RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP 1)
Mata
Pelajaran : PPKn
Kelas/Semester : VIII/1
Materi
Pokok : Kedudukan dan Fungsi
Pancasila
Alokasi Waktu :
10 x 2 JP
Indikator
·
Peserta didik mensyukuri kedudukan dan fungsi Pancasila bagi bangsa dan
negara Indonesia
·
Peserta didik menunjukkan
sikap peduli
kedudukan dan fungsi Pancasila bagi bangsa dan negara Indonesia
·
Peserta didik mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara
dan pandangan hidup
·
Peserta didik menganalisis kedudukan
dan fungsi Pancasila bagi bangsa dan negara Indonesia
·
Peserta didik melakukan berbagai perilaku yaang sesuai nilai-nilai
Pancasila dalam berbagai segi kehidupan
TujuanPembelajaran
Setelah mempelajari materi ini, peserta didik diharapkan
mampu:
·
Mensyukuri
kedudukan, fungsi, dan arti penting Pancasila;
·
Menghargai
arti penting Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup;
·
Mengetahui
dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup;
·
Mengetahui
dan melakukan berbagai perilaku yaang sesuai nilai-nilai Pancasila dalam berbagai segi
kehidupan.
Materi
Pembelajaran
Kedudukan dan fungsi Pancasila bagi bangsa dan Negara Indonesia
·
Kedudukan,
fungsi, dan arti penting Pancasila sebagai Dasar Negara dan pandangan hidup
bangsa
·
Nilai-nilai
Pancasila sebagai dasar Negara dan pandangan hidup bangsa
·
Membiasakan
berperilaku sesuai nilai-nilai Pancasila sebagai dasar Negara dan pandangan
hidup bangsa
Metode
Pembelajaran
Pendekatan : Pendekatan
kontekstual
Model : Siklus Eksplorasi, Elaborasi, Konfirmasi
Metode : 1.
Ceramah
2.
Curah Pendapat
3.
Presentasi
5.
Diskusi
6.
Penugasan
Media
dan Sumber Pembelajaran
1. Media
a. Laptop,
CPU
b. LCD
Projector
c. Film/Video
d. Gambar/Foto
2.
Sumber Belajar
a.
Buku Ajar Pendidikan Pancasila dan
Kewarganegaraan untuk SMP/MTs Kelas
VIII,
Penerbit Erlangga
b.
Referensi lain yang relevan
c.
Internet (jika tersedia)
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan pertama
Rincian
Kegiatan |
Waktu |
Pendahuluan ·
Salam ·
Guru mengajak peserta didik agar
selalu mengamalkan ilmu pengetahuan yang diperoleh di dalam kehidupan sebagai
tanda syukur kepada Tuhan. ·
Guru membuat kesepakatan dengan
peserta didik terkait kegiatan yang akan dilakukan (termasuk di dalamnya
tentang pembagian kelompok kerja peserta didik). ·
Sebagai awalan guru mencoba menampilkan gambar tokoh pengusul dasar
negara dan Lambang Garuda Pancasila sebagai wujud syukur terhadap Tuhan Yang
Maha Esa. |
15 menit |
Kegiatan Inti: Mengamati ·
Guru meminta peserta didik untuk membaca buku/referensi tentang Kedudukan
dan Fungsi Pancasila, khususnya materi tentang Kedudukan, Fungsi, dan Arti Pancasila. (Buku PPKn kelas 8, Hal.3-7) ATAU
membaca sumber dari google ·
Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk menceritakan pengetahuannya
mengenai Pancasila sebagai dasar negara. ·
Guru menampilkan slide presentasi tentang Kedudukan, Fungsi, dan Arti
Pancasila. https://docs.google.com/presentation/d/126YQt9b88qEEfMOzOdXqEzc9cEY4hgo8KlFih4WPdts/edit?usp=sharing
·
Peserta didik mengamati slide persentasi yang disajikan oleh guru. Menanya ·
Guru meminta peserta didik untuk menjawab pre-test yang diberikan guru.
