Langsung ke konten utama

RPP PKn Kelas 8 - Bab 1 Kedudukan dan Fungsi Pancasila

 

 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP 1)

Mata Pelajaran            : PPKn

Kelas/Semester            : VIII/1

Materi Pokok              : Kedudukan dan Fungsi Pancasila

Alokasi Waktu            : 10 x 2 JP

 

Indikator

·         Peserta didik mensyukuri kedudukan dan fungsi Pancasila bagi bangsa dan negara Indonesia

·         Peserta didik menunjukkan sikap peduli kedudukan dan fungsi Pancasila bagi bangsa dan negara Indonesia

·         Peserta didik mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup

·         Peserta didik menganalisis kedudukan dan fungsi Pancasila bagi bangsa dan negara Indonesia

·         Peserta didik melakukan berbagai perilaku yaang sesuai nilai-nilai Pancasila dalam berbagai segi kehidupan

 

TujuanPembelajaran

Setelah mempelajari materi ini, peserta didik diharapkan mampu:

·         Mensyukuri kedudukan, fungsi, dan arti penting Pancasila;

·         Menghargai arti penting Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup;

·         Mengetahui dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup;

·         Mengetahui dan melakukan berbagai perilaku yaang sesuai nilai-nilai Pancasila dalam berbagai segi kehidupan.

 

Materi Pembelajaran

Kedudukan dan fungsi Pancasila bagi bangsa dan Negara Indonesia

·         Kedudukan, fungsi, dan arti penting Pancasila sebagai Dasar Negara dan pandangan hidup bangsa

·         Nilai-nilai Pancasila sebagai dasar Negara dan pandangan hidup bangsa

·         Membiasakan berperilaku sesuai nilai-nilai Pancasila sebagai dasar Negara dan pandangan hidup bangsa

 

Metode Pembelajaran

Pendekatan     :           Pendekatan kontekstual

Model              :           Siklus Eksplorasi, Elaborasi, Konfirmasi

Metode            :           1. Ceramah

2. Curah Pendapat

3. Presentasi

5. Diskusi

6. Penugasan

 

Media dan Sumber Pembelajaran

1.   Media        

a.    Laptop, CPU

b.   LCD Projector

c.    Film/Video

d.   Gambar/Foto

 

2. Sumber Belajar

a.    Buku Ajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan untuk SMP/MTs Kelas VIII, Penerbit Erlangga

b.   Referensi lain yang relevan

c.    Internet (jika tersedia)

 

KEGIATAN PEMBELAJARAN

 

Pertemuan pertama

Rincian Kegiatan

Waktu

Pendahuluan

·         Salam

·         Guru mengajak peserta didik agar selalu mengamalkan ilmu pengetahuan yang diperoleh di dalam kehidupan sebagai tanda syukur kepada Tuhan.

·         Guru membuat kesepakatan dengan peserta didik terkait kegiatan yang akan dilakukan (termasuk di dalamnya tentang pembagian kelompok kerja peserta didik).

·         Sebagai awalan guru mencoba menampilkan gambar tokoh pengusul dasar negara dan Lambang Garuda Pancasila sebagai wujud syukur terhadap Tuhan Yang Maha Esa.

 

15 menit

Kegiatan Inti:

Mengamati

·         Guru meminta peserta didik untuk membaca buku/referensi tentang Kedudukan dan Fungsi Pancasila, khususnya materi tentang Kedudukan, Fungsi, dan Arti Pancasila.

(Buku PPKn kelas 8, Hal.3-7) ATAU membaca sumber dari google

https://bobo.grid.id/read/082942784/kedudukan-fungsi-dan-arti-pancasila-bagi-bangsa-indonesia?page=all

·         Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk menceritakan pengetahuannya mengenai Pancasila sebagai dasar negara.

·         Guru menampilkan slide presentasi tentang Kedudukan, Fungsi, dan Arti Pancasila.

https://docs.google.com/presentation/d/126YQt9b88qEEfMOzOdXqEzc9cEY4hgo8KlFih4WPdts/edit?usp=sharing

·         Peserta didik mengamati slide persentasi yang disajikan oleh guru.

 

Menanya

·         Guru meminta peserta didik untuk menjawab pre-test yang diberikan guru. Pre-test berupa pertanyaan seputar Kedudukan, Fungsi, dan Arti Pancasila.

https://docs.google.com/forms/d/e/1FAIpQLSex9WKK2juMcGYYH7a2mNd48nE3RMVWV2ZJumhTc2DjtN3Usw/viewform?usp=sf_link

·         Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk mengajukan pertanyaan terkait hasil pengamatan tentang Kedudukan, Fungsi, dan Arti Pancasila.

·         Guru menampung pertanyaan peserta didik dan memberi kesempatan kepada tiap peserta didik atau menunjuk secara acak peserta didik untuk menjawab pertanyaan temannya.

 

Mengeksplorasi

·         Peserta didik mencari jawaban pertanyaan pre-test yang diberikan guru dengan membaca buku ajar dan buku referensi lain.

·         Peserta didik mengumpulkan informasi dari tanya jawab yang dilakukan dan melengkapinya dengan membaca buku ajar dan buku referensi terkait Kedudukan, Fungsi, dan Arti Pancasila.

