RPP PKn Kelas 7 - Bab 3 Perumusan dan Pengesahan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945,
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah :
SMP
Mata Pelajaran : Pendidikan Pancasila dan
Kewarganegaraan (Wajib)
Kelas/Semester : VII/1
Materi : Perumusan dan Pengesahan Undang-Undang Dasar
Negara Republik Indonesia Tahun 1945
Alokasi Waktu : 8x40 menit (4 pertemuan)
A.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah proses pembelajaran ini diharapkan siswa
akan dapat:
1. Menghayati nilai kesejarahan perumusan dan
pengesahan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945;
2. Mendukung kesejarahan perumusan dan pengesahan UUD
Negara Republik Indonesia Tahun 1945;
3. Menganalisis kesejarahan perumusan dan pengesahan
UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945;
4. Mendemonstrasikan proses kesejarahan perumusan dan
pengesahan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
B.
Materi
Pembelajaran
A. Perumusan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945
B. Pengesahan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945
C. Arti Penting UUD Negara Republik Indonesia 1945 bagi
Bangsa dan Negara Indonesia
D. Peran Tokoh Perumus UUD Negara Republik Indonesia
Tahun 1945
C.
Pendekatan,
Model, dan Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Cooperative Learning
2. Model
Pembelajaran : Examples non Examples, Learning community
3. Metode
Pembelajaran : Ceramah, tanya
jawab, diskusi, dan penugasan
(Lembar Kerja Siswa yang berisi pertanyaan sehubungan dengan materi yang telah
dijelaskan)
D.
Media,
Alat, dan Sumber Pembelajaran
1. Media : Power Point
2. Alat : Laptop
dan infokus
3. Sumber
Pembelajaran :
·
Buku
sumber Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan untuk
SMP/MTs Kelas VII
·
Peta
konsep
·
Foto-foto/gambar
·
Buku-buku
penunjang
·
Internet
E.
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan I
Kegiatan |
Deskripsi |
Alokasi
Waktu |
Awal |
1. Guru memberi salam dan menanyakan kabar para peserta
didik. 2. Guru
mempersiapkan kelas agar lebih kondusif untuk memulai proses KBM (kerapian,
kebersihan ruang kelas, menyediakan media dan alat serta buku yang
diperlukan). 3. Guru
memantau kehadiran dengan mengabsen peserta didik. 4. Guru
mempersilahkan salah satu peserta didik memimpin doa. 5. Guru
memberikan informasi kompetensi, materi, tujuan, manfaat, dan langkah
pembelajaran yang akan dilaksanakan. 6. Guru dan siswa menyepakati
kegiatan yang akan dilakukan. |
10 menit |
Inti |
Mengamati Sebagai
apersepsi, peserta didik membaca buku mengenai “Perumusan dan Pengesahan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia
Tahun 1945”. Menanya 1. Sebelum
memulai materi, dengan mengamati isi materi
yang sedang dipelajari, peserta didik merumuskan beberapa pertanyaan tentang “Perumusan dan Pengesahan Undang-Undang Dasar
Negara Republik Indonesia Tahun 1945”. 2. Guru menjelaskan materi mengenai “Perumusan dan Pengesahan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia
Tahun 1945”. 3. Mengeksplorasikan Peserta didik mencari sumber atau informasi dari sumber-sumber lain
terkait dengan materi palajaran yang sedang dibahas. Mengasosiasikan 1.
Peserta didik dibagi menjadi empat
kelompok peserta didik (kelompok I, II, III, dan IV). 2.
Guru memberikan sebuah topik mengenai
materi yang sedang dipelajari. 3.
Masing-masing
kelompok ditugaskan untuk membuat makalah mengenai perumusan, pengesahan, arti penting dan peran
tokoh perumus UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Mengkomunikasikan 1. Kelompok
1 mencoba untuk mempresentasikan makalah mengenai “Perumusan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945”
di
depan kelas. Kelompok yang tidak melakukan presentasi dapat bertanya dan atau
memberi masukan. 2. Setelah
kelompok 1 mencoba untuk mempresentasikan makalahnya di depan kelas, guru memberi evaluasi terhadap hasil diskusi dan beberapa pertanyaan diskusi. |
60 menit |
Penutup |
1.
Peserta didik ditanyakan apakah
sudah memahami materi tersebut. 2.
Guru menutup pembelajaran minggu
ini dengan memberi kesempatan kepada peserta didik memberikan kesimpulan
tentang pelajaran yang baru saja berlangsung serta menanyakan apa manfaat
yang dapat diperoleh setelah belajar materi mengenai “Perumusan dan Pengesahan
Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945”. 3.
