RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(SMP)
Mata Pelajaran : Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kelas/Semester : VIII/Dua
Kelompok Mapel : Wajib Kelompok 1
Materi Pokok : Kebangkitan Nasional dalam Perjuangan Kemerdekaan
Alokasi Waktu : 6 x 40 JP (3 pertemuan)
Kompetensi Inti
KI.1 Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI.2 Menunjukkan perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya
diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam
jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI.3 Memahami dan menerapkan
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata.
KI.4 Mengolah, menyaji, dan menalar
dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan
membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan
mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama
dalam sudut pandang/teori.
Kompetensi Dasar
1.4 Mensyukuri nilai dan semangat Kebangkitan Nasional 1908 dalam
perjuangan kemerdekaan Kemerdekaan Indonesia secara tulus
2.4 Bertanggungjawab terhadap makna dan arti penting Kebangkitan
Nasional 1908 dalam perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia
3.4 Memprediksi makna dan arti penting Kebangkitan Nasional 1908
Kebangkitan Nasional dalam perjuangan kemerdekaan
4.4 Menyaji hasil penalaran tentang peran kejuangan tokoh Kebangkitan
Nasional 1908 dalam perjuangan kemerdekaan
Indikator
·
Peserta didik memahami nilai dan semangat
Kebangkitan Nasional 1908 dalam perjuangan kemerdekaan Kemerdekaan Indonesia
secara tulus
·
Peserta didik mensyukuri nilai dan
semangat Kebangkitan Nasional 1908 dalam perjuangan kemerdekaan Kemerdekaan
Indonesia secara tulus
·
Peserta didik bertanggungjawab
terhadap makna dan arti penting Kebangkitan Nasional 1908 dalam perjuangan
kemerdekaan Republik Indonesia
·
Peserta didik memahami makna dan arti
penting Kebangkitan Nasional 1908 Kebangkitan Nasional dalam perjuangan
kemerdekaan
·
Peserta didik menyaji hasil penalaran
tentang peran kejuangan tokoh Kebangkitan Nasional 1908 dalam perjuangan
kemerdekaan
TujuanPembelajaran
Setelah mempelajari materi ini, peserta didik
diharapkan mampu:
·
Mensyukuri nilai dan semangat Kebangkitan Nasional dalam perjuangan
kemerdekaan Kemerdekaan Indonesia secara tulus;
·
Bertanggung jawab terhadap makna dan arti penting Kebangkitan Nasional
dalam perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia;
·
Memprediksi makna dan arti penting kebangkitan nasional dalam perjuangan
kemerdekaan;
·
Menyaji hasil penalaran tentang peran kejuangan tokoh kebangkitan nasional
dalam perjuangan kemerdekaan.
Materi Pembelajaran
Kebangkitan Nasional 1908 Dalam Perjuangan Kemerdekaan
·
Makna Kebangkitan Nasional dalam Perjuangan Kemerdekaan
·
Arti Penting Kebangkitan Nasional Dalam Perjuangan Kemerdekaan
·
Peran Tokoh Kebangkitan Nasional Dalam Perjuangan Kemerdekaan Nasional
Metode Pembelajaran
Pendekatan : Pendekatan
konstruktivistik
Model : Siklus Eksplorasi, Elaborasi,
Konfirmasi
Metode : 1.
Ceramah
2. Curah Pendapat
3. Presentasi
5. Diskusi
6. Penugasan
Media dan Sumber Pembelajaran
1. Media
a. Laptop, CPU
b. LCD Projector
c. Film/Video
d. Gambar/Foto
2. Sumber Belajar
a.
Buku Ajar Pendidikan Pancasila dan
Kewarganegaraan untuk SMP/MTs
Kelas VIII, Penerbit Erlangga
b.
Referensi lain yang relevan
c.