·         Peserta didik berdiskusi atau melakukan kegiatan secara berkelompok untuk mengidentifikasi dan menganalisis ragam informasi yang diperoleh, kemudian dijadikan bahan untuk menyimpulkan.

Mengerjakan LKPD

https://www.liveworksheets.com/4-rz1139450xk

 

Mengasosiasikan

·         Peserta didik mediskusikan LKPD tentang kedudukan dan fungsi Pancasila.

·         Peserta didik menyimpulkan hasil diskusi/laporan kegiatan yang berkaitan dengan Kedudukan, Fungsi, dan Arti Pancasila.

 

Mengomunikasikan 

·         Peserta didik melaporkan hasildiskusi LKPD kelompoknya.

·         Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi/ kegiatan yang sudah dilakukan di depan kelas dan peserta didik dari kelompok lain memberikan tanggapan.

·         Guru memberikan penegasan terhadap hasil pembelajaran peserta didik.

 

60 menit

Penutup

Guru bersama peserta didik baik secara individual maupun kelompok melakukan refleksi untuk:

·         Mengevaluasi seluruh rangkaian aktivitas pembelajaran dan hasil-hasil yang diperoleh untuk selanjutnya secara bersama menemukan manfaat langsung maupun tidak langsung dari hasil pembelajaran yang telah berlangsung;

·         Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;

·         Memberi perintah mengerjakan ulangan harian dengan jujur dan tertib di kelas;

·         Memberi tugas rumah untuk mengerjakan tugas atau jenis kegiatan peserta didik lain baik secara berkelompok dengan baik sesuai perintah guru;

·         Menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya;

·         Menutup kegiatan pembelajaran dengan berdoa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing.

15 menit

 

Pertemuan kedua

Rincian Kegiatan

Waktu

Pendahulua

·         Guru mengondisikan kelas, agar kondusif untuk mendukung proses pembelajaran dengan cara meminta peserta didik membersihkan papan tulis dan merapikan tempat duduk, menyiapkan buku pelajaran dan buku referensi yang relevan serta alat tulis yang diperlukan.

·         Guru mengajak peserta didik untuk proaktif dalam pembelajaran yang dilaksanakan.

·         Guru memberi penjelasan tentang cakupan materi yang akan dipelajari beserta tujuan pembelajaran yang akan dicapai.

10 menit

Kegiatan Inti:

Mengamati

·         Guru bertanya kepada peserta didik mengenai pengetahuan dasar yang mereka ketahui tentang Arti Penting Pancasila sebagai Dasar Negara dan Pandangan Hidup.

·         Guru meminta peserta didik untuk membaca sebentar tentang Arti Penting Pancasila sebagai Dasar Negara dan Pandangan Hidup.

Lihat buku halaman 9 - 11

·         Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk mengamati materi tentang Arti Penting Pancasila sebagai Dasar Negara dan Pandangan Hidup.

https://docs.google.com/document/d/1SdpbmLyyOxei8dglyFFnhjlE5JrSqeEDJ3jTQyEINRg/edit?usp=sharing

 

Menanya

·         Guru meminta peserta didik untuk menjawab pre-test yang diberikan guru. Pre-test berupa pertanyaan seputar Arti Penting Pancasila sebagai Dasar Negara dan Pandangan Hidup.

https://docs.google.com/forms/d/e/1FAIpQLScnZC1G-9x41eJhQGzJgqJqKg7hL9uQVtaJN0jqjicZnzegzg/viewform?usp=sf_link

·         Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk mengajukan pertanyaan terkait hasil pengamatan mereka tentang Arti Penting Pancasila sebagai Dasar Negara dan Pandangan Hidup

Misalnya :

1.      Apa perbedaan arti pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup?

2.      Jelaskan fungsi dan peran pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup

3.      Sebutkan manfaat pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup

4.      Apa akibatnya jika tidak memiliki dasar negara dan pandangan hidup?

Jawaban :

https://docs.google.com/document/d/1RlfGKRJuE1evkuHc8iN_YkJMsT_yGiVIMhU7fAFCl-w/edit?usp=sharing

·         Guru menampung pertanyaan peserta didik dan memberi kesempatan kepada tiap peserta didik atau menunjuk secara acak peserta didik untuk menjawab pertanyaan temannya.

 

Mengeksplorasi

·         Peserta didik mencari jawaban pertanyaan pre-test yang diberikan guru dengan membaca buku ajar dan buku referensi lain.

·         Peserta didik mengumpulkan informasi dari tanya jawab yang dilakukan dan melengkapinya dengan membaca buku ajar dan buku referensi terkait Arti Penting Pancasila sebagai Dasar Negara dan Pandangan Hidup.

·         Peserta didik berdiskusi atau melakukan kegiatan secara berkelompok untuk mengidentifikasi dan menganalisis ragam informasi yang diperoleh, kemudian dijadikan bahan untuk menyimpulkan (Sebagai bahan diskusi/kegiatan, guru dapat meminta peserta didik untuk mengerjakan tugas/kegiatan peserta didik yang ada dalam buku ajar).

 

Mengasosiasikan

·         Peserta didik menyusun hasil diskusi tentang Arti Penting Pancasila sebagai Dasar Negara dan Pandangan Hidup.