Guru memberikan siswa PR untuk dibahas pada pertemuan
selanjutnya. 4.
Guru menutup pelajaran
dengan salam. |
10
menit |
Pertemuan II
Kegiatan |
Deskripsi |
Alokasi
Waktu |
Awal |
1.
Guru memberi salam dan menanyakan kabar para peserta didik. 2.
Guru mempersiapkan kelas agar
lebih kondusif untuk memulai proses KBM (kerapian, kebersihan ruang kelas,
menyediakan media dan alat serta buku yang diperlukan). 3.
Guru memantau kehadiran dengan
mengabsen peserta didik. 4.
Guru mempersilahkan salah satu
peserta didik memimpin doa. 5.
Guru memberikan informasi kompetensi,
materi, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan. 6.
Guru dan siswa menyepakati kegiatan yang akan dilakukan. 7.
Guru
meminta siswa merefleksi hasil pertemuan sebelumnya. |
10 menit |
Inti |
Mengamati Peserta didik
memperhatikan dan mendengarkan presentasi yang sedang dilakukan oleh kelompok
2 mengenai “Pengesahan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945”. Menanya Guru mendorong peserta didik
untuk bertanya kepada kelompok yang melakukan presentasi. 1.
Mengeksplorasikan 1.
Peserta didik mengumpulkan
informasi terkait dengan materi pelajaran yang sedang dibahas. 2.
Peserta didik mencari sumber atau
informasi dari sumber-sumber lain terkait dengan materi palajaran yang sedang
dibahas. Mengasosiasikan Kelompok
2 menyiapkan hasil makalah yang sudah dibuat. Mengkomunikasikan 1.
Kelompok 2 mencoba untuk
mempresentasikan hasil makalah yang sudah dibuat. 2.
Guru
memberi evaluasi terhadap hasil
diskusi dan beberapa pertanyaan diskusi. |
60 menit |
Penutup |
1.
Peserta didik ditanyakan apakah
sudah memahami materi tersebut. 2.
Guru menutup pembelajaran minggu
ini dengan memberi kesempatan kepada peserta didik memberikan kesimpulan
tentang pelajaran yang baru saja berlangsung serta menanyakan apa manfaat
yang dapat diperoleh setelah belajar materi mengenai “Pengesahan
UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945”. 3.
Guru memberikan siswa PR untuk dibahas pada pertemuan
selanjutnya. 4.
Guru menutup pelajaran
dengan salam. |
10
menit |
Pertemuan III
Kegiatan |
Deskripsi |
Alokasi
Waktu |
Awal |
1. Guru memberi salam dan menanyakan kabar para peserta
didik. 2. Guru
mempersiapkan kelas agar lebih kondusif untuk memulai proses KBM (kerapian,
kebersihan ruang kelas, menyediakan media dan alat serta buku yang
diperlukan). 3. Guru
memantau kehadiran dengan mengabsen peserta didik. 4. Guru
mempersilahkan salah satu peserta didik memimpin doa. 5. Guru
memberikan informasi kompetensi, materi, tujuan, manfaat, dan langkah
pembelajaran yang akan dilaksanakan. 6. Guru dan siswa menyepakati
kegiatan yang akan dilakukan. 7. Guru meminta siswa merefleksi
hasil pertemuan sebelumnya. |
10 menit |
Inti |
Mengamati Peserta
didik memperhatikan dan mendengarkan presentasi yang sedang dilakukan oleh
kelompok 3 mengenai “Arti Penting UUD Negara Republik Indonesia 1945 bagi
Bangsa dan Negara Indonesia”. Menanya Guru
mendorong peserta didik untuk bertanya kepada kelompok yang melakukan
presentasi. 2.
Mengeksplorasikan 1. Peserta
didik mengumpulkan informasi terkait dengan materi pelajaran yang sedang
dibahas. 2. Peserta
didik mencari sumber atau informasi dari sumber-sumber lain terkait dengan
materi palajaran yang sedang dibahas. Mengasosiasikan Kelompok
3 menyiapkan hasil makalah yang sudah dibuat. Mengkomunikasikan 1.
Kelompok 3 mencoba untuk
mempresentasikan hasil makalah yang sudah dibuat. 2.
Guru
memberi evaluasi terhadap hasil
diskusi dan beberapa pertanyaan diskusi. |
60 menit |
Penutup |
1.
Peserta didik ditanyakan apakah
sudah memahami materi tersebut. 2.
Guru menutup pembelajaran minggu
ini dengan memberi kesempatan kepada peserta didik memberikan kesimpulan
tentang pelajaran yang baru saja berlangsung serta menanyakan apa manfaat
yang dapat diperoleh setelah belajar materi mengenai “Arti
Penting UUD Negara Republik Indonesia 1945 bagi Bangsa dan Negara Indonesia”. 3.