Internet (jika tersedia)
Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan
pertama
Rincian Kegiatan |
Waktu |
Pendahuluan ·
Guru
memberi salam dan menunjuk ketua kelas untuk memimpin doa bersama. ·
Guru
mengondisikan kelas, agar kondusif untuk mendukung proses pembelajaran dengan
cara meminta peserta didik membersihkan papan tulis dan merapikan tempat
duduk, menyiapkan buku pelajaran dan buku referensi yang relevan serta alat
tulis yang diperlukan. ·
Guru
mengajak peserta didik agar selalu mengamalkan ilmu pengetahuan yang
diperoleh di dalam kehidupan sebagai tanda syukur kepada Tuhan. ·
Guru
mengajak peserta didik untuk proaktif dalam pembelajaran yang dilaksanakan. ·
Guru
memberi penjelasan tentang cakupan materi yang akan dipelajari beserta tujuan
pembelajaran yang akan dicapai. ·
Guru
membuat kesepakatan dengan peserta didik terkait kegiatan yang akan dilakukan
(termasuk di dalamnya tentang pembagian kelompok kerja peserta didik). ·
Sebagai awalan guru mencoba menampilkan gambar tentang
Kebangkitan Nasional 1908. |
10 menit |
Kegiatan
Inti: Mengamati ·
Guru meminta peserta didik untuk membaca buku/referensi
tentang Kebangkitan Nasional dalam Perjuangan Kemerdekaan, khususnya materi
tentang Makna Kebangkitan Nasional dalam Perjuangan Kemerdekaan. ·
Guru meminta peserta didik untuk menyebutkan gerakan
dan organisasi yang menyadari pentingnya persatuan dan perjuangan untuk
kemerdekaan dan kebebasan, baik di Indonesia maupun di luar Indonesia. Menanya ·
Guru meminta peserta didik untuk menjawab pre-test yang
diberikan guru. Pre-test berupa pertanyaan seputar Makna Kebangkitan Nasional
dalam Perjuangan Kemerdekaan. ·
Dengan kerjasama kelompok, peserta didik mengidentifikasi
pertanyaan tentang makna Kebangkitan Nasional 1908 bagi bangsa Indonesia. Mengeksplorasi ·
Peserta didik mengumpulkan informasi untuk menjawab
pertanyaan tentang arti Kebangkitan Nasional 1908 bagi perjuangan kemerdekaan
bangsa Indonesia dengan penuh rasa tanggung jawab. ·
Peserta didik mencari sumber atau informasi dari
sumber-sumber lain terkait dengan materi palajaran yang sedang dibahas. ·
Peserta didik berdiskusi atau melakukan kegiatan secara
berkelompok untuk mengidentifikasi dan menganalisis ragam informasi yang
diperoleh, kemudian dijadikan bahan untuk menyimpulkan. Mengasosiasikan ·
Peserta didik menyusun hasil diskusi/laporan kegiatan
yang berkaitan Makna Kebangkitan Nasional dalam Perjuangan Kemerdekaan. ·
Peserta didik menyimpulkan hasil diskusi/laporan
kegiatan yang berkaitan dengan Makna Kebangkitan Nasional dalam Perjuangan Kemerdekaan. Mengomunikasikan ·
Peserta didik membuat laporan hasil diskusi/ kegiatan
yang sudah dilakukan. ·
Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi/ kegiatan
yang sudah dilakukan di depan kelas dan peserta didik dari kelompok lain
memberikan tanggapan. ·
Guru memberikan penegasan terhadap hasil pembelajaran
peserta didik. |
60 menit |
Penutup Guru bersama peserta didik baik secara individual
maupun kelompok melakukan refleksi untuk: ·
Mengevaluasi seluruh rangkaian aktivitas pembelajaran
dan hasil-hasil yang diperoleh untuk selanjutnya secara bersama menemukan manfaat
langsung maupun tidak langsung dari hasil pembelajaran yang telah berlangsung; ·
Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil
pembelajaran; ·
Memberi perintah mengerjakan ulangan harian dengan
jujur dan tertib di kelas; ·
Memberi tugas rumah untuk mengerjakan tugas atau jenis
kegiatan peserta didik lain baik secara berkelompok dengan baik sesuai
perintah guru; ·
Menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk
pertemuan berikutnya; ·
Menutup kegiatan pembelajaran dengan berdoa bersama
sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing. |
10 menit |
Pertemuan kedua
Rincian Kegiatan |
Waktu |
Pendahuluan ·
Guru
memberi salam dan menunjuk ketua kelas untuk memimpin doa bersama. ·
Guru
mengondisikan kelas, agar kondusif untuk mendukung proses pembelajaran dengan
cara meminta peserta didik membersihkan papan tulis dan merapikan tempat
duduk, menyiapkan buku pelajaran dan buku referensi yang relevan serta alat
tulis yang diperlukan. ·
Guru
mengajak peserta didik agar selalu mengamalkan ilmu pengetahuan yang
diperoleh di dalam kehidupan sebagai tanda syukur kepada Tuhan. ·
Guru mengajak
peserta didik untuk proaktif dalam pembelajaran yang dilaksanakan. ·
Guru
memberi penjelasan tentang cakupan materi yang akan dipelajari beserta tujuan
pembelajaran yang akan dicapai. ·
Guru
membuat kesepakatan dengan peserta didik terkait kegiatan yang akan dilakukan
(termasuk di dalamnya tentang pembagian kelompok kerja peserta didik). |
10 menit |
Kegiatan
Inti: Mengamati ·
Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk menceritakan
pengetahuannya mengenai Arti Penting Kebangkitan Nasional dalam Perjuangan Kemerdekaan. ·
Guru menampilkan slide presentasi tentang Arti Penting
Kebangkitan Nasional dalam Perjuangan Kemerdekaan. ·
Peserta didik mengamati slide persentasi yang disajikan
oleh guru. Menanya ·
Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk
mengajukan pertanyaan terkait hasil pengamatan mereka tentang Arti Penting
Kebangkitan Nasional dalam Perjuangan Kemerdekaan. ·
Guru memberikan penjelasan terhadap pertanyaan yang
diberikan oleh peserta didik. Mengeksplorasi ·
Peserta didik mengumpulkan informasi dari tanya jawab
yang dilakukan dan melengkapinya dengan membaca buku ajar dan buku referensi
terkait Arti Penting Kebangkitan Nasional dalam Perjuangan Kemerdekaan. ·
Peserta didik mencari sumber atau informasi dari
sumber-sumber lain terkait dengan materi palajaran yang sedang dibahas. Mengasosiasikan ·
Peserta didik dibagi menjadi empat kelompok. ·
Masing-masing
kelompok mendiskusikan mengenai Arti Penting Kebangkitan Nasional
dalam Perjuangan Kemerdekaan. Mengomunikasikan ·
Setelah diskusi kelompok selesai, setiap kelompok dari
kelompok I sampai dengan kelompok IV mencoba untuk mempresentasikan hasil
diskusinya di depan kelas. Kelompok yang tidak melakukan presentasi dapat
bertanya dan atau memberi masukan. ·
Setelah setiap kelompok mencoba untuk mempresentasikan
hasil diskusinya di depan kelas, guru memberi evaluasi terhadap hasil diskusi
dan beberapa pertanyaan diskusi. |
60 menit |
Penutup Guru bersama peserta didik baik secara
individual maupun kelompok melakukan refleksi untuk: ·
Mengevaluasi seluruh rangkaian aktivitas pembelajaran
dan hasil-hasil yang diperoleh untuk selanjutnya secara bersama menemukan
manfaat langsung maupun tidak langsung dari hasil pembelajaran yang telah
berlangsung; ·
Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil
pembelajaran; ·
Memberi perintah mengerjakan ulangan harian dengan
jujur dan tertib di kelas; ·
Memberi tugas rumah untuk mengerjakan tugas atau jenis
kegiatan peserta didik lain baik secara berkelompok dengan baik sesuai
perintah guru; ·
Menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk
pertemuan berikutnya; ·
Menutup kegiatan pembelajaran dengan berdoa bersama
sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing. |
10 menit |
Pertemuan ketiga
Rincian Kegiatan |
Waktu |
Pendahuluan ·
Guru
memberi salam dan menunjuk ketua kelas untuk memimpin doa bersama. ·