·         Peserta didik merumuskan tentang Arti Penting Pancasila sebagai Dasar Negara dan Pandangan Hidup.

 

Mengomunikasikan 

·         Peserta didik menuliskan laporan kerja kelompok.

·         Peserta didik mempresentasikan hasil kerja kelompok di depan kelas dan peserta didik dari kelompok lain memberikan tanggapan.

·         Guru memberikan penegasan terhadap hasil pembelajaran peserta didik.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

60 menit

Penutup

Guru bersama peserta didik baik secara individual maupun kelompok melakukan refleksi untuk:

·         Mengevaluasi seluruh rangkaian aktivitas pembelajaran dan hasil-hasil yang diperoleh untuk selanjutnya secara bersama menemukan manfaat langsung maupun tidak langsung dari hasil pembelajaran yang telah berlangsung;

·         Menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya;

·         Menutup kegiatan pembelajaran dengan berdoa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing.

10 menit

 

Pertemuan ketiga

Rincian Kegiatan

Waktu

Pendahuluan

·         Guru mengondisikan kelas, agar kondusif untuk mendukung proses pembelajaran dengan cara meminta peserta didik membersihkan papan tulis dan merapikan tempat duduk, menyiapkan buku pelajaran dan buku referensi yang relevan serta alat tulis yang diperlukan.

·         Guru mengajak peserta didik agar selalu mengamalkan ilmu pengetahuan yang diperoleh di dalam kehidupan sebagai tanda syukur kepada Tuhan.

·         Guru memberi penjelasan tentang cakupan materi yang akan dipelajari beserta tujuan pembelajaran yang akan dicapai.

15 menit

Kegiatan Inti:

Mengamati

·         Guru meminta peserta didik untuk membaca sebentar tentang Nilai-Nilai Pancasila sebagai Dasar Negara dan Pandangan Hidup.

Baca buku halaman 12-15

·         Guru memberi kesempatan kepada setiap kelompok untuk mengamati beberapa perilaku melanggar Nilai-Nilai Pancasila sebagai Dasar Negara dan Pandangan Hidup

Contoh : Siswa menganalsis aksi tawuran yang terjadi di daerah Padang.

https://sumbar.suara.com/read/2022/07/28/185547/viral-video-tawuran-pelajar-serbu-lawan-ke-gerbang-sekolah-pakai-celurit-di-padang-terjadi-di-kalawi-dan-cengkeh

 

Menanya

·         Guru memberi kesempatan kepada setiap kelompok untuk mengajukan pertanyaan terkait hasil pengamatan mereka tentang Nilai-Nilai Pancasila sebagai Dasar Negara dan Pandangan Hidup.

·         Guru mencoba untuk menjawab setiap pertanyaan yang diajukan oleh setiap kelompok terkait Nilai-Nilai Pancasila sebagai Dasar Negara dan Pandangan Hidup.

 

Mengeksplorasi

·         Peserta didik mengumpulkan informasi dari tanya jawab yang dilakukan dan melengkapinya dengan membaca buku ajar dan buku referensi terkait Nilai-Nilai Pancasila sebagai Dasar Negara dan Pandangan Hidup atau searching di google.

·         Peserta didik berdiskusi atau melakukan kegiatan secara berkelompok untuk mengidentifikasi dan menganalisis ragam informasi yang diperoleh, kemudian dijadikan bahan untuk menyimpulkan (Sebagai bahan diskusi/kegiatan, guru dapat meminta peserta didik untuk mengerjakan LKPD secara bersama-sama

https://docs.google.com/document/d/14TPYfo2aO0aUqm5GEiDk0TYTHcvbCX5WnEGgqpQPCEw/edit?usp=sharing

 

Mengasosiasikan

·         Peserta didik merumuskan tentang Nilai-Nilai Pancasila sebagai Dasar Negara dan Pandangan Hidup.

·         Setiap kelompok mulai menyusun makalah sebagai bahan prsentasi yang akan disajikan di depan kelas.

·         Setiap kelompok membuat slide prsentasi yang akan disajikan di depan kelas.

 

Mengomunikasikan 

·         Peserta didik mempresentasikan hasil kerja kelompok di depan kelas dan peserta didik dari kelompok lain memberikan tanggapan.

·         Guru memberikan penegasan terhadap hasil pembelajaran peserta didik.

 

60 menit

Penutup

Guru bersama peserta didik baik secara individual maupun kelompok melakukan refleksi untuk:

·         Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;

·         Memberi tugas rumah untuk mengerjakan tugas atau jenis kegiatan peserta didik lain baik secara berkelompok dengan baik sesuai perintah guru;

·         Menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya;

·         Siswa mengerjakan tugas di rumah dan dikumpulkuan pada minggu berikutnya

https://docs.google.com/document/d/1A1NyBj_eIVBiLnWDvxC2dUyPvPlmXN7R8muOUMGyK6k/edit?usp=sharing

·         Menutup kegiatan pembelajaran dengan berdoa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing.

10 menit

 

 

Pertemuan keempat

Rincian Kegiatan

Waktu

Pendahuluan

·         Guru mengondisikan kelas, agar kondusif untuk mendukung proses pembelajaran dengan cara meminta peserta didik membersihkan papan tulis dan merapikan tempat duduk, menyiapkan buku pelajaran dan buku referensi yang relevan serta alat tulis yang diperlukan.