Guru memberikan siswa PR untuk dibahas pada pertemuan
selanjutnya. 4.
Guru menutup pelajaran
dengan salam. |
10 menit |
Pertemuan IV
Kegiatan |
Deskripsi |
Alokasi
Waktu |
Awal |
1. Guru memberi salam dan menanyakan kabar para peserta
didik. 2. Guru
mempersiapkan kelas agar lebih kondusif untuk memulai proses KBM (kerapian,
kebersihan ruang kelas, menyediakan media dan alat serta buku yang
diperlukan). 3. Guru
memantau kehadiran dengan mengabsen peserta didik. 4. Guru
mempersilahkan salah satu peserta didik memimpin doa. 5. Guru
memberikan informasi kompetensi, materi, tujuan, manfaat, dan langkah
pembelajaran yang akan dilaksanakan. 6. Guru dan siswa menyepakati
kegiatan yang akan dilakukan. 7. Guru meminta siswa merefleksi
hasil pertemuan sebelumnya. |
10 menit |
Inti |
Mengamati Peserta didik
memperhatikan dan mendengarkan presentasi yang sedang dilakukan oleh kelompok
4 mengenai “Peran Tokoh Perumus UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945”. Menanya Guru mendorong peserta didik
untuk bertanya kepada kelompok yang melakukan presentasi. 3.
Mengeksplorasikan 1.
Peserta didik mengumpulkan
informasi terkait dengan materi pelajaran yang sedang dibahas. 2.
Peserta didik mencari sumber atau
informasi dari sumber-sumber lain terkait dengan materi palajaran yang sedang
dibahas. Mengasosiasikan Kelompok
4 menyiapkan hasil makalah yang sudah dibuat. Mengkomunikasikan 1.
Kelompok 4 mencoba untuk
mempresentasikan hasil makalah yang sudah dibuat. 2.
Guru
memberi evaluasi terhadap hasil
diskusi dan beberapa pertanyaan diskusi. |
60 menit |
Penutup |
1.
Peserta didik ditanyakan apakah
sudah memahami materi tersebut. 2.
Guru menutup pembelajaran minggu
ini dengan memberi kesempatan kepada peserta didik memberikan kesimpulan
tentang pelajaran yang baru saja berlangsung serta menanyakan apa manfaat
yang dapat diperoleh setelah belajar materi yang ada pada BAB 3. 3.
Guru menutup pelajaran
dengan salam. |
10
menit |
F.
Penilaian
Hasil Belajar
Penilaian
dilakukan menggunakan penilaian otentik yang meliputi penilaian sikap,
pengetahuan dan keterampilan. Format penilaian sebagai berikut.
i.
Penilaian Sikap
No |
Nama |
Sikap Spiritual |
Sikap Sosial |
Jumlah Skor |
||
Mensyukuri |
Jujur |
Kerjasama |
Tanggung Jawab |
|||
1 |
|
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
a. Sikap
Spiritual
Indikator sikap spiritual “mensyukuri”:
·
Berdoa sebelum dan sesudah kegiatan
pembelajaran
·
Saling menghormati sesama teman sekelas
·
Toleransi sesama teman sekelas
·
Memelihara hubungan baik dengan sesama
teman sekelas.
Rubrik
pemberian skor:
A = jika peserta didik melakukan empat
kegiatan tersebut
B =
jika peserta didik melakukan tiga kegiatan tersebut
C =
jika peserta didik melakukan dua kegiatan tersebut
D =
jika peserta didik melakukan satu kegiatan tersebut
b. Sikap
Sosial
1.
Sikap jujur
Indikator sikap sosial “jujur”
·
Tidak berbohong
·
Mengembalikan kepada yang berhak bila
menemukan sesuatu
·
Tidak menyontek
·
Terus terang
Rubrik
pemberian skor:
A = jika peserta didik
melakukan empat kegiatan tersebut
B =
jika peserta didik melakukan tiga kegiatan tersebut
C =
jika peserta didik melakukan dua kegiatan tersebut
D =
jika peserta didik melakukan satu kegiatan tersebut
2.
Sikap kerja sama
Indikator sikap sosial “kerja sama”
·
Peduli kepada sesama
·
Saling membantu dalam hal kebaikan
·
Saling menghargai atau toleran
·
Ramah dengan sesama
Rubrik
pemberian skor:
A = jika peserta didik melakukan empat
kegiatan tersebut
B = jika
peserta didik melakukan tiga kegiatan tersebut
C = jika peserta didik melakukan dua kegiatan
tersebut
D =
jika peserta didik melakukan satu kegiatan tersebut
3.
