PROGRAM TAHUNAN
Sekolah : SMP ............ Mata pelajaran : PKn
Kelas/semester :VIIIX/1-2 Tahun pelajaran : 2022/2023
Standar Kompetensi (KI)
KI-1 : Menghargai dan menghayati ajaran agama
yang dianutnya
KI-2 : Menghargai
dan menghayati
perilaku jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan bertanggung jawab
dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di
lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa,
negara, dan kawasan regional
KI-3 : Memahami dan
menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada
tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI-4 :
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif,
produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret
dan ranah abstrak sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang
sama dalam sudut pandang teori
SMT |
KOMPETENSI
DASAR |
Alokasi Waktu |
1 |
1.1 Bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas konsensus nasional
Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa |
10 JP |
2.1 Mengembangkan sikap yang mencerminkan nilai-nilai luhur
Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa |
||
3.1 Menelaah Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup
bangsa |
||
4.1 Menyaji hasil telaah nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara
dan pandanganhidup bangsa dalam kehidupan sehari-hari |
||
1.2 Menghargai makna, kedudukan dan fungsi Undang-Undang Dasar
Negara Republik Indonesia Tahun 1945 sebagai bentuk sikap beriman dan
bertakwa |
10 JP |
|
2.2 Mendukung makna, kedudukan dan fungsi Undang-Undang Dasar
Negara Republik Indonesia Tahun 1945, serta peraturan perundangan lainnya
sesuai dengan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945 |
||
3.2 Menelaah makna, kedudukan dan fungsi Undang-Undang Dasar
Negara Republik Indonesia Tahun 1945, serta peratuan perundangan-undangan
lainnya dalam sistem hukum nasional |
||
4.2 Menyajikan hasil telaah makna, kedudukan dan fungsi
Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dalam penerapan
kehidupan sehari-hari |
||
1.3 Bersyukur kepada Tuhan yang Maha Esa untuk nilai dan semangat
Kebangkitan nasional 1908 dalam perjuangan kemerdekaan Republik Indonsia |
10 JP |
|
2.3 Menunjukkan sikap disiplin dalam menerapkan aturan sesuai
dengan nilai-nilai yang terkandung dalam tata urutan peraturan
perundanga-undangan nasional |
||
3.3 Memahami tata urutan peraturan perundang-undangan dalam
sistem hukum nasional nasional di Indonesia |
||
4.3 Mendemonstrasikan pola pengembangan tata urutan peraturan
perundang-undangan dalam sistem hukum nasional nasional di Indonesia |
||
2 |
1.4 Mensyukuri nilai dan semangat Kebangkitan nasional 1908 dalam
perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia secara tulus. |
10 JP |
2.4 Bertanggung jawab terhadap makna dan arti penting Kebangkitan
nasional 1908 dalam perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia |
||
3.4 Menganalisa makna dan arti Kebangkitan nasional 1908 dalam
perjuangan kemerdekaan Republik Indonsia |
||
4.4 Menyaji hasil penalaran tentang tokoh kebangkitan nasional
dalam perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia |
||
1.5 Menjalankan perilaku orang beriman sesuai nilai dan semangat
Sumpah Pemuda tahun 1928 dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika |
10 P |
|
2.5 Mengembangkan sikap toleransi sesuai nilai dan semangat
Sumpah Pemuda tahun 1928 dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika |
||
3.5 Memproyeksikan nilai dan semangat Sumpah Pemuda tahun 1928
dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika |
||
4.5 Mengaitkan hasil proyeksi nilai-nilai dan semangat Sumpah
Pemuda Tahun 1928 dalam bingkai Bhineka Tunggal Ika dengan kehidupan
sehari-hari |
||
1.6 Mensyukuri semangat dan komitmen kolektif kebangsaan untuk
memperkuat NKRI yang berketuhanan Yang Maha Esa |
10 JP |
|
2.6 Menunjukkan sikap gotong royong sebagai wujud nyata semangat
dan komitmen kolektif kebangsaan untuk memperkuat Negara Kesatuan Republik
Indonesia |
||
3.6 Menginterpretasikan semangat dan komitmen kebangsaan kolektif
untuk memperkuat Negara Kesatuan Republik Indonesia dalam kontek kehidupan
siswa |
||
4.6 Mengorganisasikan kegiatan lingkungan yang mencerminkan
semangat dan komitmen kebangsaan untuk memperkuat Negara Kesatuan Republik
Indonesia |
Jakarta,
12 Juli 2022
Guru
Mapel
--------------------------------------
Komentar
Posting Komentar