·         Guru mengajak peserta didik agar selalu mengamalkan ilmu pengetahuan yang diperoleh di dalam kehidupan sebagai tanda syukur kepada Tuhan.

·         Guru memberi penjelasan tentang cakupan materi yang akan dipelajari beserta tujuan pembelajaran yang akan dicapai.

·         Siswa mengumpulkan tugas minggu lalu

10 menit

Kegiatan Inti:

Mengamati

·         Guru meminta peserta didik untuk membaca sebentar tentang Membiasakan Diri Berperilaku Sesuai dengan Nilai-Nilai Pancasila dalam Berbagai Aspek Kehidupan

Baca buku halaman16-20

·         Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk mengamati beberapa permasalahan yang terkait materi yang sedang dipelajari.

Misalnya cara berkomunikasi dengan orang tua dan guru yang baik, bagaimana menghindari berkata kotor, mengapa harus membully dll

 

Menanya

·         Guru menanya kepada peserta didik cara mereka Membiasakan Diri Berperilaku Sesuai dengan Nilai-Nilai Pancasila dalam Berbagai Aspek Kehidupan.

·         Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk mengajukan pertanyaan terkait hasil pengamatan mereka tentang materi yang sedang dipelajari.

Misalnya pertanyaan alternatif :

https://docs.google.com/document/d/1N9QkdDGTuwDDLoyyuZkNCdTbfQa73_e3ucJDbPXJzFg/edit?usp=sharing  

·         Guru menampung pertanyaan peserta didik dan memberi kesempatan kepada tiap peserta didik atau menunjuk secara acak peserta didik untuk menjawab pertanyaan temannya.

misalnya solusi alternatif

https://docs.google.com/document/d/1sY9N8RQ5R-pLQSjKtBUmgYzETfl3VNNemSe4a4j33_k/edit?usp=sharing

 

Mengeksplorasi

·         Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk mengutarakan pendapatnya tentang Membiasakan Diri Berperilaku Sesuai dengan Nilai-Nilai Pancasila dalam Berbagai Aspek Kehidupan.

·         Peserta didik mengumpulkan informasi dari tanya jawab yang dilakukan dan melengkapinya dengan membaca buku ajar dan buku referensi terkait materi yang sedang dipelajari.

 

Mengasosiasikan

·         Peserta didik mulai menyusun hasil diskusi tentang kesemua materi yang sudah dipelajari pada BAB I.

·         Peserta didik menyimpulkan kesemua materi yang sudah dipelajari pada BAB I.

 

Mengomunikasikan 

·         Peserta didik mengomunikasikan pengetahuan yang didapat ketika mempelajari keseluruhan materi yang ada di BAB I.

·         Guru memberikan penegasan terhadap hasil pembelajaran peserta didik.

 

60 menit

Penutup

Guru bersama peserta didik baik secara individual maupun kelompok melakukan refleksi untuk:

·         Mengevaluasi seluruh rangkaian aktivitas pembelajaran dan hasil-hasil yang diperoleh untuk selanjutnya secara bersama menemukan manfaat langsung maupun tidak langsung dari hasil pembelajaran yang telah berlangsung;

·         Guru menginformasikan kepada siswa bahwa pertemuan berikutnya dilaksanakan Penilaian Harian dan menyampaikan KKM yaitu 83

·         Menutup kegiatan pembelajaran dengan berdoa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing.

15 menit

 

 

 

 

 

Penilaian

 

No.

Kompetensi

Teknik

Instrumen

Keterangan

1.

KI 1 dan

KI 2

Observasi

 

·            Lembar observasi

Terlampir

2.

KI 3

Tes tertulis

·            Pilihan ganda

·            Uraian

·            Tugas (mandiri atau kelompok)

Terlampir

3.

KI 4

Kinerja

·            Lembar laporan tugas

Terlampir

 

 

 

 

 

 

 

LAMPIRAN

Penilaian KI 1

 

INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP SPIRITUAL

(LEMBAR OBSERVASI)

 

A.      Petunjuk Umum

1.    Instrumen penilaian sikap spiritual ini berupa Lembar Observasi. Observasi merupakan teknik penilaian yang dilakukan secara berkesinambungan dengan menggunakan indera, baik secara langsung maupun tidak langsung dengan menggunakan instrument yang berisi sejumlah indikator perilaku yang diamati. Pada jenjang SMA/MA, kompetensi sikap spiritual mengacu pada KI-1:  Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya.

2.         Instrumen ini diisi oleh guru yang mengajar peserta didik yang dinilai.

 

B.       Petunjuk Pengisian

Secara periodik, misalnya 1 atau 2 minggu sekali guru melakukan penilaian sikap spiritual peserta didik. Caranya, guru memberi tanda cek (√) pada kolom skor sesuai sikap spiritual yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut.

·         4 = selalu, apabila peserta didik selalu melakukan sesuai pernyataan.

·         3 = sering, apabila peserta didik sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang

 tidak melakukannya.

·         2 = kadang-kadang, apabila peserta didik kadang-kadang melakukan dan  sering tidak

melakukannya.

·         1 = tidak pernah, apabila peserta didik tidak pernah melakukannya.