Guru
mengondisikan kelas, agar kondusif untuk mendukung proses pembelajaran dengan
cara meminta peserta didik membersihkan papan tulis dan merapikan tempat
duduk, menyiapkan buku pelajaran dan buku referensi yang relevan serta alat
tulis yang diperlukan. ·
Guru
mengajak peserta didik agar selalu mengamalkan ilmu pengetahuan yang
diperoleh di dalam kehidupan sebagai tanda syukur kepada Tuhan. ·
Guru
mengajak peserta didik untuk proaktif dalam pembelajaran yang dilaksanakan. ·
Guru
memberi penjelasan tentang cakupan materi yang akan dipelajari beserta tujuan
pembelajaran yang akan dicapai. ·
Guru
membuat kesepakatan dengan peserta didik terkait kegiatan yang akan dilakukan
(termasuk di dalamnya tentang pembagian kelompok kerja peserta didik). |
10 menit |
Kegiatan Inti: Mengamati ·
Guru meminta peserta didik untuk membaca sebentar tentang Peran Tokoh
Kebangkitan Nasional dalam Perjuangan Kemerdekaan Nasional. ·
Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk mengamati beberapa
permasalahan yang terkait materi yang sedang dipelajari. Menanya ·
Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk mengajukan pertanyaan
terkait hasil pengamatan mereka tentang materi yang sedang dipelajari. ·
Guru menampung pertanyaan peserta didik dan memberi kesempatan kepada
tiap peserta didik atau menunjuk secara acak peserta didik untuk menjawab
pertanyaan temannya. Mengeksplorasi ·
Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk mengutarakan
pendapatnya tentang Peran Tokoh Kebangkitan Nasional dalam Perjuangan
Kemerdekaan Nasional. ·
Peserta didik mengumpulkan informasi dari tanya jawab yang dilakukan dan
melengkapinya dengan membaca buku ajar dan buku referensi terkait materi yang
sedang dipelajari. ·
Peserta didik berdiskusi untuk mengidentifikasi dan menganalisis ragam
informasi yang diperoleh, kemudian dijadikan bahan untuk menyimpulkan kesemua
materi yang sudah dipelajari pada BAB IV. Mengasosiasikan ·
Peserta didik mulai menyusun hasil diskusi tentang kesemua materi yang
sudah dipelajari pada BAB IV. ·
Peserta didik menyimpulkan kesemua materi yang sudah dipelajari pada BAB IV. Mengomunikasikan ·
Peserta didik mengomunikasikan pengetahuan yang didapat ketika
mempelajari kesemua materi yang ada di BAB IV. ·
Guru memberikan penegasan terhadap hasil pembelajaran peserta didik. |
60 menit |
Penutup Guru bersama peserta didik baik secara
individual maupun kelompok melakukan refleksi untuk: ·
Mengevaluasi seluruh rangkaian aktivitas pembelajaran
dan hasil-hasil yang diperoleh untuk selanjutnya secara bersama menemukan
manfaat langsung maupun tidak langsung dari hasil pembelajaran yang telah
berlangsung; ·
Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil
pembelajaran; ·
Memberi perintah mengerjakan ulangan harian dengan
jujur dan tertib di kelas; ·
Memberi tugas rumah untuk mengerjakan tugas atau jenis
kegiatan peserta didik lain baik secara berkelompok dengan baik sesuai
perintah guru; ·
Menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk
pertemuan berikutnya; ·
Menutup kegiatan pembelajaran dengan berdoa bersama
sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing. |
10 menit |
Penilaian
No. |
Kompetensi |
Teknik |
Instrumen |
Keterangan |
1. |
KI 1 dan KI 2 |
Observasi
|
·
Lembar
observasi |
Terlampir |
2. |
KI 3 |
Tes tertulis |
·
Pilihan
ganda ·
Uraian ·
Tugas
(mandiri atau kelompok) |
Terlampir |
3. |
KI 4 |
Kinerja |
·
Lembar
laporan tugas |
Terlampir |
Lampiran
Penilaian KI 1
INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP SPIRITUAL
(LEMBAR
OBSERVASI)
A.