Sikap Tanggung Jawab
Indikator
sikap sosial “tanggung jawab”
·
Melaksanakan tugas individu dengan baik.
·
Menerima risiko dari tindakan yang dilakukan.
·
Tidak menyalahkan/menuduh orang lain
tanpa bukti akurat.
·
Mengembalikan barang pinjaman.
Rubrik
pemberian skor:
A = jika peserta didik melakukan empat
kegiatan tersebut
B =
jika peserta didik melakukan tiga kegiatan tersebut
C = jika peserta didik melakukan dua kegiatan
tersebut
D = jika peserta didik melakukan satu
kegiatan tersebut
ii. Penilaian Pengetahuan
Penilaian pengetahuan (kelompok) di
kelas
(dalam Power Point dan makalah yang
ditampilkan)
Penilaian pengetahuan (individu) di
rumah
Jawablah
pertanyaan-pertanyaan soal evaluasi halaman 81-82. Kerjakan di buku tulis
setiap siswa.
iii. Penilaian Keterampilan
Penilaian untuk kegiatan mengamati
gambar tentang Pancasila
No |
Nama |
Relevansi |
Kelengkapan |
Kebahasaan |
Jumlah
Skor |
1 |
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
Keterangan:
a.
Kegiatan mengamati dalam hal ini
dipahami sebagai cara peserta didik mengumpulkan informasi faktual dengan
memanfaatkan indera penglihat, pembau, pendengar, pengecap, dan peraba. Maka
secara keseluruhan yang dinilai adalah hasil pengamatan (berupa informasi)
bukan cara mengamati.
b.
Relevansi, kelengkapan, dan kebahasaan
diperlakukan sebagai indikator penilaian kegiatan mengamati.
·
Relevansi merujuk
pada ketepatan atau keterhubungan gambar yang diamati dengan informasi yang
dibutuhkan untuk mencapai tujuan Kompetensi Dasar/Tujuan Pembelajaran (TP).
·
Kelengkapan dalam
arti semakin banyak komponen gambar yang terliput atau semakin sedikit sisa
gambar yang tertinggal.
·
Kebahasaan menunjukan
bagaimana peserta didik mendeskripsikan gambar dalam bahasa tulis yang efektif
(tata kata atau tata kalimat yang benar dan mudah dipahami).
c.
Skor rentang antara 1 – 4
1
= Kurang; 3 = Baik
2
= Cukup 4 = Amat Baik
iv. Penilaian untuk kegiatan diskusi
kelompok
No |
Nama |
Mengkomu-nikasikan |
Mendengar- Kan |
Berargu- Mentasi |
Berkontri-busi |
Jumlah
Skor |
1 |
|
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
|
Keterangan
:
a. Keterampilan
mengomunikasikan adalah kemampuan peserta didik untuk
mengungkapkan atau menyampaikan ide atau gagasan dengan bahasa lisan yang
efektif.
b. Keterampilan
mendengarkan dipahami sebagai kemampuan peserta didik
untuk tidak menyela, memotong, atau menginterupsi pembicaraan seseorang ketika
sedang mengungkapkan gagasannya.
c. Kemampuan
berargumentasi menunjukkan kemampuan peserta didik
dalam mengemukakan argumentasi logis ketika ada pihak yang bertanya atau
mempertanyakan gagasannya.
d. Kemampuan
berkontribusi dimaksudkan sebagai kemampuan peserta
didik memberikan gagasan-gagasan yang mendukung atau mengarah ke penarikan
kesimpulan termasuk di dalamnya menghargai perbedaan pendapat.
e. Skor
rentang antara 1 – 4
1
= Kurang; 3 = Baik
2
= Cukup 4 = Amat Baik
v. Penilaian presentasi
No |
Nama |
Menjelaskan |
Memvisualkan |
Merespon |
Jumlah
Skor |
1 |
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
Keterangan
:
a. Keterampilan
menjelaskan adalah kemampuan menyampaikan hasil
observasi dan diskusi secara meyakinkan.
b. Keterampilan
memvisualisasikan berkaitan dengan kemampuan peserta didik
untuk membuat atau mengemas informasi seunik mungkin, semenarik mungkin, atau
sekreatif mungkin.
c. Keterampilan
merespon adalah kemampuan peserta didik menyampaikan tanggapan
atas pertanyaan, bantahan, sanggahan dari pihak lain secara empatik.
d. Skor
rentang antara 1 – 4
1. =
Kurang; 3 = Baik
2. =
Cukup 4 = Amat Baik
Komentar
Posting Komentar