 

C.      Lembar Observasi

Kelas                               : ….

Semester                          : ….

TahunAjaran                    : ….

Periode Pengamatan        :            Tanggal s.d. ….

 

No

Aspek Pengamatan

1

Berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu

2

Mengucapkan rasa syukur atas karunia Tuhan

3

Memberi salam sebelum dan sesudah menyampaikan pendapat/presentasi

4

Merasakan keberadaan dan kebesaran Tuhan saat mempelajari ilmu pengetahuan

5

Melaksanakan ibadah keseharian baik yang diwajibkan maupun yang dianjurkan sesuaidengan agama yang dianutnya

 Jumlah Skor

 


Lembar Observasi

No.

Nama

Peserta Didik

Aspek Pengamatan

Jumlah

Rerata Skor

Nilai

Keterangan

1

2

3

4

5

1

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

6

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

7

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

8

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

9

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

10

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Dst

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Guru Mata Pelajaran

 

 

 

Crispim Marcelino

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Penilaian KI 2 

 

INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP SOSIAL

(LEMBAR OBSERVASI)

A.      Petunjuk Umum

1.    Instrumen penilaian sikap sosial ini berupa Lembar Observasi.  Sikap sosial yang dikembangkan pada Kompetensi Inti 2 di jenjang SMA/MA  meliputi:

a.       jujur

b.      kreatif

c.       disiplin

d.      tanggung jawab

e.       toleransi

f.       gotong royong

g.      santun

h.      responsif

i.        pro aktif

2.         Instrumen ini diisi oleh guru yang mengajar peserta didik yang dinilai.

B.       Petunjuk Pengisian

Secara periodik, misalnya 1 atau 2 minggu sekali guru melakukan penilaian sikap sosial peserta didik. Caranya, guru memberi tanda cek (√) pada kolom skor sesuai sikap sosial yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut.

·         4 = selalu, apabila peserta didik selalu melakukan sesuai pernyataan.

·         3 = sering, apabila peserta didik sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang

tidak melakukannya.

·         2 = kadang-kadang, apabila peserta didik kadang-kadang melakukan dan  sering tidak

melakukannya.

·         1 = tidak pernah, apabila peserta didik tidak pernah melakukannya.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Guna memudahkan penilian, guru dapat membaca indikator tiap-tiap aspek sosial sebagai berikut.

Tabel Daftar Deskripsi Indikator


Sikap dan Pengertian

Contoh Indikator

1.    Jujur

adalah perilaku dapat dipercaya dalam perkataan, tindakan, dan pekerjaan.

·      Tidak menyontek dalam mengerjakan ujian/ulangan

·      Tidak menjadi plagiat (mengambil/menyalin karya orang lain tanpa menyebutkan sumber)

·      Mengungkapkan perasaan apa adanya

·      Menyerahkan kepada yang berwenang barang yang ditemukan

·      Membuat laporan berdasarkan data atau informasi apa adanya

·      Mengakui kesalahan atau kekurangan yang dimiliki

2.    Kreatif

Kemampuan seseorang untuk melahirkan sesuatu yang baru, baik berupa gagasan maupun karya nyata, baik dalam bentuk karya baru maupun kombinasi dengan hal-hal yang sudah ada, yang belum pernah ada sebelumnya.

·        Menghasilkan   ide/karya  inovatif  yang dipublikasikan/dipasarkan.

·        Menghasilkan ide/karya inovatif  untuk kalangan sendiri/ skala kecil.

·        Memodifikasi dan menggabungkan beberapa ide/karya untuk menghasilkan gagasan/karya baru.

·        Mencoba membuat ide/karya  dari contoh yang sudah ada.

3.    Disiplin

adalah tindakan yang menunjukkan perilaku tertib dan patuh pada berbagai ketentuan dan peraturan.

·      Datang tepat waktu

·      Patuh pada tata tertib atau aturan bersama/ sekolah

·      Mengerjakan/mengumpulkan tugas sesuai  dengan waktu yang ditentukan

·      Mengikuti kaidah berbahasa tulis yang baik dan benar

4.    Tanggungjawab

adalah sikap dan perilaku seseorang untuk melaksanakan tugas dan kewajibannya, yang seharusnya dia lakukan, terhadap diri sendiri, masyarakat, lingkungan (alam, sosial dan budaya), negara dan Tuhan Yang Maha Esa

·      Melaksanakan tugas individu dengan baik

·      Menerima resiko dari tindakan yang dilakukan

·      Tidak menyalahkan/menuduh orang lain tanpa bukti yang akurat

·      Mengembalikan barang yang dipinjam

·      Mengakui dan meminta maaf atas kesalahan yang dilakukan

·      Menepati janji

·      Tidak menyalahkan orang lain utk  kesalahan tindakan kita sendiri

·      Melaksanakan apa yang pernah dikatakan tanpa disuruh/diminta

5.    Toleransi

adalah sikap dan tindakan yang menghargai keberagaman latar belakang, pandangan, dan keyakinan

·      Tidak mengganggu teman yang berbeda pendapat

·      Menerima kesepakatan meskipun berbeda dengan pendapatnya

·      Dapat menerima kekurangan orang lain

·      Dapat mememaafkan kesalahan orang lain

·      Mampu dan mau bekerja sama dengan siapa pun yang memiliki keberagaman latar belakang, pandangan, dan keyakinan

·      Tidak memaksakan pendapat atau keyakinan diri pada orang lain

·      Kesediaan untuk belajar dari  (terbuka terhadap) keyakinan dan gagasan orang lain agar dapat memahami orang lain lebih baik

·      Terbuka terhadap atau kesediaan untuk menerima sesuatu yang baru

6.    Gotongroyong

adalah bekerja bersama-sama dengan orang lain untuk mencapai tujuan bersama dengan saling berbagi tugas dan tolong menolong secara ikhlas.