Pre-test berupa pertanyaan seputar Kedudukan, Fungsi, dan Arti Pancasila. ·
Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk mengajukan pertanyaan
terkait hasil pengamatan tentang Kedudukan, Fungsi, dan Arti Pancasila. ·
Guru menampung pertanyaan peserta didik dan memberi kesempatan kepada
tiap peserta didik atau menunjuk secara acak peserta didik untuk menjawab
pertanyaan temannya. Mengeksplorasi ·
Peserta didik mencari jawaban pertanyaan pre-test yang diberikan guru
dengan membaca buku ajar dan buku referensi lain. ·
Peserta didik mengumpulkan informasi dari tanya jawab yang dilakukan dan
melengkapinya dengan membaca buku ajar dan buku referensi terkait Kedudukan,
Fungsi, dan Arti Pancasila. ·
Peserta didik berdiskusi atau melakukan kegiatan secara berkelompok untuk
mengidentifikasi dan menganalisis ragam informasi yang diperoleh, kemudian
dijadikan bahan untuk menyimpulkan. Mengerjakan
LKPD https://www.liveworksheets.com/4-rz1139450xk
Mengasosiasikan ·
Peserta didik mediskusikan LKPD tentang kedudukan
dan fungsi Pancasila. ·
Peserta didik menyimpulkan hasil diskusi/laporan kegiatan yang berkaitan
dengan Kedudukan, Fungsi, dan Arti Pancasila. Mengomunikasikan ·
Peserta didik melaporkan hasildiskusi LKPD
kelompoknya. ·
Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi/ kegiatan yang sudah
dilakukan di depan kelas dan peserta didik dari kelompok lain memberikan
tanggapan. ·
Guru memberikan penegasan terhadap hasil pembelajaran peserta didik. |
60 menit |
Penutup Guru bersama peserta didik baik secara individual
maupun kelompok melakukan refleksi untuk: ·
Mengevaluasi seluruh rangkaian aktivitas pembelajaran dan hasil-hasil
yang diperoleh untuk selanjutnya secara bersama menemukan manfaat langsung
maupun tidak langsung dari hasil pembelajaran yang telah berlangsung; ·
Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran; ·
Memberi perintah mengerjakan ulangan harian dengan jujur dan tertib di
kelas; ·
Memberi tugas rumah untuk mengerjakan tugas atau jenis kegiatan peserta
didik lain baik secara berkelompok dengan baik sesuai perintah guru; ·
Menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan
berikutnya; ·
Menutup kegiatan pembelajaran dengan berdoa bersama sesuai dengan agama
dan kepercayaannya masing-masing. |
15 menit |
Pertemuan kedua
Rincian
Kegiatan |
Waktu |
Pendahulua ·
Guru mengondisikan kelas, agar
kondusif untuk mendukung proses pembelajaran dengan cara meminta peserta
didik membersihkan papan tulis dan merapikan tempat duduk, menyiapkan buku
pelajaran dan buku referensi yang relevan serta alat tulis yang diperlukan. ·
Guru mengajak peserta didik untuk
proaktif dalam pembelajaran yang dilaksanakan. ·
Guru memberi penjelasan tentang
cakupan materi yang akan dipelajari beserta tujuan pembelajaran yang akan
dicapai. |
10 menit |
Kegiatan Inti: Mengamati ·
Guru bertanya kepada peserta didik mengenai pengetahuan dasar yang mereka
ketahui tentang Arti Penting Pancasila sebagai Dasar Negara dan Pandangan
Hidup. ·
Guru meminta peserta didik untuk membaca sebentar tentang Arti Penting
Pancasila sebagai Dasar Negara dan Pandangan Hidup. Lihat
buku halaman 9 - 11 ·
Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk mengamati materi
tentang Arti Penting Pancasila sebagai Dasar Negara dan Pandangan Hidup. https://docs.google.com/document/d/1SdpbmLyyOxei8dglyFFnhjlE5JrSqeEDJ3jTQyEINRg/edit?usp=sharing
Menanya ·
Guru meminta peserta didik untuk menjawab pre-test yang diberikan guru.
Pre-test berupa pertanyaan seputar Arti Penting Pancasila sebagai Dasar
Negara dan Pandangan Hidup. ·
Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk mengajukan pertanyaan
terkait hasil pengamatan mereka tentang Arti Penting Pancasila sebagai Dasar
Negara dan Pandangan Hidup Misalnya
: 1.
Apa perbedaan arti pancasila sebagai
dasar negara dan pandangan hidup? 2.
Jelaskan fungsi dan peran pancasila
sebagai dasar negara dan pandangan hidup 3.
Sebutkan manfaat pancasila sebagai
dasar negara dan pandangan hidup 4.
