golongan (SARA) di masyarakat serta cara pemecahannya dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika ·     ...