·      Terlibat aktif dalam bekerja bakti membersihkan kelas atau sekolah

·      Kesediaan melakukan tugas sesuai kesepakatan

·      Bersedia membantu orang lain tanpa mengharap imbalan

·      Aktif dalam kerja kelompok

·      Memusatkan perhatian pada tujuan kelompok

·      Tidak mendahulukan kepentingan pribadi

·      Mencari jalan untuk mengatasi perbedaan pendapat/pikiran antara diri sendiri dengan orang lain

·      Mendorong orang lain untuk bekerja sama demi mencapai tujuan bersama

7.    Santun

adalah sikap baik dalam pergaulan baik dalam berbahasa maupun bertingkah laku. Norma kesantunan bersifat relatif, artinya yang dianggap baik/santun pada tempat dan waktu tertentu bisa berbeda pada tempat dan waktu yang lain.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

·      Menghormati orang yang lebih tua.

·      Tidak berkata-kata kotor, kasar, dan takabur.

·      Tidak meludah di sembarang tempat.

·      Tidak menyela pembicaraan pada waktu yang tidak tepat

·      Mengucapkan terima kasih setelah menerima bantuan orang lain

·      Bersikap 3S (salam, senyum, sapa)

·      Meminta ijin ketika akan memasuki ruangan orang lain atau menggunakan barang milik orang lain

·      Memperlakukan orang lain sebagaimana diri sendiri ingin diperlakukan

8.    Responsif

Adalah kesadaran akan tugas yang harus dilakukan dengan sungguh-sungguh. Kepekaan yang tajam dalam menyikapi berbagai hal yang dihadapinya dan kepahaman makna tanggungjawab yang harus dipikul adalah ciri utama kepribadiannya

·         Tanggap terhadap kerepotan pihak lain dan segera memberikan solusi dan atau pertolongan

·         Berperan aktif terhadap berbagai kegiatan sekolah dan/atau sosial

·         Bergerak cepat dalam melaksanakan tugas/kegiatan

·         Berfikir lebih maju terhadap segala hal

9.    Proaktif

Adalah sikap seseorang yang mampu membuat pilihan dikala mendapatkan stimulus. Seseorang yang bersikap proaktif mampu memberi jeda antara datangnya stimulus dengan keputusan untuk memberi respon. Pada saat jeda tersebut seseorang yang proaktif dapat membuat pilihan dan mengambil respon yang dipandang terbaik bagi dirinya.

·         Berinisiatif dalam bertindak terkait dengan tugas/pekerjaan atau social

·         Mampu memanfaatkan peluang yang ada

·         Memiliki motivasi untuk terus maju dan berkembang

·         Fokus pada hal-hal  yang memungkin-kan untuk diubah atau diperbaik

 

 

C.      Lembar Observasi

Kelas                               : ….

Semester                          : ….

TahunAjaran                    : ….

Periode Pengamatan        : Tanggal s.d. ….

           

No

Nama

Peserta Didik

 

 

Sikap

Jumlah

Rerata Skor

Nilai

Keterangan

Jujur

Kreatif

Disiplin

Tanggung Jawab

Toleransi

Gotong Royong

Santun

Responsif

Pro aktif

1

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

6

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

7

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

8

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

9

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

10

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

dst

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Guru Mata Pelajaran

 

Crispim Marcelino

 

 

 

 

 

Penilaian KI 3

 (Ambil soal di ulangan harian)

 

PILIH SALAH SATU JAWABAN DENGAN BENAR

1.      Pancasila sebagai dasar negara ditetapkan pada ....

A.    29 Mei 1945

B.     18 Agustus 1945

C.     1 Juni 1945

D.    31 Mei 1945

Jawaban B

2.      Rumusan Pancasila secara resmi tercentum dalam ....

A.    Dokumen resmi negara

B.     Batang tubuh UUD 1945

C.     Pembukaan UUD 1945

D.    Piagam Jakarta

Jawaban C

3.      Pancasila sebagai ciri khas bangsa Indonesia yang membedakan dengan bangsa lain. Hai ini Pancasila disebut sebagai ....

A.    Alat pemersatu

B.     Jiwa dan kepribadian bangsa

C.     Perjanjian luhur

D.    Moral pembangunan

Jawaban B

4.      Perumusan dasar negara pertama kali dibentuk pada tanggal ....

A.    1 Juni 1945

B.     1 maret 1945

C.     29 Mei 1945

D.    18 Agustus 1945

Jawaban C

5.      Upaya yang paling tepat untuk mempertahankan Pancasila sebagai dasar negara dalam kehidupan masyarakat adalah ....