Petunjuk Umum
1. Instrumen penilaian sikap spiritual ini berupa Lembar Observasi.
Observasi merupakan teknik penilaian yang dilakukan secara berkesinambungan
dengan menggunakan indera, baik secara langsung maupun tidak langsung dengan
menggunakan instrument yang berisi sejumlah indikator perilaku yang diamati.
Pada jenjang SMA/MA, kompetensi sikap spiritual mengacu pada KI-1: Menghayati dan
mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Instrumen ini diisi oleh guru yang
mengajar peserta didik yang dinilai.
B.
Petunjuk Pengisian
Secara periodik, misalnya 1 atau 2 minggu sekali guru melakukan
penilaian sikap spiritual peserta didik. Caranya, guru memberi tanda cek (√) pada kolom skor sesuai sikap spiritual yang
ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut.
·
4 = selalu, apabila peserta didik selalu melakukan sesuai pernyataan.
·
3 = sering, apabila peserta didik sering melakukan sesuai pernyataan
dan kadang-kadang
tidak melakukannya.
·
2 = kadang-kadang, apabila peserta didik kadang-kadang melakukan dan sering tidak
melakukannya.
·
1 = tidak pernah, apabila peserta didik tidak pernah melakukannya.
C.
Lembar
Observasi
Kelas : ….
Semester : ….
TahunAjaran : ….
Periode Pengamatan : Tanggal … s.d. ….
No |
Aspek Pengamatan |
|
1 |
Berdoa
sebelum dan sesudah melakukan sesuatu |
|
2 |
Mengucapkan
rasa syukur atas karunia Tuhan |
|
3 |
Memberi
salam sebelum dan sesudah menyampaikan pendapat/presentasi |
|
4 |
Merasakan
keberadaan dan kebesaran Tuhan saat mempelajari ilmu pengetahuan |
|
5 |
Melaksanakan
ibadah keseharian baik yang diwajibkan maupun yang dianjurkan sesuaidengan
agama yang dianutnya |
|
Jumlah Skor |
Lembar Observasi
No. |
Nama Peserta Didik |
Aspek Pengamatan |
Jumlah |
Rerata Skor |
Nilai |
Keterangan |
||||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
||||||
1 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Dst |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Guru Mata Pelajaran
______________________
NIP.
Penilaian KI 2
INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP SOSIAL
(LEMBAR OBSERVASI)
A.
Petunjuk Umum
1. Instrumen penilaian sikap sosial ini berupa Lembar Observasi. Sikap sosial yang dikembangkan pada
Kompetensi Inti 2 di jenjang SMA/MA
meliputi:
a.
jujur
b.
kreatif
c.
disiplin
d.
tanggung jawab
e.
toleransi
f.
gotong royong
g.
santun
h.
responsif
i.
pro aktif
2.
Instrumen ini diisi oleh guru yang
mengajar peserta didik yang dinilai.
B.
Petunjuk Pengisian
Secara periodik, misalnya 1 atau 2 minggu sekali guru melakukan
penilaian sikap sosial peserta didik. Caranya, guru memberi tanda cek (√) pada kolom skor sesuai sikap sosial yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai
berikut.
·
4 = selalu, apabila peserta didik selalu melakukan sesuai pernyataan.
·
3 = sering, apabila peserta didik sering melakukan sesuai pernyataan
dan kadang-kadang
tidak melakukannya.
·
2 = kadang-kadang, apabila peserta didik kadang-kadang melakukan dan sering tidak
melakukannya.
·
1 = tidak pernah, apabila peserta didik tidak pernah melakukannya.
Guna memudahkan penilian, guru dapat membaca indikator tiap-tiap
aspek sosial sebagai berikut.
Tabel Daftar Deskripsi Indikator
Sikap dan
Pengertian |
Contoh
Indikator |
1.
Jujur adalah perilaku dapat dipercaya dalam perkataan, tindakan, dan
pekerjaan. |
· Tidak
menyontek dalam mengerjakan ujian/ulangan · Tidak
menjadi plagiat (mengambil/menyalin karya orang lain tanpa menyebutkan
sumber) · Mengungkapkan
perasaan apa adanya · Menyerahkan
kepada yang berwenang barang yang ditemukan · Membuat
laporan berdasarkan data atau informasi apa adanya · Mengakui
kesalahan atau kekurangan yang dimiliki |
2.