Apa akibatnya jika tidak memiliki
dasar negara dan pandangan hidup? Jawaban
: https://docs.google.com/document/d/1RlfGKRJuE1evkuHc8iN_YkJMsT_yGiVIMhU7fAFCl-w/edit?usp=sharing ·
Guru menampung pertanyaan peserta didik dan memberi kesempatan kepada
tiap peserta didik atau menunjuk secara acak peserta didik untuk menjawab
pertanyaan temannya. Mengeksplorasi ·
Peserta didik mencari jawaban pertanyaan pre-test yang diberikan guru
dengan membaca buku ajar dan buku referensi lain. ·
Peserta didik mengumpulkan informasi dari tanya jawab yang dilakukan dan melengkapinya
dengan membaca buku ajar dan buku referensi terkait Arti Penting Pancasila
sebagai Dasar Negara dan Pandangan Hidup. ·
Peserta didik berdiskusi atau melakukan kegiatan secara berkelompok untuk
mengidentifikasi dan menganalisis ragam informasi yang diperoleh, kemudian
dijadikan bahan untuk menyimpulkan (Sebagai bahan diskusi/kegiatan, guru
dapat meminta peserta didik untuk mengerjakan tugas/kegiatan peserta didik
yang ada dalam buku ajar). Mengasosiasikan ·
Peserta didik menyusun hasil diskusi tentang Arti Penting Pancasila
sebagai Dasar Negara dan Pandangan Hidup. ·
Peserta didik merumuskan tentang Arti Penting Pancasila sebagai Dasar
Negara dan Pandangan Hidup. Mengomunikasikan ·
Peserta didik menuliskan laporan kerja kelompok. ·
Peserta didik mempresentasikan hasil kerja kelompok di depan kelas dan
peserta didik dari kelompok lain memberikan tanggapan. ·
Guru memberikan penegasan terhadap hasil pembelajaran peserta didik. |
60 menit |
Penutup Guru bersama peserta didik baik secara individual
maupun kelompok melakukan refleksi untuk: ·
Mengevaluasi seluruh rangkaian aktivitas pembelajaran dan hasil-hasil
yang diperoleh untuk selanjutnya secara bersama menemukan manfaat langsung
maupun tidak langsung dari hasil pembelajaran yang telah berlangsung; ·
Menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan
berikutnya; ·
Menutup kegiatan pembelajaran dengan berdoa bersama sesuai dengan agama
dan kepercayaannya masing-masing. |
10 menit |
Pertemuan ketiga
Rincian
Kegiatan |
Waktu |
Pendahuluan ·
Guru mengondisikan kelas, agar
kondusif untuk mendukung proses pembelajaran dengan cara meminta peserta
didik membersihkan papan tulis dan merapikan tempat duduk, menyiapkan buku
pelajaran dan buku referensi yang relevan serta alat tulis yang diperlukan. ·
Guru mengajak peserta didik agar
selalu mengamalkan ilmu pengetahuan yang diperoleh di dalam kehidupan sebagai
tanda syukur kepada Tuhan. ·
Guru memberi penjelasan tentang
cakupan materi yang akan dipelajari beserta tujuan pembelajaran yang akan
dicapai. |
15 menit |
Kegiatan Inti: Mengamati ·
Guru meminta peserta didik untuk membaca sebentar tentang Nilai-Nilai
Pancasila sebagai Dasar Negara dan Pandangan Hidup. Baca buku halaman 12-15 ·
Guru memberi kesempatan kepada setiap kelompok untuk mengamati beberapa perilaku
melanggar Nilai-Nilai
Pancasila sebagai Dasar Negara dan Pandangan Hidup Contoh
: Siswa menganalsis aksi tawuran yang terjadi di daerah Padang. Menanya ·
Guru memberi kesempatan kepada setiap kelompok untuk mengajukan
pertanyaan terkait hasil pengamatan mereka tentang Nilai-Nilai Pancasila
sebagai Dasar Negara dan Pandangan Hidup. ·
Guru mencoba untuk menjawab setiap pertanyaan yang diajukan oleh setiap
kelompok terkait Nilai-Nilai Pancasila sebagai Dasar Negara dan Pandangan
Hidup. Mengeksplorasi ·
Peserta didik mengumpulkan informasi dari tanya jawab yang dilakukan dan
melengkapinya dengan membaca buku ajar dan buku referensi terkait Nilai-Nilai
Pancasila sebagai Dasar Negara dan Pandangan Hidup
atau searching di google. ·
Peserta didik berdiskusi atau melakukan kegiatan secara berkelompok untuk
mengidentifikasi dan menganalisis ragam informasi yang diperoleh, kemudian
dijadikan bahan untuk menyimpulkan (Sebagai bahan diskusi/kegiatan, guru
dapat meminta peserta didik untuk mengerjakan LKPD secara
bersama-sama https://docs.google.com/document/d/14TPYfo2aO0aUqm5GEiDk0TYTHcvbCX5WnEGgqpQPCEw/edit?usp=sharing
Mengasosiasikan ·
Peserta didik merumuskan tentang Nilai-Nilai Pancasila sebagai Dasar
Negara dan Pandangan Hidup. ·
Setiap kelompok mulai menyusun makalah sebagai bahan prsentasi yang akan
disajikan di depan kelas. ·
Setiap kelompok membuat slide prsentasi yang akan disajikan di depan
kelas. Mengomunikasikan ·
Peserta didik mempresentasikan hasil kerja kelompok di depan kelas dan
peserta didik dari kelompok lain memberikan tanggapan. ·
Guru memberikan penegasan terhadap hasil pembelajaran peserta didik. |
60 menit |
Penutup Guru bersama peserta didik baik secara individual
maupun kelompok melakukan refleksi untuk: ·
Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran; ·
Memberi tugas rumah untuk mengerjakan tugas atau jenis kegiatan peserta
didik lain baik secara berkelompok dengan baik sesuai perintah guru; ·
Menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya; ·
Siswa mengerjakan tugas di rumah dan dikumpulkuan pada minggu berikutnya https://docs.google.com/document/d/1A1NyBj_eIVBiLnWDvxC2dUyPvPlmXN7R8muOUMGyK6k/edit?usp=sharing ·
Menutup kegiatan pembelajaran dengan berdoa bersama sesuai dengan agama
dan kepercayaannya masing-masing. |
10 menit |
Pertemuan keempat
Rincian
Kegiatan |
Waktu |
Pendahuluan ·
Guru mengondisikan kelas, agar
kondusif untuk mendukung proses pembelajaran dengan cara meminta peserta
didik membersihkan papan tulis dan merapikan tempat duduk, menyiapkan buku
pelajaran dan buku referensi yang relevan serta alat tulis yang diperlukan. ·
Guru mengajak peserta didik agar
selalu mengamalkan ilmu pengetahuan yang diperoleh di dalam kehidupan sebagai
tanda syukur kepada Tuhan. ·
Guru memberi penjelasan tentang
cakupan materi yang akan dipelajari beserta tujuan pembelajaran yang akan
dicapai. ·
Siswa mengumpulkan tugas minggu
lalu |
10 menit |
Kegiatan Inti: Mengamati ·
Guru meminta
peserta didik untuk membaca sebentar tentang Membiasakan Diri Berperilaku Sesuai dengan Nilai-Nilai Pancasila
dalam Berbagai Aspek Kehidupan Baca buku halaman16-20 ·
Guru memberi
kesempatan kepada peserta didik untuk mengamati beberapa permasalahan yang
terkait materi yang sedang dipelajari. Misalnya cara berkomunikasi dengan orang tua dan guru yang baik,
bagaimana menghindari berkata kotor, mengapa harus membully dll Menanya ·
Guru menanya kepada
peserta didik cara mereka Membiasakan Diri Berperilaku Sesuai dengan
Nilai-Nilai Pancasila dalam Berbagai Aspek Kehidupan. ·
Guru memberi
kesempatan kepada peserta didik untuk mengajukan pertanyaan terkait hasil
pengamatan mereka tentang materi yang sedang dipelajari. Misalnya
pertanyaan alternatif : https://docs.google.com/document/d/1N9QkdDGTuwDDLoyyuZkNCdTbfQa73_e3ucJDbPXJzFg/edit?usp=sharing ·
Guru menampung
pertanyaan peserta didik dan memberi kesempatan kepada tiap peserta didik
atau menunjuk secara acak peserta didik untuk menjawab pertanyaan temannya. misalnya
solusi alternatif https://docs.google.com/document/d/1sY9N8RQ5R-pLQSjKtBUmgYzETfl3VNNemSe4a4j33_k/edit?usp=sharing Mengeksplorasi ·
Guru memberi
kesempatan kepada peserta didik untuk mengutarakan pendapatnya tentang
Membiasakan Diri Berperilaku Sesuai dengan Nilai-Nilai Pancasila dalam
Berbagai Aspek Kehidupan. ·
Peserta didik
mengumpulkan informasi dari tanya jawab yang dilakukan dan melengkapinya
dengan membaca buku ajar dan buku referensi terkait materi yang sedang dipelajari. Mengasosiasikan ·
Peserta didik
mulai menyusun hasil diskusi tentang kesemua materi yang sudah dipelajari
pada BAB I. ·
Peserta didik
menyimpulkan kesemua materi yang sudah dipelajari pada BAB I. Mengomunikasikan ·
Peserta didik mengomunikasikan
pengetahuan yang didapat ketika mempelajari keseluruhan materi yang ada di BAB I. ·
Guru memberikan
penegasan terhadap hasil pembelajaran peserta didik. |
60 menit |
Penutup Guru bersama peserta didik baik secara individual
maupun kelompok melakukan refleksi untuk: ·
Mengevaluasi seluruh rangkaian aktivitas pembelajaran dan hasil-hasil
yang diperoleh untuk selanjutnya secara bersama menemukan manfaat langsung
maupun tidak langsung dari hasil pembelajaran yang telah berlangsung; ·
Guru menginformasikan kepada siswa bahwa pertemuan berikutnya
dilaksanakan Penilaian Harian dan menyampaikan KKM yaitu 83 ·
Menutup kegiatan pembelajaran dengan berdoa bersama sesuai dengan agama
dan kepercayaannya masing-masing. |
15 menit |
Penilaian
No. |
Kompetensi |
Teknik |
Instrumen |
Keterangan |
1. |
KI 1 dan KI 2 |
Observasi |
·
Lembar observasi |
Terlampir |
2. |
KI 3 |
Tes
tertulis |
·
Pilihan ganda ·
Uraian ·
Tugas (mandiri atau kelompok) |
Terlampir |
3. |
KI 4 |
Kinerja |
·
Lembar laporan tugas |
Terlampir |
LAMPIRAN
Penilaian KI 1
INSTRUMEN
PENILAIAN SIKAP SPIRITUAL
(LEMBAR OBSERVASI)
A.
Petunjuk
Umum
1. Instrumen
penilaian sikap spiritual ini berupa Lembar Observasi. Observasi merupakan
teknik penilaian yang dilakukan secara berkesinambungan dengan menggunakan
indera, baik secara langsung maupun tidak langsung dengan menggunakan
instrument yang berisi sejumlah indikator perilaku yang diamati. Pada jenjang
SMA/MA, kompetensi sikap spiritual mengacu pada KI-1: Menghayati dan
mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Instrumen ini diisi oleh guru yang
mengajar peserta didik yang dinilai.