A.    Dapat menghapal sila-sila Pancasila

B.     Mengerti dan memahami Pancasila

C.     Mampu mewujudkan nilai-nilai Pancasila dalam perilaku sehari-hari

D.    Mengkaji dan membandingkan dengan negara lain

Jawaban C

6.      Pancasila sebagai pandangan kehidupan bangsa merupakan .....

A.    Penjabaran dari pola perilaku hidup manusia indonesia

B.     Norma dasar yang menjadi pedoman hidup manusia Indonesia

C.     Cara pandang bangsa Indonesia dalam menghadapi kemerdekaan

D.    Kristalisasi nilai-nilai yang hidup dalam masyarakat indoensia 

Jawaban B

7.      Mewujudkan keselamatan dan keutuhan bansga dan negara di atas kepentingan pribadi dan golongan, merupakan perwujudan nyata Pancasila, yaitu ....

A.    Sila ke-3

B.     Sila ke-1

C.     Sila ke-5

D.    Sila ke-2

Jawaban A

8.      Sila keempat Kerkyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan memberikan tuntutan kepada manusia agar ....

A.    Tidak bergaya hidup mewah dan individualis

B.     Menghormati keputusan pemmpin rapat

C.     Menghirmati orang lain yang lebih tua

D.    Menghargai dan menghormati pendapat orang lain

Jawaban D

9.      Setelah melalui pembahasan,akhirnya panitia Sembilan berhasil menyusun sebuah dokumen sejarah mengenai dasar negaraa RI  yang disebut ....

A.    Piagam Jakarta

B.     Pancasila

C.     Pembukaan UUD 1945

D.    Piagam Charter

Jawaban A

10.  Gambaran kehidupan bangsa Indonesia yang diharapkan adalah kehidupan yang ....

A.    Dilengkapi dengan system dan teknologi modern

B.     Penuh kemehan, kebebsan, dan kenikmatan

C.     Didukung kejuan ekonomi yang pesat

D.    Adil dan makmur dilandasi nilai-nilai luhur Pancasila

Jawaban D

11.  Sila Pancasila mengandung nilai religious, yaitu ....

A.    Pengakuan terhadap martabat manusia

B.     Ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa

C.     Perlakuan yang sama terhadap sesama manusia

D.    Sikap saling mencintai sesama manusia

Jawaban B

12.  Untuk menwujudkan nilai-nilai luhur bangsa Indonesia, kita perlu ....

A.    Menciptakan kondisi dan situasi yang baik

B.     Mempelajari sejarah bangsa Indonesia

C.     Berperilaku sesuai Pancasila

D.    Memahami budaya bangsa Indoensia

Jawaban C

13.  Nilai kerakyatan yang terdapat dalam Pancasila mengandung arti bahwa ...

A.    Akan adanya kebebasan untuk memeluk agamanya

B.     Terdapat kesadaran sikap dan perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai moal

C.     Bermusyawarah untuk mencapai mufakat

D.    Adanya persatuan untuk membina rasa nasionalisme

Jawaban C

14.  Manakah yang bukan merupakan tokoh-tokoh yang mengusulkan dasar negara Indonesia pada sidang BPUPKI ....

A.   

B.    

C.    

D.   

Jawaban C

15.  Berikut merupaan lambang sila kedua yaitu ....

A.   

B.    

C.    

D.   

Jawaban D

16.  Merupakan salah satu tujuan negara yang hendak mewujudkan tata masyarakat Indonesia yang adildan makmur beradarkan Pancasila.

Pernyataan tersebut merupakan karakteristik yang terkandung dalam pancasila silake ....

A.    3

B.     2

C.     5

D.    4

Jawaban C

17.  Semua sila dari Pancasila tidak dapat dilaksanakan secara terpisah-pisah, karena Pancasila merupakan satu kesatuan yang utuh dan saling berkaitan.

Pernyataan yang benar dari hal tersebut adalah ....

A.    Sila ketiga didasari oleh sila keempat dan sila kelima

B.     Silakelima merupakan sila yang paling utama mendasari keempat sila lainnya

C.      Sila pertama merupakan  sila pertama dan utama yang mendasari keempat sila lainnya

D.    Sila kedua didasari sila ketiga, keempat dan kelima, serta mendasari sila kelima

Jawaban C

18.  Berikut merupakan sikap positif seorang siswa terhadap Pancasila yang paling tepat adalah ...

A.    Toleransi kepada teman yang berbeda agama

B.     Membantu teman yang seagama saja

C.     Membaca buku biografi anggota PPKI

D.    Mengahafalkan hasil-hasil sidang PPKI

Jawaban A

19.  Perhatikan pernyataan berikut!

1)      Menetapkan APBN

2)      Mengangkat menteri sebagai pembantu presiden

3)      Pengesahan UUD Tahun 1945

4)      Memilih Ir. Soekarno sebagai presiden dan Drs.Mohammad Hatta sebagai wakil presiden

5)      Membentuk Komite Nasional Indonesia Pusat (KNIP) untuk membantu tugas presiden sebelum dibentuk DPR/MPR.

Pernyataan yang menunjkkan hasil sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945 adalah ....