Kreatif Kemampuan seseorang untuk melahirkan sesuatu yang baru,
baik berupa gagasan maupun karya nyata, baik dalam bentuk karya baru maupun
kombinasi dengan hal-hal yang sudah ada, yang belum pernah ada sebelumnya. |
·
Menghasilkan ide/karya
inovatif yang
dipublikasikan/dipasarkan. ·
Menghasilkan
ide/karya inovatif untuk kalangan
sendiri/ skala kecil. ·
Memodifikasi
dan menggabungkan beberapa ide/karya untuk menghasilkan gagasan/karya baru. ·
Mencoba
membuat ide/karya dari contoh yang
sudah ada. |
3.
Disiplin adalah tindakan yang menunjukkan perilaku tertib dan patuh pada
berbagai ketentuan dan peraturan. |
· Datang
tepat waktu · Patuh
pada tata tertib atau aturan bersama/ sekolah · Mengerjakan/mengumpulkan
tugas sesuai dengan waktu yang
ditentukan · Mengikuti
kaidah berbahasa tulis yang baik dan benar |
4.
Tanggungjawab adalah sikap dan perilaku seseorang untuk
melaksanakan tugas dan kewajibannya, yang seharusnya dia lakukan, terhadap
diri sendiri, masyarakat, lingkungan (alam, sosial dan budaya), negara dan
Tuhan Yang Maha Esa |
· Melaksanakan
tugas individu dengan baik · Menerima
resiko dari tindakan yang dilakukan · Tidak
menyalahkan/menuduh orang lain tanpa bukti yang akurat · Mengembalikan
barang yang dipinjam · Mengakui
dan meminta maaf atas kesalahan yang dilakukan · Menepati
janji · Tidak
menyalahkan orang lain utk kesalahan
tindakan kita sendiri · Melaksanakan
apa yang pernah dikatakan tanpa disuruh/diminta |
5.
Toleransi adalah sikap dan tindakan yang menghargai keberagaman latar
belakang, pandangan, dan keyakinan |
· Tidak
mengganggu teman yang berbeda pendapat · Menerima
kesepakatan meskipun berbeda dengan pendapatnya · Dapat
menerima kekurangan orang lain · Dapat
mememaafkan kesalahan orang lain · Mampu
dan mau bekerja sama dengan siapa pun yang memiliki keberagaman latar
belakang, pandangan, dan keyakinan · Tidak
memaksakan pendapat atau keyakinan diri pada orang lain · Kesediaan
untuk belajar dari (terbuka terhadap)
keyakinan dan gagasan orang lain agar dapat memahami orang lain lebih baik · Terbuka
terhadap atau kesediaan untuk menerima sesuatu yang baru |
6.
Gotongroyong adalah bekerja bersama-sama dengan orang lain untuk mencapai
tujuan bersama dengan saling berbagi tugas dan tolong menolong secara ikhlas. |
· Terlibat
aktif dalam bekerja bakti membersihkan kelas atau sekolah · Kesediaan
melakukan tugas sesuai kesepakatan · Bersedia
membantu orang lain tanpa mengharap imbalan · Aktif
dalam kerja kelompok · Memusatkan
perhatian pada tujuan kelompok · Tidak
mendahulukan kepentingan pribadi · Mencari
jalan untuk mengatasi perbedaan pendapat/pikiran antara diri sendiri dengan
orang lain · Mendorong
orang lain untuk bekerja sama demi mencapai tujuan bersama |
7.
Santun adalah
sikap baik dalam pergaulan baik dalam berbahasa maupun bertingkah laku. Norma
kesantunan bersifat relatif, artinya yang dianggap baik/santun pada tempat dan waktu
tertentu bisa berbeda pada tempat dan waktu yang lain. |
· Menghormati
orang yang lebih tua. · Tidak
berkata-kata kotor, kasar,
dan takabur. · Tidak
meludah di sembarang tempat. · Tidak
menyela pembicaraan pada waktu yang tidak tepat · Mengucapkan
terima kasih setelah menerima bantuan orang lain · Bersikap
3S (salam, senyum, sapa) · Meminta
ijin ketika akan memasuki ruangan orang lain atau menggunakan barang milik
orang lain · Memperlakukan
orang lain sebagaimana diri sendiri ingin diperlakukan |
8.