B.
Petunjuk
Pengisian
Secara periodik, misalnya 1 atau 2 minggu
sekali guru melakukan penilaian sikap spiritual peserta didik. Caranya, guru
memberi
tanda cek (√) pada kolom skor sesuai sikap spiritual yang
ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut.
·
4 = selalu,
apabila peserta didik selalu
melakukan sesuai pernyataan.
·
3 = sering,
apabila peserta didik sering
melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang
tidak
melakukannya.
·
2 = kadang-kadang,
apabila peserta didik kadang-kadang
melakukan dan sering tidak
melakukannya.
·
1 = tidak
pernah, apabila peserta didik tidak
pernah melakukannya.
C.
Lembar
Observasi
Kelas : ….
Semester : ….
TahunAjaran : ….
Periode Pengamatan : Tanggal … s.d. ….
No |
Aspek
Pengamatan |
|
1 |
Berdoa sebelum dan
sesudah melakukan sesuatu |
|
2 |
Mengucapkan rasa
syukur atas karunia Tuhan |
|
3 |
Memberi
salam sebelum dan sesudah menyampaikan pendapat/presentasi |
|
4 |
Merasakan keberadaan
dan kebesaran Tuhan saat mempelajari ilmu pengetahuan |
|
5 |
Melaksanakan ibadah
keseharian baik yang diwajibkan maupun yang dianjurkan sesuaidengan agama
yang dianutnya |
|
Jumlah
Skor |
Lembar Observasi
No. |
Nama Peserta Didik |
Aspek Pengamatan |
Jumlah |
Rerata Skor |
Nilai |
Keterangan |
||||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
||||||
1 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Dst |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Guru
Mata Pelajaran
Crispim Marcelino
Penilaian KI 2
INSTRUMEN
PENILAIAN SIKAP SOSIAL
(LEMBAR OBSERVASI)
A.
Petunjuk
Umum
1. Instrumen
penilaian sikap sosial ini berupa Lembar Observasi. Sikap sosial yang dikembangkan pada
Kompetensi Inti 2 di jenjang SMA/MA
meliputi:
a.
jujur
b.
kreatif
c.
disiplin
d.
tanggung
jawab
e.
toleransi
f.
gotong
royong
g.
santun
h.
responsif
i.
pro aktif
2.
Instrumen ini diisi oleh guru yang
mengajar peserta didik yang dinilai.
B.
Petunjuk
Pengisian
Secara periodik, misalnya 1 atau 2 minggu
sekali guru melakukan penilaian sikap sosial peserta didik. Caranya, guru memberi tanda cek (√) pada kolom skor sesuai sikap sosial yang ditampilkan
oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut.
·
4 = selalu,
apabila peserta didik selalu
melakukan sesuai pernyataan.
·
3 = sering,
apabila peserta didik sering
melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang
tidak
melakukannya.
·
2 = kadang-kadang,
apabila peserta didik kadang-kadang
melakukan dan sering tidak
melakukannya.
·
1 = tidak
pernah, apabila peserta didik tidak
pernah melakukannya.
Guna
memudahkan penilian, guru dapat membaca indikator tiap-tiap aspek sosial
sebagai berikut.
Tabel
Daftar Deskripsi Indikator
Sikap dan Pengertian |
Contoh Indikator |
1.
Jujur adalah
perilaku dapat dipercaya dalam perkataan, tindakan, dan pekerjaan. |
· Tidak menyontek dalam mengerjakan
ujian/ulangan · Tidak menjadi plagiat (mengambil/menyalin
karya orang lain tanpa menyebutkan sumber) · Mengungkapkan perasaan apa adanya · Menyerahkan kepada yang berwenang barang
yang ditemukan · Membuat laporan berdasarkan data atau
informasi apa adanya · Mengakui kesalahan atau kekurangan yang
dimiliki |
2.
Kreatif Kemampuan seseorang untuk melahirkan sesuatu yang baru, baik berupa
gagasan maupun karya nyata, baik dalam bentuk karya baru maupun kombinasi
dengan hal-hal yang sudah ada, yang belum pernah ada sebelumnya. |
·
Menghasilkan ide/karya
inovatif yang
dipublikasikan/dipasarkan. ·
Menghasilkan
ide/karya inovatif untuk kalangan
sendiri/ skala kecil. ·
Memodifikasi dan
menggabungkan beberapa ide/karya untuk menghasilkan gagasan/karya baru. ·
Mencoba membuat
ide/karya dari contoh yang sudah ada. |
3.
Disiplin adalah
tindakan yang menunjukkan perilaku tertib dan patuh pada berbagai ketentuan
dan peraturan. |
· Datang tepat waktu · Patuh pada tata tertib atau aturan bersama/
sekolah · Mengerjakan/mengumpulkan tugas sesuai dengan waktu yang ditentukan · Mengikuti kaidah berbahasa tulis yang baik
dan benar |
4.