A.    1), 2), dan 3)

B.     3), 4), dan 5)

C.     2), 4), dan 5)

D.    1), 3), dan 5)

Jawaban B

20.  Pancasila berkedudukan sebagai dasar negara, artinya ....

A.    ditulis di dalam dokumen negara

B.     dijadikan dasar mengatur negara

C.     ditulis dalam lambang negara

D.    diajarkan pada pendidikan formal

Jawaban B

 

KERJAKAN DENGAN BENAR

1.      Jelaskan makna Pancasila sebagai kepribadian bangsa.

2.      Jelaskan fungsi dan kedudukan Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa.

3.      Apakah arti penting tentang Pancasila sebagai dasar dan pandangan hidup bagi bangsa Indonesia.

4.      Tuliskan tiga pengamalan Pancasila yang dapat kalian lakukan dalam lingkungan masyarakat.

5.      Tuliskan tiga contoh tindakan berdasarkan nilai-nilai luhur yang tercermin dalam sila ketiga.

Jawaban alternative

1.      pancasila merupakan padangan hidup yang digali langsung dari budaya Indonesia sendiri

2.      Pancasila di tetapkan sebagai dasar negara Indonesia pada tanggal 18 Agustus 1945 sehari setelah Indonesia merdeka. Nilai-nilai yang terkandung mempinyai nilai estetika, mengandung unsur yang jelas tentang tujuan dan cita-cita bangsa Indonesia, dan juga pancasila merupakan cita-cita luhur bangsa Indonesia.

3.      Pancasila turut mengatur penyelenggaraan negara. Pancasila juga menjadi pedoman dalam bertingkah laku di kehidupan masyarakat Indonesia

4.      Tiga pengamalan Pancasila yang dapat kalian lakukan dalam lingkungan sekolah antara lain:

1)      Menghormati teman yang berbeda agama.

2)      Menjalankan perintah agama masing-masing.

3)      Melakukan kewajiban sebagai seorang siswa.

5.      Alternatif

1)      Saling menghargai pendapat orang lain.

2)      bermusyawarah untuk mufakat.

3)      tidak merendahkan suatu golongan dan tidak mencaci pendapat orang lain

 

 

 

Guru Mata Pelajaran

 

 

 

 

Penilaian KI 4

 

Penilaian Kinerja

 

Nama       :  ............................................

Kelas        :  ............................................

No. Absen  :  ............................................

 

 

 

 

 

 


Lakukan kegiatan berikut ini! Bekerjasamalah dengan kelompokmu!

Bentuklah kelompok beranggotakan 5 orang! Dalam berdiskusi hargailah pendapat anggota kelompok Anda dalam menyampaikan suatu pendapat dan saling menghormati dengan pendapat yang berbeda.

1.  Buatlah sebuah karya ilmiah yang membahas tentang hal-hal berikut ini!

a.       Kedudukan, Fungsi, dan Arti Pancasila

b.      Arti Penting Pancasila sebagai Dasar Negara dan Pandangan Hidup

c.       Nilai-Nilai Pancasila sebagai Dasar Negara dan Pandangan Hidup

d.      Membiasakan Diri Berperilaku Sesuai dengan Nilai-Nilai Pancasila dalam Berbagai Aspek Kehidupan

2. Gunakan kaidah-kaidah dan tata tulis penulisan karya ilmiah!

3. Kerjakan di buku tugas Anda dan kumpulkan hasil pekerjaan Anda kepada guru untuk dinilai!

 

 

Mengetahui,                                                                                                              

Kepala Sekolah                                                                     Guru Mapel PPKn

 

 

 

----------------------------------------                                               ---------------------------------------------

           

         

Komentar

Postingan populer dari blog ini

RPP PKn KELAS 9 - BAB 1 - Dinamika Perwujudan Pancasila Sebagai Dasar Negara

  RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)   Sekolah                      : SMP .... Mata Pelajaran           : PPKn Kelas/Semester           : IX/1 Materi Pokok                         : Dinamika Perwujudan Pancasila Sebagai Dasar Negara Alokasi Waktu           : 4 x 2 JP   Indikator ·          Peserta didik m enunjukkan sikap mensyukuri perwujudan Pancasila sebagai dasar negara yang merupakan anugrah Tuhan Yang Maha Esa ·          Peserta didik mempelajari penerapan Pancasila dari masa ke masa ·      ...

RPP PKn Kelas 9 - Bab 2 Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945

  RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)   Sekolah                         : SMP .... Mata Pelajaran            : PPKn Kelas/Semester            : I X /       Materi Pokok               : Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 Alokasi Waktu              : ......   Indikator ·          Peserta didik menjelaskan isi alinea dan pokok pikiran yang terkandung dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dengan jujur ·          Peserta didik mengidentifikasi...

RPP PKn Kelas 9 - Bab 4 Persatuan dan Keberagaman Masyarakat Indonesia

  RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Sekolah                         : SMP.. Mata Pelajaran            : Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas/Semester            : IX/1       Materi Pokok              : Persatuan dan Keberagaman Masyarakat Indonesia Alokasi Waktu              : 8 x 40 Menit (4 x Pertemuan)   Indikator ·          Peserta didik menjelaskan masalah-masalah yang muncul dalam keberagaman, suku, agama, ras, antar golongan (SARA) di masyarakat serta cara pemecahannya dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika ·     ...