Responsif Adalah
kesadaran akan tugas yang harus dilakukan dengan sungguh-sungguh. Kepekaan
yang tajam dalam menyikapi berbagai hal yang dihadapinya dan kepahaman makna
tanggungjawab yang harus dipikul adalah ciri utama kepribadiannya |
·
Tanggap
terhadap kerepotan pihak lain dan segera memberikan solusi dan atau
pertolongan ·
Berperan
aktif terhadap berbagai kegiatan sekolah dan/atau sosial ·
Bergerak cepat dalam melaksanakan tugas/kegiatan ·
Berfikir lebih maju terhadap segala hal |
9.
Proaktif Adalah
sikap seseorang yang mampu membuat pilihan dikala mendapatkan stimulus. Seseorang yang bersikap
proaktif mampu memberi jeda antara datangnya stimulus dengan keputusan untuk
memberi respon. Pada saat jeda tersebut seseorang yang proaktif dapat membuat
pilihan dan mengambil respon yang dipandang terbaik bagi dirinya. |
·
Berinisiatif
dalam bertindak terkait dengan tugas/pekerjaan atau social ·
Mampu memanfaatkan peluang yang ada ·
Memiliki motivasi untuk terus maju dan berkembang ·
Fokus
pada hal-hal yang memungkin-kan untuk
diubah atau diperbaik |
C.
Lembar
Observasi
Kelas : ….
Semester : ….
TahunAjaran : ….
Periode Pengamatan : Tanggal … s.d. ….
No |
Nama Peserta Didik |
|
|
Sikap |
Jumlah |
Rerata Skor |
Nilai |
Keterangan |
||||||
Jujur |
Kreatif |
Disiplin |
Tanggung Jawab |
Toleransi |
Gotong Royong |
Santun |
Responsif |
Pro aktif |
||||||
1 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
dst |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Guru Mata Pelajaran
____________________
NIP.
Penilaian KI 3
(Ambil soal di
ulangan harian)
Jawablah
pertanyaan-pertanyaan berikut ini dengan uraian yang jelas dan tepat!
Kerjakan
dengan jujur! Yakinlah pada kemampuanmu!
1.
Ceritakan dengan singkat latar belakang Kebangkitan Nasional.
2.
Tuliskan rangkaian kongres nasional Sarekat Islam beserta hasil yang disepakati
dalam tiap kongres tersebut.
3.
Buatlah biografi singkat mengenai salah satu tokoh Kebagkitan Nasional
dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia.
Guru Mata Pelajaran
____________________
NIP.
Penilaian KI 4
Penilaian Kinerja
![]() |
Lakukan kegiatan berikut ini! Bekerjasamalah dengan kelompokmu!
Bentuklah kelompok beranggotakan 5 orang! Dalam
berdiskusi hargailah pendapat anggota kelompok Anda dalam menyampaikan suatu pendapat dan saling
menghormati dengan pendapat yang berbeda.
1.
Buatlah sebuah karya ilmiah yang membahas tentang hal-hal berikut ini!
a. Makna Kebangkitan Nasional dalam Perjuangan Kemerdekaan
b. Arti Penting Kebangkitan Nasional dalam Perjuangan Kemerdekaan
c. Peran Tokoh Kebangkitan Nasional dalam
Perjuangan Kemerdekaan Nasional
2. Gunakan kaidah-kaidah dan tata tulis penulisan karya ilmiah!
3. Kerjakan di buku tugas Anda dan kumpulkan hasil pekerjaan Anda
kepada guru untuk dinilai!
Jakarta,
.... Agustus 2022
Mengetahui Guru
Mapel
Kepala Sekolah
----------------------------------------------- -------------------------------------------------
Komentar
Posting Komentar