Tanggungjawab adalah sikap dan perilaku seseorang untuk melaksanakan
tugas dan kewajibannya, yang seharusnya dia lakukan, terhadap diri sendiri,
masyarakat, lingkungan (alam, sosial dan budaya), negara dan Tuhan Yang Maha
Esa |
· Melaksanakan tugas individu dengan baik · Menerima resiko dari tindakan yang dilakukan · Tidak menyalahkan/menuduh orang lain tanpa
bukti yang akurat · Mengembalikan barang yang dipinjam · Mengakui dan meminta maaf atas kesalahan
yang dilakukan · Menepati janji · Tidak menyalahkan orang lain utk kesalahan tindakan kita sendiri · Melaksanakan apa yang pernah dikatakan tanpa
disuruh/diminta |
5.
Toleransi adalah
sikap dan tindakan yang menghargai keberagaman latar belakang, pandangan, dan
keyakinan |
· Tidak mengganggu teman yang berbeda pendapat · Menerima kesepakatan meskipun berbeda dengan
pendapatnya · Dapat menerima kekurangan orang lain · Dapat mememaafkan kesalahan orang lain · Mampu dan mau bekerja sama dengan siapa pun
yang memiliki keberagaman latar belakang, pandangan, dan keyakinan · Tidak memaksakan pendapat atau keyakinan
diri pada orang lain · Kesediaan untuk belajar dari (terbuka terhadap) keyakinan dan gagasan
orang lain agar dapat memahami orang lain lebih baik · Terbuka terhadap atau kesediaan untuk
menerima sesuatu yang baru |
6.
Gotongroyong adalah
bekerja bersama-sama dengan orang lain untuk mencapai tujuan bersama dengan
saling berbagi tugas dan tolong menolong secara ikhlas. |
· Terlibat aktif dalam bekerja bakti
membersihkan kelas atau sekolah · Kesediaan melakukan tugas sesuai kesepakatan · Bersedia membantu orang lain tanpa mengharap
imbalan · Aktif dalam kerja kelompok · Memusatkan perhatian pada tujuan kelompok · Tidak mendahulukan kepentingan pribadi · Mencari jalan untuk mengatasi perbedaan
pendapat/pikiran antara diri sendiri dengan orang lain · Mendorong orang lain untuk bekerja sama demi
mencapai tujuan bersama |
7.
Santun adalah sikap baik dalam pergaulan baik
dalam berbahasa maupun bertingkah laku. Norma kesantunan bersifat relatif,
artinya yang dianggap baik/santun pada tempat dan waktu tertentu bisa berbeda
pada tempat dan waktu yang lain. |
· Menghormati orang yang lebih tua. · Tidak berkata-kata kotor, kasar, dan takabur. · Tidak meludah di sembarang tempat. · Tidak menyela pembicaraan pada waktu yang
tidak tepat · Mengucapkan terima kasih setelah menerima
bantuan orang lain · Bersikap 3S (salam, senyum, sapa) · Meminta ijin ketika akan memasuki ruangan
orang lain atau menggunakan barang milik orang lain · Memperlakukan orang lain sebagaimana diri
sendiri ingin diperlakukan |
8.
Responsif Adalah kesadaran akan tugas yang harus
dilakukan dengan sungguh-sungguh. Kepekaan yang tajam dalam menyikapi
berbagai hal yang dihadapinya dan kepahaman makna tanggungjawab yang harus
dipikul adalah ciri utama kepribadiannya |
·
Tanggap terhadap
kerepotan pihak lain dan segera memberikan solusi dan atau pertolongan ·
Berperan aktif
terhadap berbagai kegiatan sekolah dan/atau sosial ·
Bergerak cepat dalam
melaksanakan tugas/kegiatan ·
Berfikir lebih maju terhadap
segala hal |
9.
Proaktif Adalah sikap seseorang yang mampu
membuat pilihan dikala mendapatkan stimulus.
Seseorang yang bersikap proaktif mampu memberi jeda antara datangnya stimulus
dengan keputusan untuk memberi respon. Pada saat jeda tersebut seseorang yang
proaktif dapat membuat pilihan dan mengambil respon yang dipandang terbaik
bagi dirinya. |
·
Berinisiatif dalam
bertindak terkait dengan tugas/pekerjaan atau social ·
Mampu memanfaatkan peluang yang
ada ·
Memiliki motivasi untuk terus
maju dan berkembang ·
Fokus pada
hal-hal yang memungkin-kan untuk
diubah atau diperbaik |
C.
Lembar
Observasi
Kelas : ….
Semester : ….
TahunAjaran : ….
Periode Pengamatan : Tanggal … s.d. ….
No |
Nama Peserta Didik |
|
|
Sikap |
Jumlah |
Rerata Skor |
Nilai |
Keterangan |
||||||
Jujur |
Kreatif |
Disiplin |
Tanggung Jawab |
Toleransi |
Gotong Royong |
Santun |
Responsif |
Pro aktif |
||||||
1 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
dst |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Guru
Mata Pelajaran
Crispim
Marcelino
Penilaian KI 3
(Ambil soal di ulangan harian)
PILIH SALAH
SATU JAWABAN DENGAN BENAR
1. Pancasila sebagai dasar
negara ditetapkan pada ....
