Langsung ke konten utama

PROGRAM TAHUNAN PKn KELAS 8

 

PROGRAM TAHUNAN

 

Sekolah                       : SMP ............                                                             Mata pelajaran             : PKn

Kelas/semester            :VIIIX/1-2                                                                  Tahun pelajaran           : 2022/2023

 

Standar Kompetensi (KI)

KI-1       : Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya

KI-2       : Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan kawasan regional

KI-3       : Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata.

KI-4       : Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah abstrak sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori

 

 

SMT

KOMPETENSI  DASAR

Alokasi Waktu

1

1.1       Bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas konsensus nasional Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa

10 JP

2.1       Mengembangkan sikap yang mencerminkan nilai-nilai luhur Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa

3.1       Menelaah Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa

4.1       Menyaji hasil telaah nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara dan pandanganhidup bangsa dalam kehidupan sehari-hari

1.2       Menghargai makna, kedudukan dan fungsi Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 sebagai bentuk sikap beriman dan bertakwa

10  JP

2.2       Mendukung makna, kedudukan dan fungsi Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, serta peraturan perundangan lainnya sesuai dengan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945

3.2       Menelaah makna, kedudukan dan fungsi Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, serta peratuan perundangan-undangan lainnya dalam sistem hukum nasional

4.2       Menyajikan hasil telaah makna, kedudukan dan fungsi Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dalam penerapan kehidupan sehari-hari

1.3       Bersyukur kepada Tuhan yang Maha Esa untuk nilai dan semangat Kebangkitan nasional 1908 dalam perjuangan kemerdekaan Republik Indonsia

10 JP

2.3       Menunjukkan sikap disiplin dalam menerapkan aturan sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam tata urutan peraturan perundanga-undangan nasional

3.3       Memahami tata urutan peraturan perundang-undangan dalam sistem hukum nasional nasional di Indonesia

4.3       Mendemonstrasikan pola pengembangan tata urutan peraturan perundang-undangan dalam sistem hukum nasional nasional di Indonesia

2

1.4       Mensyukuri nilai dan semangat Kebangkitan nasional 1908 dalam perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia secara tulus.

 10 JP

2.4       Bertanggung jawab terhadap makna dan arti penting Kebangkitan nasional 1908 dalam perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia

3.4       Menganalisa makna dan arti Kebangkitan nasional 1908 dalam perjuangan kemerdekaan Republik Indonsia

4.4       Menyaji hasil penalaran tentang tokoh kebangkitan nasional dalam perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia

1.5       Menjalankan perilaku orang beriman sesuai nilai dan semangat Sumpah Pemuda tahun 1928 dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika

10 P

2.5       Mengembangkan sikap toleransi sesuai nilai dan semangat Sumpah Pemuda tahun 1928 dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika

3.5       Memproyeksikan nilai dan semangat Sumpah Pemuda tahun 1928 dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika

4.5       Mengaitkan hasil proyeksi nilai-nilai dan semangat Sumpah Pemuda Tahun 1928 dalam bingkai Bhineka Tunggal Ika dengan kehidupan sehari-hari

1.6       Mensyukuri semangat dan komitmen kolektif kebangsaan untuk memperkuat NKRI yang berketuhanan Yang Maha Esa

10 JP

2.6       Menunjukkan sikap gotong royong sebagai wujud nyata semangat dan komitmen kolektif kebangsaan untuk memperkuat Negara Kesatuan Republik Indonesia

3.6       Menginterpretasikan semangat dan komitmen kebangsaan kolektif untuk memperkuat Negara Kesatuan Republik Indonesia dalam kontek kehidupan siswa

4.6       Mengorganisasikan kegiatan lingkungan yang mencerminkan semangat dan komitmen kebangsaan untuk memperkuat Negara Kesatuan Republik Indonesia

 

 

Jakarta, 12 Juli 2022

Guru Mapel

 

 

--------------------------------------

Komentar

Postingan populer dari blog ini

RPP PKn KELAS 9 - BAB 1 - Dinamika Perwujudan Pancasila Sebagai Dasar Negara

  RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)   Sekolah                      : SMP .... Mata Pelajaran           : PPKn Kelas/Semester           : IX/1 Materi Pokok                         : Dinamika Perwujudan Pancasila Sebagai Dasar Negara Alokasi Waktu           : 4 x 2 JP   Indikator ·          Peserta didik m enunjukkan sikap mensyukuri perwujudan Pancasila sebagai dasar negara yang merupakan anugrah Tuhan Yang Maha Esa ·          Peserta didik mempelajari penerapan Pancasila dari masa ke masa ·      ...

RPP PKn Kelas 9 - Bab 2 Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945

  RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)   Sekolah                         : SMP .... Mata Pelajaran            : PPKn Kelas/Semester            : I X /       Materi Pokok               : Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 Alokasi Waktu              : ......   Indikator ·          Peserta didik menjelaskan isi alinea dan pokok pikiran yang terkandung dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dengan jujur ·          Peserta didik mengidentifikasi...

RPP PKn Kelas 9 - Bab 4 Persatuan dan Keberagaman Masyarakat Indonesia

  RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Sekolah                         : SMP.. Mata Pelajaran            : Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas/Semester            : IX/1       Materi Pokok              : Persatuan dan Keberagaman Masyarakat Indonesia Alokasi Waktu              : 8 x 40 Menit (4 x Pertemuan)   Indikator ·          Peserta didik menjelaskan masalah-masalah yang muncul dalam keberagaman, suku, agama, ras, antar golongan (SARA) di masyarakat serta cara pemecahannya dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika ·     ...