A. 29 Mei 1945
B. 18 Agustus 1945
C. 1 Juni 1945
D. 31 Mei 1945
Jawaban
B
2. Rumusan Pancasila secara
resmi tercentum dalam ....
A. Dokumen resmi negara
B. Batang tubuh UUD 1945
C. Pembukaan UUD 1945
D. Piagam Jakarta
Jawaban
C
3. Pancasila sebagai ciri
khas bangsa Indonesia yang membedakan dengan bangsa lain. Hai ini Pancasila
disebut sebagai ....
A. Alat pemersatu
B. Jiwa dan kepribadian
bangsa
C. Perjanjian luhur
D. Moral pembangunan
Jawaban
B
4. Perumusan dasar negara
pertama kali dibentuk pada tanggal ....
A. 1 Juni 1945
B. 1 maret 1945
C. 29 Mei 1945
D. 18 Agustus 1945
Jawaban
C
5. Upaya yang paling tepat
untuk mempertahankan Pancasila sebagai dasar negara dalam kehidupan masyarakat
adalah ....
A. Dapat menghapal sila-sila
Pancasila
B. Mengerti dan memahami
Pancasila
C. Mampu mewujudkan
nilai-nilai Pancasila dalam perilaku sehari-hari
D. Mengkaji dan
membandingkan dengan negara lain
Jawaban
C
6. Pancasila sebagai
pandangan kehidupan bangsa merupakan .....
A. Penjabaran dari pola
perilaku hidup manusia indonesia
B. Norma dasar yang menjadi
pedoman hidup manusia Indonesia
C. Cara pandang bangsa
Indonesia dalam menghadapi kemerdekaan
D. Kristalisasi nilai-nilai
yang hidup dalam masyarakat indoensia
Jawaban
B
7. Mewujudkan keselamatan
dan keutuhan bansga dan negara di atas kepentingan pribadi dan golongan,
merupakan perwujudan nyata Pancasila, yaitu ....
A. Sila ke-3
B. Sila ke-1
C. Sila ke-5
D. Sila ke-2
Jawaban
A
8. Sila keempat Kerkyatan
yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan
memberikan tuntutan kepada manusia agar ....
A. Tidak bergaya hidup mewah
dan individualis
B. Menghormati keputusan
pemmpin rapat
C. Menghirmati orang lain
yang lebih tua
D. Menghargai dan
menghormati pendapat orang lain
Jawaban
D
9. Setelah melalui
pembahasan,akhirnya panitia Sembilan berhasil menyusun sebuah dokumen sejarah
mengenai dasar negaraa RI yang disebut
....
A. Piagam Jakarta
B. Pancasila
C. Pembukaan UUD 1945
D. Piagam Charter
Jawaban
A
10. Gambaran kehidupan bangsa
Indonesia yang diharapkan adalah kehidupan yang ....
A. Dilengkapi dengan system
dan teknologi modern
B. Penuh kemehan, kebebsan,
dan kenikmatan
C. Didukung kejuan ekonomi
yang pesat
D. Adil dan makmur dilandasi
nilai-nilai luhur Pancasila
Jawaban
D
11. Sila Pancasila mengandung
nilai religious, yaitu ....
A. Pengakuan terhadap
martabat manusia
B. Ketakwaan terhadap Tuhan
Yang Maha Esa
C. Perlakuan yang sama
terhadap sesama manusia
D. Sikap saling mencintai
sesama manusia
Jawaban
B
12. Untuk menwujudkan nilai-nilai
luhur bangsa Indonesia, kita perlu ....
A. Menciptakan kondisi dan
situasi yang baik
B. Mempelajari sejarah
bangsa Indonesia
C. Berperilaku sesuai
Pancasila
D. Memahami budaya bangsa
Indoensia
Jawaban
C
13. Nilai kerakyatan yang
terdapat dalam Pancasila mengandung arti bahwa ...
A. Akan adanya kebebasan
untuk memeluk agamanya
B. Terdapat kesadaran sikap
dan perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai moal
C. Bermusyawarah untuk
mencapai mufakat
D. Adanya persatuan untuk
membina rasa nasionalisme
Jawaban
C
14. Manakah yang bukan merupakan
tokoh-tokoh yang mengusulkan dasar negara Indonesia pada sidang BPUPKI ....
A.
B.
C.
D.
Jawaban
C
15. Berikut merupaan lambang
sila kedua yaitu ....
A.
B.
C.
D.
Jawaban
D
16. Merupakan salah satu
tujuan negara yang hendak mewujudkan tata masyarakat Indonesia yang adildan
makmur beradarkan Pancasila.
Pernyataan tersebut merupakan karakteristik
yang terkandung dalam pancasila silake ....
A. 3
B. 2
C. 5
D. 4
Jawaban
C
17. Semua sila dari Pancasila
tidak dapat dilaksanakan secara terpisah-pisah, karena Pancasila merupakan satu
kesatuan yang utuh dan saling berkaitan.
Pernyataan yang benar dari hal tersebut adalah
....
A. Sila ketiga didasari oleh
sila keempat dan sila kelima
B. Silakelima merupakan sila
yang paling utama mendasari keempat sila lainnya
C. Sila pertama merupakan sila pertama dan utama yang mendasari keempat
sila lainnya
D. Sila kedua didasari sila
ketiga, keempat dan kelima, serta mendasari sila kelima
Jawaban
C
18. Berikut merupakan sikap
positif seorang siswa terhadap Pancasila yang paling tepat adalah ...
A. Toleransi kepada teman yang
berbeda agama
B. Membantu teman yang
seagama saja
C. Membaca buku biografi
anggota PPKI
D. Mengahafalkan hasil-hasil
sidang PPKI
Jawaban
A
19. Perhatikan pernyataan
berikut!
1)
Menetapkan APBN
2)
Mengangkat menteri sebagai pembantu presiden
3)
Pengesahan UUD Tahun 1945
4)
Memilih Ir. Soekarno sebagai presiden dan Drs.Mohammad Hatta sebagai
wakil presiden
5)
Membentuk Komite Nasional Indonesia Pusat (KNIP) untuk membantu tugas
presiden sebelum dibentuk DPR/MPR.
Pernyataan yang
menunjkkan hasil sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945 adalah ....
A. 1), 2), dan 3)
B. 3), 4), dan 5)
C. 2), 4), dan 5)
D. 1), 3), dan 5)
Jawaban
B
20. Pancasila berkedudukan
sebagai dasar negara, artinya ....
A. ditulis di dalam dokumen
negara
B. dijadikan dasar mengatur
negara
C. ditulis dalam lambang
negara
D. diajarkan pada pendidikan
formal
Jawaban
B
KERJAKAN
DENGAN BENAR
1.
Jelaskan makna Pancasila sebagai kepribadian bangsa.
2.
Jelaskan fungsi dan kedudukan Pancasila
sebagai pandangan hidup bangsa.
3.
Apakah arti penting tentang Pancasila
sebagai dasar dan pandangan hidup bagi bangsa Indonesia.
4.
Tuliskan tiga pengamalan Pancasila yang
dapat kalian lakukan dalam lingkungan masyarakat.
5.
Tuliskan tiga contoh tindakan
berdasarkan nilai-nilai luhur yang tercermin dalam sila ketiga.
Jawaban
alternative
1. pancasila
merupakan padangan hidup yang digali langsung dari budaya Indonesia sendiri
2.
Pancasila di tetapkan sebagai dasar negara
Indonesia pada tanggal 18 Agustus 1945 sehari setelah Indonesia merdeka.
Nilai-nilai yang terkandung mempinyai nilai estetika, mengandung unsur yang
jelas tentang tujuan dan cita-cita bangsa Indonesia, dan juga pancasila
merupakan cita-cita luhur bangsa Indonesia.
3.
Pancasila turut mengatur
penyelenggaraan negara. Pancasila
juga menjadi pedoman dalam bertingkah laku di kehidupan masyarakat Indonesia
4.
Tiga pengamalan Pancasila yang
dapat kalian lakukan dalam lingkungan sekolah antara lain:
1)
Menghormati teman yang berbeda
agama.
2)
Menjalankan perintah agama
masing-masing.
3)
Melakukan kewajiban sebagai
seorang siswa.
5.
Alternatif
1)
Saling menghargai pendapat orang lain.
2)
bermusyawarah untuk mufakat.
3)
tidak merendahkan suatu golongan dan tidak mencaci pendapat
orang lain
Guru
Mata Pelajaran
Penilaian KI 4
Penilaian Kinerja
Nama : ............................................ Kelas : ............................................ No.
Absen :
............................................
Lakukan
kegiatan berikut ini! Bekerjasamalah dengan kelompokmu!
Bentuklah
kelompok beranggotakan 5 orang! Dalam berdiskusi hargailah pendapat anggota
kelompok Anda dalam menyampaikan suatu pendapat dan saling
menghormati dengan pendapat yang berbeda.
1.
Buatlah sebuah karya ilmiah yang membahas tentang hal-hal berikut ini!
a.
Kedudukan, Fungsi, dan Arti Pancasila
b.
Arti Penting Pancasila sebagai Dasar
Negara dan Pandangan Hidup
c.
Nilai-Nilai Pancasila sebagai Dasar
Negara dan Pandangan Hidup
d.
Membiasakan Diri Berperilaku Sesuai
dengan Nilai-Nilai Pancasila dalam
Berbagai Aspek Kehidupan
2. Gunakan
kaidah-kaidah dan tata tulis penulisan karya ilmiah!
3. Kerjakan
di buku tugas Anda dan kumpulkan hasil pekerjaan Anda kepada guru untuk
dinilai!
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Mapel PPKn
---------------------------------------- ---------------------------------------------
Komentar
Posting Komentar